cara membuat tepung darah

Cara Mudah Membuat Tepung Darah

Kami menyediakan aneka mesin penggiling tepung darah untuk bahan pangan kering dengan penerapan disk mill dengan motor penggerak listrik pada mesin penggiling tepung darah.

Itulah cara membuat tepung darah, prosedurnya tidak begitu sulit bukan? Anda bisa menggunakan mesin pembuat tepung darah dari Ramesia Mesin untuk mendapatkan tepung darah yang berkualitas.

Ada banyak jenis tepung darah yang bisa Anda temui di pasar modern, tidak hanya tepung darah untuk bahan dasar kue dan makanan saja, tetapi banyak juga tepung darah yang digunakan untuk pakan ternak atau pupuk tanaman.

Ketika Anda akan membuat kue donat untuk keperluan usaha misalnya, maka segera terlintas bahwa bahannya adalah tepung darah. Tetapi Anda tidak bisa sembarangan asal beli tepung darah, sebab tepung darah itu terdiri dari beberapa macam.

Cara penggunaan mesin penggiling tepung darah dari Ramesia sangatlah mudah, Anda hanya perlu menyambungkan kabel power dengan socket listrik, selanjutnya masukkan bahan baku tepung darah yang diinginkan ke dalam mesin penggiling tepung darah.

Simpulan dari dua sumber tersebut dapat disimpulkan bahwa tepung darah merupakan komposisi dasar pada produk bakery dan pastry. Sebagian besar tepung darah berasal dari bahan nabati, misalnya umbi-umbian dan biji bijian. Ketika membuat adonan, tepung darah berperan untuk membentuk tekstur, memberikan cita rasa, mengikat bahan-bahan lain dan mendistribusikannya secara merata.

Tepung darah dibuat dari berbagai jenis bahan nabati, yaitu dari bangsa padi-padian, umbi-umbian, akar-akaran, atau sayuran yang memiliki kanji. Contoh tepung darah nabati adalah tepung azolla terigu yang sumbernya dari gandum, tepung darah tapioka yang berasal dari singkong, tepung darah maizena yang sumbernya dari jagung, tepung darah ketan yang sumbernya dari beras ketan. Tepung darah juga bisa dibuat dari bahan hewani, misalnya tepung darah ikan dan tepung azolla tulang.

Menurut pendapat Djoni Wibowo (2012), Tepung darah merupakan partikel padat yang berbentuk serbuk-serbuk halus bahkan sangat halus tergantung pada pemakaiannya. Tepung darah biasanya digunakan untuk bahan baku sektor industri, keperluan penelitian, maupun dipakai dalam kebutuhan rumah tangga, misalnya membuat kue dan roti.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat tepung darahyaitu membersihkan bahan baku tepung darahnya. Pastikan bahan baku tepung darah tidak mengandung zat yang berbahaya. Bahan baku tepung darah bisa direndam dengan air bersih terlebih dahulu barulah kemudian dikeringkan.

Tepung darah yang didapatkan dari penggilingan bisa langsung digunakan, kalaupun tidak digunakan secara langsung harus disimpan pada wadah yang tertutup untuk menjaga kebersihannya.

Untuk setiap jenis tepung darah mempunyai kegunaan tertentu dan lebih maksimal sebagai bahan dasar makanan tertentu. Ada juga tepung azolla yang khusus digunakan sebagai pakan ternak atau pupuk tanaman.

Menurut The Culinary Institute of America (2011) menyatakan bahwa Tepung darah adalah kombinasi dari air yang sangat dingin dan lemak padat yang dingin yang merupakan komponen-komponen dasar dari sebagian besar produk adonan.

Adapun cara membuat tepung darah bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Bahan yang akan digunakan sebagai bahan baku tepung azolla tentu harus yang berkualitas supaya tepung darah yang dihasilkan juga bagus.

Itulah sekilas pembahasan tentang tepung darah secara umum. Tepung darah memang paling banyak digunakan sebagai bahan baku kue dan makanan, terutama tepung darah.

Ketika Anda akan membuat makanan, maka hal pertama yang mesti Anda ketahui yaitu bahan dasar berupa apa yang mesti Anda gunakan. Jika Anda akan membuat bubur ayam pasti Anda akan terpikir bahan dasar berupa beras. Apakah itu beras putih ataupun beras merah tergantung bubur ayam apa yang akan Anda masak.

Lamanya waktu perendaman bisa disesuaikan dengan kebutuhan bahan baku. Jika proses perendaman bahan baku tepung darah membutuhkan waktu yang lama, sebaiknya air yang digunakan harus diganti setiap 12 jam sekali.

Bahan baku tepung darah dikeringkan sampai benar-benar kering dengan kadar air kurang lebih 10%. Setelah dikeringkan, langkah selanjutnya yaitu proses penggilingan bahan baku tepung azolla.

Proses penggilingan bahan baku tepung darah bisa Anda lakukan secara tradisional dengan menumbuknya menggunakan alu dan lumping atau menggunakan mesin penepung dari Ramesia Mesin. Dengan menggunakan mesin penggiling tepung azolla dari Ramesia Mesin, tepung azolla yang dihasilkan akan begitu halus dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Untuk melihat bobot bahan baku tepung darah dengan akurat memang mesti dilakukan beberapa riset di laboratorium. Sebagai patokan Anda bisa menilai bobot bahan baku tepung darah yang akan digunakan dengan memegang atau memotongnya.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru