Cara Mudah Membuat Pempek Palembang yang Enak dan Lezat

Cara Membuat Pempek Kapal Selam

Pempek adalah makanan yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan hampir semua orang menyukai makanan khas Palembang tersebut. Mengingat cara membuat pempek yang tak terlalu sulit, banyak orang yang bisa membuat makanan ini. Alhasil, pempek pun mudah ditemukan di mana saja.

Pempek sendiri merupakan makanan dengan bahan utama daging ikan, tepung, dan disajikan dengan saus berwarna kehitaman yang biasa disebut cuko. Uniknya, makanan ini memiliki jenis yang beragam tergantung bentuk dan bahan yang digunakan. Bahkan seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berinovasi sehingga terciptalah pempek varian baru.

Asal Usul Nama Pempek

Pempek memang sudah sangat populer di Indonesia, namun tak sedikit orang yang belum mengetahui asal-usul dari makanan yang satu ini. Lalu bagaimana sejarah pempek yang sebenarnya?

  • Nama Asli Pempek

Pempek rupanya sudah ada sejak ratusan tahun lalu, tepatnya di masa Kesultanan Palembang. Bedanya, di zaman tersebut makanan ini belum dinamai pempek, melainkan kelesan. Dinamakan kelesan karena cara pengolahannya harus di-keles atau ditekan-tekan dengan alat khusus yang juga disebut sebagai kelesan.

Cara Membuat Pempek Candy

Alat kelesan ini berfungsi sebagai penghancur daging ikan, namun bentuknya tentu saja jauh berbeda dengan mesin penggiling daging zaman sekarang. Pada zaman dulu, alat tradisional ini berbentuk cembung dan biasanya terbuat dari batok kelapa yang dilubangi kecil-kecil.

Cara menggunakannya hampir sama seperti mengulek, yaitu dengan meletakkan daging ikan di suatu alas atau wadah lalu ditekan-tekan dengan alat kelesan hingga halus. Di masa sekarang, alat ini sudah tidak pernah digunakan lagi dan digantikan dengan mesin penggiling yang jauh lebih praktis. Contohnya adalah mesin penggiling daging daging (meat grinder) dan mesin pemisah tulang ikan (fish bone separator) dari Ramesia.

  • Kenapa Dinamakan Pempek?

Kelesan mulai dijual secara luas pada masa penjajahan di sekitar tahun 1916. Walau kelesan dibuat oleh orang asli Palembang, tapi makanan ini selalu dijual oleh orang Cina yang memang dikenal sangat pandai berdagang. Pada saat itu, para pedagang inipun punya sebutan tersendiri, yaitu apek yang merupakan sebutan untuk laki-laki tua keturunan Cina.

Apek (ada juga yang menyebutnya sebagai empek) biasanya berjualan kelesan dengan cara berkeliling. Saat akan membeli, orang-orang harus berteriak ‘pek … pek’ untuk memanggil si apek atau pedagang kelesan tersebut. Gara-gara hal inilah makanan kelesan pun akhirnya lebih populer disebut pempek sampai sekarang.

Macam-Macam Pempek Palembang dan Turunannya

Pempek termasuk salah satu makanan Indonesia dengan jenis yang beragam. Tiap jenisnya dibedakan oleh bentuk fisik, bahan tambahan yang digunakan, maupun cara memasaknya. Berikut ini adalah beberapa jenis pempek asal Palembang beserta turunannya.

  • Pempek Kapal Selam

Pempek kapal selam adalah jenis pempek paling populer yang disukai oleh banyak orang. Pempek jenis ini memiliki bentuk yang sangat khas dan mirip kapal selam. Dibandingkan jenis pempek lainnya, pempek kapal selam berukuran besar karena diisi dengan telur ayam atau telur bebek utuh.

  • Pempek Telur

Bentuknya mirip sekali dengan pempek kapal selam, hanya saja pempek jenis ini jauh lebih kecil sehingga sering disebut pempek kapal selam mini. Bila pempek kapal selam berisi satu telur utuh, maka pempek telur ini berisi telur ayam yang sudah dikocok terlebih dahulu.

  • Pempek Lenjer

Pempek lenjer termasuk jenis pempek yang paling umum. Bentuknya bulat memanjang dan tidak diberi isian apapun. Dari sekian banyak jenis pempek, pempek lenjer tergolong paling mudah dibuat karena bentuknya yang sederhana.

Cara Membuat Pempek Telur

  • Pempek Adaan

Pempek adaan juga biasa disebut sebagai pempek bulat. Seperti namanya, pempek ini memang berbentuk bulat dan mirip bakso. Selain bentuk, hal lain yang membedakan pempek adaan dengan jenis pempek lainnya adalah bahan tambahan dan cara pembuatannya.

Adonan pempek adaan umumnya ditambah dengan santan dan daun bawang sehingga pempek ini terasa lebih gurih dan wangi. Untuk pempek jenis lain, adonan yang sudah dibentuk biasanya akan direbus terlebih dulu sebelum digoreng, sedangkan pempek adaan langsung digoreng tanpa melalui proses perebusan.

  • Pempek Pistel

Pempek pistel atau pempek pastel memiliki bentuk yang sangat khas dan mirip seperti kue pistel. Pempek jenis ini juga sering disebut pempek kates, kates sendiri merupakan sebutan untuk buah pepaya. Dinamakan demikian karena pempek ini memang diisi dengan buah pepaya muda yang sudah diserut dan dimasak.

  • Pempek Keriting

Dinamakan pempek keriting karena pempek ini memiliki bentuk keriting seperti bentuk kerupuk, karena itu pempek ini juga dinamakan pempek kerupuk. Untuk menghasilkan bentuk keriting yang khas, adonan pempek harus dicetak dengan alat khusus yang biasa disebut pirikan.

  • Pempek Kulit

Pempek jenis ini tidak menggunakan daging ikan sebagai bahan utamanya, melainkan kulit ikan. Proses pembuatan pempek kulit pun hampir sama seperti pempek adaan, yaitu adonannya langsung digoreng tanpa direbus terlebih dahulu.

  • Pempek Tahu

Seperti namanya, pempek ini terbuat dari tahu utuh yang dibalur atau dilapisi dengan adonan pempek, namun ada pula pempek tahu yang adonanannya diisikan ke dalam tahu. Sekilas, bentuk pempek tahu memang agak mirip seperti batagor dari Bandung, tapi kedua makanan ini tentu saja memiliki cita rasa yang berbeda.

  • Pempek Dos

Pempek dos adalah pempek yang dibuat tanpa menggunakan daging ikan. Sebagai gantinya, pempek ini menambahkan tepung terigu ke dalam adonannya. Pempek dos tetap terasa nikmat dan gurih walau sama sekali tidak menggunakan ikan, karena adonannya sendiri masih memakai campuran telur, penyedap rasa, dan juga kaldu bubuk.

Sementara untuk namanya, pempek jenis ini memang memiliki nama yang unik. Pempek ini disebut dengan nama “dos” karena adonannya akan mengeluarkan suara ‘dos’ seperti suara letupan saat digoreng.

  • Pempek Tunu/Pempek Panggang

Berbeda dari kebanyakan pempek yang digoreng, pempek yang biasanya dibentuk bulat pipih ini justru dipanggang sehingga permukaannya terkesan kering. Adonan pempek tunu hampir sama seperti pempek kebanyakan, yaitu menggunakan bahan utama tepung tapioka dan daging ikan.

Cara penyajian pempek tunu pun tergolong unik dan berbeda dari pempek lainnya. Ketika sudah matang, pempek ini dibelah di bagian tepinya lalu diberi isian udang kering yang sudah dihaluskan, sambal, serta kecap. Sama seperti pempek jenis lain, pempek tunu juga dimakan dengan cuko agar terasa lebih nikmat.

  • Pempek Lenggang

Pempek lenggang memiliki cara pembuatan yang sedikit berbeda dari jenis pempek lainnya. Pempek lenggang sebenarnya lebih mirip telur dadar yang dicampur dengan pempek, namun cara memakannya tetap menggunakan cuko dengan rasanya yang khas.

Cara membuat pempek lenggang pun terbagi menjadi dua macam, yaitu dipanggang dan digoreng. Untuk jenis yang digoreng, cara membuatnya sama seperti ketika Anda membuat telur dadar. Telur yang sudah dikocok kemudian ditambah dengan potongan pempek lenjer lalu digoreng menggunakan minyak.

Apabila ingin membuat pempek lenggang dengan cara dipanggang, campuran telur dan pempek harus dituang dulu ke dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Setelah itu baru dipanggang di atas bara api hingga matang.

Cara Membuat Pempek Adaan

  • Pempek Godo-Godo

Pempek godo-godo sama sekali tidak menggunakan daging ikan dan hanya dibuat dari campuran tepung, telur, daun bawang, serta bumbu-bumbu penyedap. Biasanya adonan ini juga dicampur dengan daun bawang serta sayuran, kemudian digoreng hingga mirip seperti bakwan sayur.

Namun sama seperti pempek pada umumnya, cara menikmati pempek godo-godo juga menggunakan kuah cuko yang pedas. Pempek jenis ini memang tidak sepopuler pempek lenjer atau kapal selam, namun pempek godo-godo tetap disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat.

  • Pempek Sosis dan Pempek Keju

Keduanya adalah contoh pempek modern yang disesuaikan dengan tren dan selera masyarakat zaman sekarang. Cara membuatnya hampir sama seperti pempek kapal selam, hanya saja isian telurnya diganti dengan sosis, keju, atau bahan-bahan lain yang dianggap cocok dimakan dengan pempek dan kuah cuko.

  • Tekwan

Tekwan merupakan salah satu makanan khas Palembang yang juga jadi favorit banyak orang. Tekwan dan pempek selalu dianggap sebagai makanan yang berbeda, padahal adonan untuk membuat tekwan sebenarnya sama saja seperti adonan pempek lenjer.

Yang membedakan kedua makanan ini hanyalah cara penyajiannya. Alih-alih menggunakan cuko seperti pempek, tekwan biasa dihidangkan dengan kuah kaldu udang yang dicampur dengan irisan bengkuang dan jamur kuping.

  • Model

Model juga termasuk makanan sejenis pempek yang cara penyajiannya mirip seperti tekwan, yaitu menggunakan kuah segar dari kaldu udang. Bedanya, model dibuat dari tahu yang dilapisi adonan pempek, mirip seperti pempek tahu namun memiliki ukuran yang lebih besar.

  • Celimpungan

Celimpungan adalah makanan khas Palembang yang juga termasuk turunan dari pempek. Bahan utama membuat celimpungan sama seperti pempek lenjer, yaitu dari daging ikan dan tepung tapioka/ tepung sagu. Namun berbeda dari pempek yang dimakan dengan cuko, celimpungan biasa disajikan dengan kuah santan berwarna kekuningan.

  • Laksan

Laksan hampir sama seperti celimpungan. Bedanya, laksan berbentuk panjang menyerupai pempek lenjer tapi berukuran lebih besar. Laksan biasanya dihidangkan dengan kuah santan dan sambal cabai merah.

  • Otak-Otak

Otak-otak merupakan makanan turunan pempek yang sudah dikenal masyarakat luas. Tidak seperti pempek lainnya yang direbus atau digoreng, otak-otak selalu dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dipanggang. Otak-otak bisa dimakan dengan cuko, tauco, atau saus kacang.

Benarkah Cuka Pempek Merusak Gigi?

Cuko atau kuah cuka adalah pelengkap sajian pempek yang memiliki paduan rasa manis, asam, gurih, sekaligus pedas. Cuko sendiri terbuat dari gula merah yang dicampur dengan asam jawa, cuka, serta tambahan cabai rawit sehingga menimbulkan cita rasa yang unik sekaligus membuat banyak orang ketagihan.

Sayangnya, cuko pempek yang nikmat ini diduga memiliki efek buruk bagi kesehatan, khususnya di bagian gigi. Bahkan, ada sebagian orang yang kemudian menghindari memakan pempek hanya karena takut dengan efek buruk yang ditimbulkan.

Cara Membuat Pempek Kapal Selam

Banyak orang yang meyakini bahwa kuah pempek sebenarnya memiliki tingkat keasaman tinggi yang berasal dari cuka (asam asetat). Asam tinggi inipun dipercaya bisa melarutkan email gigi yang berakibat terjadinya karies dan erosi gigi.

Faktanya, anggapan ini justru dibantah oleh seorang dokter gigi bernama drg. Safrida Hoesin, Sp.KG yang pernah melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Dalam disertasi doktor yang ia susun, drg. Safrida meneliti pengaruh kebiasaan mengonsumsi kuah asam manis (cuko) terhadap kesehatan gigi anak 12 tahun di Palembang, Sumatera Selatan.

Berbanding terbalik dengan anggapan banyak orang bahwa cuko pempek bisa merusak gigi, penelitian drg. Safrida justru menunjukkan bahwa cuko bisa melindungi gigi karena mengandung senyawa fluor yang cukup tinggi. Senyawa inilah yang dipercaya bisa menghambat terbentuknya karies yang bisa menyebabkan gigi nyeri dan berlubang.

Walau tidak terbukti merusak, drg. Safrida tetap menegaskan bahwa mengonsumsi kuah asam secara berlebihan bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan gigi, terutama pada anak dengan usia di bawah 8 tahun. Jadi, ada baiknya untuk tidak terlalu sering memakan cuko dan juga selalu rajin untuk menggosok gigi.

Resep Membuat Pempek Palembang yang Enak dan Lezat

Cara membuat pempek sebenarnya tidak sulit karena bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapat. Namun Anda harus telaten saat membuatnya agar hasil pempek yang Anda buat bisa lebih sempurna. Berikut ini adalah contoh resep pempek Palembang yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia, yaitu pempek kapal selam.

1. Resep Pempek

Bahan:

  • 300 gram daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan / digiling. Untuk hasil yang sempurna, Anda dapat menggunakan mesin penggiling daging dari Ramesia.
  • 200 gram tepung tapioka
  • 125 gram tepung terigu
  • 2 butir telur ayam untuk adonan
  • Telur ayam untuk isian
  • 250 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • ¼ penyedap rasa
  • 1 siung bawang putih yang dihaluskan
  • Garam secukupnya.

Cara membuat pempek:

  • Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan bawang putih, garam, penyedap rasa, gula, serta tepung terigu.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Setelah adonan mengental, matikan api dan dinginkan. Untuk proses ini Anda dapat menggunakan mesin adonan dari Ramesia.
  • Bila adonan sudah dingin, tambahkan daging ikan dan telur. Aduk hingga merata.
  • Terakhir tambahkan tepung tapioka lalu uleni adonan hingga benar-benar lembut.
  • Pastikan adonan diuleni hingga mudah dibentuk. Apabila masih terasa lengket, bisa ditambahkan sedikit tepung tapioka hingga adonan bisa dibentuk dengan mudah.
  • Sebelum membentuk adonan, siapkan dulu air untuk merebus pempek.
  • Bentuk adonan hingga menyerupai mangkuk. Masukkan satu butir telur ayam (lebih bagus kalau hanya bagian kuningnya saja) lalu tutup adonan dengan cara merekatkan ujung-ujungnya.
  • Masukkan adonan pempek kapal selam ke dalam air yang sudah direbus tadi. Tunggu hingga pempek mengapung dan biarkan matang sempurna, setelah itu baru ditiriskan.
  • Pempek siap untuk digoreng.

Cara Membuat Pempek Godo-godo

2. Resep Cuko

Bahan:

  • 250 gram gula merah
  • 50 gram asam jawa untuk dibuat air asam
  • 1 liter air bersih
  • 200 gram bawang putih, cincang sampai halus
  • 2 sdm ebi yang sudah dihaluskan
  • Cabai rawit secukupnya, haluskan.
  • Mentimun yang dipotong kecil-kecil.
  • Garam secukupnya

Cara membuat cuko

  • Panaskan air hingga setengah mendidih, lalu masukkan gula merah dan air asam jawa, tunggu hingga mendidih.
  • Masukkan bawang putih cincang, ebi, cabai rawit halus, dan garam. Aduk semua bahan hingga merata.
  • Bila rasa sudah sesuai selera, segera angkat dan matikan api.
  • Tambahkan potongan mentimun segar dan sajikan dengan pempek kapal selam yang sudah digoreng.

Dari resep di atas, Anda bisa mengetahui bahwa cara membuat pempek ternyata cukup mudah dilakukan. Bila bosan dengan pempek kapal selam berisi telur, Anda bisa mengganti isinya dengan sosis, keju, atau bahan-bahan lain yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia