jualan makanan murah meriah

9 Franchise Makanan ini Cukup dengan Modal di Bawah 5 Juta Rupiah

Franchise makanan bisa dikatakan sebagai bisnis yang menjamur, hampir di setiap jalan pasti terlihat gerobak atau meja stand franchise. Sebenarnya, kemunculan bisnis ini sudah berlangsung lama.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, bisnis ini kian diminati dan diincar oleh wirausahawan muda. Alasan mengapa franchise makanan menjadi bisnis yang selalu diincar adalah kemudahan menjalankannya.

Bisnis kuliner menjadi bisnis yang paling difavoritkan para calon pengusaha, karena laba  bisnis kuliner bisa mencapai 100%.

Alasan Kuat Pengusaha Memilih Franchise Makanan

Franchise makanan merupakan bisnis kuliner yang tak ada matinya karena tingkat permintaannya yang tinggi. Pada dasarnya orang Indonesia gemar berwisata kuliner dan sering “ngumpul-ngumpul” yang ujungnya makan-makan.

jual kemasan makanan jogja

Banyak kelebihan dari sebuah bisnis kuliner, seperti modal relatif kecil, perputaran uang cepat, dan sebagainya. Bisnis kuliner juga memiliki tantangan tersendiri, terlebih bagi para pemula yang tidak terlalu akrab dengan urusan dapur.

Bisnis kuliner juga menuntut kerja keras dalam membangun sistem yang baik, sehingga bisa berjalan sukses.  Tak perlu gelar sarjana ekonomi untuk menjalankan bisnis tersebut, cukup ketekunan, kesabaran, dan modal tentunya.

Semua Usaha yang Dibangun Pasti Memerlukan Modal

Entah itu modal dalam skala kecil ataupun besar, franchise makanan sendiri termasuk dalam kategori bisnis dengan berbagai variasi akan besarnya modal yang dikeluarkan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya franchise makanan dari yang murah di bawah Rp 5 juta, hingga yang mahal senilai belasan miliar rupiah. Franchise murah di bawah Rp 5 juta telah sukses menarik kalangan karyawan, ibu rumah tangga, maupun mahasiswa dalam dunia bisnis.

Ingin memulai bisnis kuliner namun terkendala masalah modal terbatas? Tak perlu khawatir, berikut pilihan ide waralaba makanan dengan modal terjangkau dan potensi yang memikat.

1. Shizuka Takoyaki

Kuliner Jepang sangat populer di masyarakat Indonesia. Tak heran jika ada banyak waralaba makanan Jepang yang dapat Anda temui di pusat perbelanjaan. Salah satu franchise makanan Jepang yang banyak diminati adalah Shizuka Takoyaki.

jualan makanan keliling yang laris

Waralaba ini menjual takoyaki, camilan khas Jepang. Paket franchise Shizuka Takoyaki ini dipatok dengan harga mulai dari Rp2,2 juta dan Anda akan mendapatkan booth portable, x banner, hingga peralatan memasak takoyaki yang lengkap.

2. Mister Jagung

Jagung tak hanya laris untuk dijadikan olahan jagung bakar saja, tetapi juga laku dalam bentuk pipilan. Jagung manis pipilan merupakan jagung yang dipipil lalu dikukus atau direbus.

Kemudian disajikan dengan aneka topping menarik seperti susu kental manis, meses, saus tomat, hingga berbagai jenis selai.

jualan makanan laris bulan puasa

Jika ingin berbisnis jagung manis pipil, Anda bisa merintis waralaba Mister Jagung yang hanya dipatok harga franchise Rp2,9 juta saja. Nantinya, Anda akan mendapatkan peralatan memasak yang lengkap, kemasan, sendok dan bahan baku topping.

3. George Gandos

Apakah Anda pernah mencicipi gandos? Gandos merupakan jajanan khas Jawa yang berbentuk setengah lingkaran dan dibuat dari campuran tepung beras, santan kelapa, garam, dan parutan kelapa.

Kue ini sering disebut juga dengan nama kue pancong atau rangi. Meski tergolong dalam jajanan tradisional, gandos sangat terkenal di kalangan pelajar karena para pedagangnya sering berjualan di dekat sekolah.

jual makanan lewat gojek

Untuk membuka waralaba makanan ini, Anda bisa memilih George Gandos yang hanya mematok biaya franchise Rp3,9 juta.

Dengan kisaran modal tersebut, Anda akan mendapatkan gerobak kayu knockdown, buku manual dan VCD training, bahan baku, peralatan masak, dan seragam karyawan.

4. Edola Burger

Franchise makanan cepat saji selanjutnya yang memiliki peluang bisnis yang tak bisa Anda anggap remeh adalah burger. Berbisnis waralaba makanan cepat saji ini bisa membuat Anda meraup untung yang melimpah.

Untuk pilihan franchisenya, Anda bisa bergabung dengan Edola Burger yang sudah memiliki cabang 700 lebih jumlahnya di seluruh wilayah Indonesia. Untuk dapat membuka gerai waralaba Edola Burger, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp4,5 juta.

jualan makanan murah meriah

Dengan modal awal tersebut, Anda bisa mendapatkan booth, peralatan memasak, dan pelatihan pembuatan. Kelebihan dari Edola Burger ini adalah Anda tidak akan dikenakan biaya royalti dan manajemen.

5. Mabasa

Ingin berbisnis franchise camilan yang harga jualnya tergolong murah? Anda bisa membuka waralaba Mabasa (Makaroni Banyak Rasa) yang berasal dari Bandung. Mabasa telah berdiri sejak tahun 2009 sehingga Anda tak perlu lagi meragukan kesuksesannya.

jualan makanan malam hari

Untuk merintis usaha ini, Mabasa menawarkan paket harga franchise mulai dari Rp5 juta, tetapi hanya untuk agen di kota Bandung. Sementara, jika ingin membuka warabala Mabasa selain di kota Bandung, Anda harus mengeluarkan dana dua kali lipatnya.

6. Siomay Youlagi

Merintis waralaba makanan siomai tidaklah sesulit yang Anda bayangkan karena biasanya, untuk waralaba ini, pihak franchisor akan menyediakan atau mendistributorkan siomai beku kepada agen-agennya.

jualan makanan dan minuman

Untuk pilihan franchisenya, Anda bisa bergabung dengan Siomay Youlagi  yang memiliki tiga pilihan paket. Paket  termurahnya dipatok dengan harga Rp5 juta saja.

7. Pota Potatoes

Siapa yang tak suka mencamil kentang goreng? Rasanya hampir semua orang suka menyantapnya. Makanan ringan ini sangat cocok disantap kapan pun dan di mana saja. Hal tersebut bisa Anda jadikan peluang bisnis waralaba makanan murah.

Pota Potatoes merupakan franchise makanan yang gerainya sudah mencapai 250 buah di seluruh Indonesia.

jualan makanan online terlaris tahun ini

Untuk modal awal, yang dibutuhkan untuk membuka gerai franchise Pota Potatoes ini hanya Rp5 juta saja dan Anda sudah mendapatkan booth, perlengkapan memasak, dan bahan campuran toppingFranchise ini tidak memungut biaya royalti.

8. Takeshi Bento

Membuka bisnis bento atau bekal makanan ternyata tak butuh modal yang banyak kalau Anda mendirikan waralaba Takeshi Bento. Takeshi Bento saat ini telah memiliki setidaknya 70 gerai yang sudah tersebar di Jakarta, Kalimantan, Manokwari, dan Kupang.

Franchise ini mempunyai empat pilihan paket. Paket yang paling murah adalah home resto yang dihargai senilai Rp4,5 juta. Paket home resto ini hanya dikhususkan untuk Anda yang ingin membuka usaha di lingkungan sekitar rumah.

jual makanan online

Nantinya, Anda akan mendapatkan booth dan bahan baku. Namun untuk peralatan memasak, Anda harus menyediakannya sendiri.

9. Bobopong

Franchise makanan yang terakhir adalah camilan kekinian yang sedang hits di kalangan anak muda, yaitu bola ubi.

Pilihan waralaba makanan yang bisa Anda pilih adalah Bobopong (Bola-bola Ubi Kopong) yang mematok biaya franchise dengan pilihan Rp5 juta dan Rp10 juta.

jualan makanan puasa

Untuk modal seharga Rp5 juta, Anda akan mendapat booth, kompor gas satu tungku, dan bahan baku awal berupa adonan bola ubi sebanyak 200 butir. Tidak ada biaya royalti yang dikenakan sehingga semua keuntungan yang didapat murni untuk Anda.

Dari kesembilan franchise makanan yang ada di daftar atas, Anda tertarik untuk bergabung dengan franchise yang mana? Apapun pilihan Anda, jangan lupa untuk selalu gigih berusaha dan pantang menyerah ketika menjalankan bisnis.

Jika usaha Anda sudah berjalan, jangan ragu untuk mengembangkannya dan membuka cabang baru.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru