-5%
Rp50.750.000,00 Rp48.212.500,00
-13%
Rp4.350.000,00 Rp3.806.250,00

Kelapa adalah salah satu buah yang sarat manfaat, namun untuk mengolahnya juga dibutuhkan upaya yang tak mudah. Mulai dari memetik hingga terhidang santan kelapa, adalah sebuah proses panjang yang makan waktu dan tenaga. Meski harga mesin pengolah kepala relatif mahal, namun mesin ini mampu menjadi jawaban atas segala kerepotan tersebut.  Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengolah kelapa, terutama kelapa yang sudah tua. Kelapa muda dapat langsung dinikmati dari buahnya. Proses dimulai denganmemetik kelapa dari pohonnya yang menjulang tinggi. Lalu sabutnya harus dibersihkan terlebih dahulu hingga terlihat batok kelapa bertekstur keras. Kemudian batok kelapa harus dipecahkan dan dibuang airnya.  Belum selesai sampai di situ, agar dapat diolah daging kelapa harus dicungkil keluar dari batoknya. Selanjutnya, daging kelapa yang keras itu diparut hingga halus. Parutan kelapa harus diberi air sedikit demi sedikit sambil diperas dengan sekuat tenaga. Hasilnya, air santan kental yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macamk egunaan.

Fungsi dan Manfaat Mesin Pengolah Kelapa

Fungsi utama dari mesin ini adalah untuk memudahkan proses pengolahan kelapa. Kekinian telah diciptakan teknologi yang mampu meringankan setiap bagian pekerjaan seperti yang sudah disebutkan di atas.  Bagi Anda yang memiliki usaha berbahan baku kelapa, sediakan modal yang cukup besar untuk berinvestasi pada peralatan kerja ini. Karena harga mesin pengolah kelapa relatif tinggi. Namun, ada harga ada rupa. Investasi tersebut tidak akan sia-sia karena Anda akan mendapatkan kualitas prima.

Mesin pengolah kelapa ini tentunya juga membawa banyak kemanfaatan. Banyak waktu dan tenaga bisa dihemat, sehingga produktivitas dan kualitas kerja dapat meningkat. Juga, pekerjaan pengolahan kelapa akan berjalan secara efektif dan efisien. Pada akhirnya, keuntungan berlipat pun bisa didapatkan.

Jenis dan Harga Mesin Pengolah Kelapa

Dilihat dari beragamnya jenis pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengolah buah kelapa, mesin yang dibutuhkan pun beragam. Mesin yang tersedia saat ini hanya dapat mengerjakan satu jenis pekerjaan. 

Di bawah inibeberapa mesin pokok yang dibutuhkan untuk mengolah kelapa menjadi santan, berikut spesifikasi dan harganya:

Mesin Pengupas Kelapa

Setidaknya ada dua mesin untuk melakukan pekerjaan mengupas kelapa ini, yaitu mesin pengupas sabut kelapa dan mesin pengupas batok kelapa. Mesin pertama berfungsi untuk melepaskan sabut dari batok kelapa, sedangkan mesin kedua memecahkan batok kelapa agar dapat diambil dagingnya.  Kedua mesin menggunakan material logam nonkorosif, sehingga awet dan tahan lama. Harga mesin pengolah kelapa ini untuk model horizontal dibanderol dari harga 10,5 juta rupiah, dengan kapasitas 150 butir kelapa per jam, sedangkan mesin pengupas batok kelapa dihargai mulai dari 7,7 juta rupiah dengan kapasitas yang sama.  

Mesin Pemarut Kelapa

Sesuai namanya, mesin ini digunakan untuk menyerut daging kelapa menjadi serbuk-serbuk bertekstur lembut. Mesin pemarut kelapa dibangun dari baja anti karat. Berat total parutan kelapa yang dapat dihasilkan adalah 90 kilogram per jam. Harga mesin pengolah kelapa ini mulai dari 3,8 juta rupiah.  

Mesin Pemeras Santan Kelapa

Mesin pemeras santan kelapa atau coconut milk extractor ini sangat membantu untuk menghasilkan santan kental yang berkualitas prima. Bermaterial stainless steel, mesin ini selain gagah dan kokoh juga bersih sehingga produk yang dihasilkan pun higienis.  Di pasaran, harga mesin pengolah kelapajenis ini dibanderol seharga mulai dari 48,2 juta rupiah. Kekuatannya adalah memeras 200 hingga 250 butir kelapa per jam dan menghasilkan santan sebanyak 40 hingga 50 liter.

Cara Merawat Mesin Pengolah Kelapa

Mesin kotor pantang cepat rusak. Karenanya, hal pertama yang harus dilakukan agar mesin pengolah kelapa Anda tahan lama adalah dengan rajin membersihkannya. Segera setelah selesai digunakan, bersihkan mesin Anda. Caranya dapat Anda baca pada buku petunjuk pemakaian.  Kelapa masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Usaha pengolahan kelapa nampaknya dapatmenjadi prospek bisnis yang menjanjikan. Memang harga mesin pengolah kelapa relatif tinggi, namun Anda bisa mencari investor untuk membantu. Siapkanlah konsep yang menarik, maka investor pun ragu untuk menolak. Semoga sukses!

Pin It on Pinterest