15 Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Mudah tapi Sangat Menjanjikan

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa bekerja dan mencari penghasilan sendiri. Sebaliknya, ada banyak peluang bisnis ibu rumah tangga yang bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah dan keluarga.

Bisnis ini bisa dijadikan sampingan untuk menambah pendapatan bulanan, tapi jika dikerjakan dengan serius, mungkin saja ini akan menjadi sumber keuangan keluarga yang utama. Bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga dan tertarik untuk bekerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, jika Anda memiliki anak yang masih kecil, sebaiknya pilih jenis usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Jadi perhatian Anda tidak sepenuhnya fokus pada bisnis dan tetap bisa mengurus keluarga dengan baik.

Kedua, pilihlah bisnis berdasarkan minat, kemampuan, atau hobi yang Anda miliki. Dengan menekuni bisnis yang sesuai dengan keinginan, pastinya akan terasa lebih menyenangkan dan Anda tidak akan merasa terbebani.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]

[vc_column_text]

Nah, bagi Anda yang masih kebingungan menentukan jenis usahanya, berikut adalah beberapa contoh bisnis yang cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga.

1. Toko Kelontong

Pilihan pertama yang bisa dicoba adalah dengan membuka toko kelontong atau toko sembako. Tak hanya bahan makanan pokok, Anda juga bisa menjual barang-barang lain untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti sabun, pasta gigi, elpiji, atau peralatan memasak.

Bisnis ini sangat cocok bagi ibu-ibu di rumah karena mudah dikerjakan dan tidak butuh keahlian khusus. Jam buka toko pun bisa diatur sesuai dengan kesibukan rumah tangga, jadi bisnis ini tidak terlalu mengganggu waktu untuk keluarga.

Kelebihan lainnya, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar tapi sangat menguntungkan. Mengingat sembako adalah kebutuhan pokok yang akan selalu dicari orang, jadi bisnis ini bisa berjalan sampai kapan pun.

2. Warung Makan

Memasak merupakan kemampuan yang biasa dimiliki oleh ibu rumah tangga, sehingga bisnis kuliner bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, kecuali Anda ingin membangun tempat makan skala besar. Untuk pemula, siapkan saja modal untuk bahan masakan dan manfaatkan tempat kosong di rumah untuk berjualan.

Soal menu masakan, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari kemampuan memasak, waktu berjualan, lokasi, hingga target pasar. Misalnya Anda hanya ingin berjualan di pagi hari, maka makanan yang cocok untuk dijual adalah menu yang memang sering dicari orang untuk sarapan, misalnya bubur ayam atau nasi uduk.

Bila Anda berjualan di area perkantoran, kampus, atau kosan, Anda bisa membuka warteg yang menyediakan menu masakan rumahan. Selama masakan Anda memiliki rasa yang lezat, harga terjangkau, dan pelayanan yang ramah, bisnis ini bisa jadi sangat menguntungkan.

3. Usaha Katering

Bila Anda suka memasak tapi tidak tertarik mendirikan warung atau tempat makan, Anda bisa menjalankan usaha katering yang juga sangat menjanjikan. Layanan katering yang paling utama adalah menyediakan makanan untuk acara-acara tertentu misalnya, pernikahan, seminar, aqiqah, atau katering makan siang karyawan kantor.

Bila tinggal di kawasan kampus, maka Anda bisa menawarkan layanan katering harian untuk mahasiswa. Bisnis ini sangat menguntungkan karena memang sering dicari oleh mahasiswa. Seperti yang diketahui, mahasiswa biasanya tidak punya banyak waktu untuk memasak, bahkan terkadang malas keluar rumah untuk membeli makanan.

4. Bisnis Pulsa

Berjualan pulsa adalah salah satu contoh bisnis ibu rumah tangga yang sangat mudah dijalankan. Bisnis pulsa juga tidak butuh banyak modal dan memiliki resiko kerugian yang relatif kecil. Bicara soal prospek, bisnis ini tergolong menguntungkan karena pulsa akan terus dibutuhkan oleh banyak orang.

Bila tertarik dengan bisnis ini, Anda tinggal mendatangi konter pulsa besar yang menyediakan layanan deposit. Setelah itu Anda tinggal menentukan laba yang diinginkan dan bisa langsung berjualan.

Untuk langkah awal, Anda tidak perlu membangun gerai atau konter. Anda tinggal menempelkan kertas bertuliskan ‘jual pulsa’ di depan rumah, kemudian mempromosikan jualan Anda kepada para tetangga.

5. Bisnis Kerajinan Tangan

Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang memang memiliki hobi di bidang kerajinan tangan. Selain untuk menyalurkan hobi, Anda bisa meraup banyak keuntungan apabila bisnis ini dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Ada banyak barang handmade yang bisa Anda buat, misalnya bros untuk hijab, jepit rambut, gelang, kalung, atau jenis perhiasan lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk diolah menjadi barang yang unik, misalnya tempat duduk dari ban mobil, kap lampu dari limbah kayu atau bambu, dan masih banyak lagi.

6. Bisnis Pakaian Muslim

Pakaian muslim memiliki peluang usaha yang tergolong menggiurkan, terutama menjelang hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri. Tak hanya itu, sekarang juga makin banyak orang yang memilih gaya berpakaian Islami yang cenderung lebih tertutup, bahkan hijab kini sudah jadi tren fashion tersendiri di masyarakat.

Ada banyak jenis barang yang bisa dijual, mulai dari hijab, gamis, baju koko, mukena, hingga sarung. Untuk bisnis pakaian, memang lebih disarankan untuk memiliki toko atau outlet, tapi jika belum memiliki modal besar untuk mendirikan toko, Anda bisa menawarkannya secara langsung kepada tetangga atau kerabat Anda.

7. Bisnis Kue dan roti

Hampir semua orang pasti menyukai kue dan roti, tapi tidak semua orang bisa membuatnya. Jadi bila Anda memiliki keahlian membuat kue, jangan sia-siakan kemampuan tersebut dan mulailah berbisnis.

Untuk cara menjual, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Pertama, Anda bisa menjualnya secara langsung, misalnya dengan membuka toko kue. Kedua, Anda bisa menitipkan kue buatan Anda ke toko-toko atau para penjual makanan di pasar, jadi Anda tidak perlu repot-repot berjualan dan hanya fokus pada proses pembuatan kue.

8. Bisnis Jus dan Minuman

Bisnis kuliner memang tak akan ada habisnya, termasuk berbisnis minuman. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang, berjualan jus dan minuman bisa jadi pilihan yang tepat. Selain mudah dijalankan, bisnis ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal.

Anda bisa menggunakan gerobak khusus untuk berjualan, bisa di depan rumah atau lokasi-lokasi tertentu yang dianggap strategis. Untuk produknya, Anda bisa menjual jus buah atau minuman-minuman kekinian. Minuman seperti ini memang kerap diburu oleh banyak orang, terutama oleh anak muda, jadi keuntungannya pun pasti sangat menggiurkan.

9. Jual Perlengkapan Bayi dan Balita

Bisnis lain yang patut dicoba adalah menjual barang-barang perlengkapan bayi dan balita. Ini bisa jadi bisnis yang sangat tepat untuk ditekuni, karena bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga, Anda pasti paham tentang keperluan bayi dan barang apa saja yang mereka butuhkan.

Sama seperti orang dewasa, bayi juga memiliki kebutuhan yang sangat banyak, mulai dari pakaian, popok, kain/selendang untuk menggendong, atau sepatu bayi. Anda juga bisa menjual makanan atau camilan khusus bayi dan balita, misalnya susu, bubur, atau biskuit.

10. Buka Les Privat

Bisnis ibu rumah tangga lainnya adalah dengan membuka jasa les privat. Tak hanya mudah, bisnis ini memiliki jam kerja yang fleksibel sehingga cocok dikerjakan oleh ibu-ibu yang punya waktu luang di rumah.

Di sisi lain, jasa les seperti ini sering dicari oleh banyak orang, terutama bila mendekati masa-masa ujian sekolah. Jadi usaha yang satu ini memiliki prospek yang sangat cerah dan tak boleh dilewatkan begitu saja.

Anda bisa membuka les privat bagi anak SD, SMP, atau SMA. Target siswa tentu tergantung dengan kemampuan Anda sebagai guru les. Tak hanya pelajaran formal, bila memiliki keahlian khusus seperti bermain alat musik, memasak, atau menjahit pakaian, Anda juga bisa membuka kursus di rumah.

11. Bisnis Laundry

Bisnis laundry merupakan contoh usaha yang bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk oleh ibu rumah tangga. Bisnis ini tidak membutuhkan keahlian khusus, kecuali kemampuan mencuci dan menyetrika, kemampuan yang pastinya sudah sangat akrab dengan sebagian besar ibu rumah tangga.

Untuk menjalankan bisnis ini dengan baik, Anda harus memiliki perlengkapan yang memadai, mulai dari mesin cuci, peralatan menyetrika, hingga sarana air bersih. Bisnis ini akan semakin menguntungkan bila tempat laundry Anda berada di lokasi yang strategis, misalnya area kampus atau kawasan indekos.

12. Jasa Menjahit

Menjahit termasuk keahlian yang cukup mahal dan tidak semua orang bisa melakukannya. Itulah mengapa bisnis ini bisa sangat menjanjikan, karena memang tak sedikit orang yang membutuhkan jasa penjahit untuk membuat pakaian yang sesuai dengan keinginan mereka.

Seperti bisnis jasa pada umumnya, kemajuan bisnis ini sangat ditentukan oleh faktor pelayanan. Jadi selain keahlian menjahit yang mumpuni, Anda harus memastikan agar jahitan bisa sesuai dengan pesanan dan selesai tepat waktu.

13. Bisnis Parsel

Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, terutama bagi Anda yang suka sekali membuat bingkisan dan menghiasnya. Jenis barang untuk parsel pun bisa bervariasi, mulai dari makanan, pakaian, barang pecah belah, hingga barang seserahan untuk acara pernikahan.

Barang-barang untuk parsel biasanya sudah dibeli sendiri oleh pihak konsumen, sehingga Anda cukup menyediakan keranjang atau wadah khusus parsel. Walau begitu, Anda juga bisa menawarkan paket parsel yang sudah jadi, karena terkadang ada konsumen yang tidak sempat membeli barang atau justru bingung menentukan jenis barang yang cocok untuk parsel.

14. Usaha Salon

Salon termasuk bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil, tapi Anda harus memiliki kemampuan menata rambut yang baik agar konsumen merasa puas. Bisnis inipun sangat cocok untuk ibu rumah tangga karena jam kerjanya yang fleksibel dan bisa dilakukan rumah.

Tak hanya memotong dan menata rambut, Anda juga bisa menyediakan jasa make up apabila Anda memang mahir dalam hal tata rias. Jika Anda memiliki modal lebih banyak, salon juga bisa dilengkapi dengan jenis jasa lainnya, misalnya facial, perawatan tubuh, hingga manicure dan pedicure.

15. Membuka Pom Bensin Kecil (Pertamini)

Akhir-akhir ini pom bensin kecil atau yang sering disebut pertamini semakin menjamur di berbagai wilayah, terutama daerah-daerah yang cukup jauh dari SPBU. Kehadiran pom bensin mini dianggap sangat membantu oleh masyarakat, apalagi bahan bakar sudah jadi kebutuhan hidup sehari-hari.

Anda pun bisa mulai menjalankan bisnis ini karena keuntungannya yang cukup lumayan. Anda tinggal membeli dan memasang alat penampung bensin kecil di depan rumah, kemudian mengurus surat izin agar usaha menjadi legal.

Itulah contoh bisnis ibu rumah tangga yang tak boleh dipandang remeh karena prospeknya yang sangat menjanjikan. Jadi bila Anda memiliki banyak waktu luang di rumah, manfaatkan waktu dengan berbisnis dan raup keuntungan secara halal.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_cta h2=”Masih Bingung Memilih Produk Mesin Paket usaha?” add_button=”bottom” btn_title=”Konsultasi Disini” btn_color=”green” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_i_icon_fontawesome=”fa fa-whatsapp” btn_button_block=”true” btn_add_icon=”true” btn_link=”url:https%3A%2F%2Fkunjungi.website%2Fchat-disini|||”]

Kamu bisa konsultasi dengan expert konsultan Ramesia.com untuk mendapatkan Rekomendasi Mengenai Mesin Paket Usaha terbaik untuk Bisnis Anda.[/vc_cta][/vc_column][/vc_row]