Anda Ingin Menjadi Pebisnis Sate yang Sukses? Berikut Tips dan Triknya

Terdapat banyak macam bisnis masakan di berbagai tempat pelosok Nusantara. Salah satu diantaranya adalah bisnis makanan sate. Masakan yang berasal dari tanah Jawa ini sudah menjadi kuliner favorit warga Indonesia. Karena itulah, pada kesempatan ini penulis bakal memberi penjelasan mengenai usaha sate.

Usaha sate tak jarang dijual bersama sup atau gulai daging hewan yang dihasilkan dengan menambahkan campuran tulang dengan kikil daging hewan. Daging hewan yang sering dikonsumsi untuk membuat sate tak jarang mengambil bagian paha sebab bagian ini lebih lunak sehingga lebih lezat.

Pengolahan daging sate harus sedikit demi sedikit agar daging sate tidak keras dan tidak meninggalkan aroma khas yang tajam. Sedini mungkin sebelum daging sate tusuk dibakar, daging hewan sebaiknya dibalut memakai daun pepaya biar tidak alot. Daging hewan yang masih muda juga lebih mudah dikonsumsi daripada dengan daging hewan yang sudah tua. Kisaran usia daging hewan muda yang bagus untuk membuat bisnis sate ialah tiga sampai 5 bulan.

Penjual sate tusuk bisa berjualan di sisi kanan kiri jalan raya di area sekitar pasar ataupun daerah dekat kampus. Biasanya, antar penjual sate tusuk memiliki aturan bahwa untuk lokasi tertentu hanya terdapat satu penjual sate saja. Maka, Anda perlu memperhatikan area sekitar lokasi sebelum memutuskan berjualan di suatu tempat harapannya agar tidak timbul kecurigaan.

Perlengkapan yang diperlukan untuk membuka bisnis kuliner sate seperti gerobak, tenda, meja kayu, kursi, panggangan sate, pisau, dan kipas angin. Sarana dan prasarana makan contohnya piring, mangkuk, gelas kaca, sendok makan serta garpu makan.

Sedangkan pelindung tenda bisa dibuat berukuran kecil atau sedang tergantung dimensi warung dan tingkat tingginya konsumen. Meja makan dari kayu bisa disediakan minimal satu hingga paling tidak ada 2 meja dengan kursi 6 sampai sepuluh buah kursi.

Pemilik bisnis dapat menyelesaikan masalah sendiri atau menyuruh sejumlah karyawan. Bawahan dapat bertugas melayani orderan konsumen atau membakar sate. Bawahan sebaiknya ditraining dahulu cara kerja melayani pembeli sate yang tepat supaya mengetahui tingkat kematangan daging secara benar.

Iklan bisa memanfaatkan banner bertuliskan jenis usaha yang dipasang sekitar tenda atau gerobak dorong Anda. Banner dapat ditambah gambar sate tusuk yang menarik sehingga dapat mendatangkan konsumen. Pemasaran berikutnya bisa dilakukan dengan membuat brosur, terutama ketika melayani pesan antar, melayani pesanan sate hajat pernikahan maupun acara ulang tahun.
Kelemahan usaha sate antara lain merebaknya penjual makanan serupa. Mutu dan perihal harga yang ditawarkan oleh pedagang beraneka ragam sehingga penjual sate pemula harus bisa menemukan celah agar bisa bersaing.

Di bawah ini merupakan beberapa trik menjalankan usaha sate yang dapat Anda praktikkan:
1. Menjaga kualitas dan citarasa dengan proses antara lain bumbunya lezat serta daging yang empuk. Daging sate yang empuk secara tidak langsung dapat memperluas sasaran target usaha Anda, lantaran mulai dari anak-anak sampai orang berusia lanjut dapat memakannya dengan gampang.

2. Lokasi yang ramai tidak bisa dipastikan berpotensi sebagai area usaha sate. Sasaran konsumen sate tusuk dapat disejajarkan dengan kelas menengah ke atas dalam hal ekonomi. Penyebabnya adalah harga satu porsi sate dianggap cukup mahal untuk sebagian orang. Lokasi tak jauh dari perkantoran, perumahan mewah, central jajanan ialah sebagian contoh kecil strategis tempat untuk bisnis sate panggang.

3. Menjalin kesepakatan kerjasama dengan supplier. Di waktu-waktu tertentu misalnya hari besar agama, harga daging sate panggang mengalami kenaikan harga yang tinggi gara-gara tingginya permintaan dari konsumen. Menjalin kerjasama dengan rumah potong hewan ataupun peternak daging hewan bisa mengurangi kejadian yang tak diinginkan seperti kekurangan stok daging juga melonjaknya harga yang membumbung tinggi.

Demikianlah trik dagang sate dari penulis. Mudah-mudahan mampu berfaedah bagi Anda yang mempunyai niatan membuka usaha sate.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru