cara membuat takoyaki

Rahasia Cara Membuat Takoyaki yang Mudah dan Cepat

Saat berjalan-jalan ke Jepang, Anda wajib mencoba salah satu jajanan khasnya, takoyaki atau bahasa populer di Indonesia cemilan bola goreng. Makanan ini berupa bola-bola kecil berdiameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung dan berisi potongan daging gurita. Kini, kepopuleran takoyaki sudah merambah Indonesia. Tak perlu jauh-jauh ke Jepang, Anda pun bisa mempelajari cara membuat takoyaki sendiri di rumah.

Fakta-Fakta Seputar Takoyaki

Masyarakat Indonesia baru mengenal takoyaki sejak beberapa tahun terakhir dan masih menjadi makanan yang ‘kekinian’ hingga sekarang. Padahal, di negeri asalnya, takoyaki sudah ada sejak tahun 1935. Bahkan, kalalu ditelusuri asal-usulnya, takoyaki merupakan hasil evolusi kuliner Jepang yang sudah ada sejak abad ke-17.

Ketika itu, orang Jepang mengenali choboyaki, yaitu makanan yang dibuat dari tepung terigu berisi konnyaku, sebuah nama tumbuhan. Setelah itu, choboyaki berubah menjadi rajioyaki, dengan isi urat sapi. Pada tahun 1933, sebuah kios makanan Aizuya mengganti isi rajioyaki menjadi daging sapi dan makanan ini diberi nama nikuyaki.

cara membuat takoyaki

Barulah pada tahun 1935, Aizuya kembali berkreasi dengan mengadopsi ide makanan bernama akashiyaki. Akashiyaki yang berasal dari Kota Akashi terbuat dari telur, tepung terigu, dashi, dan berisi potongan gurita. Aizuya pun menggunakan gurita dan telur sebagai bahan isian dan makanan baru ini diberinya nama takoyaki.

Kepopuleran takoyaki disebabkan rasanya yang lezat, hasil perpaduan antara adonan tepung dan telur dengan daging gurita yang lembut, siraman saus khas Jepang, mayonnaise, serta serutan daging ikan cakalang kering atau katsuobushi yang renyah. Bahan-bahan tersebut diracik dengan tepat, hingga menghasilkan camilan unik yang disukai oleh berbagai kalangan.

Bukan hanya sejarahnya yang menarik, takoyaki juga memiliki fakta-fakta unik yang mungkin belum sepopuler makanannya. Anda ingin tahu? Yuk simak 10 fakta unik takoyaki berikut ini.

1. Menjadi Ikon Osaka

Merunut sejarahnya, tak salah jika takoyaki dijadikan sebagai ikon khas Kota Osaka. Warga kota ini sangat menggemari takoyaki sehingga jajanan klasik ini masih bertahan hingga sekarang. Bahkan, hampir seluruh warga Osaka memiliki wajan khusus untuk membuat takoyaki yang akan disajikan pada saat diadakan acara-acara penting.

2. Asal Nama Takoyaki

Dalam bahasa Jepang, takoyaki berasal dari dua kata, yaitu tako yang merujuk pada gurita dan yaki yang artinya dipanggang atau digoreng. Yaki atau yaku sendiri merupakan salah satu teknik memasak yang paling sering digunakan dalam dunia kuliner Jepang.

3. Pengaruh Pancake dari Eropa

Ternyata, takoyaki tidak 100% murni asli Jepang. Setidaknya, ada pengaruh dari makanan ala Barat, yaitu pancake, yang sering menjadi menu sarapan orang Eropa. Bangsa Jepang mengenalnya ketika orang Eropa datang ke Jepang pada abad ke-17. Takoyaki merupakan hasil modifikasi bahan pancake yang susah didapatkan di Jepang dengan bahan lokal.

cara membuat takoyaki

4. Evolusi Takoyaki

Pada mulanya, takoyaki memiliki bentuk yang sangat berbeda dari takoyaki yang dikenal saat ini. Dahulu, takoyaki yang waktu itu masih bernama choboyaki berbentuk kotak pipih, berisi kacang, acar jahe, dan soy sauce dan dipanggang di atas wajan datar. Baru pada tahun 1935 terciptalah takoyaki modern yang bahan isiannya adalah gurita atau seafood lainnya.

5. Gerai Takoyaki Pertama

Gerai takoyaki pertama dan tertua di Jepang ada di kota asal takoyaki, yaitu Osaka, bernama Tomekichi Endo. Gerai ini didirikan sejak tahun 1935 dan selalu ramai diburu oleh para pecinta takoyaki klasik. Tak hanya takoyaki, gerai ini juga menyediakan choboyaki, jenis takoyaki tertua di Jepang.

6. Penyelamat Saat Gempa Jepang 1923

Pada tahun 1923, Jepang diguncang gempa dahsyat dengan kekuatan 7,9 magnitudo dan 8,4 magnitudo. Krisis makanan pun terjadi, seluruh persediaan bahan makanan habis, kecuali tepung. Untuk mengatasi rasa lapar, dibuatlah pancake bulat dari tepung dan air. Setelah itu, orang Jepang tetap suka membuat pancake hingga akhirnya terciptalah cemilan bola goreng.

7. Makanan Spesialis Festival

Bangsa Jepang dikenal memiliki banyak festival menarik. Takoyakii menjadi salah satu makanan yang tidak pernah absen untuk ikut memeriahkan festival-festival tersebut. Maka, selain menjadi ikon makanan khas Osaka, takoyakii juga mendapat predikat sebagai Festival Food. Cemilan bola goreng juga wajib dibawa saat menonton pertandingan baseball.

8. Osaka Takoyaki Museum

Begitu pentingnya takoyaki hingga Jepang merasa perlu untuk memiliki museum khusus takoyaki.  Osaka Takoyaki Museum terletak di Universal City, Universal Studio, Jepang. Sambil menelusuri sejarah takoyaki, Anda bisa menikmati kelezatan cemilan bola goreng dari lima gerai paling populer di Jepang, yaitu Aizuya, Tomekichi Endo, Kukuro, Kougaryu, dan Imotako.

cara membuat takoyaki orisinal

9. Takoyaki Jumbo

Sebagai bentuk kecintaan terhadap takoyaki, orang Jepang membuat beberapa inovasi unik pada takoyaki. Salah satunya adalah takoyaki jumbo yang memiliki diameter 8 cm dan berat 200 gram. Takoyaki yang diberi nama bakudan-yaki ini berisi sosis, telur puyuh, jagung pipil, jamur,  udang, dan aneka sayuran.

10. Aneka Takoyaki Unik

Kepopuleran takoyaki memancing kreativitas orang Jepang untuk membuat cemilan bola goreng yang unik, berbeda dari biasanya. Beberapa di antaranya yang pernah dibuat adalah takoyaki dengan topping saus cokelat, takoyaki galaksi, hingga takoyaki hitam yang terbuat dari tinta cumi-cumi.

Kandungan Gizi dalam Takoyaki

Kandungan gizi takoyakii diperoleh dari bahan-bahan pembuatnya. Dalam satu porsi yang berisi 6 buah takooyaki terdapat kandungan kalori 364 kalori, lemak 12,7 gram, karbohidrat 44 gram, dan protein: 14,9 gram. Jika dibandingkan dengan Angka Kecukupan Gizi per 2.000 kalori, takoyakii bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat sebesar 50%, Lemak 33%, dan protein 17%.

Selain kandungan di atas, daging gurita juga mengandung asam amino, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, asam lemak Omega-3, fosfor, selenium, serta vitamin A, beberapa vitamin B, dan vitamin C. Gurita juga rendah kalori dan rendah lemak, serta mengandung taurin yang baik untuk kesehatan jantung, syaraf, retina, dan mencegah tekanan darah tinggi.

Katsuobushi atau serutan ikan cakalang kering mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B12, D, E, zat besi, taurin, dan asam inosin yang membuatnya terasa gurih dan lezat. Dengan kandungan ini, katsuobushi bermanfaat untuk mencegah hipertensi, otot mata lebih rileks, menguatkan fungsi hati, dan mencegah arteriosklerosis atau pengerasan arteri.

Takoyaki Unik Ini Sukses Bikin Ngiler Netizen

Rasa takoyaki yang gurih dan creamy akan terasa semakin lezat jika dinikmati selagi hangat. Kelezatan cemilan bola goreng ini rupanya menarik orang untuk berkreasi dengan menciptakan resep takoyaki yang memberikan sensasi rasa berbeda. Lima olahan takoyaki berikut ini sangat unik sehingga ketika diunggah di media sosial membuat para netizen ngiler melihatnya.

1. Takoyaki Jumbo

Bagi yang tidak puas dengan ukuran takoyaki yang imut, cobalah mencicipi cemilan bola goreng jumbo di Ikkeburo, Tokyo. Takoyaki berdiameter 8 cm dan berat 200 gram ini diberi nama bakudan-yaki dan memiliki lebih dari 10 jenis isian. Ada pipilan jagung, jamur shimeji, potongan sosis, telur burung puyuh, udang, irisan kol, dan lain sebagainya.

cara membuat takoyaki

2. Takoyaki Hitam

Umumnya, takoyaki matang memiliki warna kecokelatan. Namun, takoyaki yang satu ini berbeda karena memiliki warna hitam pekat. Takoyaki hitam ini dibuat oleh sebuah food truck bernama Ninja Takoyaki di Osaka, dan diberi nama Kuro-tako atau Gurita Hitam. Warna hitamnya berasal dari tinta cumi-cumi yang dicampurkan ke dalam adonan.

3. Takoyaki Bertema Planet

Bukan hanya hitam, takoyaki juga bisa tampil dengan tema planet berwarna biru. Seorang wanita Jepang yang bosan dengan takoyaki yang itu-itu saja sengaja memberikan warna biru mencolok pada takoyaki buatannya sehingga menyerupai planet bumi. Ia juga menambahkan taburan sosis dan daun bawang untuk memperkuat efek galaksi pada takoyaki.

4. Takoyaki Shock Chocolate

Pada bulan Februari 2016, sebuah toko roti di Shibuya, Jepang, membuat takoyaki bernuansa valentine. Aoki Sadaharu, seorang patissiers asal Jepang, membuat takoyaki yang disiram saus cokelat dan diberi nama Takoyaki Shock Chocolate. Takoyaki ini memiliki rasa manis karena berisi melted chocolate cake dan remahan kue macaroon yang renyah.

5. Permen Rasa Takoyaki

Apa jadinya kalau takoyaki dibuat dalam bentuk permen? Inilah ide unik dari Chojudo Keika, sebuah perusahaan permen di Jepang. Ia berkreasi dengan menggabungkan dua varian rasa, yaitu rasa gurih khas takoyaki dan manis khas permen. Meskipun terdengar “aneh”, tapi permen ini mampu mengundang rasa penasaran netizen.

cara membuat takoyaki

Cara Membuat Takoyaki Lezat di Rumah

Bahan Adonan:

  • Tepung terigu: 150 gram
  • Telur ayam: 2 butir, kocok lepas
  • Baking powder: 1 sendok teh
  • Susu cair: 120 ml
  • Katsuobushi: 5 gram
  • Kaldu bubuk: 1 sendok teh
  • Air bersih: 350 ml

Bahan Isian:

  • Daging gurita atau bahan penggantinya: 250 gram (direbus dan dipotong kecil-kecil)
  • Bunga kol: ½ bagian, potong kecil-kecil
  • Daun bawang: 3 batang
  • Garam: 3 sendok teh

Bahan Tambahan:

  • Katsuobushi: 5 gram (untuk taburan)
  • Mayonise, saus sambal, dan saus takoyaki secukupnya
  • Margarin/minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Rebusnya katsuobushi sampai benar-benar mendidih, kemudian diamkan dengan api kecil kurang selama 5 menit.
  2. Tunggu sebentar sampai dingin, kemudian saring dan simpan di wadah.
  3. Masukkan susu cair, aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan kaldu bubuk, aduk kembali sampai rata.
  5. Masukkan putih telur dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  6. Campurkan tepung terigu protein rendah dan baking powder, kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisi campuran susu, aduk sampai tercampur rata.
  7. Saring adonan untuk mencegah gumpalan tepung.
  8. Siapkan cetakan takoyaki, isi dengan margarin atau minyak goreng sampai sepertiga lubang cetakan, kemudian panaskan.
  9. Setelah minyak goreng atau margarin panas, tuangkan adonan takoyaki ke dalam cetakan sampai lubang cetakan terisi setengahnya.
  10. Segera masukkan gurita atau bahan isian lainnya.
  11. Tutup dengan adonan takoyaki lagi hingga lubang cetakan penuh.
  12. Tunggu hingga takoyaki setengah matang, yaitu jika bagian atas takoyaki mulai mengembang.
  13. Balik takoyaki agar seluruh bagian takoyaki matang sempurna.
  14. Angkat dan sajikan takoyaki bersama taburan katsuobushi dan saus takoyaki, saus sambal, atau mayonnaise sesuai selera.

cara membuat takoyaki

Dari resep cara membuat takoyaki di atas, terlihat bahwa prosesnya tidak terlalu sulit. Namun, bahannya memang relatif sulit didapat, terutama gurita dan katsuobushi. Anda bisa mengganti isi takoyaki dengan cumi, dagin ayam, udang, sosis, bakso, keju, ikan tuna atau bahan lainnya. Katsuobushi juga bisa dihilangkan, meskipun tentunya cita rasa takoyaki yang dihasilkan akan sedikit berbeda.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru