bagaimana cara supaya cepat kaya

Cara Cepat Kaya dengan Mencontek Bisnis Franchise McDonald’s

Bagaimana cara cepat kaya? Salah satunya adalah dengan membangun bisnis. Itulah yang dilakukan oleh McDonald bersaudara, Maurice dan Richard, yang bekerja sama dengan Ray Kroc, seorang salesman mesin pengolah makanan.

Restoran mereka berkembang menjadi salah satu perusahaan makanan terbesar di dunia. Hingga kini, sebanyak kurang lebih 35.000 franchise restoran McDonald’s telah berdiri di 119 negara berbeda.

Lalu bagaimana cara cepat kaya lewat jalur bisnis yang bisa dipelajari dari McDonald’s? Berikut 7 di antaranya.

1. Konsisten

cara cepat kaya raya dengan benar dan halal

Cobalah berkunjung ke restoran McDonald’s di mana saja, Anda akan menemukan beberapa item yang serupa. Mulai dari menu, cara penyajian makanan, dan model ruangan restoran.

Pada 1961, Ray Kroc meluncurkan program pelatihan yang menitikberatkan operasional restoran yang mencakup sistem, pelayanan, kualitas, dan kebersihan. Pelatihan tersebut ditujukan untuk para pemilik waralaba agar tahu cara cepat kaya.

Mark A. Huselid dari Academy of Management Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat, pernah melakukan riset tentang program Hamburger University tersebut.

Laporan hasil riset menyebutkan bahwa pelatihan itu bukan hanya sukses menciptakan konsistensi, tetapi secara umum juga mampu meningkatkan produktivitas restoran McDonald’s.

2. Membangun Kesadaran Merek

 

cara cepat kaya secara islami

Slogan-slogan seperti ‘I’m lovin it’ milik McD, atau ‘Just do it’ milik produk perlengkapan olahraga, Nike, ditujukan untuk membangun kesadaran merek bagi target konsumen.

Setiap kali mendengar kata-kata tersebut, Anda bisa langsung mengidentikkannya dengan merek dagang produknya. Lebih jauh lagi, Anda bahkan bisa mencuatkan emosi tertentu dalam diri tanpa disadari.

Meskipun ada kompetitor yang memiliki produk serupa, kalimat tersebut telah mengikat pelanggan. Inilah mengapa Anda sering mendengar seseorang setia pada sebuah merek hingga tidak bisa menggunakan yang lain meski kualitasnya sama.

Kesadaran merek membantu membangun citra dan kredibilitas bisnis Anda di hadapan pelanggan.

Untuk melakukannya, terlebih dahulu Anda harus punya identitas tersendiri, target pasar, serta citra seperti apa yang ingin ditampilkan sesuai target pasar tersebut.

Kemudian, Anda bisa membuat slogan, maskot, mengembangkan kemasan, atau melakukan promosi dengan konsep tertentu. Ingin tahu cara cepat kaya? Pastikan bisnis Anda diketahui banyak orang.

3. Berani Ambil Risiko

cara cepat kaya berkah

McDonald’s bisa berhasil karena jajaran manajemennya berani mengambil risiko. Perlu Anda ketahui, hadirnya menu-menu semacam Happy Meal, McNuggets, McFlurry, dan yang terbaru lainnya, merupakan hasil pengambilan keputusan yang penuh risiko.

Kalau ingin tahu cara cepat kaya, Anda bisa mengikuti metode riskan ala McDonald’s. Mungkin bedanya, Anda bisa saja tidak memainkan varian menu, tetapi melakukan promosi yang gila untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Karena penuh risiko, peluangnya akan menjadi 50-50. Mungkin cara tersebut bisa berhasil atau malah membuat Anda rugi besar. Namun tanpa keputusan berisiko itu, McDonald’s juga tak akan bisa jadi seraksasa sekarang.

4. Beradaptasi dengan Selera Konsumen

bagaimana cara supaya cepat kaya

Bukan tanpa alasan McDonald’s mengambil keputusan berisiko. Perusahaan waralaba ini menyadari bahwa mereka harus menyesuaikan diri dengan perubahan selera konsumen pada waktu dan tempat tertentu.

Sebagai contoh, McD meluncurkan menu-menu regional sebagai usaha beradaptasi dengan konsumen di wilayah tertentu. Di Indonesia, misalnya, ada Nasi Uduk McD, McFlurry rasa durian,  Ayam Kremes Sambal Uleg, dan banyak menu lokal lainnya.

Contoh cara cepat kaya lain dari McDonald’s adalah saat melayani pembeli dari kalangan militer. Kala itu sekitar tahun 1970-an, ada aturan khusus yang tidak memperbolehkan anggota militer turun dari kendaraan saat masih berseragam.

Maka untuk pertama kalinya pada 1975, McD menerapkan sistem drive-thru. Inovasi baru ini ternyata malah menjadi salah satu ikon layanan McDonald’s yang terus dipakai sampai sekarang.

Anda bisa menerapkan inovasi baru untuk memenuhi selera konsumen. Bisa memakai cara seperti McDonald’s atau menggunakan metode lain. Misalnya, bekerjasama dengan perusahaan ojek online untuk menjangkau pelanggan di lingkup yang lebih luas lagi.

5. Melakukan Cross-Selling

bagaimana cara nya cepat kaya

Cross-selling adalah metode pemasaran sebuah produk yang memanfaatkan produk lainnya. Cara ini biasa dipakai pada perusahaan waralaba. Tak hanya McDonald’s, jaringan minimarket terkemuka, Indomaret, pun melakukannya.

Prinsipnya adalah bagaimana cara menjual beberapa produk dalam sekali transaksi. Misalnya, ada sebuah menu terpopuler di kafe Anda, yaitu sate taichan. Tawarkan menu pelengkap pada setiap pembelian sate taichan, seperti minuman es lemon tea.

Dengan begitu, peluang penjualan es lemon tea juga turut meningkat, seiring larisnya sate taichan. Ini akan menaikkan omset harian bisnis Anda. Cara cepat kaya yang cukup cerdik, bukan?

Anda hanya perlu memastikan bahwa pembeli tidak merasa jengah karena saking banyaknya tawaran yang dia dapatkan. Jadi, sebaiknya Anda membuat penawaran yang rasional.

6. Bersosialisasi dengan Baik

cara cepat kaya islami

Lakukan sosialisasi dengan pelaku usaha di sekitar, tidak menutup kemungkinan juga dengan kompetitor yang menggeluti bidang serupa dengan bisnis Anda.

Ini penting, setidaknya sebagai sarana pembelajaran. Anda bisa mengetahui cara cepat kaya versi mereka, kemudian menyerap ilmu-ilmu yang layak diterapkan pada bisnis sendiri.

Selain itu, sosialisasi dan komunikasi pun penting diterapkan kepada para karyawan. Berilah contoh komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan, serta antar sesama karyawan.

Meniru McDonald’s, setiap karyawan perusahaan ini selalu memperlakukan semua orang dengan hati-hati. Tidak hanya kepada pelanggan, tetapi juga antar sesama karyawan, atasan, hingga pimpinan.

Tak ada rasa gengsi untuk meminta maaf jika seseorang melakukan kesalahan. Tak ada pula ketakutan untuk membela sesuatu, jika memang harus dilakukan demi menjaga kelancaran operasional perusahaan.

Setiap pejabat teras perusahaan bersikap layaknya pemimpin sejati. Bersedia membimbing bawahan untuk bekerja dengan baik sesuai skill yang dimiliki. Kegagalan karyawan dalam bertugas akan turut memengaruhi kinerja perusahaan.

7. Aktif dalam Kegiatan Filantropi

cara cepat jadi kaya

Secara umum, kegiatan filantropi merupakan tugas setiap manusia. Namun jika diterapkan dalam skala perusahaan, tentu akan lebih terasa hasilnya.

Jangan berpikir bahwa berbisnis itu sepenuhnya tentang mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Di balik laba besar yang dihasilkan dari usaha Anda, sebagian di antaranya adalah hak orang lain, terutama bagi orang-orang yang kekurangan.

Namun sebelum memberikannya kepada orang lain, pastikan terlebih dulu karyawan Anda telah mendapatkan kesejahteraan, sepadan dengan kinerja mereka selama ini. Loyalitas dan dedikasi mereka harus benar-benar dihargai.

Banyak konglomerat dunia melakukan kegiatan ini karena menyadari bahwa filantropi adalah cara cepat kaya yang paling efektif. Laba tak pernah habis disumbangkan, bahkan penjualan produk terus meningkat sepanjang waktu.

McDonald’s mengembalikan hak-hak pelanggan melalui organisasi filantropi bernama Ronald McDonald’s House Charities. Organisasi ini telah mendanai berbagai macam kegiatan sosial, mulai dari sumbangan kemanusiaan hingga beasiswa pendidikan.

Menurut mereka, kegiatan filantropi berdampak besar pada bisnis. Pelanggan semakin loyal dan lebih terikat secara emosional. Dan tentu saja, meningkatkan pendapatan perusahaan waralaba restoran cepat saji itu.

Nah, demikianlah cara cepat kaya ala gerai makanan cepat saji McDonald’s. Gunakan ini sebagai inspirasi, atau terapkan sendiri pada bisnis kuliner Anda. Semoga berhasil.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru