4 Cara Sukses Memulai Bisnis Kue Donat di Rumah

Donat- Siapakah yang belum mengenal salah satu macam kuliner ini? Sebagian besar individu tentu pernah mendengarnya. donat merupakan jajanan yang lumayan banyak digandrungi orang dari bermacam-macam kalangan, mulai anak-anak hingga masyarakat dewasa.
Dengan teksturnya yang khas yaitu bentuk bulat namun mempunyai lubang di tengahnya. Bisnis kue donat termasuk dalam kategori usaha kuliner yang tidak akan pernah bangkrut karena bisnis ini selalu disukai oleh kebanyakan orang. Intinya, bisnis donat merupakan bisnis yang cukup menggoda di saat ketatnya kompetisi di antara para pebisnis.

Siapa yang tidak mengenal jenis roti yang satu ini? Pastinya semua konsumen mengetahuinya sebagai jajanan pasar dan merupakan roti favorit mereka. Teksturnya yang bundar dengan bolong di bagian tengah yang menjadi karakteristik khasnya. Saat ini sangatlah banyak bentuk dan rasa dari donat.Donat tidak hanya memiliki lubang di tengah, tapi sekarang sangat banyak kue donat yang berbentuk persegi empat tanpa dilubangi daerah tengahnya, bahkan saat ini telah hadir donat dengan bentuk seperti angka 8. Berbagai macam inovasi bentuk donat membuat roti ini semakin digandrungi oleh banyak kalangan tanpa dilihat dari umur.

Sangat banyak resep pembuatan roti donat yang dapat dijumpai di internet, maupun dari para pelaku usaha donat. Ada beberapa campuran roti donat yang dicampur dengan kentang sehingga memiliki bentuk yang gurih dan lezat dimakan. Adapula adonan roti donat yang dicampur dengan madu sehingga memiliki rasa manis yang unik. Kemudian adapula adonan donat yang ditambah tanaman ubi yang biasanya disebut donat ubi. Dan ada juga roti donat alami, yaitu adonan roti donat yang asli tanpa dicampur bahan lainnya.

Sekarang sangat mudah dijumpai di pinggiran jalan para pedagang donat ataupun dalam bentuk bisnis rumahan. Biaya yang diberikan bermacam-macam dari Rp.500 hingga Rp.2000. Salah satu pengusaha yang masuk ke dalam bisnis roti donat ialah Utami. Adapun harga roti donat perbuah yang ditawarkan perempuan cantik ini seharga Rp.500. Harga yang cukup murah tetapi dengan mutu yang baik sehingga laris manis, dan dicari para pembeli.

Saat ini roti donat bisa dengan mudah kita temui di berbagai kawasan usaha dikarenakan banyaknya pelaku bisnis yang menawarkan roti donat. Saat ini roti donat mempunyai banyak tekstur dengan bermacam-macam variasi cita rasa dan aneka bahan dasar (donat madu, donat kentang, dan lain sebagainya) dan harga yang variatif. Fenomena banyaknya aneka variasi donat, dilengkapi dengan berbagai bentuk dan rasa serta bahan adonan merupakan kreatifitas dari pelaku bisnis untuk membedakan bisnisnya dengan pesaingnya.

Perlu kita ketahui, bahwasannya untuk memulai bisnis donat tidaklah membutuhkan modal yang besar. Dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar, kita bisa menjalankan bisnis donat dengan profit yang menjanjikan. Apabila anda berminat untuk membuka bisnis berjualan donat, terdapat berbagai faktor yang baiknya anda pikirkan, di antaranya :

1. Niat yang Keras Untuk Berwiraswasta Roti Donat.
Hal ini sangatlah penting. Karena walaupun anda memiliki modal yang besar namun tidak dilengkapi kenginginan kuat untuk berwiraswasta kue donat maka mustahil untuk berhasil. Itulah pentingnya kemauan yang kuat. Oleh karena itu, baiknya anda mempunyai kemauan yang kokoh untuk berwiraswasta roti donat.
2. Kreatifitas Kue Donat.
Sebaiknya anda perlu untuk membuat kue donat yang beraneka ragam, karena roti donat yang memiliki rasa dan bentuk yang biasa sudah membosankan bagi para konsumen sehingga kurang digemari oleh mereka. Oleh karena itu, baiknya anda berkreasi untuk membuat donat dengan macam yang berbeda, misalnya roti donat keju, kue donat bakar, roti donat madu dan lainnya.

3. Harga Donat.
Setelah anda mempunyai cukup banyak variasi donat, step selanjutnya ialah menentukan harga jual kue donat. Baiknya anda tahu dengan adanya banyak variasi donat maka harga roti donat pun baiknya ditetapkan bervariasi tergantung dengan perhitungan biaya produksi kue donat, mulai dari yang mahal ke yang murah.

4. Marketing.
Syarat Ini merupakan salah satu step yang tidak boleh dilupakan oleh seorang wiraswasta kue donat. Langkah marketing adalah faktor keberhasilan sebuah usaha. Begitupula dengan usaha donat. Selanjutnya setelah anda membuat donat adalah melakukan marketing. Teknik marketing roti donat bisa dilaksanakan dengan cara dititipkan di banyak kantin, atau dijual di rumah sendiri.

Demikianlah beberapa cara ampuh yang dapat anda terapkan untuk menjadi pebisnis kue donat yang berhasil.
Apabila anda mampu menerapkan tips-tips tersebut, maka bukan tidak mungkin untuk anda menjadi pengusaha roti donat yang berhasil di Negara ini bahkan manca Negara.