cara membuat kopi arabika

Tips dan Cara Membuat Kopi Arabika yang Enak

Kopi merupakan salah satu hidangan yang begitu diminati di dunia, bahkan untuk sebagian orang minum kopi sudah dijadikan kebutuhan tiap hari. Walaupun banyak opini tentang kandungan didalam kopi yang mempunyai efek negatif bagi kesehatan, namun kopi masih saja disukai oleh hampir 80% – 90% populasi orang-orang dewasa di seluruh dunia.

Jika Anda salah satu pecinta kopi, ada bermacam-macam cara membuat kopi arabika agar lebih enak.

Di antaranya adalah Anda harus memahami kualitas air, kualitas biji kopi, takaran yang menentukan kadar kepekatan kopi, dan beberapa faktor lainnya.

Serunya lagi adalah saat ini Anda dapat membeli alat-alat pembuat kopi manual dan menciptakannya sendiri. Caranya pun sangat mudah, Anda dapat menciptakan kopi racikan sendiri. Berikut ini merupakan beberapa cara membuat kopi arabika nikmat yang bisa Anda coba:

Drip Method

Metode ini merupakan cara membuat kopi arabika terkenal yang banyak dilakukan oleh masyarakat karena terbilang simpel dan mudah.

Cara membuat kopi arabika dengan metode ini begitu mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang berada di atas bejana kopi. Kemudian air panas akan dituang di atas kopi, lalu kemudian direndam menggunakan air panas dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap disajikan.

French Press

Kalau metode French Press tersebut kerap Anda temui di kedai-kedai kopi. French Press atau Plunger/Cafetiere tersebut bisa mengekstrak banyak varian yang terkandung pada kopi bubuk. Anda dapat membeli alat French Press ini dengan harga yang terjangkau.

Untuk menggunakannya juga tergolong mudah, cukup masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam Frensh Press, lalu masukan air mendidih yang sebelumnya telah ditiriskan selama 1 mnt di dalam French Press tersebut.

Pastikan terlebih dulu Anda menuangkan air mendidih dari teko ke dalam French Press dengan posisi yang agak tinggi dari French Press itu sendiri karena hal ini dapat membentuk gelembung air yang akan menciptakan aroma kopi menjadi lebih nikmat.

Kemudian diaduk secara merata, semakin lama diaduk maka akan membuat aroma dan rasa kopi lebih lembut. Proses terakhir adalah dengan menekan kopi memakai tutup French Press secara pelan-pelan. Masukkan racikan tersebut ke dalam gelas, dan kopi pun siap disajikan.

Turkish Coffee

Cara Turkish Coffe disebut juga dengan sebutan Arab Method. Sesungguhnya metode tersebut adalah awal mula cara pembuatan kopi yang pertama kali. Dengan menggunakan metode ini, Anda bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat pekat. Metode tersebut tepat buat Anda yang benar-benar pecinta kopi dengan rasa yang kuat.

Pertama, untuk membuat kopi ini Anda perlu menghaluskan biji kopi secara mandiri dengan menggunakan lesung dan alu atau mesin penggiling kopi (kahve de─čirmeni). Bubuk kopi tersebut kemudian ditaruh di sebuah bejana (ibrik) diberi gula dan air. Campuran ini diaduk dan didiamkan hingga 3 kali dan kopi pun sudah siap disajikan.

Espresso

Mesin Espresso ini bisa dibilang adalah satu diantara mesin yang canggih untuk membuat kopi. Nyaris semuanya dapat dijalankan secara otomatis, termasuk juga dalam pengaturan suhunya. Tapi tentu saja kopi yang dihasilkan nanti tergantung dari pengalaman-pengalaman Anda sendiri dalam membuat kopi.

Cara membuat kopi arabika dengan mesin espresso tergolong cukup susah, terutama untuk Anda yang memang pertama kali menggunakannya. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menghaluskan biji kopi, dengan menggunakan mesin Espresso tersebut, Anda bisa mengontrol kelembutan kopi yang tepat dengan selera Anda, yang pasti makin halus akan dapat menghasilkan rasa yang mantap.

Letakkan biji kopi yang sudah lembut ke dalam Porta Filter, namun baiknya pastikan telah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan sebelumnya. Baiknya diperhatikan agar permukaan kopi bubuk lembut di Porta Filter rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya saja. Langkah terakhir ialah melakukan Ekstraksi Espresso, dengan menggunakan Variable Presseru Anda bisa menciptakan rasa yang Anda mau.

Keempat metode tersebut hanyalah sebuah contoh cara membuat kopi arabika menggunakan mesin. Kini sudah banyak contoh membuat kopi yang dpat Anda temukan di Youtube atau internet. Buat Anda yang ingin membikin kopi, Anda tak perlu pusing dalam mendapatkan alat atau mesin pembuat kopi, karena Anda bisa membelinya di Ramesiamesin.com.

Masih Bingung Memilih Produk Mesin Coffee?

Kamu bisa konsultasi dengan expert konsultan Ramesia.com untuk mendapatkan Rekomendasi Mengenai Mesin Coffee terbaik untuk Bisnis Anda.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru