6 Tips Memulai Bisnis Restoran untuk Pemula

Membuka usaha pastinya harus disesuaikan dengan minat Anda. Dengan memiliki usaha yang Anda sukai maka Anda akan merasa senang dalam melakukannya, sehingga membuat Anda menjadi tidak terlalu berat, kenapa? karena usaha yang Anda jalankan merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Jika Anda memiliki hobi dalam dunia masak memasak, maka hal tersebut bisa saja Anda kembangkan menjadi salah satu kegemaran yang menghasilkan beberapa penghasilan. Entah itu penghasilan kecil yang dapat membantu ekonomi Anda dalam bentuk kebutuhan primer atau bahkan dengan penghasilan yang besar yang bisa mencukupi segala keperluan sekunder semisal, sepeda motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu bisnis yang dapat Anda manfaatkan dalam hobi Anda yaitu membuka usaha restoran atau rumah makan.

Bisnis restoran atau rumah makan memang sangat menguntungkan dan menjanjikan, karena setiap orang pasti membutuhkan makanan bukan? jadi dapat Anda bayangkan sendiri jika masakan yang Anda jual di sukai oleh pembeli Anda.

Tantangan dalam usaha restoran atau rumah makan adalah bagaimana caranya makanan yang Anda tawarkan dapat laku dan disukai oleh pelanggan. Nah, disinilah Anda wajib berpikir keras untuk mengembangkan suatu ide dan juga memerlukan kreatifitas yang tinggi agar bisnis restoran atau rumah makan yang Anda jalani menjadi restoran yang terenak dan yang paling terkenal di daerah Anda.

Banyak sekali restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, mulai yang skala kecil hingga yang berskala besar. Banyak restoran yang dijalankan di kota tertentu hingga mencapai kesuksesan, seperti membuka restoran di daerah Surabaya. Ada pula restoran yang berhasil dan tumbuh besar yang dijalankan oleh artis atau orang ternama di Indonesia, contohnya seperti restoran Vidi Aldiano.

Bisnis restoran pun bisa meraih keberhasilan karena menu yang dijual sesuai dengan target pasarnya, yakni pecinta menu masakan tersebut, semisal restoran sea food.

Usaha restoran atau rumah makan, sekarang ini terasa semakin berkembang dalam dunia perdagangan. Setiap manusia butuh makan, maka tak heran, bila usaha restoran atau rumah makan selalu tidak ada habisnya. Karena untuk mencukupi keperluan primer tiap orang. Akan tetapi, untuk mengawali dan mengelola restoran juga tidak boleh sembarangan karena bisa jadi akan gulung tikar di tengah jalan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam usaha restoran.

1. Menu Masakan

Menu makanan adalah salah satu yang hal paling penting dalam suatu bisnis restoran, sebab menu ini yang akan menentukan segalanya. Jadi apabila Anda ingin membuka sebuah usaha restoran, maka alangkah lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang sekiranya paling laris dan terpopuler di kota Anda. Anda juga bisa memilih menu masakan yang tidak ada di daerah Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling unik.

2. Persiapan Bahan Baku

Bahan baku dapat didapatkan dengan bekerja sama dengan supplier sayur-mayur dan sembako atau bisa langsung belanja ke pasar tradisional ataupun modern. Anda perlu memastikan kualitasnya bagus karena akan berpengaruh pada rasa makanan.

3. Survey Pasar

Untuk bisa mengetahui kebutuhan pembeli, survey pasar perlu dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai gambaran dan perbandingan untuk merencanakan model bisnis Anda.

4. Ciri Khas

Sebuah restoran juga harus mempunyai sebuah ciri khas agar para pelanggan tidak kesulitan untuk menemukannya dan juga membuat daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda bisa memakai nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada masakan yang Anda jual.

5. Lokasi Restoran

Lokasi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu usaha restoran. Jadi apabila Anda mau membuka sebuah bisnis restoran sebaiknya Anda pikirkan lokasi yang tepat dan strategis untuk bisnis Anda. Yang jelas pilihlah tempat yang ramai pembeli. Dengan banyaknya pengunjung maka kemungkinan besar restoran Anda akan ramai pula.

6. Pelayanan

Pelayanan juga salah satu faktor paling penting dalam kesuksesan suatu usaha restoran, sebab percuma jika pengunjung ramai namun pelayanannya tidak memadai. Hal ini akan bisa menyebabkan semakin lama restoran Anda sepi dan akhirnya gulung tikar.

Jadi bila Anda ingin berhasil dalam menjalankan usaha restoran, sebaiknya Anda memberikan pelayanan yang maksimal pada konsumen Anda. Supaya konsumen dapat merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di restoran Anda, coba sediakan free WiFi atau pelayanan lain jika modal Anda mencukupi.

Demikian ulasan tentang peluang usaha restoran dan tips suksesnya. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia