Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Untuk Pemula Agar Sukses

cara usaha makanan ringan untuk pemula

Memulai usaha makanan ringan dapat menjadi pilihan usaha yang pas untuk Anda bangun. Camilan atau makanan ringan kelihatan sekali sudah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dan masih banyak orang yang ingin menggeluti usaha tersebut.

Bisnis camilan juga merupakan usaha yang sangat potensial ke depannya. Sebab makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat saat begadang, bersantai, menonton tv, belajar, nonton bioskop atau ketika melakukan kegiatan lainnya. Tetapi bila Anda cuma melihat saja tanpa melakukan tindakan memang akan meragukan. Oleh sebab itu Anda harus mencoba dan memulai bisnis tersebut sebagai salah satu usaha Anda.

Sebenarnya dengan menjalankan bisnis makanan ringan akan membuat Anda maju dan berkembang sebab keuntungan yang bisa diperoleh lumayan besar. Apalagi jika Anda pintar memadukan varian makanan ringan Anda, secara tidak langsung bisnis Anda akan cepat maju dan berkembang. Oleh karena itu memilih camilan sebagai bisnis Anda adalah pilihan yang tepat.

Di samping itu, bisnis makanan ringan merupakan bisnis berskala rumah tangga yang memiliki potensi sangat menjanjikan untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Kebutuhan pasar akan makanan ringan terus mengalir dan meningkat. Hal itu dikarenakan para pembeli makanan ringan yang bukan hanya anak kecil, tetapi juga mencakup para remaja, orang dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika para pebisnis makanan yang biasanya disuguhkan sebagai selingan ketika melakukan kegiatan ini sering kali kelebihan orderan.

Apalagi bila melihat beragamnya jenis camilan di Indonesia yang dipasarkan dengan harga yang bermacam-macam, semakin membuat peluang usaha camilan ini semakin terbuka lebar bagi Anda yang baru akan memulai usaha ini.

Untuk Anda yang mempunyai keinginan untuk memulai usaha makanan ringan, hendaknya membuat planning dan persiapan yang matang terlebih dahulu seperti dengan melakukan berbagai observasi dan analisa market untuk mengetahui camilan apa yang mempunyai permintaan pasar lumayan tinggi tetapi produksinya sedikit.

Cara Memulai Usaha Makanan Ringan Untuk Pemula

Memulai usaha makanan ringan membutuhkan keuletan dan manajemen yang baik. Mayoritas pengusaha makanan ringan yang berhasil adalah pengusaha yang sudah lama berjualan dan sudah memiliki customer tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dijual sangat inovatif dan mempunyai rasa yang enak karena kunci utama bagi para perintis usaha makanan ringan yaitu kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang bisa memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seorang pendatang baru bisnis makanan ringan, diantaranya sebagai berikut:

Baca juga  Menilik Rahasia di Balik Daya Tarik Peluang Usaha Ternak

1. Makanan Ringan Anda Memiliki Kualitas Bagus

Makanan ringan yang akan Anda jual mesti memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan dasar yang digunakan, segi pembuatan maupun dari segi pengemasan. Bahan baku yang dipakai haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang membahayakan. Cara pengolahannya harus sesuai prosedur, misalnya gorenglah camilan Anda dengan menggunakan minyak yang berkualitas dan diganti secara teratur. Kemudian kemaslah camilan yang sudah digoreng dengan memakai kemasan yang bagus dan menarik.

2. Harus Memiliki Banyak Inovasi Baik Dalam Produk Maupun Cara Marketingnya

Pebisnis makanan ringan yang sukses adalah pengusaha yang selalu memiliki inovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga membuat produk Anda lebih gampang dicari dan dibedakan oleh konsumen. Oleh karena itu tidak masalah produk yang Anda jual sudah banyak di pasaran, asalkan produk yang Anda jual tersebut memiliki perbedaan secara inovasi dengan produk yang telah beredar.

3. Ciptakan Relationship dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas

Layanilah pelanggan Anda dengan sangat baik dan bijak, tanpa mempedulikan Anda kenal atau tidak dengan pembeli tersebut. Bangunlah kesan yang mendalam pada pembeli Anda, dengan senyuman dan sapaan meskipun hanya sekedar basa-basi, sehingga membuat pelanggan Anda dengan senang hati akan mampir kembali. Selain itu gunakanlah media sosial untuk membranding makanan ringan yang Anda jual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan customer Anda, karena hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut customer. Iklan dari teman ke teman terbukti sangat mampu untuk mendapat pembeli baru serta meningkatkan penjualan.

4. Memiliki Strategi Penjualan yang Bagus

Memiliki Strategi penjualan yang bagus akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan usaha Anda ke depannya, oleh sebab itu, sebagai perintis usaha makanan ringan, Anda harus bisa memakai strategi penjualan yang bagus serta mampu membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan penjualan Anda. Seperti memberi potongan harga, meningkatkan bobot makanan, atau dengan membagi-bagikan sampel produk secara gratis pada masyarakat di sekitar area yang menjadi pangsa pasar.

Baca juga  Cara Membuat Bakso Sapi Dengan Rasa yang Enak dan Tidak Keras

5. Visioner, Berpikir Besar, Think Positif

Mempunyai visi dan positive thinking dalam hati dan pikiran pengusaha adalah suatu kewajiban. Dalam menjalankan suatu bisnis dituntut melayani pembeli dengan baik. Dan pikiran yang jernih bisa membantu Anda berpikir ke depan dengan tenang. hindari pikiran sempit dan negatif sebab apa yang dipikirkan bisa menjadi kenyataan, oleh karena itu sangat penting untuk selalu positive thinking.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares