20+ Ide Bisnis Rumahan yang Mudah dan Menguntungkan

Tak harus menjadi pegawai kantoran untuk mendapatkan penghasilan. Menjadi wirausahawan alias memiliki bisnis sendiri kini menjadi tren di tengah masyarakat. Bahkan, tanpa modal besar, siapa pun bisa menjalankan bisnis rumahan dengan penghasilan yang sangat menjanjikan.

Bekerja dari rumah menjadi pilihan tepat bagi sebagian orang karena memiliki banyak kelebihan. Waktu yang fleksibel, bebas dari kemacetan, dan tentu saja modal yang irit adalah beberapa pertimbangan penting ketika seseorang memutuskan bekerja dari rumah.

Bisnis Rumahan Bidang Kuliner

Bisnis kuliner kecil-kecilan yang dijalankan dari rumah tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak kisah sukses yang membuktikan, para pengusaha kuliner besar memulai usahanya dari bisnis rumahan. Ingin mengikuti jejak mereka? Beberapa ide di bawah ini layak dicoba.

1. Katering

Memiliki  hobi dan keahlian memasak adalah modal yang sangat besar untuk memulai bisnis katering di rumah. Namun, bukan berarti Anda yang tidak bisa memasak tidak bisa menjalankan bisnis serupa. Anda bisa menyewa juru masak yang memiliki kesamaan selera dan etos kerja.

Untuk mengawali bisnis katering, lakukan dalam skala kecil, misalnya katering harian untuk keluarga dan kantor, bekal sekolah, atau acara khusus seperti pengajian. Selanjutnya, Anda bisa mengembangkannya ke skala lebih besar, seperti katering pesta pernikahan.

Mengingat modal yang masih terbatas, maksimalkan peralatan memasak yang ada. Setelah mendapat pasar lebih besar, barulah Anda membeli mesin dan peralatan katering, seperti mesin pencetak mi, pemotong buah dan sayur, dan mesin pengupas umbi-umbian.

2. Toko Roti dan Kue

Membuka toko roti dan kue di rumah adalah ide cemerlang untuk menyalurkan hobi baking Anda. Anda tidak hanya bisa melakukan kegiatan yang disukai, tetapi juga memiliki usaha yang menjadi sumber penghasilan. Sangat menarik, bukan?

Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan peralatan untuk membuat roti dan kue yang ada di rumah. Untuk memasarkannya, selain dijual di rumah, Anda bisa menitipkannya ke warung di sekitar rumah atau kantin sekolah.

Kembangkan usaha Anda dengan menyasar target lebih besar, seperti menyediakan snack kantoran atau menjadi supplier kafe. Saat inilah, Anda perlu melakukan investasi untuk membeli planetary dan spiral mixer, oven gas atau listrik plus proofer, bread slicer, dan lainnya.

3. Warung Makan

Jika tempat tinggal Anda terletak di lokasi strategis, seperti di pinggir jalan besar, membuka warung makan bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menarik. Untuk menentukan menu, lakukan survei kecil untuk mengetahui selera dan tingkat ekonomi masyarakat setempat.

Cara tersebut penting dilakukan agar warung Anda memiliki pelanggan setia terlebih dahulu. Dengan demikian, warung Anda terlihat selalu ramai dan hal tersebut akan membuat orang luar penasaran untuk datang sehingga omset meningkat.

Saat pelanggan meningkat, Anda harus menyediakan menu dalam jumlah besar sehingga dibutuhkan perlengkapan memasak berkapasitas besar. Agar tampak menarik, higienis, serta tetap hangat dan enak disantap, tak ada salahnya makanan disajikan dengan alat bain marie.

4. Snack Kemasan

Dijamin laris manis, mudah dibuat, dan biaya produksi rendah adalah beberapa alasan yang membuat usaha snack kemasan memiliki prospek bagus. Agar dapat bersaing, berikan ciri khas yang membedakan produk Anda dari kompetitor.

Aneka keripik, kerupuk seblak, makaroni goreng, mi lidi, siomai kering, basreng, dan stick keju adalah beberapa jenis snack kemasan yang laris di pasaran. Meski terlihat murah, dengan kapasitas produksi yang besar, keuntungan yang didapat sangat menggiurkan.

Untuk meningkatkan produksi, gunakan alat bantu seperti mesin pemotong dan vacuum fryer. Buatlah merek dan logo yang menarik serta gunakan bantuan mesin kemasan, baik yang manual maupun otomatis untuk mengemas snack dengan rapi.

5. Agen Produk Makanan Beku

Makanan beku kini sudah menjadi kebutuhan rumah tangga yang sangat penting. Hampir semua keluarga memiliki simpanan makanan beku di dalam kulkasnya. Faktor kepraktisan menjadi alasan para ibu untuk memilih frozen food sebagai salah satu menu untuk keluarga.

Permintaan yang begitu besar membuat banyak orang berlomba-lomba membuat produk makanan beku. Anda bisa menjadi bagian dari rantai bisnis ini dengan menjadi agen produk makanan beku dari perusahaan lain tanpa harus memproduksi sendiri.

Itulah sebabnya, menjadi agen produk frozen food menjadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Modal awal yang sedikit besar diperlukan untuk membeli mesin freezer. Namun, dengan penjualan yang lancar, uang yang Anda investasikan ini bisa cepat kembali.

Bisnis Rumahan Bidang Jasa

6. Les Privat

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan lebih, terutama para tenaga pengajar, membuka les privat di rumah adalah cara termudah untuk menambah penghasilan. Tingkat kebutuhan akan les privat ini masih cukup tinggi, apalagi di masa-masa menjelang ujian sekolah.

Anda bisa memulainya dengan satu atau dua orang murid. Jika bisa memberikan tutorial yang menyenangkan dan memuaskan para murid, bukan tidak mungkin bisnis rumahan ini makin berkembang dan Anda bisa membuka kelas.

Manfaatkan salah satu ruangan untuk dijadikan ruang belajar, lengkapi dengan kursi-kursi, papan tulis, spidol, dan keperluan lainnya. Jika perlu, Anda juga bisa membuat buku panduan belajar atau kumpulan soal yang wajib dimiliki para murid.

7. Penyewaan Kostum

Peluang usaha lain yang bisa dijadikan ide bisnis yang menguntungkan adalah jasa penyewaan kostum. Mulai dari pakaian adat, baju pengantin, baju pesta ulang tahun anak, sampai baju pesta yang mewah bisa Anda sewakan.

Jika kondisi keuangan belum memungkinkan untuk menyewakan kostum dari berbagai jenis, mulailah dengan pakaian adat untuk anak-anak. Kostum ini selalu dicari setiap tahun untuk memperingati hari-hari besar di sekolah, untuk pawai, pertunjukan, dan sebagainya.

8. Laundry

Untuk sukses menjalankan bisnis rumahan, Anda harus jeli melihat peluang usaha dengan mengamati keadaan sekitar. Jika Anda tinggal di lingkungan indekos mahasiswa atau karyawan, usaha jasa laundry adalah peluang usaha yang patut dicoba.

Mulailah dari skala kecil dulu dengan membuka laundry kiloan atau menjadi agen jasa lain yang sudah punya nama. Sedikit demi sedikit, Anda bisa mengumpulkan modal untuk membeli mesin cuci sehingga bisa memperbesar usaha laundry yang sudah ada.

9. Merancang dan Menjahit Pakaian

Perkembangan dunia fesyen di Indonesia sangat dinamis dan tidak pernah surut. Jika memiliki bakat dan keterampilan merancang busana, Anda bisa ambil bagian ikut meramaikan dunia fesyen Indonesia. Kebutuhan akan pakaian adalah pasar besar yang sayang jika dilewatkan.

Modal utama untuk memulai bisnis rumahan di bidang fesyen ini sudah pasti adalah keahlian Anda dalam mendesain busana. Untuk menjahitnya menjadi pakaian jadi, Anda bisa membayar tukang jahit yang profesional dan dapat diandalkan.

10. Rental Kendaraan

Mungkin Anda berpikir harus memiliki banyak kendaraan untuk bisa membuka usaha rental kendaraan. Sebenarnya, satu-dua kendaraan sudah cukup untuk memulai bisnis rumahan ini. Anda bisa bekerja sama dengan rekan yang bersedia menitipkan mobilnya untuk disewakan.

Bisnis ini akan lebih menguntungkan jika Anda tinggal di tempat yang memiliki banyak objek wisata yang susah dijangkau dengan kendaraan umum. Jangan lupa, perhatikan faktor keamanan, baik dari sisi Anda sebagai pemilik kendaraan maupun pihak penyewa.

11. Pencucian Mobil dan Motor

Jika Anda memiliki halaman atau car port yang cukup luas, manfaatkan area tersebut untuk membuka jasa pencucian kendaraan bermotor. Meski dilakukan dalam skala kecil, bisnis rumahan ini sangat menjanjikan karena banyak orang yang tidak sempat mencuci sendiri.

Sebelum memulainya, persiapkan modal untuk membeli perlengkapan yang diperlukan, yaitu kompresor, mesin steam/pressure air, selang, sampo kendaraan, spons, semir ban, lap, dan vacuum cleaner. Jika anggaran tersedia, Anda bisa membeli mesin hidrolik.

12. Penyewaan Kamar

Memiliki rumah besar dengan banyak kamar yang tidak digunakan lagi adalah sebuah keberuntungan. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis rumahan berupa usaha penyewaan kamar, apalagi jika lokasinya dekat dengan kawasan kampus atau tempat wisata.

Ada beberapa alternatif sistem penyewaan kamar yang bisa dipilih. Anda bisa menjadikan rumah sebagai tempat indekos untuk mahasiswa dan karyawan atau menyewakannya dengan sistem harian untuk para wisatawan.

13. Servis Barang Elektronik

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang elektronika dan kelistrikan, sesungguhnya peluang usaha ada di depan mata. Anda bisa mengubah keahlian yang dimiliki menjadi sumber penghasilan yang lumayan.

Usaha servis barang elektronik memiliki peluang yang bagus karena kebanyakan orang akan berusaha memperbaiki alat-alat yang rusak, kecuali jika sudah tidak diperbaiki lagi. Berikan pelayanan yang memuaskan agar para pelanggan merekomendasikan Anda kepada orang lain.

14. Potong Rambut

Keberadaan salon potong rambut masih tetap dibutuhkan sampai kapan pun, selama rambut manusia masih tumbuh di kepala. Dengan memanfaatkan keterampilan yang dimiliki dalam memotong dan menata rambut, bisnis rumahan ini bisa Anda jalankan dengan mudah.

Ingin pendapatan yang lebih tinggi? Anda bisa mengkhususkan diri untuk memberikan jasa potong rambut khusus anak-anak. Modal yang dibutuhkan memang lebih mahal, tetapi keuntungan yang didapat pun jauh lebih tinggi.

15. Agen Pembayaran Resmi atau PPOB

Banyak orang yang merasa direpotkan dengan urusan membayar berbagai macam tagihan karena harus pergi ke loket atau ATM. Dengan menjalankan bisnis rumahan sebagai agen PPOB, Anda bisa memberikan solusi untuk mereka.

Meski relatif kecil, Anda bisa menerima pemasukan secara rutin dari pembayaran tagihan PDAM, TV berlangganan, telepon rumah dan internet, serta BPJS. Ada juga pendapatan tidak rutin dari pembayaran kredit barang dan tiket kereta api.

16. Pembuatan Website

Jika Anda menguasai bidang pemrograman dan ingin memiliki bisnis rumahan, membuka jasa pembuatan website adalah pilihan tepat. Dengan bermodal keahlian dan koneksi internet, Anda bisa meraup penghasilan lumayan dari usaha ini.

Seperti diketahui, keberadaan website saat ini sudah semakin dibutuhkan oleh banyak pihak sehingga jasa Anda sangat dibutuhkan. Berikan layanan yang memuaskan dengan membuat desain website yang menarik dan user friendly.

17. Desain Grafis

Tidak semua orang memiliki kreativitas dan bakat seni. Beruntunglah Anda yang memilikinya, apalagi ditambah dengan latar belakang pendidikan yang mendukung. Keduanya sudah cukup menjadi modal untuk menawarkan jasa desain grafis.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan mendaftar ke berbagai situs pencari tenaga kerja lepas di internet. Melalui situs tersebut, Anda akan menemukan banyak lowongan yang ditawarkan. Tenaga desain grafis banyak dibutuhkan kalangan usaha, baik skala kecil maupun besar.

Bisnis Rumahan untuk Penulis

Uang bukanlah modal utama untuk memiliki bisnis rumahan. Hobi dan kemampuan menulis pun bisa menjadi jalan rezeki. Hobi tersalurkan, pundi-pundi rupiah pun terisi. Nah, untuk Anda yang suka menulis, beberapa peluang di bawah ini cukup menarik untuk dicoba.

18. Penulis Artikel

Di era digital sekarang ini, internet menjadi salah satu sumber informasi yang paling banyak dijadikan rujukan. Informasi terkait apa saja bisa dicari di internet, termasuk informasi yang terkait dengan aktivitas ekonomi seperti jual-beli.

Fenomena tersebut mendorong para pengelola lembaga, pemilik perusahaan, maupun individu yang peduli pada hal tertentu untuk membuat website. Namun, mereka tak selalu punya waktu untuk mengisinya. Di sinilah jasa penulis artikel dibutuhkan untuk membuat konten berkualitas.

19. Editing dan Proofreading

Dengan kehadiran penerbit indi, siapa pun kini bisa menerbitkan buku dengan mudah. Namun, sebelum diterbitkan, mereka membutuhkan jasa editor atau proofreader untuk mengoreksi tulisannya agar lebih menarik untuk dibaca dan bersih dari kesalahan.

Anda yang memiliki latar belakang pendidikan bahasa dan sastra maupun yang memiliki ketertarikan dan pengetahuan luas tentang bahasa bisa memanfaatkan peluang ini. Pekerjaan ini bisa menjadi bisnis rumahan karena Anda dan klien cukup berkomunikasi via surel.

20. Penulis E-Book

Buku digital atau e-book kini makin menjadi tren di kalangan para pegiat literasi. Ya, tidak semua naskah harus diterbitkan dalam bentuk cetak dengan banyak pertimbangan. Anda pun bisa menuangkan opini, ilmu, dan keahlian dalam sebuah e-book dan memasarkannya.

Selain menulis sendiri, Anda juga bisa menerima jasa pembuatan e-book dari penulis lain. Terkadang, naskah yang diterbitkan dalam bentuk cetak harus ditulis ulang dengan format berbeda saat dijadikan e-book sehingga lebih ringan dan nyaman saat dibaca melalui gawai.

21. Ghost Writer

Menjadi ghost writer alias penulis bayangan adalah salah satu profesi yang diincar banyak penulis. Bagaimana tidak, penghasilan seorang ghost writer sangat menggiurkan, bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk satu naskah buku, tergantung jam terbang penulis.

Usaha ini digolongkan bisnis rumahan karena bisa sepenuhnya dikerjakan di rumah. Wawancara dengan klien bisa dilakukan via e-mail, telepon, atau chat. Saat menulis, Anda hanya perlu duduk di depan laptop, menuangkan transkrip wawancara menjadi naskah buku.

22. Blogger Profesional

Satu lagi profesi penulis yang kini makin naik daun, yaitu menjadi blogger profesional. Menulis blog yang semula hanya merupakan sarana menuangkan pikiran dan opini pribadi ternyata bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan.

Untuk menekuni profesi sebagai blogger profesional, Anda bisa mengawalinya dengan rajin mengikuti lomba blog. Selain mendapat banyak reward, sering memenangkan lomba akan membuat nama Anda dikenal dan membuka peluang kerja sama dengan pihak-pihak lain.

23. Penerjemah

Menguasai berbagai bahasa asing bisa menjadi modal utama untuk membuka usaha sebagai penerjemah. Banyak buku, jurnal, karya ilmiah, atau bahkan novel dan buku populer lain yang ditulis dalam bahasa asing, padahal sangat dibutuhkan para pembaca di Indonesia.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan. Sebagai pemula, Anda bisa menawarkan jasa terjemahan secara gratis kepada orang-orang sekitar. Selanjutnya, Anda bisa memasarkan jasa ini melalui internet untuk mendapatkan klien.

Menjalankan bisnis rumahan menjadi alternatif yang menarik bagi siapa saja: tua-muda, pria-wanita. Setiap keahlian yang Anda miliki adalah modal penting untuk memulainya, selain kejelian untuk melihat peluang di sekitar. Jadi, tunggu apa lagi?