Penuhi Pundi-Pundi Anda dengan 14 Jenis Bisnis Online yang Menjanjikan

bisnis online copywriter

Belakangan ini, perkembangan bisnis online di Indonesia semakin pesat. Salah satu indikatornya adalah kian hari, makin banyak orang yang tertarik untuk terjun di dunia ini. Jenis produk yang ditawarkan pun makin beragam, baik berupa barang maupun jasa.

Kemudahan teknologi dan kecepatan koneksi adalah faktor penting untuk keberlangsungan dan kesuksesan bisnis online. Nah, apa saja produk yang bisa Anda tawarkan dan bagaimana memulai bisnis via internet ini? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bisnis Fesyen

Maraknya bisnis fesyen terlihat dari menjamurnya toko-toko online maupun marketplace yang menawarkan beragam jenis produk pakaian dan aksesorisnya. Jika tertarik, sebaiknya Anda memilih salah satu kategori saja sehingga bisa fokus menjalankannya.

bisnis online tahun ini

Kelebihan bisnis online di bidang fesyen adalah tidak membutuhkan tempat dan modal besar layaknya membuka sebuah butik. Cukup bermodal handphone atau laptop, koneksi internet, dan akun media sosial, Anda sudah bisa menajalankan bisnis ini sebagai reseller.

Carilah supplier atau pemasok yang memiliki produk berkualitas. Dengan sistem dropship, tugas Anda hanyalah mempromosikan produk dan memastikan transaksi berjalan lancar, sedangkan barang akan dikirim langsung oleh supplier kepada pembeli.

2. Bisnis Kuliner

Siapa bilang bisnis kuliner hanya bisa dijalankan secara offline? Saat ini, ada banyak pelaku bisnis kuliner yang memanfaatkan internet untuk menjalankan usahanya. Bahkan, bisnis online di bidang kuliner makin meningkat dengan jenis produk yang makin beragam.

bisnis online untuk pemula

Salah satu keuntungan berbisnis kuliner secara online adalah produk bisa luas dipasarkan dengan memanfaatkan jasa pengiriman barang. Oleh karena itu, Anda harus selektif memilih produk yang akan dijual dan memperhatikan masalah keawetan barang.

Ada banyak jenis kuliner yang bisa dipasarkan secara online. Namun, ada lima jenis produk kuliner yang paling banyak dijalankan secara online, yaitu makanan beku, cake dan cookies, katering masakan rumahan, makanan ringan, dan produk minuman.

3. Bisnis Online Blogger

Bisnis yang satu ini cocok untuk ditekuni oleh Anda yang menyukai dunia menulis. Namun, tak cukup hobi menulis, untuk menekuni bisnis online blogger, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengisi blog dengan tulisan yang unik, menarik, dan tentunya bermanfaat.

Ada banyak tema yang bisa ditulis, seperti wisata, kuliner, teknologi, politik, sastra, dan lainnya. Namun, sebaiknya Anda fokus pada satu tema yang paling disukai. Dengan demikian, tulisan akan lebih menarik untuk dibaca.

bisnis online apa ya

Lalu, bagaimana menjadikan blog sebagai ladang bisnis? Salah satunya adalah dengan menampilkan iklan yang bekerja sama dengan pihak terpercaya seperti Google Adsense, menyediakan space iklan, dan menerima jasa review produk.

Selain itu, Anda juga harus rajin mempromosikan blog dengan cara membagikan link tulisan di media sosial. Atau, lakukan kerja sama dengan website besar dengan cara mengirimkan tulisan blog Anda ke situs tersebut. Jika layak dimuat, situs tersebut akan mempromosikan blog Anda.

4. Admin Media Sosial

Hampir semua orang memiliki akun media sosial, bahkan bukan cuma satu. Tak heran jika media sosial banyak dilirik para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Hal ini ternyata menghasilkan peluang bisnis lainnya, yaitu admin media sosial.

Mengapa admin media sosial dibutuhkan? Pada bisnis online yang sudah cukup berkembang, sang pemilik tentunya tidak bisa mengurus semua hal, termasuk melakukan promosi dan marketing di media sosial. Di sinilah keberadaan seorang admin media sosial dibutuhkan.

bisnis online aplikasi android

Pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk dari rumah, baik secara full time maupun freelance. Tugas seorang admin media sosial di antaranya adalah membuat konten menarik, meningkatkan jumlah like dan follower, dan berinteraksi dengan calon konsumen.

5. Online Copywriter

Apakah Anda memiliki hobi menulis dan mahir membuat tulisan yang menarik? Jika iya, profesi online copywriter ini layak dicoba karena sangat menjanjikan. Jasa seorang copywriter banyak dibutuhkan, terutama oleh para pelaku bisnis online untuk mempromosikan produknya.

Tugas seorang copywriter adalah membuat tulisan yang menjadikan sebuah produk semakin menarik. Tulisan harus bisa memengaruhi para calon konsumen hingga akhirnya mereka memutuskan membeli produk yang ditawarkan.

bisnis online bukalapak

Modal utama seorang copywriter adalah kepiawaian dan kreativitas dalam merangkai kata untuk menggambarkan sebuah produk. Kalimat-kalimat yang dipilih juga harus tersegmentasi dan tepat sasaran sehingga hanya dengan beberapa kalimat, konsumen tertarik untuk membeli.

6. Penulis Lepas

Satu lagi peluang bisnis online yang cukup menjanjikan bagi Anda yang hobi menulis. Tanpa perlu modal besar, Anda bisa menjual kemampuan menulis dengan menjadi seorang penulis lepas alias freelance writer.

Saat ini, hampir semua para pelaku bisnis profesional memiliki website, blog, atau platform lain untuk menjalankan roda usahanya. Mereka harus mengisinya dengan konten-konten menarik sehingga orang-orang mau membacanya.

bisnis online cepat kaya

Sayangnya, kebanyakan para pemilik usaha tidak memiliki waktu dan kemampuan untuk membuat konten menarik sehingga dibutuhkan seorang penulis lepas. Mereka bertugas membuat tulisan berupa artikel berkualitas untuk dimuat di website atau blog pemilik usaha.

Bagaimana cara mencari peluang sebagai penulis lepas? Sebagai pemula, Anda bisa menjadi freelance writer di beberapa website tempat bertemunya para penulis dan pencari jasa penulis lepas. Jika sudah cukup profesional, Anda juga bisa membuka agensi jasa penulisan sendiri.

7. Jasa Pembuatan Website/Blog

Di era serba digital, website atau blog sudah menjadi kebutuhan bagi banyak pihak, baik untuk keperluan pribadi, organisasi, maupun kepentingan usaha. Hal ini menjadi peluang menarik bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam membuat website atau blog.

Untuk menjadi seorang web/blog developer, Anda tidak harus memiliki keahlian yang sangat hebat. Anda bisa memanfaatkan WordPress. Platform ini memiliki banyak sekali theme dan template siap pakai dengan tampilan unik dan profesional, baik yang gratis maupun berbayar.

bisnis online copywriter

Untuk meyakinkan calon klien, tentu saja Anda harus memiliki website sendiri yang menarik untuk menawarkan jasa. Selain itu, agar bisnis online ini berjalan baik, carilah rekanan penyedia domain dan hosting yang berkualitas.

8. Makelar Online

Profesi makelar juga ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan media internet, lho. Sebagai makelar, Anda bertugas untuk mempertemukan penjual dengan calon pembeli.

Jika terjadi transaksi antara keduanya, Anda akan mendapatkan komisi sesuai yang sudah disepakati.

Syarat untuk menjadi seorang makelar adalah memiliki jaringan dan pertemanan yang luas. Namun, Anda harus meneliti lebih dahulu latar belakang orang yang akan dipertemukan, baik dari pihak penjual maupun calon pembeli.

bisnis di online

Ada beberapa jenis bisnis yang kerap menggunakan jasa makelar online untuk menjual produknya, baik berupa barang maupun jasa. Beberapa di antaranya adalah bisnis properti, jasa pembuatan website, atau jasa lainnya.

Seperti bisnis online lainnya, makelar online juga bisa dikerjakan siapa saja dan dari mana saja, bahkan dari dalam rumah. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan memanfaatkan akun media sosial maupun bergabung di marketplace khusus, terutama untuk produk properti.

9. Penerjemah

Di era globalisasi saat ini, kerjasama antarnegara, baik yang dilakukan oleh lembaga, institusi, maupun pelaku bisnis tidak bisa dihindari. Hal ini menuntut orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk menguasai bahasa asing.

Sayangnya, kemampuan berbahasa asing tidak dimiliki banyak orang. Oleh karena itu, banyak lembaga atau perusahaan yang membutuhkan orang yang berkompeten dalam bidang bahasa untuk berperan sebagai penerjemah.

Tenaga penerjemah dibutuhkan pada saat kedua belah pihak yang bekerja sama melakukan pertemuan langsung maupun untuk menerjemahkan proposal, MoU, atau dokumen penting lainnya.

cara bergabung di bisnis online

Ada juga jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara online oleh seorang penerjemah, yaitu menerjemahkan buku. Naskah buku dikirimkan dalam bentuk file melalui email, demikian juga naskah hasil terjemahannya. Tanpa harus bertemu muka, pekerjaan bisa diselesaikan.

Meski pekerjaannya bersifat offline, Anda bisa memasarkan jasa sebagai penerjemah secara online. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi dengan mengunggah portofolio atau memasukkan data diri ke situs penghubung antara penerjemah dan klien.

10. Jasa Konsultasi

Manfaatkan keahlian yang Anda miliki di bidang tertentu dengan membuka jasa konsultasi. Contohnya adalah jasa konsultasi bisnis, keuangan, SEO (search engine optimization) untuk website, pengobatan tradisional, kesehatan, keluarga, arsitektur, dan sebagainya.

ebook bisnis online

Pemanfaatan media online dalam bidang jasa konsultasi tidak hanya sebagai sarana promosi. Komunikasi dan pekerjaan konsultasinya sendiri juga bisa dilakukan secara online. Anda tidak perlu melakukan meeting dengan klien. Semuanya cukup dilakukan dari rumah.

11. Youtuber

Profesi satu ini tengah naik daun dan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Dengan mengunggah konten-konten menarik dan kreatif, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari profesi ini.

bisnis e commerce mall online

Untuk menjadi Youtuber, modal utama yang harus dimiliki adalah ide-ide segar untuk membuat konten yang unik dan membuat orang tertarik menonton. Makin tinggi traffic yang didapat, makin besar penghasilan yang diperoleh dari iklan adsense yang dipasang di videonya.

12. Software Developer

Tingginya pengguna smartphone merupakan sebuah peluang besar bagi para pelaku bisnis online, termasuk seorang pengembang software (software developer). Jika Anda ahli dalam pemrograman, bisnis ini layak dicoba.

Produk yang ditawarkan tentu saja adalah software yang menarik. Anda bisa menjual software yang dibuat kepada perusahaan-perusahaan IT. Selain itu, Anda juga bisa menjadi freelancer dengan membantu perusahaan mengembangkan software keuangan, komunikasi, atau lainnya.

13. Bisnis E-Book

Inilah bisnis online terbaru di bidang kepenulisan. Bisnis ini sangat menarik karena memberikan alternatif kepada para penulis untuk memasarkan bukunya secara digital dalam bentuk e-book. Penulis tidak perlu lagi mencari penerbit untuk menerbitkan bukunya.

bisnis online free

Inovasi e-book menguntungkan penulis dan penerbit karena bisa memangkas biaya cetak maupun publikasi. Anda bisa menjajal peluang ini melalui kerja sama dengan penulis untuk memasarkan bukunya dalam bentuk e-book dengan besaran royalti yang disepakati bersama.

14. Jasa Menambah Follower

Bagi para pelaku bisnis online yang memanfaatkan media sosial, keberadaan follower sangatlah penting. Selain memperbesar pasar dan peluang terjadinya closing, banyaknya follower sangat memengaruhi kepercayaan calon konsumen. Makin banyak follower-nya, makin terpercaya.

Dengan keyakinan tersebut, tak heran jika kini orang mulai melirik jasa menaikkan follower di media sosial, baik Facebook, Instagram, maupun Twitter. Dari segi nominal, harga untuk jasa ini termasuk murah, tetapi jangan lupa, klien yang membutuhkan jasa ini sangat banyak.

Tips Memulai Bisnis Online

Banyak orang ragu menjalankan bisnis online karena tidak tahu cara memulainya. Agar bisnis online bisa mendatangkan hasil memuaskan, lakukan 5 langkah awal berikut ini sebelum Anda memulainya.

1. Memahami Selera Pasar

Untuk menentukan produk yang akan ditawarkan, Anda harus benar-benar memahami selera pasar. Lakukan pengamatan atau riset kecil untuk mengetahui produk yang paling dicari atau sedang tren saat ini.

bisnis online fotografi

Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa menentukan produk yang paling tepat sehingga mengundang banyak pembeli. Pertimbangkan juga menjual barang yang unik dan masih jarang dijual oleh toko online lain.

2. Mengenali Produk dengan Baik

Setelah menentukan produk yang hendak dijual, baik barang maupun jasa, kenali betul-betul produk tersebut. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang produk tersebut dan kenali secara detail. Hal ini penting agar Anda bisa meyakinkan konsumen.

Akan lebih baik lagi jika Anda juga membeli dan menggunakan produk tersebut lebih dahulu. Sebagai contoh, jika hendak berbisnis fesyen, beli dan gunakan baju dari merek yang akan ditawarkan. Begitu juga dengan makanan, sebaiknya beli dan cicipi lebih dahulu.

Dengan cara tersebut, Anda akan mengenal produk secara detail sehingga bisa menjawab pertanyaan konsumen, meskipun tidak menyetok barang. Selain itu, Anda juga bisa menghitung dengan tepat harga jual yang pantas.

3. Melakukan Riset Kompetitor

Mengetahui kompetitor atau pesaing juga tidak kalah penting. Anda bisa mencari tahu cara mereka menjual produk secara online dan mengamati rating dan review yang diberikan pelanggan, meskipun tidak selalu bisa dijadikan patokan.

Manfaat melakukan riset kompetitor adalah agar Anda bisa menawarkan keunggulan yang merupakan kelemahan dari pihak pesaing. Sebagai contoh, jika penjual lain sering mengecewakan pelanggan karena responsnya lambat, berikan jaminan pelayanan yang cepat.

bisnis online gaji dollar

Untuk soal harga, jangan tergoda untuk memberikan harga terlalu rendah demi menarik konsumen dengan risiko margin keuntungan terlalu kecil. Percayalah, masih ada konsumen yang lebih mementingkan kualitas daripada harga.

4. Mencari Supplier

Biasanya, Anda bisa mendapatkan sebuah produk dari banyak supplier. Anda bisa mendapatkannya dari tangan pertama, kedua, atau bahkan ketiga. Konsekuensinya, makin panjang rantai distribusinya, makin kecil pula keuntungan yang akan didapat.

Oleh karena itu, usahakan mendapatkan barang langsung dari produsen. Meskipun terkadang syaratnya lebih berat, keuntungan yang didapat jauh lebih besar dibandingkan dengan membeli dari pusat grosir, misalnya.

Selain itu, pilihlah supplier yang menawarkan pola kerja sama yang menguntungkan. Biasanya, ada beberapa level keagenan yang ditawarkan, misalnya distributor, agen, reseller, atau dropshipper. Pilihlah yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

5. Membuat Brand Bisnis

Baik menjual barang maupun menawarkan jasa, buatlah brand bisnis yang menarik dan membuat orang percaya, termasuk membuat logo. Brand dan logo mencerminkan citra bisnis yang Anda jalankan.

bisnis online hp

Jika diperlukan, mintalah bantuan rekan yang menguasai desain grafis untuk membuat brand dan logo bisnis online Anda. Pilihlah brand dan logo yang unik dan mudah diingat sehingga melekat dalam ingatan konsumen.

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis online juga tak lepas dari berbagai tantangan dan kendala, termasuk persaingan yang makin ketat. Namun, dengan penguasaan teknologi dan strategi yang tepat, mengisi pundi-pundi rezeki dari bisnis ini bukan impian belaka.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia