Cara Memotong Daging Untuk Steak agar Tidak Alot dan Beraroma Segar

Apa yang pertama Anda pikirkan saat disebutkan kata daging?

Apakah Anda membayangkan sebuah mangkuk yang terisi penuh daging dengan rempah-rempah lezat di atasnya, atau membayangkan perihal suatu sajian khas atau icon kota Sumatera Barat, atau Anda malah membayangkan makanan daging yang alot dan sangat menyulitkan disantap?

Saat ini banyak sekali pengusaha makanan yang menyediakan banyak varian hidangan olahan dari daging.
Umumnya mereka menggunakan bermacam-macam jenis daging, seperti: daging kelinci, daging sapi, daging kambing, ataupun daging ayam.

Memasak hidangan berjenis daging seringkali tergolong susah-susah gampang.
Tetapi Anda tidak bisa asal dalam mengolah daging.

Banyak faktor yang harus dipersiapkan, seperti: teknik pemilihan jenis daging, teknik pengirisan daging, teknik pembumbuan pada daging, hingga teknik menyajikan daging.

Semua faktor di atas amatlah diperlukan dalam membuat masakan daging.
Apalagi dalam hal pemotongan daging, karena ini akan cukup banyak berpengaruh pada tingkat kelezatan daging ketika telah selesai dimasak.

Memotong daging supaya lembut membutuhkan metode spesial. Berbeda varian daging maka beda juga metodenya.

Nah, pada tulisan ini kami hendak menjelaskan untuk Anda, mengenai cara memotong daging untuk steak agar lembut dan tidak sulit ketika dimasak.

Artikel ini kami jabarkan secara spesial untuk Anda melalui cara penyampaian kembali trik dan tips dari para koki terkenal yang telah berpengalaman dibidangnya.

Kami menggunakan cara ini untuk menyampaikan ulasan pada prakteknya mengenai cara memotong daging untuk steak kepada Anda, dikarenakan memotong daging cukup lah mempraktekan satu atau 2 cara.

Di bawah ini merupakan ulasan tentang teknik memotong daging untuk steak agar lembut dan mudah dimasak.

Cara Memotong Daging Menurut Ivan Anggri

Ivan Anggri, adalah pemilik restoran terkenal di Jakarta.

Ivan mengatakan, “Hal terpenting mengenai meotode mengiris daging adalah memotong daging untuk steak dengan cara melawan alur urat dari dagingnya.

Biasanya dengan langsung kita akan mengenali serat memanjang tanda alur urat. Kemudian kita tinggal sayat saja dengan cara potong melawan alur urat, tapi ingat tidak perlu sampai disayat melintang.”

Ia menjelaskan, “daging berkualitas impor pun jika cara memotongnya salah, maka hidangannya akan keras saat dimakan”.

Cara Memotong Daging Menurut Vincen Bima

Di lain sisi Vincen Bima seorang Chef level Gold di hotel Cinada, menerangkan perihal tips mengiris daging untuk steak.
Vincen Bima menjabarkan, “Yang utama adalah membersihkan daging dari serat yang menempel pada daging. Setelah itu barulah kita boleh mengiris daging itu.”

Bima “Kemudian, Selaput keras yang menempel pada daging mesti dihilangkan. Lalu sayat vertikal secara berlawanan terhadap serat dagingnya.”

Vincen menjelaskan, “Menyayat searah serat akan membuat daging yang sudah dimasak menjadi keras.
Hasilnya akan berbeda jika kita memotong berlawanan dengan arah serat. Ketika disantap daging akan empuk karena serat dalam daging akan gampang terurai.”

Sebagai tambahan Bima menyebutkan, “Beberapa item daging terbentuk oleh lebih dari satu otot daging. Misal tersusun dari lima otot daging.
Maka tiap bagian otot harus dipisahkan satu per satu searah setiap selaput otot. Barulah daging diiris horizontal mengikuti arah jalur serat daging.” tutup Bima.

Nah, demikianlah tips dan cara memotong daging untuk steak supaya tidak alot dan mudah dimasak.

Walaupun demikian, cara dalam pengirisan daging hanyalah salah satu bagian dalam menyajikan daging yang empuk dan lezat dilidah.

Masih ada beberapa faktor penting lain, diantaranya: meletakan daging ke dalam cairan khusus, teknik memasak daging, bumbu yang dipakai, dan banyak bagian penting semisalnya untuk memasak daging yang tidak alot dan lezat disantap.

   

     

Promo Pelanggan baru