Panduan Cara Membuat Bakso Crispy yang Renyah

Selamat datang pengunjung yang luar biasa, bagaimana kabar bisnis Anda hari ini? Senang sekali kita bisa bertemu kembali pada kesempatan yang indah ini. Ucap syukur semoga senantiasa kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Pada kesempatan kali ini kami ingin men-share sebuah pandangan tentang usaha kuliner, yaitu bisnis bakso yang melingkupi tentang bagaimana cara membuat bakso dan cara sukses usaha bakso untuk pemula.

Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang lumayan akrab di mulut keluarga Indonesia, hampir di setiap wilayah di Indonesia pasti ada makanan yang satu ini.

Sekarang ini usaha bakso pun cukup familiar serta menyebar di setiap tempat, terlebih tidak sedikit diantara para pengusaha makanan saat ini menjadikan bakso sebagai hidangan favoritnya.

Sejarah Bakso

Kuliner bakso mempunyai kaitan dekat dengan makanan Tionghoa-Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dengan istilah ‘bakso’ itu sendiri. Sebutan bakso asalnya dari kata Bak-So, istilah bakso pada kamus bahasa Hokkien memiliki arti ‘daging giling’.

Di kampung halamannya yaitu Cina, bakso dibuat dari daging babi, hewan laut dan seterusnya.

Sementara di Nusantara sendiri, karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, maka bakso yang dibuat pun bersumber dari daging yang dihalalkan seperti daging sapi, ikan, dan udang.

Tidak sedikit dari penjual bakso yang kita temui sekarang ini adalah pebisnis yang berasal dari Wonogiri atau Malang. Walaupun, tempat yang sekarang ini terkenal sebagai sentra penghasil bakso adalah Solo dan Malang.

Untuk pengusaha bakso yang datang dari Malang, layak kita acungkan 4 jempol. Mengapa? Karena berkat kerja keras dan semangat merekalah, kita bisa menikmati lezatnya kuliner bakso di rumah, tanpa harus keluar rumah. Sebab mereka acapkali menjajakan jualannya di lingkungan disekitar kita.

Bakso Malang dan bakso Solo adalah suatu kuliner bakso yang dihidangkan dengan pepaduan khas resep Jawa. Bakso yang datang dari China memiliki perbedaan dengan bakso Malang ataupun Solo.

Bakso China umumnya terbuat dari daging babi dan makanan laut serta memiliki warna yang sedikit kecokelatan serta bentuknya tidak bundar layaknya yang ada di Indonesia.

Sedangkan bakso Malang dan Solo dibuat dari daging, sehingga menghasilkan bakso yang berwarna abu-abu serta berbentuk bulat.

Bakso China umumnya tidak dihidangkan dengan kuah melimpah, lain halnya dengan hidangan bakso Malang dan bakso Solo yang banyak kita nikmati di Indonesia.

Kedua kuliner tersebut baik itu bakso Solo maupun bakso Malang, dalam setiap mangkoknya akan hidangkan dengan kuah yang melimpah.

Semakin kesini, cemilan berbahan bakso semakin ramai macam nya, mulai dari bakso bakar, bakso goreng, bakso tusuk, bakso crispy, bakso cumi, bakso udang dan masih banyak lagi macam-macam nya, sesuai dengan bahan baku yang digunakan.

nak atau tidaknya bakso yang Anda buat, tergantung dengan bahan-bahan yang kita gunakan. Yakinkan bahwa bahan yang kita olah ialah bahan yang fresh serta memiliki sertifikat halal.

Cara Membuat Bakso Crispy

Bahan Bakso:

• 500 gram udang segar yang telah dibersihkan
• 50 gram tepung kanji
• 0,5 sdt lada halus
• 1 sdt garam, sesuai selera
• 1 sendok makan bawang putih goreng
• 2 sdm bawang merah goreng
• 40 gr es batu, hancurkan
• 2 gelas air sebanyak 2000 ml

1. Campurkan bahan-bahan kedalam wadah. Aduk dengan tangan biasa atau lewat bantuan mixer, misal food processor yang tersedia di Ramesiamesin.com.

Giling udang sekaligus bahan-bahannya hingga benar-benar hancur, halus dan rata tercampur. Pemanfaatan alat bantu akan memudahkan kita dalam membuat bakso dan tentunya lebih menghemat waktu dan tenaga.

2. Jika bahan adonan sulit dibentuk maka campurkan es batu supaya gampang dibentuk.

3. Panaskan air dalam panci besar sampai mendidih.

4. Ambil adonan selanjutnya genggam adonan bakso, lalu tekan agar adonan bisa keluar diantara ibu jari dan jari telunjuk.

Ambil adonan yang sudah muncul dengan bantuan sendok, lalu tuangkan bakso pada panci air yang telah kita siapkan. Begitu seterusnya sampai adonan tidak tersisa.

5. Selanjutnya masak pentol atau bakso yang Anda produksi dengan bantuan panci yang telah kita didihkan dengan api besar, hingga bola-bola bakso nampak mengambang. Akhir dari proses ini adalah meng angkat bakso yang telah mengapung.

Demikianlah cara memproduksi bakso serta beberapa tips yang perlu Anda lakukan supaya warung bakso Anda sukses. Berjualan bakso memang perlu sikap yang matang serta meliputi semua aspek.

Bila bisnis Anda sudah berhasil serta semakin berkembang, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan beberapa alat pembuat bakso yang terdapat di Ramesiamesin.com.

Selain itu, dengan menjajakan bakso dari daging yang halal serta tidak membahayakan pembeli, kita berdoa semoga Tuhan memberkahi usaha kita dunia akhirat.

Demikian referensi usaha yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga tulisan tentang tips sukses usaha bakso bagi pemula dapat berguna.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru