13 Manfaat Buah Tomat : Berikut Cara Membuat Sari Buah Tomat Segar

Buah adalah bahan pangan sumber vitamin. Disamping rasa buahnya enak dikonsumsi, biasanya daunnya juga bisa digunakan untuk segala keperluan. Misalnya daun pisang bisa untuk makanan hewan ternak, daun pepaya bisa untuk melunakan daging serta melancarkan air susu ibu terlebih daun pepaya jantan.

Warna pada buah cepat sekali berubah disebabkan dampak panas matahari dan ketika pemotongan, serta akibat pengaruh biologis (jamur) sehingga buah cepat menjadi busuk. Maka dari itu penanganan buah untuk memperpanjang waktu simpannya sangat penting.

Buah bisa dibuat menjadi berbagai bentuk minuman semisal anggur, sari buah dan sirup juga makanan lain seperti manisan, dodol, keripik, dan selai.
Sari buah merupakan cairan yang diperoleh dari penghancuran buah segar yang telah masak. Pada dasarnya sari buah terdapat dua macam, yaitu :

  1. Sari buah encer cair yang bisa langsung dikonsumsi, yaitu cairan buah yang didapat dari pengepresan daging buah, lalu diteruskan dengan tambahan air dan gula pasir.
  2. Sari buah pekat atau Sirup, yaitu cairan yang dihasilkan dari pemerasan buah dan diteruskan dengan proses pemekatan, bisa dengan proses pendidihan biasa maupun menggunakan cara lain seperti penguapan dan lainya.

Sirup ini tidak langsung dikonsumsi, namun harus diencerkan dulu dengan air putih. Buah-buahan yang kerap diolah menjadi sari buah maupun sirup yaitu : asam, jahe , nangka, markisa, kueni, tomat, wortel, sirsak, mangga, jambu biji, pisang, pala hampir semua jenis jeruk, dan lain sebagainya. Sari buah ataupun sirup buah bisa tahan selama kurang lebih tiga bulan.

1. Bahan yang Diperlukan

  1. Buah Tomat yang Masih Segar : 5 kg
  2. Gula pasir halus kusus bagi sirup 1 ¼ kilo gram : 125 gram
  3. Asam sitrat : 3 gr / liter sari buah
  4. Natrium benzoat : 1 gr
  5. Garam dapur : 20 gram
  6. Air seperlunya

2. Alat yang Diperlukan

  1. Pisau
  2. Panci
  3. Alat Parutan kelapa
  4. Pengaduk
  5. Tungku atau kompor
  6. Botol dan tutup yang sudah disterilkan
  7. Kain saring atau kain blacu
  8. Corong
  9. Baskom

3. CARA PEMBUATAN

  1. pakailah buah yang sudah tua, segar dan matang selanjutnya cuci dengan air;
  2. Potonglah buah sampai menjadi beberapa bagian;
  3. Parut buah sampai menjadi bubur; * Selanjutnya pisahkan airnya
  4. Tambah asam, sitrat, benzoate, natrium, gula pasir, air dan garam dapur. Perbandinganya sari buah dengan air adalah sebagai berikut :
    – Buah jeruk (untuk satu lt sari buah campur dengan 1 ½ liter air)
  5. Campur sampai merata. Berikutnya pengerjaan pembuatan sari buah (6-9) :
  6. Saring campuran tersebut dengan kain saring;
  7. Masukkan hasil saringan ke dalam botol kemudian tutup rapat. Endapan hasil penyaringan bisa diolah sebagai bahan baku pembuatan jajanan dodol, selai, dan lain sebagainya;
  8. Masukkan botol yang telah ditutup rapat dalam air mendidih selama 30 menit;
  9. Angkat wadah tersebut lalu segera dinginkan.

Seleksilah berbagai macam apel, dan olah masing-masing dengan cara terpisah, kemudian gabungkan minuman jusnya untuk menghasilkan cita rasa yang bervariasi kemudian perhatikan perbedaan warna yang diperoleh menggunakan buah apel merah, hijau dan kekuningan.

Olah apel secara merata dan saring seluruh cairan dan sarinya menggunakan kain tipis untuk memperoleh semua saribuah dengan nutrisi dari buah. Beberapa ampas atau padatan akan lolos melalui kain tipis, dan jus akan tampak keruh.

Untuk memproduksi sari apel dalam ukuran besar, Anda bisa memiliki alat pemeras sari buah apel.

 

Puluhan Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi makanan dari bahan dasar tomat atau mengkonsumsi satu porsi tomat dalam sehari menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Jika konsumsi tomat setiap hari mampu mencegah penyakit jantung, tentu buah yang satu ini dapat berpotensi untuk mencegah banyak penyakit. Oleh sebab itu, tomat menjadi salah satu jenis buah yang wajib selalu tersedia di rumah Anda.

Baca juga  Melihat Potensi Bisnis Sate Bebek di Indonesia

Tomat mengandung banyak vitamin. Vitamin yang paling banyak terkandung di dalam buah tomat adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B7, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, tomat juga diketahui mengandung kalium, kromium, seng, fosfor, kolin, magnesium, zat besi, folat, flavonoid, dan juga mineral. Tomat tergolong sayuran dengan angka kalori yang rendah yaitu hanya sekitar 14 kkal per 100 gram tomat. Jika Anda penasaran dengan apa saja manfaat buah berwarna merah ini, berikut ini adalah  beberapa manfaat buah tomat untuk kesehatan.

1 . Manfaat Tomat Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang telah disebutkan di atas, tomat merupakan buah yang mampu mencegah seseorang terserang penyakit jantung. Menurut peneliti dari Boston University, kandungan lycopene pada buah ini mampu menurunkan sekitar 30% penyakit cardiovascular dan resiko penyakit jantung coroner. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di British Journal of Nutrition. Lycopene itu sendiri merupakan zat yang membuat tomat berwarna merah ketika sudah masak. Zat tersebut mengandung lycopene sekitar 85% yang dibutuhkan oleh tubuh. Lycopene sebenarnya tidak hanya dapat ditemukan pada tomat tetapi juga jeruk bali, dan buah semangka yang sudah matang.

2 . Manfaat Tomat Untuk Mengurangi Resiko Asap Rokok

Siapa yang menyangka bahwa tomat mampu mengurangi beberapa kerusakan pada tubuh yang disebabkan karena bahaya rokok baik untuk perokok aktif maupun perokok pasif. Mengapa demikian? Hal ini karena tomat mengandung asam chlorogenic dan asam coumaric yang bekerja melindungi tubuh dari zat karsinogen atau zat pemicu kanker yang dihasilkan dari asap rokok.

3 . Manfaat Tomat Untuk Mencegah Kanker

Saat dimasak, tomat mampu meningkatkan rasa untuk hampir semua hidangan sehingga makanan terasa lebih zat. Baik saus tomat atau tomat cincang mampumemberikan rasa yang khas pada hidangan. Membuat masakan dari bahan tomat juga mampu meningkatkan perlawanan tubuh terhadap penyakit kanker. Walaupun kandungan vitamin C sudah berkurang setelah proses memasak, secara substansial dapat meningkatkan level phytochemical yang bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian, proses pengolahan tomat benar – benar mampu meningkatkan nilai gizi tomat karena adanya kandungan lycopene yang meningkat.

4 . Manfaat Tomat Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat ini para peneliti sedang melakukan penelitian tentang manfaat fitonutrien, yaitu nutrisi nabati yang dipercaya mampu mendukung kesehatan tubuh. Berkaitan dengan fitonutrien tersebut, tomat mempunyai zat perlindungan antioksidan yang jauh lebih baik. Kandungan antioksidan alami dari tomat ini mampu meningkatkan sistem kekelaban tubuh. Konsumsi tomat sehari – hari bermanfaat untuk meningkatkan asupan vitamin C di dalam darah. Hal ini menghmabta kadar hormon stress. Minum jus tomat bermanfaat untuk meredakan stress dan ketegangan.

Manfaat Tomat Untuk Mencegah Sembelit dan Meningkatkan Fungsi Sistem Pencernaan

Tomat memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi hati dan sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan sudah berjalan lancar, hal ini secara otomatis juga akan mencegah tubuh mengalami sembelit, khususnya jika tomat tersebut dicampur bersama dengan bayam untuk dibuat menjadi jus.

5 . Manfaat Tomat Untuk Mengurangi Bahaya Obat Statin

Menurut penelitian terbaru, dibuktikan bahwa cukup dengan mengonsumsi setengah liter jus tomat atau 2 ons buah tomat dalam sehari sudah cukup untuk membantu banyak orang untuk terhindar dari pengaruh buruk obat statin berbahaya.Ini adalah jenis obat dalam golongan obat resep yang diberikan untuk perawatan medis pada penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Pemberian obat statin yang terlalu banyak mampu menimbulkan masalah pada jantung.

Baca juga  Potensi Suskes Bisnis Kemasan Makanan

6 . Manfaat Tomat Untuk Mencegah Penyakit Kencing Batu dan Ginjal

Tomat dapat berperan sebagai disinfektan alami yang melindungi tubuh seseorang dari resiko penyakit diare dan mencegah pembentukan batu ginjal dan batu pada kantung empedu untuk jangka panjang. Selain itu, tomat juga mampu mengurangi munculnya gejala penyumbatan saluran kencing bagian bawah.

7 . Manfaat Tomat Untuk Menyehatkan Rambut

Mengonsumsi jus tomat secara teratur dapat menjaga penampilan dan kesehatan rambut. Hal ini karena tomat banyak mengandung vitamin K. Vitamin tersebut bermanfaat untuk memperkuat helai rambut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau serta merevitalisasi pertumbuhan rambut. Jadi jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat, konsumsi jus tomat setiap hari.

8 . Manfaat Tomat Untuk Menyehatkan Kulit

Kandungan – kandungan zat di dalam buah tomat memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan sel kulit dan menyembuhkan kulit wajah yang berjerawat. Menurut penelitian terbaru, mengkonsumsi 2 cangkir jus tomat secara rutin setiap hari cukup efektif untuk meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan dalam waktu yang singkat.

9 . Manfaat Tomat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Buah tomat mampu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan dalam buah tomat meningkatkan jumlah kalsium di dalam tubuh. Yang menarik, hubungan asupan tomat untuk meningkatkan kesehatan tulang melibatkan asupan yang banyak mengandung antioksidan di dalam buah tomat.

10 . Manfaat Tomat Untuk Mengurangi Resiko Darah Membeku

Mengonsumsi jus tomat akan membantu mengurangi resiko darah membeku. Penggumpalan sel – sel platelet bersama – sama secara berlebihan mampu menyebatkan masalah pada aliran darah. Hal ini dapat menimbulkan pembekuan dan penyumbatan yang tidak diharapkan. Cara pencegahan penggumpalan yang berlebih ini sangat penting untuk menjaga jantung. Kandungan fitonutrien yang banyak terdapat di dalam tomat sudah terbukti mampu mencegah penggumpalan sel platelet manusia yang berlebihan.

11 . Manfaat Tomat Untuk Membantu Pembakaran Lemak

Tomat mampu merangsang tubuh untuk memproduksi karnitin asam amino yang sudah dipilih dalam penelitian untuk mempercepat proses pembakaran lemak tubuh tubuh sebanyak 30%. Manfaat ini tentu sangat cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Makanan ini wajib untuk dimasukkan dalam menu diet ANda sehari – hari.

12 . Manfaat Tomat Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tomat mengandung fitonutrien, karoten, zeaxanthin, dan lutein. Buah yang satu ini mampu memperbaiki kemampuan penglihatan sekaligus melindungi mata dari proses degenerasi mokula. Ini adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan proses penuaan penglihatan secara bertahap dan mengurangi fungsi penglihatan.

13 . Manfaat Tomat Untuk Menyeimbangkan Biokimia Penderita Diabetes

Berdasarkan penelitian terbaru dalam jurnal cell biokimia & biofisika, ilmuwan telah meneliti kondisi diabetes hewan yang diberi makan mengandung lycopene. Hewan percobaan lainnya diberi makanan yang tidak mengandung lycopene. Ternyata biokimia hewan yang mendapatkan lycopene dapat kembali normal sedangkan yang tidak diberi, tetap mengalami diabetes

Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini , semoga bermanfaat untuk kita semua , terima kasih

Ramesia Mesin mencoba untuk menyajikan Mesin terbaik menggunakan fitur terlengkap dikelasnya dan mudah untuk dioperasikan, Ramesia Mesin menampilkan mesin yang terbaik dimana Anda hanya perlu untuk menekan 1 atau dua klik tombol saja untuk menjalankan mesin hingga produk yang akan Anda jual selalu dalam kondisi segar dan disajikan.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares