Membaca Peluang Bisnis Es Tebu dan Analisis Usahanya

Bisnis Es Tebu Lamongan

Minuman es tebu kian menjamur saat ini. Kita dapat menemukannya di bermacam-macam tempat mulai dari pinggir jalan sampai tempat perbelanjaan megah seperti mall-mall. Minuman es tebu ini ternyata begitu disukai oleh masyarakat. Orang-orang yang jeli melihat peluang di pasar ini pun berlomba-lomba dalam membuka bisnis es tebu.

Fenomena akan permintaan es tebu membuat minuman tersebut kini ikut serta meramaikan kancah usaha minuman di Indonesia. Penjualan es tebu ini dijalankan mulai dari menggunakan gerobak seadanya sampai dengan memakai booth modern. Umumnya es tebu ini dijadikan produk pelengkap, tetapi, pada akhirnya malah dijadikan salah satu andalan untuk menciptakan profit.

Sistem kemitraan atau franchise adalah model usaha yang biasa digunakan untuk usaha sejenis bisnis es tebu ini. Tetapi pengusaha yang memulai dari nol alias dengan merek sendiri pun tidak sedikit. Bahkan, bila bisnis es tebu kita berhasil, kita malah bisa membangun sistem kemitraan atau franchise sendiri dan menawarkannya kepada orang lain.

Bahan dasarnya sendiri, yaitu tebu, sangat gampang didapatkan. Tebu merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan dan ditanam di berbagai wilayah di Nusantara. Hal ini dikarenakan tebu juga merupakan bahan dasar dari industri pembuatan gula pasir. Banyaknya stok tebu di pasar ini membuat harga bahan baku ini cenderung stabil dan mudah didapat, sehingga menjadikan bisnis es tebu semakin gampang untuk kita memulainya.

Membuka bisnis es tebu bisa menjadi keputusan bisnis yang menguntungkan, karena bisnis ini sedang menjadi tren. Selain tren, bisnis es tebu mempunyai beberapa kelebihan, yaitu sebagai berikut:

1. Kaya akan Manfaat

Minuman atau makanan alami lebih dipilih masyarakat karena memberikan manfaat kepada tubuh dan aman dikonsumsi. Makanan dan minuman alami ini menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Di mana lifestyle sehat ini menjadi tren kerana dengan lifestyle ini kita bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Minuman-minuman seperti es tebu ini memiliki itu semua. Ketika dahaga dan panas menyerang, es tebu bisa menyegarkan dan menghilangkannya. Di sisi lain, kita tidak harus takut es tersebut akan mengganggu kesehatan kita. Ini karena es tebu menggunakan bahan baku alami dan proses pembuatan yang alami juga. Hal ini berbeda dengan kebanyakan jajanan minuman dingin pinggir jalan yang sering kita jumpai.

2. Harga yang murah

Sebab begitu banyaknya peminat minuman es tebu salah satunya disebabkan begitu murahnya harga es tebu. Umumnya harga minuman es tebu di pasar hanya sekitar 4000 sampai 8000.

Harga pada angka itu cukup terjangkau oleh bermacam-macam segmen masyarakat dan tidak begitu memberatkan untuk segelas minuman segar yang menyehatkan.

3. Tidak Membutuhkan Modal yang Begitu Besar

Modal yang kecil dan terjangkau adalah salah satu keunggulan dari bisnis es tebu ini. Mesin pembuat es tebu ini berjalan dengan cara manual dan bisa dimiliki dengan harga hanya dua sampai dengan 4 juta rupiah. Mesin tersebut bisa diperoleh di Ramesia.

Tentu tidak hanya dengan mesin pembuat es tebu, tapi untuk menjalankan bisnis ini kita juga membutuhkan sebuah gerobak atau booth. Sehingga jika dijumlah prakiraan semua biaya awal dalam bisnis es tebu adalah kurang lebih Rp. 10 juta saja.

Malah biaya bisnis es tebu itu bisa ditekan lagi dengan hitungan kasar seperti berikut:

Mesin Penggiling Tebu = Rp 2.500.000 – 3.000.000
Kursi dan Meja = Rp 400.000
Pisau = Rp 100.000
Gelas kaca 10 = Rp 30.000
Gerobak atau Booth = Rp 2.500.000
Total Biaya Awal = 5.530.000 sampai 6.030.000

4. Potensi Profit yang Cukup Menjanjikan

Meskipun modalnya lumayan kecil, bisnis es tebu ini memiliki potensi keuntungan yang sangat lumayan. Kita dapat mencoba memperhitungkannya dengan sederhana. Misalkan, harga tebu sekitar 5-ribuan rupiah per kilogramnya, untuk membuat 5 gelas diperlukan 2 kg tebu.

Ini berarti kita hanya memerlukan biaya 2000 rupiah saja tiap satu gelasnya. Dari perhitungan tadi bisa kita prakirakan sendiri berapa keuntungan yang bisa kita peroleh jika kita menjual setiap gelasnya dengan harga 4000 sampai 8000 rupiah.

5. Tak Begitu Rumit dalam Menjalankan Bisnis Ini

Sekarang ini banyak tawaran franchise atau sistem waralaba bisnis es tebu. Hal ini tentu akan sangat memudahkan untuk Anda yang tidak ingin disulitkan oleh proses penciptaan awal usaha seperti peralatan dan bahan baku. Sebab dengan menyetorkan sejumlah biaya kita bisa langsung mendapatkan satu paket yang sudah siap eksekusi. Atau kalaupun Anda ingin memulai mandiri, Anda bisa memperoleh mesin es tebu dari Ramesia Mesin.

Seperti itulah sekilas informasi tentang potensi bisnis es tebu. Bagi Anda yang ingin berbisnis dengan produk yang sederhana tetapi tetap potensial, maka bisnis es tebu ini bisa menjadi keputusan yang cerdas.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru