Daftar Mesin Espresso Kopi Terbaik dan Terjangkau dari Ramesia

Mesin Kopi

ESPRESSO KOPI

Tingginya penikmat kopi di tanah air membuat peluang pasar kedai kopi atau coffee shop tak pernah surut. Kopi espresso adalah salah satu pilihan favorit penggemar minuman berkafeina ini. Bila dahulu untuk menghasilkan cita rasa espresso kopi dibutuhkan keterampilan khusus, maka kini siapa pun bisa membuat secangkir kopi nikmat bila menggunakan mesin yang tepat.

Khusus untuk Anda yang ingin serius menggarap potensi pasar minuman kopi espresso, jangan beranjak. Kami telah merangkumkan berbagai informasi yang penting untuk Anda ketahui sebelum menjalankan bisnis coffee shop.

Tentang Kopi Espresso

Secangkir Espresso Kopi

Langkah pertama yang harus Anda ketahui sebelum meracik minuman ini adalah mengetahui ciri khasnya. Meskipun sangat banyak penggemar espresso, akan tetapi tak sedikit yang tidak mengetahui perbedaan antara jenis minuman ini dengan kopi seduh biasa.

Apa saja ciri dari kopi espresso yang membedakannya dari kopi reguler? Inilah ulasannya untuk Anda.

Jumlah Takaran

Mungkin Anda familier dengan istilah shot pada espresso? Istilah ini memang digunakan karena merujuk pada jumlah yang lebih sedikit dibandingkan secangkir kopi reguler. Jika untuk secangkir kopi seduh biasa Anda bisa mendapatkan takaran 240 ml, maka espresso hanya sekitar 45 ml saja.

Tingkat Kehalusan Bubuk Kopi

Berbeda dengan kopi yang diseduh dengan cara drip, espresso menggunakan biji kopi yang digiling hingga mencapai tingkat halus. Bila dipegang, partikel bubuk kopi terasa seperti gula halus. Halusnya bubuk kopi ini jugalah yang memengaruhi kepekatan kopi espresso.

Kadar Kafeina

Bila dibandingkan, secangkir espresso memiliki kandungan 64 mg kafeina. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan segelas kopi reguler. Meskipun bila mempertimbangkan banyaknya takaran secangkir kopi reguler, tingkat kafeinanya bisa sebanding.

Karakteristik Kopi

Kental, pekat, dan dilengkapi dengan lapisan yang creamy di bagian permukaanya. Itulah ciri yang tampak dari secangkir espresso. Dibandingkan dengan kopi reguler yang cair, penikmat kopi akan lebih memilih menikmati secangkir espresso.

Durasi Brewing

Untuk mendapatkan secangkir kopi reguler, Anda harus menunggu 4 hingga 6 menit. Lain halnya dengan secangkir espresso yang hanya memerlukan waktu paling lama 30 detik saja.

Cita Rasa

Rasa kopi yang kuat dan dominan bisa Anda temukan pada secangkir espresso. Kadar kafeina yang tinggi menjadikan espresso adalah pilihan terbaik untuk mereka yang memiliki intensitas kerja yang padat.  

Apa Itu Mesin Kopi Espresso?

Espresso-Kopi-E98-RE-S2

Amunisi terpenting dalam menghasilkan minuman espresso yang berkualitas tidak hanya bersumber pada bubuk kopi yang bermutu. Justru, proses pengolahan kopi oleh mesin kopi espresso menjadi kunci untuk dihasilkannya minuman yang kental dan nikmat.

Mesin kopi espresso adalah perangkat khusus yang digunakan untuk bisa menghasilkan ekstrak kopi yang dikenal juga dengan sebutan single shot espresso. Disebut shot karena dosis kopi espresso yang hanya 30 sampai 45 ml saja. Meski ada pula penyajian double shots yang berkisar antara 60 sampai 90 ml

Terdapat beberapa bagian dari mesin kopi espresso. Masing-masing bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Selaku pebisnis coffee shop selayaknya Anda mengetahui bagian-bagian berikut ini.

Portafilter

Bagian ini merupakan wadah yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan bubuk kopi. Terdiri dari handle, basket, dan spouts, portafilter harus berada pada suhu tertentu saat ekstraksi akan berlangsung. Itulah mengapa bagian ini tidak boleh dipisahkan dari grouphead terlalu lama. Perubahan suhu pada portafilter bisa menyebabkan ekstraksi tidak optimal.

Tamper

Tamper digunakan untuk menekan bubuk kopi setelah dimasukkan ke dalam portafilter. Tujuannya agar bubuk kopi menjadi padat dan tidak tersisa rongga udara di dalam portafilter. Cara menggunakan tamper adalah dengan menekannya di atas portafilter berisi bubuk kopi menggunakan telapak tangan.

Group Head

Inilah bagian yang digunakan untuk meletakkan portafilter setelah dipadatkan (­tamping). Setelah portafilter dipasangkan ke group head, maka proses ekstraksi dimulai.

Hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah suhu dari group head. Sama halnya dengan portafilter, suhu group head juga harus tepat. Jika mesin espresso terlalu lama idle, barista biasanya akan membilas bagian group head dengan air mendidih dari boiler. Dengan melakukan ini, temperatur group head akan kembali tinggi.

Pada bagian bawah group head terdapat sekat karet. Sekat ini mempunyai fungsi untuk merapatkan bagian group head ketika dipasang portafilter.  Tujuannya agar tekanan tidak keluar  dari tempat yang salah.

Sekat karet ini cukup rapuh, sehingga wajib Anda ganti setidaknya setahun sekali. Alasannya karena sekat karet ini bisa mengendur, alhasil kerapatan antara grouphead dengan portafilter bisa berkurang.

Knock Box

Knock box digunakan untuk menampung ampas kopi setelah ekstraksi selesai. Ampas yang terdapat di dalam portafilter dibuang ke dalam wadah ini. Cara membuang ampas hanya dengan mengetukkan portafilter ke bagian sentral dari knockbox.

Extraction Switch

Sesuai namanya, bagian ini berfungsi untuk memulai dan menghentikan proses ekstraksi kopi. Untuk mendukung efisiensi dalam bisnis Anda, kami sarankan memilih mesin espresso otomatis. Pasalnya, extraction switch pada mesin espresso otomatis bisa diprogram.

Steam Knob

Tombol ini digunakan untuk menyalakan atau menghentikan uap panas (steam) yang dikeluarkan oleh steam wand. Bentuk tombol berupa kenop ini dapat diputar untuk pengaturan volume steam yang Anda butuhkan.

Steam Wand

Melalui bagian inilah uap panas dikeluarkan. Steam wand biasa dipakai untuk pemanasan dan  frothing atau membuat buih susu. Perlu Anda ketahui bahwa dari seluruh bagian luar mesin espresso, steam wand adalah yang paling panas.

Temperatur steam wand bahkan dapat melebihi 1000C. Itulah mengapa para barista harus waspada dan berhati-hati agar tidak menyentuh steam wand atau kulit Anda bisa mengalami luka bakar.

Drip Tray

Bagian ini berperan untuk menyaring ampas kopi sekaligus menampung air. Bentuknya berupa saringan. Drip tray  dibuat dari material stainless steel, sehingga tahan terhadap karat.

Untuk memastikan mesin beroperasi dengan baik, maka Anda harus membersihkan bagian-bagian tersebut secara rutin.

Kegunaan Mesin Kopi Espresso

Espresso-Kopi-Enova-S2

Mesin kopi espresso digunakan untuk menyeduh bubuk kopi dengan tekstur yang lebih halus dibandingkan kopi biasa. Umumnya, bubuk ini berasal dari biji kopi yang dipanggang lebih lama, sehingga menjadikan warnanya lebih gelap dan pekat.

Prinsip kerja mesin espresso secara umum adalah membuat ekstrak kopi dengan air mendidih dan bertekanan tinggi. Waktu penyeduhan kopi pun sangat singkat, yakni berkisar pada 20 sampai 30 detik saja.

Hasil dari proses penyeduhan ini adalah minuman espresso yang kental dan jauh lebih pekat dibandingkan kopi biasa. Kadar kafeina yang tinggi menjadikan espresso mempunyai rasa yang lebih dominan ketimbang kopi seduh reguler.

Jenis-Jenis Mesin Kopi Espresso

Coffee shop umumnya memiliki mesin kopi espresso otomatis. Namun tidak tertutup kemungkinan Anda ingin mencoba mesin yang dioperasikan secara manual atau semi-otomatis. Meskipun, tentu saja Anda akan membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk mengoperasikan mesin.

Lalu, apa saja perbedaan dari masing-masing jenis mesin kopi espresso? Simak ulasan yang kami siapkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satunya.

1. Mesin Espresso Manual

Bagi sebagian pencinta espresso mungkin mesin ini cocok untuk digunakan. Namun, kami tidak akan menyarankan mesin ini untuk yang menjalankan coffee shop dengan level besar.

Pasalnya, mesin manual ini mengharuskan Anda untuk menggiling sendiri biji kopi, mengatur suhu, dan menyesuaikan tekanan Bukan cuma itu, Anda pun harus mengetahui cara menentukan durasi ekstraksi menggunakan manual lever. Dibutuhkan keterampilan yang terasah setelah berkali-kali melakukan ekstraksi untuk bisa menghasilkan espresso yang ideal.

Terlepas dari segala kelemahannya, mesin kopi espresso manual ini juga memiliki kelebihan. Fitur-fitur seperti steam pressure gauge, manual lever, portafilter, dan boiler umumnya sudah dimiliki oleh mesin manual. Selain itu, desain yang klasik pun menjadi nilai tambah dari mesin ini.

2. Mesin Semi Otomatis

Mesin semi otomatis ini telah disertai dengan fitur portafilter, boiler, dan lever untuk memproses ekstraksi kopi. Langkah untuk pengoperasiannya cukup serupa dengan mesin manual. Pertama, Anda melakukan pemadatan bubuk kopi. Kedua, proses ekstraksi bisa dilakukan.

Ada 2 jenis lain dari mesin kopi semi otomatis. Jenis pertama memiliki fitur programmable doses. Fitur ini memungkinkan Anda menyetel dosis hasil ekstrak yang diinginkan. Saat telah mencapai dosis yang Anda atur, maka mesin akan berhenti secara otomatis.

Jenis kedua dilengkapi dengan manual control. Jika menggunakan mesin semi otomatis jenis ini, Anda harus menghentikan proses ekstraksi secara manual saat dosis kopi yang diinginkan sudah tercapai. Proses ekstraksi kedua jenis mesin berkisar pada 20 hingga 30 detik saja.

3. Mesin Otomatis

Nama lain untuk mesin jenis ini adalah pod coffee machine. Desain mesin ini biasanya elegan bahkan futuristik. Mesin espresso otomatis ini memiliki ciri penggunaan kapsul untuk sekali proses ekstraksi kopi.

Kelebihan mesin ini adalah sangat praktis untuk digunakan. Namun, jenis mesin ini kurang sesuai untuk bisnis coffee shop yang membutuhkan kapasitas kopi yang lebih banyak dan cepat.

4. Mesin Super Otomatis

Masih berkutat dengan jenis mesin untuk kebutuhan rumahan, mesin jenis super otomatis lebih praktis ketimbang mesin otomatis. Anda hanya perlu satu kali menekan tombol, maka mesin espresso ini akan langsung beroperasi.

5. Mesin Profesional

Jenis mesin ini memang diperuntukkan untuk ranah komersial seperti kafe atau coffee shop, pub, kantin, hingga restoran. Mesin ini dilengkapi dengan fitur yang jauh lebih komplet.

Pengoperasiannya pun membutuhkan pengalaman khusus. Dalam hal ini barista dengan penguasaan teknik ekstraksi kopi akan memengaruhi kualitas produk akhir espresso yang dihasilkan.

Mesin jenis profesional mempunyai lebih dari satu group head. Anda pun dapat melakukan ekstraksi kopi secara paralel tanpa harus menunggu lama. Mesin ini juga dilengkapi dengan steam boiler yang terpisah atau pun menyatu dengan mesinnya.

Setelah mengetahui perbedaan setiap jenis mesin, Anda tentu sudah mulai dapat mempertimbangkan mana jenis yang paling cocok digunakan. Selain jenis mesin, Anda juga perlu memperhitungkan merk mesin yang paling kuat, tangguh, menghasilkan espresso berkualitas, dan yang pasti sesuai dengan bujet.

Keunggulan Mesin Kopi Espresso Ramesia

Espresso-Kopi-Enova-S1

Bicara soal mesin kopi espresso unggulan, maka mesin dari Ramesia adalah jawabannya. Untuk memahami beragam kelebihan mesin espresso Ramesia, Anda dapat menyimak poin-poin berikut ini.

1. Proses Ekstraksi yang Cepat

Kecepatan ekstraksi yang dilakukan oleh mesin ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan mesin kopi manual. Faktor ini tentu menjadi poin plus bagi para pelanggan Anda.

Kecepatan dari segi pelayanan jelas menjadi salah satu hal yang dicari para penikmat kopi. Apalagi, biasanya penggemar kopi espresso memang berasal dari kalangan eksekutif muda dan pekerja kantoran. Pangsa pasar yang kerap menjadikan momen di kedai kopi sebagai saat bersantai atau meeting semi formal.

2. Menghasilkan Espresso yang Berkualitas

Proses penyeduhan kopi yang cepat bukan berarti kualitas kopi jadi berkurang. Mesin kopi espresso dari Ramesia mampu mempertahankan konsistensi kualitas hasil seduhan kopi Anda. Hal yang mana sulit dipenuhi bila Anda masih menggunakan mesin manual.

Konsistensi rasa dan aroma adalah poin penting yang diincar para penggemar espresso. Dengan mesin ini, cita rasa espresso yang berkualitas bisa dijadikan sebagai jaminan mutu dari coffee shop Anda.

3. Hemat Daya

Meski mampu mengekstrak kopi dalam kapasitas tinggi, tetapi mesin espresso dari Ramesia tidak membutuhkan daya besar untuk pengoperasiannya. Beban listrik dari kedai kopi pun bisa Anda tekan. Hasilnya, pengeluaran lebih rendah sehingga profit yang Anda peroleh menjadi lebih tinggi.

4. Mudah Dioperasikan

Mesin ini mudah untuk digunakan. Anda tak perlu mencemaskan biaya untuk menyewa barista profesional demi pengoperasian mesin. Lagi-lagi, Anda akan menghemat beban operasional.

Fitur pengaturan mudah dipahami. Bahkan, Anda pun bisa memperoleh panduan penggunaan mesin langsung dari teknisi berpengalaman kami. Anda tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada tim kami.

5. Mesin Tahan Lama

Ketahanan mesin menjadi faktor yang tak kalah penting bagi seorang pebisnis profesional seperti Anda. Mesin espresso dari Ramesia memberikan jaminan tahan terhadap korosi akibat terpapar kopi maupun gula. Hal ini ditunjukkan pula dengan garansi selama setahun untuk produk-produk mesin dari Ramesia.

Segala keunggulan tadi menjadi dukungan kuat bagi kelancaran usaha bisnis kedai kopi yang Anda jalani. Selanjutnya, tinggal memilih mesin kopi espresso  yang paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda.

Spesifikasi dan Harga Mesin Espresso Ramesia

Mesin Espresso Kopi Ramesia

Baik model otomatis atau semi-otomatis, keduanya bisa diandalkan untuk kebutuhan coffee shop Anda. Untuk lebih cermat memilih, simak spesifikasi dan harga mesin kopi espresso dari Ramesia di bawah ini.

  • Mesin Kopi Otomatis (Automatic Coffee Machine)

Mesin berdimensi 28x36x45 cm dan bobot 9,5 kg ini mampu menghasilkan 50 sampai 100 cangkir kopi per jam. Kapasitas biji kopi adalah 200 gram dengan kemampuan menampung air hingga 1400 ml.

Tekanan mesin tipe statis dengan maksimal 15 bar. Daya yang dibutuhkan untuk pengoperasian mesin berkisar antara 1200 W hingga 1400 W. Kapasitas inner working pressure adalah 20kg/cm2. Waktu steam berkisar pada 30 hingga 60 per detik. Mesin model otomatis ini pun kami bandrol pada harga Rp9.250.000,00.

  • Mesin Semi Otomatis (Semi-Automatic Coffee Machine)

Mesin ini mempunyai kapasitas tampung biji kopi sebesar 200 gram dengan kemampuan menampung air yang mencapai 1400 ml. Daya untuk mengoperasikan mesin adalah 1200 W, sedangkan pump pressure static dengan maksimal 20 bar.

Waktu steam mesin berkisar antara 30 sampai 60 per detik, sedangkan inner working pressure mesin adalah 20kg/cm2. Dalam 1 jam, mesin semi otomatis ini dapat meghasilkan 50 sampai dengan 100 gelas kopi. Mesin berbobot 3,1 kg dengan dimensi 26x22x28 cm ini kami tawarkan dengan harga Rp2.325.000,00.

Pilihan mesin espresso kopi dari Ramesia ada di tangan Anda. Untuk memeroleh informasi lebih mendetail mengenai cara kerja mesin kopi ini, Anda bisa menghubungi kami.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia