Bisnis Franchise Mie

Cara Menjalankan Bisnis Franchise Mie

Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang bisnis mie, ada baiknya kita memahami terlebih dulu pengertian dari bisnis, potensi dan peluang bisnis.

Pengertian Bisnis

Hal yang pertama kita bahas ialah pengertian bisnis. Pengertian bisnis adalah kegiatan penjualan barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi pada konsumen dengan maksud utamanya ialah mendapatkan laba. Pada dasarnya, kita mengerjakan bisnis apapun adalah memang bertujuan untuk mendapatkan laba yang banyak.

Pengertian Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis

Potensi ialah sebuah kemampuan yang bisa diperoleh berdasarkan kemampuan internal kita dalam menjalankan usaha yang apik. Potensi harus kita ketahui supaya mendukung apa yang hendak kita jalankan dari sebuah bisnis. Potensi ialah kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama ialah jiwa dari pebisnis, apakah sudah mempunyai jiwa seorang pebisnis atau belum. Jiwa pebisnis harus berani untuk mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko untuk bangkrut dan rugi. Yang kedua ialah tentang modal. Kita tak bisa mengelak semakin besar modal yang dipunyai oleh seseorang maka semakin besar pula peluang untuk melaksanakan sebuah bisnis. Namun, modal bukanlah hal yang utama karena hal yang lebih utama ialah keinginan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan mengenai peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus mengetahui peluang bisnis tersebut dan menganalisanya dengan baik dan teliti. Pengertian peluang bisnis baru dapat diketahui setelah kita menganalisa menyeluruh tentang bisnis tersebut. Peluang bisnis juga umumnya datang saat seseorang mempunyai kemauan kuat untuk memulai bisnis meskipun dengan dana sekadarnya.

Nah, setelah memahami pengertian bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah saatnya untuk membahas ide bisnis yang mempunyai prospek cerah. Sebenarnya ada banyak sekali ide-ide bisnis yang mempunyai prospek cerah bila dilakukan di Indonesia, terutama bisnis kuliner.

Kalau kita melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak peluang bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh calon pebisnis yang menyukai bisnis makanan. Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibanding negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Indonesia juga terkenal dengan jenis makanannya yang beraneka macam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun beragam mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Jika tertarik mencoba usaha di bidang kuliner Indonesia, maka salah satu usaha makanan yang harus anda coba adalah bisnis mie.

Kebanyakan penduduk Indonesia pasti sudah familiar dengan makanan satu ini. Makanan ini memiliki rasa yang nikmat dan sangat mudah ditemukan dimana saja. Kuliner ini mempunyai sangat banyak penikmat, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Mengapa Harus Bisnis Franchise Mie?

Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi mie tertinggi nomor 2 di dunia setelah negara China. Bahkan saat ini mie telah menjadi bahan makanan utama kedua sesudah beras. Banyak olahan makanan dengan bahan dasar mie yang dijadikan ladang bisnis, contohnya adalah franchise mie.

Peluang usaha franchise mie sangat bagus dan menguntungkan serta target pasarnya pun sangat luas. Usaha franchise mie adalah usaha yang tidak akan pernah mati karena penggemar kuliner ini sangat banyak dan tersebar dimana-mana. Biarpun sudah banyak orang yang menjual franchise mie, akan tetapi penggemar franchise mie tidak pernah berkurang bahkan semakin bertambah.

Bisnis franchise mie ini memiliki prospek yang bagus untuk jangka waktu lama, bahkan bisnis franchise mie ini sudah melahirkan banyak pengusaha sukses.

Dengan kelebihan-kelebihan usaha franchise mie, maka tidak heran jika banyak pelaku bisnis baru yang berminat untuk memulai usaha franchise mie ini. Tetapi sebelum memulai usaha ini, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Beberapa Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Usaha Franchise Mie

1. Modal Usaha

Kekurangan modal usaha merupakan perkara yang sering terjadi saat hendak memulai sebuah bisnis. Ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal usaha, semisal dengan mencari rekan kerja yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

2. Tempat Usaha

Pilihlah tempat usaha yang banyak dikunjungi atau tempat yang dilewati banyak orang. Ketika memilih lokasi bisnis juga penting untuk memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Sejumlah tempat bisnis makanan yang strategis seperti di sekitar sekolah atau kampus, wilayah perkantoran, lingkungan pasar, mal, permukiman dan lokasi wisata.

3. Menu Andalan

Sebelum memulai usaha, sebaiknya melakukan peninjauan daftar menu yang beredar di pasar terlebih dahulu. Kemudian, pilihlah menu-menu yang paling enak dan populer. Tetapi kalau ingin mengurangi jumlah persaingan, pilih menu yang unik dan belum banyak dijual. Tetapi pilihan menu tersebut perlu disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

4. Sasaran Pasar

Salah satu faktor kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis makanan ialah menyesuaikan bisnis dengan target konsumen. Walaupun produk dijual dengan harga murah, tetapi tidak sesuai dengan kesukaan konsumen maka ini bisa jadi hambatan.

5. Sikap Kepada Konsumen

Sangat penting untuk menjaga sikap ataupun perilaku ketika berhadapan pembeli, semakin anda baik dan sopan maka akan semakin banyak pembeli yang berkeinginan menjadi pelanggan. Coba bayangkan apakah ada konsumen yang mau berbelanja pada penjual yang sombong dan jutek?

Demikian uraian tentang bisnis mie yang bisa dijadikan sebagai panduan bisnis kuliner yang akan anda jalankan. Semoga bisnis apa saja yang anda jalankan dapat sukses dan membawa kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Semoga artikel ini membawa manfaat dan terima kasih.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru