Resep Ayam Serundeng yang Nikmat dan Menggoyang Lidah

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Indonesia memiliki banyak sekali ragam kuliner nusantara. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat berbagai macam kuliner tersebut juga melimpah jumlahnya. Salah satu bahan yang menjadi primadona dan sering diolah menjadi berbagai macam olahan adalah ayam. Ada berbagai macam resep olahan ayam. Salah satunya adalah ayam serundeng.

Ayam serundeng merupakan hidangan yang sangat terkenal di Sunda. Banyak orang juga menyebutnya sebagai hidangan khas Sunda. Cita rasa yang dominan dalam ayam goreng serundeng adalah gurih dan asin yang akan membuat Anda ingin tambah lagi ketika menikmatinya dengan nasi putih.

Ayam Serundeng, Nikmatnya Cita Rasa Nusantara

Hanya dari namanya saja, Anda pasti sudah tahu bahan dasar hidangan yang satu ini. Ya, bahan dasarnya adalah ayam. Anda bisa menggunakan berbagai jenis daging ayam untuk diolah menjadi ayam goreng serundeng. Ayam kampung maupun ayam broiller tidak masalah. Namun, jika ingin membuatnya lebih ekslusif gunakanlah ayam kampung.

Beberapa orang menyebut ayam goreng serundeng dengan ayam laos atau ayam lengkuas. Orang-orang menyebutnya dengan nama itu bukan tanpa alasan. Salah satu rempah atau bumbu yang memliki rasa dan aroma yang dominan dalam hidangan ini adalah lengkuas atau laos. Oleh karena itu, beberapa orang menyebutnya ayam lengkuas atau ayam laos.

Rasa gurih dari ayam serundeng berasal dari kelapa. Pengunaan kelapa dalam hidangan ini membuatnya memiliki cita rasa yang nikmat. Selain itu, tambahan berbagai macam rempah-rempah lain juga membuat ayam goreng serundeng makin lezat.

Setelah membaca beberapa fakta tentang ayam goreng serundeng, apakah Anda ingin segera menyantapnya sebagai menu makan Anda hari ini? Memasaknya sendiri di rumah akan menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin menikmatinya bersama keluarga.

Selain bisa menghemat pengeluaran, memasak ayam goreng serundeng sendiri juga akan membantu Anda mempelajari resep memasak hidangan baru. Nah, kali ini penulis akan membagikan beberapa resep ayam goreng serundeng yang nikmat dengan cita rasa yang beragam. Yuk, simak!

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]

Alat Cooking & Steamer

Gas Deep Fryer FMC FRYG171 Ramesia

Rp 5.575.000
-15%

Alat Cooking & Steamer

Gas Deep Fryer FMC FRYG71 Ramesia

Rp 1.575.000 Rp 1.338.750

Alat Cooking & Steamer

Gas Deep Fryer FMC FRYG72 Ramesia

Rp 3.400.000
[vc_column_text]

1. Ayam Serundeng Hitam Manis

Resep pertama yang akan penulis bagikan adalah ayam serundeng hitam manis. Kenapa manis? Karena ayam serundeng yang satu ini ada rasa manisnya selain rasa gurih dan asin yang biasanya dominan pada ayam serundeng.

Sudah tidak sabar ingin mencobanya? Yuk, simak bahan-bahan untuk membuat ayam serundeng hitam manis berikut.

Bahan untuk Membuat Serundeng:

  • Garam secukupnya.
  • 1 sendok makan ketumbar.
  • Asam jawa secukupnya.
  • Gula merah secukupnya.
  • Buah kelapa setengah bagian.

Bumbu untuk Dihaluskan:

  • Kunyit seukuran ruas jari.
  • 2 buah bawang putih.

Bahan Ayam Goreng:

  • Garam secukupnya.
  • Ketumbar bubuk 2 sendok makan.
  • Bawang putih 2 buah, di
  • Jeruk nipis 2 buah yang sudah dibelah-belah.
  • 500ml air kelapa.
  • 1 ekor ayam kampung atau ayam potong. Mintalah penjual ayam untuk memotongnya menjadi empat bagian.

Cara Membuat Ayam Serundeng Hitam Manis:

  1. Sebelum mulai memasak, Anda perlu menyiapkan semua alat yang akan digunakan.  Alat-alat tersebut adalah panci, wajan, wadah, blender atau parutan, dan alat peniris.
  2. Setelah semua peralatan dan bahan siap, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memarut buah kelapa. Kemudian, sangrai parutan kelapa hingga tampak kecokelatan. Lalu, haluskan kelapa yang telah disangrai menggunakan blender.
  3. Cuci ayam hingga bersih. Kemudian, ungkep ayam dengan menggunakan air kelapa. Tambahkan garam, ketumbar, perasan jeruk nipis, dan bawang putih ke dalam ungkepan ayam. Aduk-aduk ungkepan ayam agar bumbu meresap dengan merata ke daging ayam. Lalu, tunggu beberapa saat hingga air kelapa surut.
  4. Anda bisa menghaluskan kunyit dan bawah putih untuk bumbu serundeng seraya menunggu ayam siap. Proses menghaluskan sebaiknya dilakukan secara manual dengan penggilingan. Namun bila memasak dalam jumlah lebih banyak, Anda bisa menggunakan food processor atau blender. Anda bisa menambahkan sedikit air saat menggiling bumbu memakai blender.
  5. Siapkan wajan yang berisi minyak dan panaskan minyak untuk menggoreng ayam.
  6. Goreng ayam hingga kecokelatan. Jangan menggorengnya terlalu lama, jika ayam sudah terlihat berubah warna menjadi kecokelatan, segera angkat dan tiriskan. Beberapa saat kemudian, warna ayam akan menghitam. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena itu merupakan efek dari air kelapa. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan rasanya karena walaupun warnanya hitam, rasanya tidak pahit sama sekali.
  7. Anda bisa mulai memasak serundeng setelah ayam siap. Tumis bumbu halus serundeng hingga aromanya harum. Setelah itu, masukkan parutan kelapa ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam, asam jawa, dan gula merah. Masaklah serundeng dengan api kecil. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya juga agar rasa bumbu merata. Bila dirasa sudah cukup rata, matikan api dan masukkan ayam goreng seraya diaduk-aduk sekali lagi.
  8. Setelah ayam dan serundeng bercampur dan teraduk rata, maka Anda bisa mengangkatnya dari wajan dan menghidangkannya. Ayam serundeng paling enak disantap ketika masih hangat.

2. Ayam Serundeng Bumbu Rawit

Bahan-Bahan:

  • Setengah butir kelapa.
  • 1 ruas jahe.
  • 2 buah kemiri.
  • 1 sendok ketumbar.
  • 3 siung bawang putih.
  • 5 siung bawang merah.
  • 5 cabe rawit.
  • 1 ruas kunyit.
  • Garam secukupnya.
  • 1 kilogram ayam.
  • Sereh secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan sebelum mulai memasak.  Alat-alat yang akan digunakan adalah panci, wajan, wadah, blender atau parutan, dan alat peniris.
  2. Parut kelapa, lengkuas, dan serai secara bergantian. Lalu, haluskan cabe rawit, garam, jahe, kemiri, ketumbar, kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Bumbu yang dihaluskan harus benar-benar lumat, sehingga mudah tercampur dengan merata.
  3. Tahap selanjutnya, ayam yang tadi disiapkan harus dicuci sampai bersih. Tandanya bisa dirasakan melalui kulit ayam yang terasa kesat.
  4. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan ayam ke dalam panci. Kemudian masukkan juga kelapa parut dan air secukupnya sedikit semi sedikit. Cicipi untuk memastikan apakah rasanya sudah pas atau belum.
  5. Jika rasanya sudah pas, maka panaskan panci menggunakan api sedang. Aduk-aduk agar bumbunya merata lalu tunggu hingga airnya surut. Setelah itu matikkan api. Biarkan selama beberapa menit hingga hidangan dingin. Setelah itu pisahkan ayam dan kelapa.
  6. Goreng ayam di dalam minyak yang telah panas. Jangan lupa untuk membaliknya agar kematangan ayam merata. Setelah terlihat berwarna kecoklatan, angkat ayam dan tiriskan.
  7. Setelah selesai menggoreng semua ayam, sangrai kelapa hingga kering dan berwarna kecokelatan seraya diaduk-aduk.
  8. Terakhir, letakkan ayam pada piring dan taburkan kelapa sangrai di atasnya. Ayam serundeng bumbu rawit buatan rumah punsiap untuk disantap.

3. Ayam Goreng Serundeng Kelapa

Bahan-Bahan untuk Dihaluskan:

  • Penyedap rasa.
  • lada bubuk 1 sendok teh.
  • Gula secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • ketumbar bubuk 1 sendok makan.
  • kunyit bubuk 1 sendok teh.
  • 5 butir kemiri.
  • 5 siung bawang putih.
  • 7 siung bawang merah.

Bahan untuk Ayam Goreng:

  • Lengkuas.
  • Daun salam.
  • Serai.
  • 200 gram kelapa parut.
  • Satu ekor ayam. Agar lebih mudah saat mengolahnya, Anda bisa meminta pada penjual ayam untuk memotongnya menjadi 10 bagian. Pastikan juga ayam sudah dibersihkan dari lemak-lemak dan bagian yang tidak diinginkan seperti, leher, kepala, ataupun brutu (tergantung pada selera Anda).

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan seperti panci, wajan, wadah, blender atau parutan, dan alat peniris.
  2. Cucilah ayam yang telah dipotong hingga bersih. Cuci sampai ayam tidak licin lagi dengan air mengalir. Pastikan bagian kulit terasa cukup kesat dan daging bersih dari lendir lemak. Gunakanlah jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari ayam jika dibutuhkan. Jeruk nipis juga bisa membantu membunuh kuman atau bakteri yang mungkin terdapat pada daging ayam. Setelah itu, tiriskan ayam.
  3. Haluskan kunyit bubuk, lada bubuk, ketumbar bubuk, kemiri, bawang putih, bawang merah, garam, gula dan penyedap rasa.
  4. Masukkan kelapa parut ke dalam sebuah wadah. Lalu sobek daun salam dan geprek lengkuas dan serai agar aromanya keluar. Masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam wadah yang berisi kelapa parut tadi.
  5. Tambahkan juga bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wadah. Kemudian aduk hingga merata dan diamkan sekitar 15 menit. Cicipi bumbu yang tercampur untuk memastikan rasanya sudah pas atau belum. Normalnya, bumbu halus tersebut akan terasa asin.
  6. Selagi menunggu bumbu meresap, siapkan dandang untuk mengukus ayam. Isi air dan panasakan diatas api sedang.
  7. Kukus ayam selama 30 sampai 40 menit.
  8. Apabila ayam sudah terlihat matang, matikan api dan buka tutup dandang. Sisihkan dan tunggu ayam hingga dingin.
  9. Setelah ayam dingin, pisahkan kelapa parut dan ayam. Kemudian siapkan wajan berisi minyak untuk menggoreng ayam. Isilah wajan dengan minyak yang cukup banyak sehingga ayam akan terendam di dalamnya ketika digoreng.
  10. Saat menggoreng, pastikan ayam terendam didalam minyak agar matangnya merata. Jangan lupa untuk membaliknya juga. Goreng hingga warnanya menjadi kuning kecoklatan. Kemudian, angkat ayam dan tiriskan.
  11. Setelah semua ayam selesai digoreng, gorenglah kelapa parut hingga kecoklatan. Kemudian, angkat dan tiriskan.
  12. Letakkan ayam diatas piring dan taburkan serundeng kelapa di atasnya. Ayam serundeng siap dinikmati bersama keluarga.

Walaupun membuat ayam serundeng terlihat mudah dan tidak sulit. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat ayam goreng serundeng yang lezat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memasak ayam goreng serundeng.

  • Sebaiknya Anda melumuri ayam dengan jeruk nipis saat mencucinya. Hal ini bertujuan agar ayam tidak berbau amis. Bau amis pada daging ayam akan mempengaruhi cita rasa masakan. Selain itu, menggunakan jeruk nipis saat mencuci ayam juga akan mematikan bakteri dan kuman yang ada pada ayam.
  • Kelapa merupakan komponen penting dalam memasak ayam serundeng. Pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua sebagai bahan. Anda juga bisa membeli yang sudah diparut, ketimbang memarutnya sendiri di rumah.
  • Anda harus mengaduk kelapa secara terus-menerus ketika sedang menyangrainya. Hal ini bertujuan agar kelapa matang secara merata dan tidak gosong. Serundeng yang gosong akan terasa pahit dan merusak cita rasa ayam goreng serundeng.
  • Sesuai yang dijelaskan di atas, membuat ayam serundeng akan lebih pas jika menggunakan ayam kampung. Alasannya adalah karena cita rasa yang dihasilkan ayam kampung lebih nikmat dibanding ayam potong ketika diolah menjadi ayam goreng serundeng.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika memasak ayam goreng serundeng. Tips tersebut tentunya akan sangat berguna untuk menciptakan ayam goreng serundeng yang memiliki cita rasa yang lezat dengan tekstur yang pas. Jadi, resep ayam serundeng mana yang ingin Anda coba praktikkan?[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_cta h2=”Masih Bingung Memilih Produk Mesin Gas Deep Fryer?” add_button=”bottom” btn_title=”Konsultasi Disini” btn_color=”green” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_i_icon_fontawesome=”fa fa-whatsapp” btn_button_block=”true” btn_add_icon=”true” btn_link=”url:https%3A%2F%2Fkunjungi.website%2Fchat-disini|||”]

Kamu bisa konsultasi dengan expert konsultan Ramesia.com untuk mendapatkan Rekomendasi Mengenai Mesin Gas Deep Fryer terbaik untuk Bisnis Anda.[/vc_cta][/vc_column][/vc_row]