Cara Memulai Usaha Minuman Kemasan

Bila Anda mempunyai waktu luang, Anda bisa mampir ke salah satu minimarket yang ada di kota Anda untuk melihat deretan rak minuman kemasan. Anda akan menemukan sederat minuman dari merek dagang yang terkenal bahkan yang tidak populer sama sekali. Begitu besarnya potensi peluang bisnis minuman kemasan sehingga satu demi satu pebisnis baru masuk dan ikut ambil bagian di usaha ini.

Untuk saat ini, bisnis air minum kemasan masih dipegang pengusaha besar macam Orang Tua Group dan Garuda Food. Tapi kalau bicara mengenai share market, Anda masih bisa ikut ambil bagian peluang bisnis ini mengingat umumnya minuman kemasan di minimarket masih berkutat pada jenis minuman sirup dan the.

Coba Anda lihat sekali lagi di supermarket tadi, khususnya pada deretan rak minuman botol. Anda akan menemukan jenis minuman kemasan plastik lebih beragam daripada minuman kemasan gelas. Bukan saja teh, tapi juga ada jenis minuman energi, jus buah, minuman ionic, sari buah serta kopi dan susu. Malahan Anda juga bisa menemukan jamu pegel linu pada minuman kemasan.

Pastinya Anda sudah tahu bahwa salah satu isi tetap dari kotak makanan di berbagai event di Indonesia ini sudah pasti ada botol kemasan. Anda juga sudah mengetahui bahwa sajian yang juga akhir-akhir ini pasti muncul di meja tamu ketika lebaran adalah minuman kemasan gelas. Selain itu, pada kegiatan tidak resmi seperti berkemah di pantai atau sekadar jalan-jalan santai, botol kemasan tentunya menjadi barang yang mesti di bawa.

Celah yang menjadi potensi utama dari bisnis minuman kemasan yaitu kepraktisannya dalam penyajian. Pengepakan minuman kemasan dengan mesin cup sealer ini membuat isi minuman tersebut kedap udara, higenis dan anti bocor. Botol kemasan akan Jadi tetap aman meskipun harus melewati perjalanan jauh, terjatuh atau bahkan terbalik. Selain itu, sisa sampahnya bisa dengan mudah Anda buang, yang pasti Anda mesti membuangnya pada tempat sampah yang sesuai.

Ramesia Mesin menjual mesin sealer cup untuk kelengkapan bisnis minuman kemasan Anda.

Secara spesifik ada satu ide lagi yang dapat Anda kerjakan dengan optimal dari bisnis minuman kemasan ini, yaitu ragam produk minuman kemasan gelas. Contohnya ide pengemasan minuman sari buah kedalam kemasan gelas. Inspirasi bisnis tersebut sudah cukup baik, terlebih jika Anda membuatnya dengan campuran gula murni tanpa campuran pewarna sintetis dan bahan pengawet.

Bagaimana tahapan memulai usaha minuman kemasan ini? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Temukan Resep dengan Rasa Mantap
Dengan resep Anda yang berbeda dan mantap tentu pembeli bisa membedakan produk minuman kemasan Anda dengan produk minuman kemasan produksi lainnya. Buat racikan minuman dengan rasa beragam dan yang pasti mantap di lidah.

2. Alat dan Bahan
Pastikan sudah siap dengan mesin cup sealer, booth, dispenser, cup, termos dan lainnya. Bahan-bahan yang digunakan harus yang alami supaya bisa menambah daya tarik bisnis yang Anda jalankan.

Ramesia Mesin menyediakan mesin cup sealer untuk kelengkapan usaha minuman kemasan Anda.

3. Pilih Lokasi yang Tepat
Pilih lokasi di centra-centra keramaian seperti pameran, konser musik dan event lainnya.

4. Ciptakan Merek yang Baik
Merek atau brand merupakan hal yang sangat penting ketika menjalankan bisnis. Brand yang Anda buat harus oke dan mudah diingat sebagai daya tarik bisnis Anda.

5. Menjaga Kualitas Produk dan Tempat Usaha
Pastikan lokasi bisnis mempunyai kenyamanan dan produk yang bersih merupakan hal yang harus dipertahankan. Hal ini dilakukan supaya mendapat trust dari pembeli.

Mudah-mudahan Anda bisa sukses memulai bisnis minuman kemasan dengan mengikuti langkah-langkah tersebut.