-13%
Rp6.235.000,00 Rp5.455.625,00
-5%
Rp84.100.000,00 Rp79.895.000,00

Memipil jagung bisa jadi pekerjaan yang lumayan “rumit”. Selain menguras tenaga, juga melatih kesabaran. Karenanya, kehadiran mesin untuk mempermudah pemipilan menjadi sebuah kabar baik. Harga mesin pemipil jagung pun bermacam-macam, tergantung pada spesifikasi mesinnya.  Memipil adalah proses memetik bulir jagung dari bonggolnya. Saat ini telah berkembang teknologi terbaru sehingga dapat digunakan untuk memipil jagung dalam keadaan segar. Selesai proses pemipilan, biasanya bulir-bulir jagung tersebut kemudian digiling menjadi tepung. Namun ada pula yang dijual utuh untuk pakan ternak.

Fungsi dan Manfaat Mesin Pemipil Jagung

Mesin ini berfungsi untuk mempermudah proses pemipilan jagung. Cara kerjanya cukup mudah. Simpan jagung yang akan dipipil. Jika menginginkan jagung kering, jemurlah terlebih dahulu jagung segar di bawah panas matahari. 

Anda juga bisa menggunakan mesin pengering jagung. Saat memipil, pertama nyalakan mesin kemudian masukkan jagung-jagung kering tersebut ke dalam corong. Mesin akan merontokkan bulir-bulir jagung.  Pada mesin ini biasanya terdapat dua lubang atau rongga untuk pengeluaran. Satu lubang untuk mengeluarkan bulir-bulir jagung hasil pipilan. Lalu, lubang yang satu lagi untuk membuang bonggol jagung yang telah bersih.  Mesin pemipil jagung ini membawa banyak manfaat bagi para pengolah jagung. Proses memipil jagung dapat berjalan lebih cepat dan lebih banyak hasilnya, sehingga proses pemipilan jagung berjalan efektif dan produktivitas meningkat.

Harga mesin pemipil jagung memang relatif tergantung dari tipe mesin yang digunakan. Namun, kehadiran mesin ini dapat menggantikan tenaga manusia. Karenanya, pengusaha dapat melakukan efisiensi pada belanja gaji tenaga kerja.

Jenis dan Harga Mesin Pemipil Jagung

Di pasaran saat ini terdapat beberapa jenis mesin pemipil jagung yang dapat Anda pilih. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mesin Pemipil Jagung Segar

Jenis ini merupakan inovasi terbaru. Mesin pemipil jagung segar terbuat dari bahan stainless steelatau baja anti korosif. Tujuannya agar kualitas produk terjaga, karena karat dapat mengkontaminasi produk.

Mesin ini juga memiliki kapasitas yang cukup besar, hingga mencapai 500 kilogram jagung segar setiap jamnya. Menariknya lagi, pisau pipil pada mesin ini menggunakan bahan plastik agar tidak merusak bulir jagung.

Seluruh proses pemipilan pada mesin ini berjalan secara otomatis. Setelah mesin dinyalakan, atur jagung segar pada konveyor, dan biarkan mesin melakukan kerjanya. Anda tinggal menunggu bulir-bulir jagung segar mengalir keluar. Harga mesin pemipil jagung ini di pasaran adalah berkisar antara 60-70 juta rupiah.

Mesin Pemipil Jagung Kering

Mesin ini memiliki kapasitas dan menggunakan daya seperti pemipil jagung segar di atas. Jagung yang akan dirontokkan menggunakan mesin pemipil jenis ini haruslah benar-benar kering, agar hasil pemipilan dapat optimal. Mesin ini juga menggunakan material baja anti karat atau stainless steel, karenanya mesin ini kokoh dan kuat. Harga mesin pemipil jagung kering berkisar antara 5-6 juta rupiah.

Mesin Pemipil Jagung Mini

Sesuai namanya, mesin ini berukuran lebih kecil dibandingkan mesin pemipil jagung pada umumnya. Ukurannya hanya sekitar 50cm x 20cm x 25cm saja. Meski mini, performa mesin satu ini berani diuji. Sebanyak180 kilogram jagung bisa dirontokkan dalam satu jam. Harga mesin pemipil jagung mini dibanderol mulai dari 2,3 juta rupiah. Keunggulan material mesin ini adalah dibuat dengan materi logam non korosif sehingga lebih awet. Gulungan motornya juga terbuat dari tembaga, yang menjamin mesin lebih handal dan tahan lama.

Cara Merawat Mesin Pemipil Jagung

Seperti mesin pada umumnya, mesin pemipil jagung pun perlu dirawat. Anda dapat mengikuti langkah-langkah praktis berikut ini:

  1. Baca dengan saksama petunjuk penggunaan atau manual mesin
  2. Segera bersihkan mesin setiap selesai digunakan. Hal ini untuk menghindari penumpukan kotoran yang memicu kerusakan mesin
  3. Lakukan perawatan berkala untuk maintenancedi bengkel atau service centre yang direkomendasikan
  4. Jika mesin mendadak rusak, segera panggil teknisi atau bawa ke service centre yang direkomendasikan.

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian yang banyak digemari. Pengolahan jagung dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selain mendapatkan jagung yang berkualitas, Anda juga harus memiliki peralatan yang memadai. Harga mesin pemipil jagung relatif terjangkau, tergantung skala usaha Anda nantinya. Nah, selamat mencoba!

Pin It on Pinterest