cara mendapatkan uang elektronik bri

Butuh Uang? Coba 25 Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dan Mudah Ini

Tak bisa dimungkiri, setiap orang pasti membutuhkan uang. Terkadang, ada kondisi ketika kebutuhan akan uang begitu mendesak. Saat berada pada situasi tersebut, tentu Anda harus mencari cara mendapatkan uang dengan cepat dan mudah.

Lantas, bagaimana caranya mengumpulkan uang dalam waktu singkat? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti menjual barang, menawarkan jasa, atau dengan memanfaatkan internet. Beberapa cara mendapatkan uang dengan cepat bisa Anda simak pada uraian di bawah ini.

1. Menjadi Guru Privat

cara mendapatkan uang bagi pelajar

Butuh uang cepat tapi tak punya modal? Mengapa tidak mencoba cara yang satu ini? Memberikan bimbingan belajar secara privat hanya membutuhkan penguasaan ilmu dan kemampuan untuk menjelaskannya kepada peserta les.

Anda bisa mulai menawarkan jasa ke lingkungan terdekat.

2. Membuat Karikatur

Bersyukurlah jika Anda memiliki bakat menggambar karena ini merupakan anugerah yang tidak dimiliki semua orang. Terlebih lagi, kemampuan tersebut bisa menjadi cara mendapatkan uang, misalnya dengan membuka jasa pembuatan karikatur.

3. Menjadi Penulis Lepas

cara mendapatkan uang adsense

Inilah salah satu cara mendapatkan uang tanpa modal yang bisa dilakukan siapa saja. Kemampuan menulis bukan bakat yang diturunkan, melainkan bisa dipelajari dan dilatih sampai mahir, misalnya untuk menjadi copywriter atau penulis konten.

Untuk mendapatkan penghasilan dari menulis, Anda bisa berpromosi di akun media sosial atau mendaftar ke situs-situs yang mempertemukan penyedia lowongan dan pencari kerja. Jika ada lowongan yang sesuai, Anda akan mendapatkan pemberitahuan via surel.

Langkah selanjutnya adalah mengajukan penawaran (bid) seperti halnya surat lamaran. Jika klien tertarik untuk bekerja sama, Anda akan dihubungi kembali. Untuk setiap pekerjaan, bayaran yang diterima akan dipotong beberapa persen sebagai fee kepada pengelola situs.

4. Menjual Makanan dan Minuman

Singkirkan rasa gengsi atau malu berjualan makanan dan minuman. Pada masa sekarang, berjualan kuliner sudah menjadi profesi yang banyak ditekuni dan bukan sesuatu yang memalukan. Keuntungan yang besar menjadi salah satu alasan usaha ini terus berkembang.

Meski terlihat sepele, cara mendapatkan uang dengan berjualan makanan bisa diandalkan. Anda bisa menjual makanan yang dibuat sendiri atau menjual produk milik orang lain yang kualitasnya sudah dikenal.

5. Menjual Buku Bekas

bagaimana cara mendapatkan uang

Memiliki hobi membaca buku ternyata bukan hanya bermanfaat menambah ilmu, tetapi juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat. Caranya adalah dengan menjual buku-buku yang sudah pernah dibaca dan tidak dibutuhkan lagi.

Anda bisa memanfaatkan akun media sosial untuk menjual buku. Biasanya, cara ini cukup bagus dan buku bisa terjual dengan cepat, terutama jika Anda bergabung dengan komunitas pecinta buku yang anggotanya berasal dari seluruh Indonesia atau bahkan luar negeri.

6. Menjual Kerajinan Tangan

Cara mendapatkan uang dengan mudah lainnya adalah dengan memanfaatkan keterampilan Anda dalam membuat kerajinan tangan, misalnya perhiasan bernuansa etnik, bros, atau hiasan dinding. Untuk membuatnya, bisa juga Anda menggunakan bahan-bahan bekas.

7. Jasa Penerjemah

bagaimana cara mendapatkan uang dari facebook

Menguasai bahasa asing adalah kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Manfaatkan hal ini untuk menambah penghasilan karena nominalnya menggiurkan dan kliennya pun sangat beragam, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, penerbit, hingga perusahaan.

8. Garage Sale

Kalau Anda termasuk orang yang mudah tergoda membeli barang, cobalah sekali-sekali memeriksa isi rumah. Mungkin sering kali Anda tidak sadar membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan atau hanya digunakan sebentar saja, lalu disimpan.

Luangkan waktu untuk mengumpulkan barang-barang yang sudah tidak dimanfaatkan lagi, tetapi kondisinya masih baik. Setelah itu, adakan cuci gudang atau garage sale. Selain rumah jadi terasa lapang dan rapi, cuci gudang juga menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat.

9. Pekerjaan dengan Tip

cara mendapatkan uang cepat gratis

Ada banyak jenis pekerjaan yang selain memberikan gaji, Anda juga bisa mendapat tambahan pemasukan dari tip yang diberikan pelanggan. Contohnya adalah pelayan restoran atau hotel, SPG pameran, atau pengantar makanan. Jangan lupa, berikan pelayanan yang terbaik.

10. Menggadaikan Barang Berharga

Cara mendapatkan uang secara cepat dengan menggadaikan barang berharga bukan hal baru. Orang-orang di kampung pun sering melakukannya, terutama pada saat menjelang hari raya atau tahun ajaran baru. Anda pun bisa menempuh cara ini jika berada dalam kondisi darurat.

Akan tetapi, perhitungkan saat jatuh temponya. Anda harus bisa memastikan bahwa saat jatuh tempo tiba, Anda sudah memiliki uang untuk menebusnya kembali. Jika tidak, Anda harus bersiap kehilangan barang yang digadaikan.

11. Menyewakan Barang

cara mendapatkan uang gratis

Punya banyak barang menganggur tetapi Anda tidak ingin menjual atau menggadaikannya? Ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menyewakannya. Cobalah teliti kembali barang-barang apa saja yang Anda punya dan bisa disewakan sebagai cara mendapatkan uang.

Contoh barang yang bisa disewakan misalnya perlengkapan bayi, buku dan majalah, VCD, sepeda atau sepeda motor, bahkan tempat parkir atau kamar kosong. Untuk menjaga keamanan barang yang disewakan, buatlah syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi penyewa.

12. Bekerja Paruh Waktu

Salah satu cara mendapatkan uang secara cepat yang juga sering dilakukan adalah menjadi tenaga kerja paruh waktu. Untuk itu, Anda harus pandai-pandai mencari informasi dan melihat peluang yang ada, baik dari teman dan kenalan maupun iklan di koran/radio.

Beberapa jenis pekerjaan yang sering membutuhkan tenaga paruh waktu adalah tukang cuci piring di restoran, bartender, pelayan restoran, sopir taksi, pengantar barang, SPG toko/ pameran, tenaga survei, atau tenaga data entry.

13. Menjual Ponsel Tak Terpakai

cara mendapatkan uang harian

Saat ini, hampir semua orang membutuhkan ponsel, bahkan tidak jarang orang yang memiliki lebih dari satu unit. Kalau termasuk salah satunya, saat Anda membutuhkan uang dalam waktu cepat, ponsel bisa berguna dengan cara menjual salah satu yang kurang dibutuhkan.

Anda bisa menawarkannya secara langsung kepada orang lain, ke gerai ponsel, atau bisa juga melalui marketplace. Memang harga jual ponsel second cukup jauh dari harga asli, tetapi ini bisa menjadi alternatif cara mendapatkan uang yang bisa ditempuh.

14. Menjual Baju Preloved

Bagi kaum wanita, melihat pakaian dengan model yang modis sering kali membuat tergoda untuk membeli, padahal sebenarnya ia tidak membutuhkannya. Lama-kelamaan, tanpa disadari, lemari pun penuh dengan pakaian yang bertumpuk dan jarang dipakai.

Daripada menjadi barang yang tak berguna, alangkah baiknya jika koleksi baju Anda dijual kembali. Terlebih lagi, di masa sekarang, membeli baju-baju preloved alias second bukan hal yang tabu, khususnya untuk merek tertentu.

Karena merupakan barang bekas pakai, harga jual yang ditawarkan biasanya lebih rendah dari harga aslinya. Namun, untuk merek-merek terkenal, apalagi versi unlimited, terkadang harganya bisa tetap tinggi, bahkan ada yang lebih tinggi dari aslinya.

15. Menjual Hadiah yang Belum Digunakan

cara mendapatkan uang ibu rumah tangga

Bagi sebagian orang, menjual hadiah mungkin terdengar kurang beretika. Namun, jika Anda termasuk orang yang sering menerima hadiah, pasti tidak semuanya terpakai. Bisa karena Anda kurang suka, ada beberapa hadiah sejenis atau bahkan sama, dan alasan lainnya.

Daripada hadiah-hadiah itu menumpuk di rumah, lebih baik dijual, bukan? Terlebih jika Anda sedang berada dalam kondisi terdesak, menjual hadiah bisa menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat. Anda bisa menjualnya ke pasar barang-barang second atau melalui internet.

16. Menjadi Tour Guide

Jika di kota tempat Anda tinggal terdapat tempat wisata terkenal, manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan penghasilan ekstra dengan menjadi tour guide. Jasa ini bisa Anda lakukan secara mandiri tanpa harus bergabung dengan perusahaan tour & travel.

Caranya adalah dengan mendatangi lokasi wisata tersebut dan langsung tawarkan jasa Anda kepada para pengunjung. Akan lebih baik kalau Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya sehingga bisa menjadi pemandu turis asing yang tarifnya lebih mahal.

17. Babysitter Sementara

cara mendapatkan uang dari e commerce

Meskipun di Indonesia belum terlalu lazim, tak ada salahnya Anda mencoba menawarkan diri menjadi babysitter sementara yang dibayar berdasarkan jam kerja. Berikan pelayanan yang penuh tanggung jawab agar di lain waktu, Anda bisa mendapatkan pekerjaan serupa.

18. Menjadi Responden Survei Online

Tak hanya dengan cara offline, gawai dan koneksi internet juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dalam waktu singkat. Hanya dengan duduk di depan laptop atau gawai di tangan, Anda bisa menghasilkan uang.

Salah satu cara mendapatkan uang secara cepat dengan memanfaatkan dunia maya adalah dengan mengikuti survei online di situs-situs tertentu. Di internet, ada banyak situs berbayar online yang menyediakan imbalan bagi siapa saja yang bersedia menjadi responden.

Tugas Anda sangat mudah, hanya mengisi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya, jika poin sudah terpenuhi, Anda akan menerima bayaran tertentu yang biasanya dalam bentuk dolar dan disalurkan melalui PayPal.

19. Membuka Lapak di Tempat Olahraga

cara mendapatkan uang elektronik bri

Saat akhir pekan, di setiap kota biasanya terdapat tempat-tempat khusus yang biasa digunakan oleh warganya untuk berolahraga atau berekreasi bersama keluarga. Beberapa contoh tempat keramaian di akhir pekan adalah alun-alun, taman, area CFD, atau stadion olahraga.

Anda bisa memanfaatkan keramaian tersebut untuk mendapatkan penghasilan ekstra dengan menjual makanan dan minuman. Jenis kuliner yang paling laku di tempat olahraga adalah air mineral, jus buah, nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng, bubur ayam, dan bubur kacang hijau.

Anda bisa memasak sendiri atau membeli dari tempat lain dan sebaiknya sudah dikemas per porsi sebelum dijual. Tetapkan dengan harga jual yang pantas dengan mengambil untung secukupnya. Makanan biasanya bisa dijual dengan harga dua kali lipatnya. Lumayan, bukan?

20. Katering Makan Siang untuk Rekan Kerja

cara mendapatkan uang lebih

Apakah Anda terbiasa membawa makan siang sendiri dari rumah sebagai bekal ke kantor? Kebiasaan ini juga bisa menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat, lho. Caranya mudah, tawarkan diri Anda untuk menyediakan katering makan siang kepada rekan-rekan di kantor.

Sebelumnya, berikan tester khusus untuk beberapa jenis masakan. Jika masakan Anda cukup enak, higienis, sehat, apalagi ditawarkan dengan harga hemat, tentu teman kantor akan tertarik. Terlebih lagi bagi mereka yang masih single dan berstatus perantau.

Sudah bukan rahasia umum jika bisnis kuliner merupakan usaha yang bisa menghasilkan keuntungan cukup besar. Sebagai contoh, modal untuk menyiapkan satu paket nasi lengkap adalah Rp10 ribu per kotak, tetapi Anda bisa menjualnya seharga Rp15 ribu per kotak.

Sekarang, coba hitung besarnya keuntungan yang didapat. Jika ada 10 rekan kerja yang menjadi pelanggan, keuntungan yang Anda dapatkan adalah Rp150 ribu per hari. Itu artinya, dalam sebulan yang normlanya terdiri dari 20 hari kerja, Anda bisa meraup keuntungan Rp3 juta.

21. Membuka Jasa Titip

bagaimana cara mendapatkan uang dari instagram

Sejak beberapa tahun terakhir, jasa titip menjadi salah satu tren baru dalam dunia jual-beli online. Dalam sistem ini, Anda tidak menjual barang, melainkan hanya menyediakan tenaga dan waktu untuk membelikan barang yang dititip oleh konsumen.

Jasa titip ini cukup laris karena biasanya, barang-barang berkualitas bagus hanya ada di kota-kota besar. Dengan memanfaatkan jasa titip, mereka yang tinggal di kota kecil pun bisa memiliki barang-barang incaran.

Nah, jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, Bandung, atau Surabaya, jasa titip bisa menjadi alternatif cara mendapatkan uang dengan mudah. Bisa dikatakan, tak perlu modal untuk menjalankan bisnis ini, kecuali ongkos transportasi ke pusat perbelanjaan.

Yang perlu Anda lakukan adalah rajin mengunjungi mal, outlet, atau pameran, mengambil foto produk yang ada, dan mengunggahnya ke media sosial. Berikan informasi lengkap tentang barang, termasuk harga aslinya dan tetapkan besarnya fee jasa titip untuk setiap barang.

22. Menjadi Penonton Bayaran

cara mendapatkan uang online cepat

Tahukah Anda, banyak tayangan di televisi yang mendatangkan penonton bayaran untuk meramaikan acara tersebut? Acara-acara seperti talk show, kuis, atau variety show biasanya hampir selalu menggunakan penonton bayaran.

Untuk bisa menjadi penonton bayaran, Anda bisa datang ke kantor stasiun televisi yang biasa menayangkan acara-acara di atas. Biasanya, jika sudah pernah menjadi penonton bayaran, untuk selanjutnya, Anda akan mendapat tawaran lagi dan lagi.

Bagi Anda yang tinggal di kota-kota tertentu, menjadi penonton bayaran bisa menjadi cara mendapatkan uang yang super cepat. Bagaimana tidak, hanya dengan duduk selama 2 jam dan mengikuti instruksi, Anda akan dibayar antara Rp50 ribu–Rp200 ribu. Sangat lumayan, bukan?

23. Social Media Evaluator

cara mendapatkan uang kaget

Pekerjaan ini hampir menyerupai survei online. Hanya saja, sesuai namanya, social media evaluator bekerja dengan cara menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan iklan-iklan atau ads yang tayang di berbagai platform media sosial.

Cara kerjanya adalah Anda harus menyediakan waktu 4 jam sehari untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Setiap hari, Anda akan mendapat kiriman 20 iklan dan pada setiap iklan, terdapat beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan selesai dalam 1 hari.

Setelah tugas berhasil diselesaikan, uang sejumlah US$5 atau kurang lebih Rp65 ribu–Rp70 ribu akan menjadi hak Anda. Jika pekerjaan dilakukan selama sebulan, Anda bisa mengumpulkan uang hampir Rp2 juta hanya dari laptop.

24. Menjual Desain

Memiliki keahlian membuat desain bisa menjadi jalan keluar saat Anda membutuhkan uang. Anda bisa membuat bermacam-macam desain, seperti desain kaos atau logo. Bukan hanya perusahaan besar, saat ini, banyak toko online dan komunitas yang juga membutuhkan logo.

Untuk mendapatkan klien, buatlah terlebih dahulu contoh-contoh desain, lalu unggah di media sosial. Jika desain Anda cukup bagus dan harganya terjangkau, tentu akan banyak pihak yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

25. Memanfaatkan Aplikasi

cara mendapatkan uang kuno

Bukan hanya blog atau media sosial yang bisa menghasilkan uang dari internet. Aplikasi pun bisa menjadi alternatif cara mendapatkan uang secara instan, bahkan bisa mencapai nominal yang fantastis hingga ratusan juta rupiah.

Salah satu aplikasi yang bisa menghasilkan uang dalam jumlah menggiurkan adalah Whaff. Aplikasi ini menawarkan keuntungan hanya dengan cara mengunduh dan memainkan aplikasi tertentu atau mengerjakan tugas tertentu.

Ternyata banyak sekali peluang dan cara mendapatkan uang  secara cepat dan mudah, bukan? Hanya dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali dan memanfaatkan barang-barang atau keahlian yang dimiliki, Anda bisa keluar dari permasalahan finansial yang dihadapi.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru