Cara Aplikatif ketika Membuka Usaha Hot Dog

Selalu saja ada peluang yang datang tiap harinya termasuk peluang bisnis makanan. Peningkatan jumlah penduduk di negara Indonesia yang bisa mencapai angka 240 juta manusia adalah pasar yang besar.

Peluang usaha hotdog pun menjadi salah satu opsi peluang usaha kuliner yang jadi andalan. Namun, pengetahuan bisnis yang tak banyak sering kali membuat para pelaku usaha ini tidak mampu memperbesar peluang usaha yang sudah terlanjur dikerjakan.

Berikut ini adalah list 7 cara aplikatif untuk memperbesar peluang bisnis hotdog yang sedang Anda tekuni sekarang ini.

1. Memodifikasi Produk untuk Kembangkan Peluang Bisnis Berjualan Hotdog

Untuk mengembangkan bisnis hotdog Anda, satu hal yang penting untuk dilakukan adalah memodifikasi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang Anda miliki. Ingat, memodifikasi barang dagangan yang sudah ada sangat baik dibanding harus mengeluarkan barang dagangan atau jasa baru yang memerlukan waktu lebih lama untuk riset dan testing market.

Sekarang coba lihat, di peluang usaha hotdog yang Anda jalani siapa sajakah pesaingnya dan apa saja fitur maupun keunggulan serta kekurangan dagangan dan jasa layanan pesaing tersebut. Kemudian gali juga tren yang ada sekarang ini, seperti trend warna, isu, dan hal lainnya.

Hasil dari penelitian ini akan memunculkan ide segar untuk modifikasi dagangan yang unik, pas dengan selera pasar dan mengikuti trend terbaru. Peluang usaha hotdog kini banyak dilirik orang-orang, ini saaatnya Anda memberikan yang paling baik untuk usaha ini.

Satu saran tambahan untuk Anda adalah perhitungkan biaya-biaya untuk memodifikasi barang dagangan. Modifikasi barang dagangan tidak perlu berbiaya mahal. Jangan lupa tujuan Anda adalah menambahkan hal unik dan added value bukan menjadikan produk atau jasa Anda lebih mahal.

2. Membundling Barang untuk Mengembangkan Peluang Bisnis Hotdog

Jika pada poin pertama telah dipaparkan bagaimana cara mengembangkan peluang usaha dengan memodifikasi barang, pilihan yang kedua ialah bundling barang dagangan.

Apakah itu bundling produk? Simplenya ialah Anda akan menjual produk A ditambah produk B dengan harga paketan. Ataupun kalau setelah beli produk A maka produk B dapat dibeli dengan biaya yang lebih murah. Contohnya bundling barang antara produk Rexona dan Adidas atau Nike misalnya, untuk tiap pembelian merek Adidas atau Nike mendapatkan Rexona for Man.

Bundling produk bisa dilakukan dengan membuat paket-paket antara produk A dan B di perusahaan sendiri ataupun jika lebih jauh lagi bisa dilakukan bundling produk antara perusahaan Anda dan perusahaan lainnya. Peluang usaha dari dua perusahaan dapat tumbuh lebih cepat.

3. Kembangkan Peluang Usaha: Buat Nama Merek yang Unik

Apakah nama produk dapat memengaruhi peluang bisnis yang kita lakukan? Nama produk yang unik tidak jarang membuat banyak orang menjadi tertarik untuk membelinya. Apalah arti dari sebuah nama? Penamaan produk yang khas bisa membuat mudah market mengingat apa yang kita tawarkan.

Anda ingat dengan merek rawon setan? Bunga gelombang cinta ? Donat pink? Dan lainnya. Nama/brand yang unik harus dipikirkan sehingga konsumen dapat mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Jadi lebih bagus lagi kalau nama produk yang ditawarkan mengandung arti tertentu.

Peluang usaha harus digarap semaksimal mungkin dengan brand/ nama merek yang juga maksimal.

4. Kembangkan Peluang Usaha: Jalin Kerjasama dengan Komunitas

Community marketing dijelaskan oleh para pakar marketing menjadi strategi pemasaran yang ampuh hingga beberapa tahun ke depan, mengingat manusia, khususnya di negara Indonesia, sangat senang sekali membangung komunitas dan mengerjakan kegiatan secara bersama.

Peluang usaha yang Anda jalankan bisa memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas yang ada. Garuda Indonesia contohnya, memanfaatkan komunitas golf untuk melakukan kerjasama dalam beberapa event dan program penjualan Garuda Indonesia.

Jumlah anggota komunitas yang sangat banyak, selain itu kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk / layanan Anda menjadi alasan untuk melakukan kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang usaha hotdog Anda.

5. Kembangkan Peluang Usaha: Promosi Melalui Media Sosial

Anda masih ingat makanan kripik Maicih? Ya, makanan ini merupakan salah satu contoh dari merek yang sukses menggunakan social media (media sosial) untuk penetrasi pasar. Brand lainnya adalah Brodo, merek sepatu kulit asal kota Bandung, dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Memanfaatkan social media untuk mengembangkan peluang bisnis menjadi salah satu alternatif utama di tengah meningkatnya biaya iklan di media yang konvensional. Selain itu channel media sosial dapat dikelola sendiri oleh Anda.

Perlu Anda ketahui juga pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak sekali dan aktif, di media sosial Twitter misalnya, Indonesia seringkali menjadi trending topic dunia untuk pelbagai isu.
Adapun Facebook telah menjangkau hingga pelosok desa karena makin banyaknya telpon selular murah sehingga makin banyak juga yang bisa mengakses jaringan internet. Banyak orang memakai social media untuk mengembangkan peluang usaha yang mereka tekuni.

Dengan social media Anda bisa menyebarkan info produk atau jasa Anda dengan gratis dan langsung menyasar para konsumen yang Anda sasar.
Tunggu apalagi, buat sekarang akun media sosial Anda sebagai saluran penjualan termasuk sebagai saluran komunikasi untuk mengenalkan brand Anda.

6. Kembangkan Peluang Usaha: Buat Iklan yang Unik dan Khas

Ada yang mengatakan iklan yang bagus itu adalah iklan yang dapat menjual, atau bisa menghasilkan penjualan. Tapi jangan lupa juga, iklan hanya akan dilihat orang jika iklan yang Anda buat untuk mempromosikan produk cukup unik. Kekhasanlah yang menjadikan orang mau berhenti selama beberapa saat melihat iklan Anda.

Apakah sulit menciptakan iklan yang unik ? Tidak juga. Kalau Anda sudah memiliki anggaran iklan, sudah waktunya Anda meluaskan peluang bisnis yang Anda pilih saat ini dengan mengajak graphic designer atau video producer untuk membuat iklan yang unik dan khas.
Coba membuka youtube dan carilah referensi ide iklan menarik dari negara Thailand.

7. Kembangkan Peluang Usaha: Bekerjasama dengan Endorser

Bagaimanakah beriklan dengan gratis dan memanfaatkan orang yang terkenal? Kirim produk Anda kepada mereka. Atau ajak mereka datang mengunjungi perusahaan Anda atau merasakan kenyamanan layanan yang Anda berikan. Anggap sebagai hadiah tambahan untuk mereka.

Di Instagram sudah banyak perusahaan yang melakukan hal ini, mulai dari perusaahaan travel, maskapai penerbangan, perhotelan, bisnis hotdog, distro, fashion line, hingga brand-brand kecantikan.

Kebanyakan produk fashion dan produk kecantikan yang menggunakan endorser di media sosial Instagram, sekarang coba cari siapa saja artis favorit Anda dan apakah mungkin untuk mengirimkan produk Anda untuknya.

Itu tadi 7 cara aplikatif untuk mengembangkan peluang usaha hotdog. Semoga dapat bermanfaat.