Box Dryer | Mesin Pengering Produk Pertanian

Box Dryer | Harga Alat Pengering Padi & Produk Pertanian | Ramesia

Box dryer atau mesin pengering untuk padi dan biji-bijian merupakan mesin yang digunakan oleh para petani dalam tahap pengeringan. Mesin ini akan memastikan kandungan air dari biji-bijian hilang dalam waktu singkat. Petani beras seringkali mengeluh mengenai pengolahan padi pascapanen yang banyak menghadapi permasalahan. Salah satunya adalah masalah pengeringan padi yang mesti bergantung pada kondisi cuaca. Tidak dapat dimungkiri, musim hujan kerapkali menghambat proses pengeringan gabah. Menghadapi kondisi tersebut, para petani memerlukan perangkat yang bisa mengeringkan gabah dalam waktu relatif cepat. Bagaimana dengan pengeringan padi manual? Pengeringan dengan  cara tradisional memerlukan ketersediaan lahan yang lapang. Lagipula, prosesnya lama dan jelas menghambat distribusi produk pertanian.

Diperlukan waktu berhari-hari untuk menjemur secara manual sampai padi benar-benar kering sepenuhnya. Saat menjemur padi pun mesti ditunggu agar tidak ada ayam atau burung yang memakannya. Selain itu, petani juga harus membolak-balik padi yang sedang dijemur agar mendapatkan panas yang merata. Kemudian, ketika hujan turun maka padi harus segera diangkat atau dipindahkan agar tidak basah lagi. 

Box Dryer

Box Dryer Andaro adalah mesin pengering padi berbentuk kotak vertikal yang berfungsi menurunkan kadar air di dalam gabah beras. Cara kerjanya dengan mengalirkan udara panas ke dalam wadah atau tempat pengering di mana gabah padi tersebut ditempatkan. Udara panas akan dialirkan secara terus menerus hingga kadar airnya hilang. Kotak Pengering juga dapat digunakan untuk mengeringkan biji-bijian lain seperti kemiri, kedelai, jagung dan lain-lain.

Keunggulan Mesin Box Dryer Andaro, Nah, selain uraian di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh box dryer dari Andaro.

  • Mesin ini membantu proses pengeringan hasil panen khususnya, padi atau jenis biji-bijian lain dengan cepat dan mudah, tanpa mengandalkan panas sinar matahari.
  • Membuat hasil panen menjadi lebih baik dan juga berkualitas bagus karena, kering sempurna melalui proses pengeringan yang disesuaikan dengan suhu pengering. Suhu pun stabil dan terkontrol dengan baik.
  • Dengan menggunakan Kotak Pengering Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengeringkan padi hasil panen  sehingga Anda bisa menghemat waktu.

Perawatan Mesin Box Dryer Andaro Cara perawatan Kotak Pengering relatif mudah. Supaya lebih jelas, berikut ada langkah-langkah perawatan yang dapat Anda ikuti:

  • Berilah pelumas pada bantalan atau bagian-bagian mesin yang bergerak.
  • Periksa kekencangan sabuk kipas, jika sudah aus jangan lupa untuk lekas diganti.
  • Periksalah sistem pemanas seperti pipa bahan bakar. Tambal atau perbaiki apabila terjadi kebocoran pada pipa tersebut.
  • Wadah penampung gabah harus rutin dibersihkan setelah dipakai, agar tetap terjaga kebersihannya.

Cara Menggunakan Mesin Box Dryer Andaro Penggunaan mesin box dryer atau kotak pengering ini lebih praktis, cepat dan mudah. Di bawah ini petunjuk dalam menggunakan mesin box dryer:

  1. Masukkan gabah yang akan dikeringkan ke dalam wadah penampung mesin. Jangan lupa, sesuaikan kapasitas gabah dengan kapasitas mesin.
  2. Setelah gabah siap di wadah penampung, maka nyalakan box dryer dan Anda dapat mengatur suhu yang diinginkan. 
  3. Pada saat proses pengeringan, gabah perlu dibolak-balik dengan cara mengaduk secara teratur agar gabah mengering merata.
  4. Setelah mengering maksimal, keluarkan gabah dari mesin lalu simpanlah ditempat yang kering dan bersih.

Mesin pengering atau box dryer ini terdiri dari beberapa komponen penting di dalamnya seperti tempat memasukkan gabah, lift, kotak pengering, ruang penampung gabah, blower, serta pembakar. Teknik pengeringan dengan box dryer memang terbukti tepat, apalagi pada waktu memasuki musim penghujan. Soalnya, hasil panen dapat segera dikeringkan tanpa mesti menunggu lama. Apabila gabah dibiarkan dan tidak segera dikeringkan maka berisiko merusak mutu gabah tersebut. Kemungkinan terburuknya, gabah bisa membusuk. Wajarlah bila petani disarankan untuk meninggalkan cara lama mengeringkan padi. Di era yang modern ini, Anda pun membutuhkan cara yang lebih efisien. Dengan demikian, Anda tidak tertinggal dalam menjalankan usaha pertanian yang dimiliki.

Cara terbaik tentu dengan berbekal mesin box dryer dari Andaro. Jadikan usaha pertanian unggul dengan mesin pengering yang terbaik yang dapat menghemat waktu Anda

daftar harga mesin box dryer

Model ADR RD 300
Dimensions 600 × 100 × 200 cm
Kapasitas 500-700 Kg/Batch
Pemanas Burner / Panel Control
BBM Solar & Minyak Tanah

Pelanggan Kami

Customer Ramesia