Pad Printer Machine fungsi dari mesin ini adalah mencetak tanggal produksi. Untuk keamanan, ada beberapa produsen makanan atau minuman yang mencantumkan keduanya. Dari tanggal produksi ke tanggal kedaluwarsa, pembeli dapat mengira-ngira kapan produk itu harus dihabiskan.

Showing all 3 results

Mesin/Mesin-Pengemas Printing Bergerak pada bisnis makanan kemasan, maka Anda memerlukan mesin yang secara khusus membuatkan label kedaluwarsa. Pembuatan label ini dilakukan memakai mesin pad printing. Sebelum itu, ketahui dulu harga mesin pad printing di pasaran. Sejarah dan Fungsi Mesin Pengemas Printing Apa itu mesin pad printing? Mesin ini adalah alat untuk mencetak kode atau tanggal pada kemasan produk, baik dari bahan plastik, kaleng, kaca, maupun bahan lain. Berkat mesin ini, tanggal kedaluwarsa produk dapat tercantum jelas pada kemasan. Mesin semacam ini pertama kali ditemukan oleh Johanes Gutenberg pada tahun 1440 di Mainz, Jerman. Versi perdana dibuat dengan cara mengecor huruf dengan timah di atas campuran logam. Cara tersebut sebenarnya bukan metode baru. Gutenberg terinspirasi oleh Bi Shen di Timur Tengah, di mana huruf-huruf dicetak di atas lempengan kayu. Pada 500 tahun kemudian, cara mengetik di atas kertas mulai ditemukan. Pada abad ke-17, Amerika memulai debut penyebaran surat kabar perdana mereka, disusul oleh Inggris. Teknik pencetakannya sudah berupa bubur karbon pada kertas. Teknologi berupa mesin pencetakan banyak juga digunakan untuk peralatan kesehatan, mainan, TV, komputer, dan masih banyak lagi. Namun khusus untuk produk makanan dan minuman, mesin ini diberi nama pad printing. Mesin ini sebenarnya sudah ditemukan pada sekitar abad ke-10, yaitu saat produksi anggur dan minyak zaitun di Tiongkok. Setelah itu, barulah metode ini merambah ke industri-industri di Eropa. Pada tahun 1952, teknologi yang bernama flexography mulai dikenal dan banyak digunakan. Metode ini menggunakan sistem stempel, baik berupa gambar, huruf, maupun angka. Pada abad ke-20, cara ini mulai semakin banyak digunakan, terutama untuk membuat jam dinding dan arloji saat Perang Dunia II. Pada tahun 1970-an, mesin ini mulai dibuat dengan lebih praktis. Tidak hanya di atas kertas, pencetakan juga bisa dilakukan di atas media apa pun. Manfaat Mesin Pad Printing Selain tanggal kedaluwarsa, fungsi lain dari mesin ini adalah mencetak tanggal produksi. Untuk keamanan, ada beberapa produsen makanan atau minuman yang mencantumkan keduanya. Dari tanggal produksi ke tanggal kedaluwarsa, pembeli dapat mengira-ngira kapan produk itu harus dihabiskan. Namun, tentu saja mesin pad printing lebih banyak digunakan untuk mencetak tanggal kedaluwarsa suatu produk. Mayoritas konsumen lebih memperhatikan tanggal tersebut, meskipun ada juga yang memperhatikan tanggal produksi yang tertera di kemasan. Cara Merawat Mesin Pad Printing Bagaimana cara merawat mesin pad printing?  
  • Perawatan Harian
  Perawatan harian mesin pad printing dilakukan segera setiap kali selesai pemakaian mesin. Tinta dibersihkan dengan flush solution dan nozzle atau corong dibersihkan agar tidak mampet.  
  • Perawatan Mingguan
  Perawatan mingguan mesin pad printing melibatkan pembersihan kipas pengering dari debu dan kipas vacuum. Anda juga harus merendam printhead dengan solvent selama seharian penuh. Saran: untuk perendaman printhead, lakukan saat akhir pekan.  
  • Perawatan Bulanan
  Perawatan bulanan mesin pad printing melibatkan filter tinta dengan flush solution, pengecekan tangki angin untuk melihat sisa tinta di sana, dan penyedotan tangki bila ditemukan sisa tinta. Selain itu, Anda juga harus memastikan printhead belt cukup kencang dan memberikan pelumas pada gigi roda mesin.  
  • Perawatan Tahunan
  Perawatan tahunan mesin pad printing termasuk mengganti filter pada tinta, menyemprot sub ink tank memakai tekanan udara, dan membersihkan jalur supply untuk tinta. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan semua pompa tinta di dalam mesin. Mesin pad printing punya fungsi yang signifikan dalam mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda jual. Padahal Anda hanya perlu merogoh kocek yang terbilang murah untuk harga mesin pad printing dari Ramesia.