Cara Membuat Crepes atau Leker

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Crepes atau leker adalah salah satu macam jajanan yang amat disukai banyak orang. Bentuknya yang tipis dan garing serta mempunyai berbagai macam varian isi dan toping membuatnya diminati oleh semua orang.

Kue Crepes atau leker ini sendiri merupakan jajanan yang asalnya dari Eropa namun telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Bila dilihat dari segi bahasa, nama crepes berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Perancis, crispa. Jika dilihat selintas, bentuk kue crepes ini memang seperti meringkuk sebab ketika disajikan, adonan kue crepes ini sudah dilipat-lipat dahulu.

Macam-macam Kue Crepes

Dari awal kemunculannya hingga saat ini, kue crepes dapat dibagi menjadi dua jenis yang berbeda. Jenis yang pertama ialah crepes manis (crepe sucree). Sesuai dengan namanya, kue ini memakai tambahan bahan-bahan yang memiliki rasa manis.

Adapun bahan tambahan yang kerap digunakan sebagai tambahan pada crepes manis adalah selai, pisang, coklat, potongan buah, es krim, sirup, gula, dan bahan-bahan lain yang memiliki rasa manis. Karena rasanya manis, kue crepes jenis ini banyak digemari oleh anak-anak.

Sedangkan untuk jenis kue crepes kedua adalah crepes asin/gurih atau sering disebut crepe salee. Seperti namanya, kue crepes ini memiliki rasa yang lebih gurih atau asin. Rasa gurihnya berasal dari bahan-bahan seperti jamur, bayam, telur, keju dan masih banyak lagi.

Kue Cepres manis biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau hidangan penutup (dessert), sedangkan untuk kue crepes asin sebagai hidangan pertama kalinya. Kue Crepes manis sendiri biasanya dibuat dengan bahan baku tepung terigu, sedangkan crepes asin menggunakan tepung Sarasin.

Sebagai salah satu kudapan yang sangat populer dan digemari oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, wajar jika kita dapat menjumpai pedagang crepes di berbagai sudut kota. Akan tetapi, Anda tidak perlu membeli kue crepes ini kalau cuma untuk bisa menikmati lezatnya crepes.
Anda bisa membuatnya sendiri di dapur Anda dengan mengikuti resep crepes yang kami sajikan berikut ini. Bahan-bahan yang diperlukan sangat gampang diperoleh dan peralatan yang dipakai juga pastinya sudah ada di dapur Anda.

Bahan-bahan Pembuatan Crepes

  • 100 gram tepung terigu berprotein sedang
  • 150 ml susu cair. Anda bisa mempergunakan susu cair sapi atau dapat juga menggunakan susu bubuk yang telah Anda cairkan, sesuaikan dengan keinginan dan ketersediaan bahan-bahan yang ada di rumah Anda.
  • 1 btr telur.
  • Margarin secukupnya (kira-kira 1 sendok makan saja). Margarin yang ada dilelehkan dahulu kemudian disisihkan.
    setengah sdt baking powder.

Bahan Isi Crepes

Bahan yang dipergunakan dalam resep kue crepes dapat disesuaikan dengan selera Anda misalnya pisang yang telah dipotong kecil-kecil, keju, choco chip, meses, susu, selai coklat atau bahan-bahan lain yang dapat digunakan untuk toping secara terpisah atau dicampurkan untuk memperoleh rasa yang lebih nikmat.

Cara Membuat Crepes atau Leker

Kocok telur dan susu yang ada dengan memakai whisk hingga tercampur rata dan terlihat berbusa. Pastikan untuk mengocok hingga adonannya terlihat berbusa untuk membuat adonan crepes tetap lentur.

Masukkan tepung gandum sedikit demi sedikit. Ada baiknya Anda menuangkan tepung gandum sembari diayak agar tepungnya jatuh secara rata dan membuat proses pengadonan menjadi lebih mudah. Aduk terus sampai rata. Masukkan baking powder ke dalam adonan tadi kemudian aduk lagi hingga rata. Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan sebelumnya, aduk lagi hingga rata.

Persiapkan wajan yang akan digunakan sebagai alat membuat kue crepes. Anda dapat menggunakan wajan untuk membuat terang bulan atau wajan teflon yang telah tersedia. Panaskan wajan tersebut terlebih dahulu. Setelah wajannya panas, angkat terlebuh dahulu dari kompor, lalu masukkan satu sendok sayur adonan kue crepes, putar wajan sampai adonannya rata dan cukup tipis.

Kemudian letakkan kembali wajan di atas perapian. perlu diperhatikan untuk memasak crepes dengan menggunakan api kecil supaya adonan crepes matang sempurna. Sementara adonan masih di atas kompor, taruh bahan isian di atasnya misalnya potongan pisang kemudian diberi meses dan keju parut. Sesudah itu lipat kue crepes menjadi dua, kemudian dilipat sekali lagi sampai membentuk segi tiga. Kue crepes siap untuk disajikan.

Demikian resep kue crepes atau leker sederhana yang dapat Anda kerjakan di rumah. Selamat mencoba.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]

Rp 4.625.000
Rp 3.023.790
Rp 3.126.640
[/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_cta h2=”Masih Bingung Memilih Produk Mesin Crepes?” add_button=”bottom” btn_title=”Konsultasi Disini” btn_color=”green” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_i_icon_fontawesome=”fa fa-whatsapp” btn_button_block=”true” btn_add_icon=”true” btn_link=”url:https%3A%2F%2Fkunjungi.website%2Fchat-disini|||”]

Kamu bisa konsultasi dengan expert konsultan Ramesia.com untuk mendapatkan Rekomendasi Mengenai Mesin Crepes terbaik untuk Bisnis Anda.[/vc_cta][/vc_column][/vc_row]

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami