bagaimana cara mendapatkan uang dari internet

Penting! Ini Dia 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah

Uang memang bukan segalanya, tetapi semua orang membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di era serba digital sekarang ini, ada banyak cara mendapatkan uang dari internet, mulai dari yang sederhana hingga yang membutuhkan keterampilan tinggi.

Kehadiran teknologi internet ternyata tidak hanya memudahkan orang untuk mengakses informasi, tetapi juga membuka banyak sekali peluang usaha. Secara garis besar, ada dua cara mendapatkan uang dari internet, yaitu dengan dan tanpa membuat website atau blog.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Membuat Website/Blog

Berdasarkan definisi bakunya, website adalah kumpulan laman yang terdapat pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan. Website dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan browser.

Namun, secara lebih sederhana, website dapat diartikan sebagai halaman informasi yang disediakan melalu jalur internet sehingga bisa diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Informasi pada sebuah website bisa berupa apa saja, termasuk untuk kebutuhan komersial.

cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal

Ketika baru dikenal di Indonesia, website masih merupakan teknologi mahal sehingga hanya perusahaan besar yang bisa memilikinya. Namun sekarang, sudah ada miliaran website di dunia maya dan sebagian besarnya digunakan untuk keperluan bisnis dan perdagangan.

Hal tersebut dikarenakan website sangat efektif untuk dimanfaatkan menjadi media promosi untuk memasarkan barang maupun jasa. Di samping itu, website juga menjadi simbol prestise bagi perusahaan karena memberi kesan lebih profesional dan terpercaya.

Dengan fakta tersebut, banyak orang yang kemudian memanfaatkan website sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Caranya adalah dengan menentukan niche yang tepat, menciptakan traffic, kemudian menjual produk atau layanan kepada pengunjung.

Kelebihan memiliki website sendiri adalah Anda memiliki kebebasan penuh dalam mengatur dan mengelola keuntungan yang didapat. Anda tertarik? Kalau begitu, mari simak apa saja cara mendapatkan uang dari internet melalui website yang Anda buat.

1. Membuat Blog

Pada umumnya, orang membuat blog untuk menyalurkan hobi menulis, mengekspresikan opini, atau sekadar tempat merekam kejadian sehari-hari. Namun, ada juga sebagian lainnya yang mampu melihat peluang menguntungkan dari blog miliknya.

Mengubah blog pribadi menjadi “mesin uang” memang bukan hal mustahil, tetapi perlu diingat juga bahwa hal tersebut tidak terjadi secara instan. Ketekunan dan pengetahuan tentang cara mendapatkan uang dari internet menjadi kunci kesuksesan menuai rupiah dari blog.

cara mendapatkan uang dari internet asli

Anda harus sabar jika pada awalnya, blog hanya menghasilkan “recehan” yang hanya cukup untuk membeli camilan. Namun, bukan tidak mungkin bila suatu saat, blog Anda bisa bermutasi menjadi perusahaan besar. Untuk meraih mimpi itu, lakukan tips berikut ini.

  • Tentukan tema blog, pilihlah topik yang “evergreen” alias tidak mengenal kedaluwarsa, seperti kesehatan, keuangan, hobi, dan keluarga.
  • Berusahalah untuk selalu menyajikan konten yang bermutu dan menarik untuk dibaca.
  • Naikkan peringkat blog Anda di mesin pencarian dengan mempelajari teknik SEO lebih dalam.
  • Miliki jejaring dengan para blogger populer dan influencer

Jika dilakukan dengan konsisten, keempat tips tersebut akan membantu blog Anda mendapatkan traffic yang tinggi. Hal itu berarti kesempatan mendapatkan penghasilan dari internet pun makin terbuka.

Untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa contohnya adalah memasang iklan berbayar, menawarkan kursus online, menjual produk afiliasi, dan lainnya.

2. Membuat Website Afiliasi

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang cukup banyak dilakukan adalah dengan mempromosikan produk melalui website. Caranya adalah dengan bergabung menjadi anggota afiliasi di berbagai situs dan memasang tautan afiliasi di website milik Anda.

Situs afiliasi dibuat untuk mengulas dan merekomendasikan produk-produk tertentu. Komisi akan diberikan jika ada pengunjung yang membeli produk tersebut melalui tautan afiliasi yang dipasang di website Anda.

cara mendapatkan uang dari internet bagi pemula

Contoh sederhananya adalah Anda membuat website yang khusus mengulas perawatan kecantikan. Buatlah tulisan yang sifatnya me-review produk kecantikan dengan menyertakan tautan afiliasi agar pengunjung bisa langsung diarahkan ke website produsen produk tersebut.

Besarnya komisi yang didapat dari satu produk memang mungkin tidak terlalu besar. Namun, jika cara mendapatkan uang dari internet melalui affiliate marketing ini dilakukan secara konsisten dan serius, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan penghasilan yang cukup besar.

3. Membuat Website e-Commerce

Membuat website e-commerce merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang makin populer. Situs e-commerce atau toko online berbasis website kini makin mudah dibuat berkat adanya platform yang mendukung, seperti WordPress dan WooCommerce.

Untuk menjamin kesuksesan e-commerce, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, menjual produk fisik niche ke sekelompok pembeli loyal. Kedua, membeli barang dari pabrik di luar negeri dengan harga murah, mengemasnya, lalu menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi.

4. Membuka Kursus Online

Dengan internet, banyak sekali aktivitas yang semula harus dilakukan secara offline kini bisa diadakan secara online. Membuka kursus online menjadi peluang bagi Anda yang ingin membagikan ilmu dan keahlian sekaligus cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah.

Namun, sebelum menyelenggarakan kursus online, tentunya Anda harus menyiapkan diri dengan memperkaya pengetahuan yang sudah dimiliki. Tak cukup hanya itu, Anda juga perlu membekali diri dengan kemampuan untuk menjadi instruktur atau mentor yang baik.

cara mendapatkan uang dari bisnis internet

Kursus online dilaksanakan dengan memanfaatkan fasilitas Webinar, yaitu teknologi yang memungkinkan penggunanya mengadakan seminar, diskusi, dan lainnya secara online tanpa harus bertatap muka. Panduan kursus dapat dibagikan dalam bentuk file PDF dan video.

Bagi Anda yang sudah mantap untuk membuka kursus online tetapi masih bingung memilih topik untuk blognya, cobalah lakukan polling. Melalui cara ini, Anda bisa mengetahui topik paling tepat untuk kursus yang akan diadakan.

5. Menyediakan Ruang Iklan

Anda pasti pernah membuka salah satu portal berita dan menemukan iklan bermunculan. Begitulah salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Situs yang memiliki traffic tinggi memang sering menjadi incaran para pemasang iklan.

Untuk mendapatkan penghasilan, buatlah akun di Google Adsense. Setelah akun berhasil didaftarkan, Anda sudah bisa mulai memasang iklan di website atau blog pribadi. Penghasilan dari cara ini memang tidak besar, kecuali jika situs Anda diakses jutaan pengunjung.

bagaimana cara mendapatkan uang dari internet

Selain Google Adsense, Anda juga bisa mendaftar di ad network lainnya, seperti Ezoic dan Media.net. Setelah mendaftar, situs milik Anda akan dievaluasi terlebih dahulu sebelum diputuskan apakah permintaan diterima atau tidak.

Selain memasang ad network, mendapatkan penghasilan dari iklan juga bisa dilakukan secara manual. Buatlah website yang menarik banyak pengunjung, lalu sediakan ruang untuk siapa saja mengiklankan produk mereka.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Membuat Website/Blog

Bagi sebagian orang, mungkin termasuk Anda, membuat website bukanlah pekerjaan mudah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengumpulkan rupiah dari internet. Banyak cara mendapatkan uang dari internet tanpa harus repot membuat website, yaitu sebagai berikut.

1. Berjualan Produk Kuliner di Media Sosial

Media sosial seperti Facebook dan Instagram bukan lagi sekadar platform untuk menjalin pertemanan dan berkomunikasi. Lebih dari itu, sudah banyak orang yang memanfaatkannya sebagai tempat mencari penghasilan, salah satunya dengan cara membuka toko online.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan memiliki toko online di media sosial sangat mudah dilakukan. Terlebih lagi, Facebook dan Instagram pun menyediakan fitur yang mendukung aktivitas jual-beli di media sosial.

Untuk mulai mendapatkan uang dari akun media sosial, Anda bisa langsung mengunggah foto produk atau layanan yang ingin ditawarkan. Lengkapi dengan caption menarik dan keterangan sejelas mungkin. Setelah itu, rajinlah mempromosikan jualan Anda.

cara mendapatkan uang dari internet cepat

Namun jangan lupa, promosi tidaklah cukup. Anda harus melengkapinya dengan menjalin hubungan baik dengan para calon pembeli produk atau pengguna jasa. Makin baik interaksi yang terjadi, makin besar peluang Anda mendapatkan closing.

Bagi pemula, pilihlah jenis produk yang paling banyak diminati dan cepat laku. Saat ini, produk  yang mendominasi aktivitas jual-beli online adalah makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan perkembangan bisnis kuliner sendiri sangat dinamis, selalu ada produk baru yang bermunculan.

Ada dua cara mendapatkan uang dari internet dengan berjualan produk kuliner melalui media sosial. Pertama, Anda membuat sendiri produk yang dijual. Kedua, Anda cukup menjadi reseller atau dropshipper produk yang sudah dikenal. Cara kedua inilah lebih disarankan bagi pemula.

Adapun jenis makanan dan minuman yang cocok untuk ditawarkan melalui media sosial adalah makanan yang memiliki daya tahan cukup lama. Contohnya adalah makanan beku dan kue-kue atau camilan kering, seperti keripik dan cookies.

2. Menerbitkan E-Book

Di era digital, kemampuan menulis adalah harta yang sangat berharga. Banyak sekali peluang mendapatkan uang dari internet melalui kepiawaian menulis. Oleh karena itu, bersyukurlah Anda yang bukan hanya bisa, tetapi juga mencintai dunia tulis-menulis.

cara mendapat uang dari internet dengan cepat

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet bagi para penulis adalah dengan menulis buku, lalu menjualnya dalam bentuk buku digital atau e-book. Penulis harus bertanggungjawab atas penulisan, penyuntingan, penyusunan, pembuatan sampul, dan penjualan.

Pada umumnya, meskipun harganya lebih rendah dari buku versi cetak, persentase royalti yang Anda dapatkan dari e-book jauh lebih besar. Kalau royalti yang diterima penulis buku versi cetak biasanya hanya 10%, untuk e-book bisa mencapai 70%.

3. Membuat Channel Youtube

Menjadi youtuber profesional kini merupakan salah satu profesi yang banyak diimpikan orang, terutama di kalangan usia muda. Tak bisa dimungkiri, Youtube saat ini menjadi salah satu sumber penghasilan dari internet yang menggiurkan.

YouTube merupakan mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan. Berbeda dengan Google atau Yahoo yang berfokus pada pencarian website, YouTube mengkhususkan diri sebagai mesin pencari konten hiburan dan informasi dalam bentuk video.

Sebelum memutuskan menjadi youtuber, pelajari dahulu cara mendapatkan uang dari internet. Penghasilan yang didapat bisa berasal dari iklan pada platform ini atau dengan mengarahkan para subscriber dan viewer ke website yang sudah Anda kelola sebelumnya.

cara mendapatkan uang dari internet di komputer

Tentukan terlebih dahulu topik dan konten channel YouTube yang akan dibuat. Secara garis besar, ada dua tipe channel YouTube, yaitu

  • Channel yang berisi konten hiburan atau Contoh konten video di channel ini adalah web series, komedi, prank, demonstrasi game, dan lainnya; serta
  • Channel yang berisi konten edukasi yang biasanya berupa video “how to”, yaitu petunjuk cara melakukan sesuatu. Contohnya adalah video tentang cara menaikkan peringkat SEO, tutorial membuat taman hidroponik, dan sebagainya.

Untuk menghasilkan konten yang menarik, gunakan kamera berkualitas tinggi untuk merekam. Jangan segan untuk berganti-ganti style, format, dan teknik mengedit hingga menemukan yang paling sesuai.

Agar orang-orang tertarik mengklik dan menonton video yang Anda buat, optimalkan judul, deskripsi, dan gambar sampul. Buat dan umumkan juga jadwal publikasi video kepada para subscriber untuk memastikan mereka mengunjungi channel Anda.

4. Menjadi Influencer di Instagram

Influencer adalah seseorang yang dapat mendorong orang lain untuk ikut serta dalam suatu aktivitas atau membeli produk dengan cara mempublikasikan konten di media sosial. Pengaruh besar seorang influencer inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi influencer di Instagram? Syarat utamanya tentu saja adalah Anda harus memiliki banyak follower. Kemudian, rutinlah mengunggah foto atau video disertai caption yang menarik.

Namun, kekuatan seorang influencer bukan dari jumlah follower semata, melainkan juga dari tingginya interaksi yang terjadi. Interaksi inilah yang menjadi pertimbangan perusahaan untuk berinvestasi di akun instagram Anda.

cara mendapatkan uang dari iklan di internet

Jika dinilai memiliki pengaruh besar pada para follower, perusahaan akan tertarik untuk mempromosikan produk atau layanan mereka melalui akun Anda. Cara ini dinilai lebih efektif daripada beriklan dengan cara konvensional.

Untuk bisa mendapatkan kerja sama dengan perusahaan atau pelaku usaha individu, ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Mencari penghubung, yaitu teman, kenalan, atau saudara yang memiliki koneksi ke perusahaan atau pengusaha;
  2. Menawarkan jasa promosi secara langsung ke perusahaan atau pengusaha, terutama jika Anda sudah cukup dikenal; dan
  3. Menggunakan jasa pihak ketiga yang memiliki koneksi langsung ke perusahaan/pengusaha dengan membayar sejumlah fee kepada pihak ketiga tersebut.

Jika kerja sama sudah disepakati, Anda akan mendapatkan bayaran untuk setiap postingan yang diunggah ke akun Instagram. Besarnya fee ditentukan melalui kesepakatan dan sangat tergantung pada kekuatan Anda sebagai seorang influencer.

5. Menjual Kumpulan Foto dan Video

Manfaatkan hobi fotografi dan videografi Anda untuk mendapatkan penghasilan. Menjual kumpulan karya, baik berupa foto maupun video, adalah cara mendapatkan uang dari internet yang kini banyak digeluti para fotografer dan videografer.

Caranya sangat sederhana. Buatlah portofolio yang menampilkan keahlian Anda dalam membuat foto dan video yang menarik. Sebelumnya, terlebih dahulu Anda mencari tahu style foto dan video yang paling banyak dicari para pengguna.

Tentukan niche, lalu unggah karya-karya Anda sebanyak mungkin. Makin banyak portofolio yang Anda miliki, makin besar pula peluang untuk sukses. Setelah itu, mulailah menjual karya foto dan video yang sudah Anda buat.

cara mendapatkan uang dari internet free

Anda bisa memanfaatkan situs-situs yang memperbolehkan para user-nya mengunggah foto dan video karyanya. Contoh yang terkenal adalah Shutterstock dan iStockPhoto untuk karya foto dan VideoHive, Pond5, VideoBlocks, dan Dissolve untuk video.

Situs-situs tersebut sangat populer di kalangan para penulis konten. Dari sanalah mereka biasanya mengambil foto atau video untuk mendukung tulisan mereka. Jika ada yang ingin menggunakan foto atau video berlisensi milik Anda, mereka harus membelinya.

Selain kesepuluh contoh di atas, tentunya masih banyak cara mendapatkan uang dari internet lainnya. Kuncinya adalah Anda harus jeli melihat peluang, mempelajari seluk-beluknya, dan tentu saja menguasai teknologinya. Selamat mencoba!

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru