Rp445.000,00
Rp360.000,00
Rp495.000,00
Rp420.000,00

Kopi dripper banyak digandrungi para penggemar kopi di tanah air. Pembuatan kopi dengan cara ini tidak hanya bisa dilakukan oleh barista, tapi Anda juga dapat melakukannya di rumah. Harga coffee dripper pun sangat terjangkau, jadi tak salah jika memilikinya untuk memuaskan cita rasa kopi Anda.  Dripper sendiri berasal dari kata dasar Bahasa Inggris “drip” yang berarti menetes. Membuat kopi dengan metode dripper ini memang butuh kesabaran ekstra. Anda harus menanti tetes demi tetes kopi terkumpul dalam cangkir, sebelum akhirnya bisa menikmati kopi favorit Anda itu.

Fungsi dan Manfaat Kopi Dripper

Kopi dripper pada dasarnya adalah alat penyaring kopi, sehingga Anda mendapatkan secangkir kopi yang bebas dari ampas. Untuk melakukan metode ini, saat ini di pasaran sudah banyak dijual satu set kopi dripper. Perlengkapan tersebut terdiri dari cangkir dripper, kertas penyaring, juga sendok takar.  Cangkir dripper merupakan cangkir yang permukaannya berdiameter 9cm. Tinggi cangkir ini 8,5cm dengan panjang 12cm. Bentuk cangkir ini runcing ke bawah seperti huruf ‘V’, dengan sudut 60 derajat, populer dengan sebutan V60. Pada bagian bawah cangkir dibuat lingkaran untuk tatakan. Pada tengah lingkaran tersebut dibuat lubang yang cukup besar.

Fungsi lubang tersebut adalah untuk jalannya tetesan air kopi yang disaring dengan kertas dripper atau kertas penyaring. Bentuk kertas ini pun sesuai dengan bentuk cangkir.  Kemudian, cara pembuatan kopi dengan memanfaatkan alat dripper ini disebut dengan pour over. Sesuai arti bahasanya, caranya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam dripper. Untuk membuat kopi dengan pour over ini, pertama sediakan cangkir kopi yang kosong dan bersih. Lalu letakkan cangkir dripper di atasnya, kemudian pasang kertas penyaring di dalamnya.  

Ambil bubuk kopi kesukaan Anda menggunakan sendok takar, dan masukkan dalam cangkir dripper tadi. Sediakan air panas dan masukkan dalam teko kecil.Lalu secara perlahan dan bertahap tuangkan air panas tersebut ke dalam dripper. Kopi murni tanpa ampas akan menetes pelan-pelan memenuhi cangkir Anda.  Konon pencipta teknik pour over ini adalah seorang ibu rumah tangga di Jerman, bernama Melitta Benz. Melitta menemukan metode ini pada 1960. Awalnya ia ingin agar kopi yang dinikmati keluarganya bersih dari ampas. Eksperimen pertamanya adalah dengan menyaring kopi menggunakan kertas catatan anaknya.  Setelah percobaannya berhasil, Melitta dan suaminya pun mendirikan perusahaan yang khusus memproduksi kertas penyaring atau kertas dripper kerucut. Kertas dripper ini memiliki satu lubang, seperti yang saat ini jamak dipakai.

Metode temuan Melitta ini tentunya sangat menarik. Tidak hanya bisa mendapatkan secangkir kopi bebas ampas, namun penikmat kopi sejati juga dapat merasakan bagaimana aroma kopi yang blooming pada saat terseduh air panas. Ini memberikan sensasi tersendiri sehingga kopi lebih terasa nikmat.  Peralatan dripper ini pun sederhana dengan ukuran yang kecil. Jika ingin menikmati kopi saat sedang bepergian, Anda bisa membawanya dalam travel bag tanpa khawatir menambah beban.

Cara Merawat Kopi Dripper

Cangkir dripper terbuat dari bermacam material. Ada yang terbuat dari logam, plastik, keramik, juga kaca. Cara perawatannya pun sangat mudah. Cukup mencucinya dengan bersih setelah digunakan. Jangan lupa juga untuk mencuci sendok takarnya.  Namun, kertas penyaringnya sekali pakai. Jadi, setelah selesai tidak dapat digunakan lagi. Karenanya, produsen kertas ini menjualnya dalam kemasan paket. Satu box kertas dripper berisi sekitar 40 lembar.

Harga Coffee Dripper

Harga coffee dripper di pasaran pun bervariasi tergantung pada material cangkirnya. Merk Hario, biasanya paling banyak dicari karena kualitasnya paling bagus.  Cangkir dripper Hario bermaterial plastik bening dibanderol mulai 100 ribu rupiah. Plastik warna mulai dari 85 ribu rupiah, sedangkan material keramik seharga mulai dari 360 ribu rupiah, dan material kaca mulai dari 340 ribu rupiah. Semua cangkir V60 tersebut sudah dilengkapi sendok takar.  Tinggal Anda yang memilih mana harga coffee dripper yang paling cocok di kantong. Meski sedikit terasa mahal, memiliki coffee dripper di rumah justru akan membuat Anda menjadi lebih hemat.

Pin It on Pinterest