-13%

Mesin Cabut Bulu Unggas

Fowl Depilator SX-60

Rp7.000.000,00 Rp6.125.000,00
-13%

Mesin Cabut Bulu Unggas

Mesin Pencabut Bulu Ayam FDL-T12

Rp5.900.000,00 Rp5.162.500,00

Salah satu pekerjaan yang menantang dalam proses pengolahan hasil ternak unggas adalah mencabuti bulunya. Proses ini harus dilewati sebelum unggas dijual kepada pelanggan. Saat ini telah tersedia mesin cabut bulu unggas yang dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut.  Mesin ini menjadi solusi bagi permasalahan yang sering dihadapi oleh rumah potong. Menggunakan tenaga manusia seringkali masih meninggalkan bulu di badan unggas, karena kekurangtelitian pekerja. Hal ini kerap dipicu oleh faktor kejar target dan kelelahan.

Fungsi dan Manfaat Mesin Cabut Bulu Unggas

Mesin yang nama universalnya fowl depilator ini memiliki fungsi utama yaitu membersihkan bulu unggas setelah disembelih. Unggas yang telah dipastikan mati kemudian dimasukkan dalam air hangat, baru dapat dicabuti bulu-bulunya.  Selain mencabuti bulu, mesin ini juga dapat merontokkan sisa-sisa bulu yang masih menempel pada badan unggas. Saat keluar dari mesin, unggas akan terlihat mulus dan bersih.  Kehadiran mesin cabut bulu unggas tentunya sangat menjawab kebutuhan para penjual unggas potong. Pekerjaan mencabuti bulu yang melelahkan dapat berjalan dengancepat, efektif dan efisien. Apalagi saat menerima pesanan unggas potong dalam jumlah besar dan waktu mepet, pastilah keberadaan mesin ini sangat berguna.

Mesin cabut bulu unggas ini umumnya terbuat dari bahan stainless steel atau baja anti karat. Bahan tersebut terkenal dengan kekokohan dan keawetannya, dengan demikian mesin dapat bertahan lama. Bahan ini juga mudah dibersihkan, dan penampilannya tampak elegan.  Mesin ini berbentuk tabung pada bagian atasnya. Pada bagian dalam tabung terdapat karet-karet untuk mencabuti bulu. Jika dilihat sekilas, karet-karet ini seperti duri yang memenuhi permukaan dalam tabung. Tersedia juga lubang buangan sebagai tempat keluar bulu-bulu yang sudah tercabut.  Dimensi mesin ini kurang lebih 600x600x900 milimeter. Daya tampungnya bisa mencapai 12 kilogram sekali bekerja. Berat mesin ini sekitar 40 kilogram. Sedangkan harganya di pasaran mulai dari 5,1 juta rupiah.

Cara Kerja Mesin Cabut Bulu Unggas

Mesin ini cukup mudah digunakan. Setelah unggas disembelih dan dipastikan mati, rendam unggas dalam air hangat. Jika dirasa cukup, segera angkat unggas dan masukkan ke dalam mesin. Langkah selanjutnya adalah hidupkan mesin fowl depilator ini.  Mesin akan berputar seperti halnya pengering pada mesin cuci. Tunggu selama kurang lebih 15 menit. Matikan mesin jika semua bulu sudah tercabut dari badan unggas. Untuk memastikan seluruh bulu sudah rontok dari badan unggas, pada akhir putaran Anda dapat menyiramkan air ke dalam mesin.Ukuran dan daya tampung mesin ini cukup besar, sehingga Anda dapat memasukkan beberapa ekor unggas sekaligus. Jumlah pastinya dapat Anda sesuaikan dengan membagi daya tampung dan berapa perkiraan berat masing-masing unggas.

Cara Merawat Mesin Cabut Bulu Unggas

Untuk mendapatkan performa mesin yang selalu prima, Anda cukup melakukan perawatan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan yang dapat Anda lakukan pada mesin cabut bulu unggas yang Anda miliki:

Perawatan Rutin

Jenis perawatan ini merupakan perawatan yang harus Anda lakukan setiap hari. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membersihkan mesin segera setelah selesai digunakan.Anda cukup membasuh mesin dengan air mengalir sambil menghidupkan mesin. Dengan demikian, sisa-sisa bulu yang masih menempel dapat terlepas dan mesin kembali bersih. Di samping membersihkannya setiap hari, Anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap mesin Anda. Menggunakan panca indera sudah cukup, untuk melihat apakah semua komponen mesin berjalan baik. Namun untuk hasil lebih akurat, Anda dapat menggunakan alat untuk mengeceknya.

Perawatan Berkala dan Darurat

Perawatan berkala merupakan perawatan dalam rangka maintenance. Perawatan ini dapat Anda lakukan sekali dalam sebulan jika load kerja mesin Anda cukup padat dan berat. Namun jika mesin Anda tidak terlalu sering digunakan, mungkin sekali dalam tiga bulan sudah cukup.  Di sisi lain, perawatan darurat atau emergency adalah perawatan yang dilakukan jika terjadi kerusakan secara mendadak. Untuk kedua jenis perawatan ini, Anda perlu melibatkan tenaga ahli, karenanya mesin dapat dibawa ke service centre yang direkomendasikan. 

Mesin cabut bulu unggas adalah salah satu penemuan yang layak diapresiasi. Menggunakan mesin ini dapat mendukung produktivitas usaha unggas potong sehingga keuntungannya berlipat juga. Anda belum menggunakannya? Segeralah dapatkan di toko mesin terdekat!

Pin It on Pinterest