Cara Membuat Jus Tomat untuk Kesehatan

Membuat buah menjadi air minum jus dapat Anda lakukan dengan mudah yaitu hanya memasukkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan ke dalam mesin blender, kemudian tunggu proses hingga halus berbentuk bubur buah. Tapi apabila Anda memerlukan rasa yang nikmat, enak dan segar ketika dikonsumsi, Anda harus cerdas dalam menentukan perpaduan buah, bahan utama dan bahan tambahan. Berikut tips selengkapnya.

Cara Membuat Jus Agar Rasanya Nikmat, Lezat dan Enak Ketika Dikonsumsi

Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa minuman jus olahan saya cita rasany aneh? Tidak lezat, tidak fresh atau bahkan mengakibatkan perut mual (eneg). Padahal cara mengolahnya sudah benar dan bahan-bahan juga sudah lengkap. Apanya yang salah?

Tentu Anda sudah paham bila buah-buahan yang dijadikan sebagai komponen utama pembuatan jus mempunyai kandungan vitamin, gizi, nutrisi dan enzim.

Itulah yang menjadi faktor utama olahan jus tomat menjadi salah satu minuman berkhasiat yang digemari banyak kalangan. Selain rasanya yang lezat, cara mengolahnya juga mudah, hanya perlu menyediakan sebuah blender.

Apakah Anda tahu, jus yang diolah menggunakan mesin blender hakekatnya termasuk dalam kategori smoothies?

Perhatikan ciri-cirinya:

Minuman jus alias smoothies tekstur kental, membuat kenyang dan strukturnya serupa dengan bubur buah. Sedangkan jus (juice) yang sebenarnya adalah sari buah, umumnya diolah menggunakan mesin bernama juice extractor.

Kendati demikian, dua-duanya memiliki manfaat kesehatan yang sama, hanya saja berbeda dari sisi tampilan dan bentuk. Tidak mengapa jika Anda mengganti nama smoothies menjadi jus, toh masyarakat Indonesia lebih mengenal nama tersebut.

Tips mudah Membuat Jus Tomat Supaya Rasanya Segar

  • Sebisa mungkin menggunakan bahan buah-buahan yang masih fresh supaya rasa dan kandungan vitamin nya dapat diperoleh secara maksimal.
  • Jangan memadukan 2 bahan atau lebih dengan bau yang sama-sama kuat atau tajam.
  • Supaya tampilan minuman jus lebih menarik, pakailah macam-macam variasi komposisi yang berwarna-warni. Misalnya jus (nama judul) diolah dengan jambu merah (buah jenis lain).
  • Jangan takut untuk memasukan air perasan jeruk nipis pada minuman jus bikinan Anda dikarenakan air tersebut dapat menambah rasa dan juga mengurangi bau menyengat pada bahan tertentu.
  • Air perasan buah lemon dapat menjadikan minuman jus menjadi lebih nikmat.
Baca juga  Tips Mudah Menjalankan Bisnis Donat Ubi

Tiga cara agar jus menjadi lebih nikmat:

1) Masukkan es serut ke dalam mesin blender dan juga bahan yang lain
2) Pakailah air es yang dingin bukan air putih biasa
3) Gunakan air putih lalu masukan beberapa potongan es batu di atas minuman jus yang sudah jadi.

Apabila memungkinkan, jangan masukan gula, susu kental manis maupun sirup kental karena bisa menghambat penyerapan zat vitamin oleh tubuh.

Namun bila terpaksa, buatlah pemanis. Caranya didihkan gula pasir bersama air dengan komparasi 1:1. Sirup gula lebih mudah larut dan menyatu dengan jus daripada menggunakan gula pasir.

Setelah dibuat, sebaiknya minuman jus langsung diminum karena jika terlalu lama didiamkan maka kandungan vitamin dalam minuman jus akan dirusak oleh oksigen dan ultraviolet, akibatnya cita rasanya kurang nikmat dan juga manfaatnya berkurang.

Waktu terbaik untuk mengkonsumsi jus ialah sebelum makan agar penyerapan zat-zat gizi yang terkandung dapat optimal.

Takaran minuman jus bagi anak berumur 6 bulan ke bawah baiknya tidak lebih dari 177 mili liter atau tidak lebih dari 1 gelas standar / hari.

Bonus Tips

Apabila menggunakan juicer, gunakanlah hanya buahnya saja sedangkan bahan pendukung semisal susu, air putih, sirup gula, madu disisihkan. Anda bisa memasukan es batu setelah sari buahnya keluar atau menyimpanya kedalam lemari es agar jus terjaga kesegaranya.

Kembali ke penjelasan awal, minuman jus adalah sari buah yang diolah dengan cara memeras kandungan air di dalam buah tersebut.

Oleh karena yang dihasilkan ialah sari buah, lambung akan terhindar dari rasa kurang nyaman atau eneg. Berbeda apabila menggunakan blender, dimana yang dihasilkan ialah bubur buah dengan tekstur kental dan membuat kenyang perut pasti akan jenuh jika terus meminumnya setiap hari.

Jalan keluarnya, pakailah kain tipis (kasa) atau menggunakan saringan khusus untuk memisahkan jus dengan buih maupun remah-remah buah yang tidak hancur dengan sempurna.

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Jus:

1) Dua buah tomat yang telah matang
2) 80 mili liter gula cair, air mineral secukupnya
3) Es batu seperlunya
4) Blender

Baca juga  Memulai Usaha Dari Peluang Bisnis Roti Sandwich

Cara Mudah Mengolah Minuman Jus Tomat:

1) Bersihkan semua bahan dan kupas kulitnya.
2) Campurkan semua ke dalam blender dan proses sampai lembut.
3) Saring lalu tuangkan ke dalam gelas.
4) Sajikan segera

Pilihlah buah tomat yang memiliki kualitas terbaik supaya ketika dibuat menjadi sebuah jus yang rasanya segar dan nikmat. Gunakan juga buah tomat yang telah matang sehingga memiliki rasa yang tidak pahit

Ramesia Mesin mencoba untuk mempersembahkan Mesin Juice Dispenser canggih dengan fitur lengkap dikelasnya dan mudah dioperasikan, Ramesia Mesin menghadirkan Machine Juice Dispenser Easy Operate System dimana Anda hanya perlu untuk memencet 1 atau 2 klik tombol saja untuk mengoperasikan mesin sampai juice dan minuman juice yang Anda sajikan selalu dalam keadaan dingin dan segar.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares