Cara Membuat Sosis Bakar dengan Bumbu yang Rasanya Enak dan Lezat

Peluang Usaha Sosis di Kota Solo

Cara Membuat Sosis Bakar – Apa sih jajanan yang saat ini lagi nge-hits dan banyak sekali penjualnya? Apa mungkin sosis bakar ya? Kalau dilihat-lihat sih iya, kemanapun kita pergi, paling tidak selalu bertemu penjaja sosis bakar ini. Mulai dari di keramaian pasar malam, sampai di tempat enak seperti mall, kita akan menemukan penjual sosis bakar.

Padahal, sosis itu kan makanan yang bias diolah jadi berbagai macam jenis makanan. Kita bisa menambahkannya pada sayur sop, atau bisa juga dimasukkan ke dalam nasi goreng. Kalau kamu sedang malas makan nasi, sosis ditambah roti juga bisa. Tapi, saat ini emang sosis bakar lah yang lagi nge-hits banget.

Tapi kenapa ya sosis bakar ini bisa merajalela di Indonesia? Pertama, tentu saja banyak yang suka dong, kalau nggak ada yang suka, pastilah sejak pertama kali keluar, sosis bakar sudah hilang dari peredaran. Kedua, berbisnis sosis bakar pastilah menguntungkan, kalau tidak menguntungkan, mana ada yang mau berjualan jajanan ini.

Dengan banyaknya penjual sosis bakar, tentu saja menjadikan persaingan dalam bisnis persosisan akan cukup sulit. Buat kamu yang ingin membuat usaha yang sama, perhatikan produk yang dibuat. Pastikan memiliki keunikan dari sosis yang sudah ada di pasaran.

Tapi, kalau cuma ingin mencoba membuat sendiri di rumah, kamu bisa mencoba membuatnya terlebih dahulu. Siapa tau dengan percobaan sederhana, sosis bakar buatan kamu enak dan bisa dijadikan bisnis juga.

Bahan Pembuatan Sosis

Bahan dan Cara Membuat Sosis Bakar

Cara membuat sosis bakar dapat menggunakan berbagai bahan uatama yaitu, daging, lemak, bahan pengikat, bahan pengisi, air, bumbu, dan garam.

Daging yang bisa digunakan untuk membuat sosis adalah semua jenis daging dari hewan ternak. Daging ini digunakan sebagai bahan utama dan sumber protein yang fungsinya sebagai pengemulsi dalam pembuatan sosis.

Lemak yang digunakan dalam bahan pembuatan sosis berfungsi untuk membentuk sosis menjadi kompak dan empuk. Selain itu, rasa dan aroma sosis menjadi lebih baik. Penambahan lemak dalam pembuatan sosis ini maksimal adalah 30% saja dari berat daging yang digunakan. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan tekstur produk selama proses pengolahan.

Bahan pengikat dan pengisi yang digunakan dibedakan berdasar kadar protein dari bahan tersebut. Bahan pengikat memiliki kandungan protein yang tinggi seperti susu skim, sedangkan bahan pengisi umumnya mengandung karbohidrat seperti tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, tepung ubi, tepung kedelai, tepung kentang, dan tepung roti.

Air yang digunakan dalam pembuatan sosis merupakan air es atau es batu. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga suhu adonan selama proses pencampuran agar tetap rendah. Selain itu, es batu juga berfungsi sebagai fasa pendispersi dalam emulsi daging.

Garam fungsinya untuk menambah rasa, melarutkan protein, dan mengawetkan sosis. Selain itu, penambahan garam juga dapat memengaruhi volume sosis dan daya ikat daging terhadap air.

Bumbu merupakan bahan tambahan yang digunakan untuk cita rasa. Biasanya, pembuatan sosis menggunakan bumbu tambahan seperti gula dan rempah-rempah.

Proses Produksi Sosis

Cara membuat sosis bakar untuk skala industri besar tentu berbeda dengan skala rumah tangga. Proses pembuatan pada skala industri besar sudah terstruktur dengan rapi dan ada kontrol kualitas di setiap prosesnya. Berikut ini gambaran proses pembuatan sosis dari industri besar.

1. Penerimaan Bahan Mentah

Tahap pertama adalah penerimaan bahan mentah masuk ke pabrik. Pada tahapan ini akan ada pengecekan mulai dari jenis, kuantitas bahan yang datang, serta kualitas atau mutu dari daging mentah.

2. Penyimpanan

Setelah dilakukan inspeksi terhadap bahan baku, langkah selanjutnya adalah penyimpanan dalam freezer dengan suhu -18 sampai -22 derajat celsisus.

3. Penyiapan Daging

Kalau dalam industri pembuatan sosis, proses ini ada yang menamainya sebagai pembersihan daging. Proses ini merupakan penyiapan daging. Ada beberapa tahapan, mulai dari thawing, pembersihan, pemotongan daging, penghilangan tulang, dan penggilingan.

Daging digiling agar lemak dalam daging menjadi rata dan mudah untuk diolah. Proses penggilingan ini dilakukan dalam keadaan beku, suhunya dipertahankan di bawah suhu -22 derajat celsius. Pengolahan pada suhu tersebut untuk mencegah terjadinya denaturasi protein yang peranannya sangat penting untuk emulsifier.

4. Pencampuran Bahan Lain

Setelah daging digiling, tahapan selanjutnya adalah pencampuran dengan garam, serpihan es batu, bahan pengikat, bahan tambahan lain. Suhu pada tahapan ini juga dipertahankan serendah mungkin, sekitar 3-12 derajat celsius.

Mesin yang digunakan dalam proses pencampuran adalah emulsifier machine atau bowl cutter. Cara kerja kedua mesin sosis tersebut hampir sama, yaitu menggunakan rangkaian pisau yang berputar dan akan mencampur, memotong, serta menghaluskan formula bahan-bahan. Output dari proses ini nantinya berupa pasta atau stuff.

5. Pengisian

Mesin Sosis

Proses ini biasa disebut juga dengan stuffing atau filling. Adonan hasil proses sebelumnya akan dimasukkan ke dalam mesin filler yang selanjutnya dimasukkan ke casing sosis.

Baca juga  Ketupat - Makanan Khas Lebaran Favorit Masyarakat

6. Pemasakan

Setelah pengisian casing selesai dan bentuk sosis sudah mulai terlihat, tahapan selanjutnya adalah pemasakan. Pada tahapan ini, ada tiga cara pemasakan, perebusan, pemasakan dan pengasapan, serta perebuan yang dilanjutkan dengan pengasapan.

7. Pendinginan

Setelah sosis matang, langkah selanjutnya adalah pendinginan dengan menggunakan cooling chamber. Di dalam mesin tersebut terdapat aliran udara dingin yang sudah disterilkan dan akan disemprotkan dengan cepat ke permukaan sosis untuk menurunkan suhunya.

Proses pendinginan ini cukup cepat, setiap lot produk hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit saja. Setelah proses pendinginan, sosis akan disimpan dalam cold room dengan suhu 0-5 derajat celsius.

8. Pemotongan

Proses pemotongan sosis juga menggunakan mesin pemotong sosis. Mesin pemotong akan memotong sosis menjadi sosis satuan dengan tingkat ketelitian yang tinggi sehingga sosis akan tepat terpotong pada ikatannya.

9. Pengemasan

Proses pengemasan sosis biasanya menggunakan kemasan vakum. Sosis akan dimasukkan dalam kemasan dengan spesifikasi tertentu, kemudian udara di dalamnya dikeluarkan. Proses pengemasan vakum ini akan dapat memperpanjang umur simpan sebuah produk.

10. Penyimpanan Produk

Setelah produk dikemas, selanjutnya akan disimpan di dalam freezer dengan suhu -18 sampai -22 derajat celsius dan sosis siap didistribusikan ke konsumen.

Dari penjelasan di atas, tentu kita tidak mungkin membuat sosis rumahan dengan peralatan yang banyak seperti itu. Kita hanya akan menggunakan peralatan yang ada di dapur saja. Apalagi ketika kita akan membuat sosis bakar, cukup menggunakan sosis yang sudah jadi saja, dan memanggangnya di atas api lalu mengolesi sosis dengan bumbu.

Sebelum membuat sosis bakar, kita akan menyiapkan terlebih dahulu bumbu yang dibutuhkan.

Bumbu Sosis Bakar

Bumbu yang dimaksud adalah bumbu untuk olesan sosis bakar. Ada berbagai macam bumbu oleh, tergantung kita mau membuat rasa apa. Kamu bisa mengolesi sosis hanya dengan mentega atau margarin dan saus. Tapi, rasa dari bumbu oles tersebut tentu sangat sederhana. Nah, maka dari itu kita akan membuat bumbu sosis bakar yang akan membuat rasanya makin mantab.

1. Bumbu Oles Saus

Bahan

  • 50 gram saus tomat
  • 25 gram saus sambal
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok makan merica hitam kasar
  • 1/4 sendok teh garam

Untuk membuat bumbunya, tinggal campur semua bahan menjadi satu. Kemudian, saat kita akan membakar sosis, oleskan terlebih dahulu bumbu di permukaan sosis sampai rata, baru setelah itu panggang di atas bara api sampai setengah matang. Olesi kembali satu kali lagi, dan bakar sampai matang.

2. Bumbu Pedas Manis

Bahan

  • Margarim Secukupnya
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 4 buah cabe rawit
  • 2 siung bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica hitam
  • 4 sendok makan saus sambal
  • 4 sendok makan saus tomat

Untuk membuat bumbu pedas manis, terlebih dahulu haluskan cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian, campurkan bahan lain seperti kecap manis, saus sambal, saus tomat, dan merica hitam. Aduk semua bahan tersebut menjadi satu dan tercampur rata. Bumbu pedas manis siap digunakan untuk membuat sosis bakar.

Sebelum sosis dibakar menggunakan bumbu ini, terlebih dahulu olesi sosis dengan margarin, lalu panggang sebentar. Setelah itu olesi dengan bumbu pedas manis dan bakar lagi sampai matang.

3. Bumbu Kecap Manis

Bahan

  • Margarin secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tomat secukupnya
  • Saus sambal secukupnya

Cara membuat bumbu sosis bakar kecap manis ini sangat mudah. Kamu tinggal mencampur semua bahan menjadi satu saja, kecuali margarin ya. Margarin akan digunakan untuk olesan dasar pada sosis sebelum dibakar.

Cara Membuat Sosis Bakar

Setelah tadi kita mendapatkan sedikit informasi tentang pembuatan sosis di industri besar, sekarang kita akan mencoba membuat sosis sendiri di rumah.

Sebelum membuat, apakah kamu tau apa itu sosis?

Sosis adalah makanan yang terbuat dari daging cincang, rempah, lemak hewan, dan bahan lainnya. Sosis yang tradisional, pada umumnya dibungkus menggunakan usus hewan. Tetapi, sekarang ini sudah banyak bahan yang digunakan untuk pembungkus sosis, salah satunya adalah plastik.

Resep Sosis Sapi

Untuk membuat sosis sapi, terlebih dahulu kita membutuhkan bahan pembuatnya.

Bahan

  • 600 gram daging sapi giling
  • 3 sendok makan tepung kanji
  • 150 gram es serut yang sudah dihancurkan
  • 100 ml minyak goreng yang tidak memiliki aroma
  • 1 sendok makan bawang putih cincang
  • 1 butir putih telur ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk

Cara Membuat Sosis Sapi

  1. Pertama, campur daging sapi giling dengan sebagian es serut dan garam, aduk sampai rata.
  2. Tambahkan minyak dan aduk kembali sampai rata.
  3. Lalu masukkan semua bumbu, putih telur, tepung kanji, dan sisa es serut, aduk sampai rata kembali.
  4. Setelah adonan tercampur dengan rata semua, masukkan ke dalam plastik segitiga dan ditekan-tekan agar tidak ada udara yang terjebak di dalam.
  5. Masukkan semua adonan ke dalam casing sosis.
  6. Ikat casing yang berisi adonan setiap 10 cm atau sesuai dengan selera kamu.
  7. Masak air sampai mendidih, biarkan selama 1 menit, lalu masukkan sosis yang masih mentah ke dalam air mendidih tersebut dan diamkan selama 10-20 menit.
  8. Setelah matang, angkat sosis dan langsung dicelupkan ke dalam air es supaya bentuknya tidak berubah.
  9. Tirikan sebentar, kemudian gunting ikatan dan tunggu sampai sosis menjadi dingin.
  10. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer.
Baca juga  Hoka Hoka Bento - Sejarah, Menu, Alamat, dan Keunikan

Resep Sosis Ayam

Jika kamu tidak suka daging sapi, maka sosis ayam dapat menjadi pilihan lainnya.

Bahan

  • 600 gram daging ayam giling
  • 150 gram es serut
  • 100 ml minyak goreng
  • 3 sendok makan tepung sagu
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok makan bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 butir putih telur

Cara Membuat Sosis Ayam

  1. Campurkan gilingan daging ayam dengan sebagian serutan es dan garam halus, aduk sampai rata.
  2. Tambahkan sedikit minyak, aduk kembali sampai rata, lalu tambahkan gula, lada, ketumbar, tepung sagu, putih telur, bawang putih, dan juga es serut. Uleni adonan sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Setelah semua tercampur, masukkan adonan ke dalam piping bag atau plastik segitiga, sambil ditekan agar tidak ada udara di dalam adonan.
  4. Lalu semprotkan adonan ke dalam casing sosis, kemudian ikat dengan panjang 10 cm atau sesuai selera.
  5. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan sosis dan masak selama 20 menit. Perlu diperhatikan, ketika memasak sosis, gunakan api kecil, jadi setelah mendidih, segera kecilkan api, hal ini untuk mencegah agar sosis tidak pecah.
  6. Setelah matang, segera angat sosis dan masukkan ke dalam air es, diamkan selama beberapa menit agar bentuknya tidak berubah.
  7. Angkat sosis dan tiriskan.
  8. Potong sosis, masukkan ke dalam wadah dan simpan ke dalam freezer.

Peluang Bisnis Sosis Bakar

Dengan berbagai resep sosis dan bumbu di atas, tentu kita sudah bisa mencoba untuk membuka usaha sosis bakar sendiri. Tapi, sebelum membuka usaha, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Tempat

Berjualan tentu saja membutuhkan tempat untuk menjajakan produk. Kita membutuhkan tempat yang strategis agar dagangan laku. Kamu bisa memilih tempat keramaian seperti dekat pasar, dekat kos-kosan, dekat kampus, atau dekat dengan pabrik.

Perlengkapan

Alat Panggangan Sosis Model ROS-ET222

Siapkan peralatan yang dibutuhkan ketika kita akan memulai usaha sosis bakar. Peralatan yang dibutuhkan ada berbagai macan, kamu bisa menggunakan anglo untuk memberikan kesan tradisional atau pakai kompor dan wajan panggangan. Kalau mau lebih canggih, kamu bisa menggunakan alat pembakar elektrik.

Selain itu, kamu juga memerlukan perlengkapan lain seperti kuas untuk mengoles bumbu, wadah bumbu, dan perlengkapan lainnya.

Harga

Tentukan harga sosis yang akan dijual, lihat kompetitor lain, kita dapat menyesuaikan harga dari penjual lainnya. Kita dapat melakukan survey terlebih dahulu, selain itu sesuaikan juga dengan kondisi lingkungan tempat kita akan berjualan.

Promosi

Setelah semua persiapan jadi, tinggal lakukan promosi dengan masif. Kamu dapat membuat banner yang menunjukkan bahwa di tempat itu ada sosis bakar yang enak. Siapkan juga brosur yang bisa dibaca oleh calon pembeli. Sediakan juga daftar menu agar pembeli tidak kebingungan memilih akan memesan sosis bakar rasa apa.

Untuk permulaan, kamu bisa membuka usaha sosis ini di depan rumah, pembelinya tentu hanya tentangga saja. Tapi, kalau di dekat tempat tinggal kamu ada minimarket, coba deh buka di depan minimarket tersebut agar kesempatan didatangi oleh banyak orang lebih besar.

Nah, itu tadi beberapa resep yang bisa kamu praktekkan untuk membuat sosis bakar. Kalau kamu tertarik berbisnis, sekalian dicoba membuka satu gerobak untuk jualan sosis bakar lho. Tapi sebelum membuat usaha, lebih baik praktek terelebih dahulu di rumah. Berikan sosis bakar buatan kamu ke saudara atau tetangga dan minta pendapat tentang tekstur dan rasa sosis bakar tersebut. Setelah mendapat masukan, tinggal perbaiki dan kamu rasakan sendiri sampai hasilnya enak.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares