Bisnis Donat Pisang, Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

Roti donat – Siapakah yang belum mengenal salah satu jenis kuliner ini? Sebagian besar manusia tentu mengetahuinya. donat merupakan makanan yang lumayan banyak digandrungi orang dari bermacam-macam tingkatan, mulai anak kecil hingga masyarakat dewasa. Dengan teksturnya yang unik yaitu berbentuk bulat namun mempunyai lubang di bagian tengahnya menjadi ciri khasnya.

Sangat banyak cara pengolahan kue donat yang dapat ditemui pada internet, maupun dari para pelaku bisnis roti donat. Terdapat sebagian adonan donat yang dicampurkan dengan campuran kentang sehingga memiliki bentuk yang gurih dan lezat dimakan. Adapula adonan kue donat yang dicampur dengan madu sehingga memiliki rasa manis yang unik. Selain itu ada juga adonan roti donat yang dibubuhi tanaman ubi yang sering disebut donat ubi. Kemudian ada juga kue donat natural, yaitu adonan donat yang asli tanpa adanya campuran bahan lainnya.

Saat ini sangat mudah ditemui di pinggiran jalan para pedagang roti donat ataupun dalam bentuk bisnis rumahan. Biaya yang ditawarkan bermacam-macam antara Rp.500 hingga Rp.2000. Salah satu pebisnis yang terjun ke dalam usaha donat ialah Utami. Adapun harga roti donat perbiji yang ditawarkan wanita jelita ini sebesar Rp.500. Harga yang sangat terjangkau tapi dengan kualitas yang baik sehingga sangat laris, dan dicari para konsumen.

Saat ini kue donat dapat dengan mudah kita temui di banyak tempat usaha dikarenakan banyaknya pelaku bisnis yang menjual donat. Kini roti donat mempunyai banyak bentuk dengan berbagai varian cita rasa dan berbagai bahan (donat madu, donat ubi, dll) serta harga yang variatif. Fenomena munculnya aneka variasi roti donat, dilengkapi dengan berbagai bentuk dan cita rasa serta bahan dasar adonan merupakan inovasi dari pelaku bisnis untuk membedakan usahanya dengan kompetitornya.

Baiknya kita memahami, sebenarnya untuk membuka usaha roti donat tidaklah membutuhkan uang yang banyak. Cukup menggunakan modal yang tidak terlalu besar, Anda dapat menjalankan bisnis donat dengan laba yang menjanjikan. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis berjualan roti donat, terdapat beberapa faktor yang baiknya Anda pikirkan, di antaranya:

1. Niat yang Kuat Untuk Berbisnis Roti Donat

Hal ini sangatlah penting. Karena walau Anda memiliki uang yang besar namun tidak dilengkapi niat kuat untuk berbisnis roti donat maka tidak akan berhasil. Itulah pentingnya kenginginan yang kokoh. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempunyai kemauan yang kuat untuk berwiraswasta donat.

2. Variasi Kue Donat

Ada baiknya Anda berupaya untuk memproduksi donat yang bervariasi, karena kue donat yang memiliki cita rasa dan bentuk yang biasa sudah membuat bosan bagi para pecinta kuliner sehingga tidak digemari oleh mereka. Oleh sebab itu, baiknya Anda menciptakan untuk memproduksi donat dengan macam yang berbeda, contohnya kue donat keju, roti donat bakar, kue donat madu dan lain sebagainya.

3. Harga Jual Donat

Setelah Anda mempunyai cukup banyak macam donat, step berikutnya adalah mematok harga jual roti donat. Baiknya Anda tahu dengan adanya banyak variasi roti donat maka harga jual roti donat pun baiknya ditentukan bervariasi tergantung dengan perhitungan biaya pembuatan kue donat, mulai dari yang paling maha sampai yang murah.

4. Pemasaran

Hal Ini adalah salah satu step yang harus dilakukan oleh seorang pelaku usaha donat. Aspek marketing merupakan faktor sukses sebuah usaha. Begitupula dengan bisnis donat. Langkah berikutnya setelah Anda membuat donat ialah memasarkannya. Cara marketing donat dapat dilaksanakan dengan cara dropship di banyak toko, atau dipasarkan di rumah sendiri.

Itulah beberapa tips ampuh yang dapat Anda lakukan untuk menjadi pengusaha kue donat yang berhasil.

Jika Anda mampu menerapkan trik-trik diatas, maka bukan sesuatu yang mustahil untuk Anda menjadi pebisnis donat yang berhasil di Indonesia bahkan luar negeri.