-13%
Rp4.200.000,00 Rp3.675.000,00

Tahu berkualitas adalah yang padat dan sarat kedelai. Untuk mendapatkan tahu seperti itu, penentunya adalah saat proses pengepresan. Saat ini telah tersedia mesin khusus untuk melakukan itu. Anda bisa membelinya dari toko yang jual mesin press tahuProses press tahu adalah proses pemadatan bubur kedelai dan mencetaknya menjadi kotak besar tahu. Pada proses ini, kadar air pada bubur kedelai dikurangi seminimal mungkin.

Fungsi dan Manfaat Mesin Press Tahu

Mesin press membantu para pengrajin untuk mencetak tahu. Alat ini menggunakan sistem hidrolik untuk memadatkan bahan dasar tahu yaitu bubur kedelai.  Mesin press tahu yang banyak beredar di pasaran adalah jenis manual. Mesin ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan anti karat. Bahan tersebut menjadi jaminan keawetan dan kekokohan. Dengan bahan tersebut, tahu yang dihasilkan juga akan terjamin bersih dan higienis.  Mesin press ini merupakan modifikasi dari alat press tradisional yang terbuat dari kayu. Cara kerja mesin versi modern ini pun sama.Karena masih manual, tenaga manusia tetap digunakan dalam porsi besar.

Kehadiran mesin press tahutentu saja sangat membantu para pengrajin. Kekuatan baja anti karat pada mesin ini sangat efektif untuk memadatkan tahu. Dibandingkan alat tradisional, proses press tahu dapat berlangsung lebih cepat dankualitas tahu yang dihasilkan juga lebih baik.  Mesin press tahu dapat membuat produktivitas para pengrajin tahu meningkat. Karenanya, mesin ini laku di pasaran. Harganya juga terjangkau untuk usaha tahu level UMKM. Alhasil banyak pula toko yang jual mesin press tahu lantaran peminat yang banyak.

Cara Kerja Mesin Press Tahu

Untuk menggoperasikan mesin ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan:

  1. Naikkan tuas pengepres di posisi paling atas.
  2. Tuang bubur kedelai pada kotak yang tersedia, namun sebelumnya alasi terlebih dahulu dengan kain saringan tahu. Atur sehingga bubur tahu memadati semua sisi kotak. Gunakan kain saringan yang lebar, sehingga masih ada bagian yang terjuntai keluar dari kotak.
  3. Tutup saringan tahu, sehingga menutupi seluruh permukaan bubur kedelai. Analogi proses ini seperti saat Anda membungkus pakaian dengan kain taplak meja.
  4. Letakkan lempengan penutup kotak.
  5. Putar tuas hingga pengepres menekan kotak tersebut. Jika permukaan pengepres sudah bertemu dengan tutup kotak, tekan dengan kuat.
  6. Cek kepadatan tahu apakah sudah sesuai yang diinginkan. Cek juga kadar air pada tahu yang sudah terbentuk.
  7. Jika tekstur dan kepadatan tahu belum sesuai, dan kadar air masih cukup banyak, ulangi lagi proses pengepresan. Hentikan proses jika sudah terbentuk kepadatan tahu sesuai keinginan.
  8. Keluarkan tahu dengan mengangkat kain saringan secara perlahan. Letakkan pada meja luas untuk memotong-motong tahu sesuai ukuran yang diinginkan.

Cara Merawat Mesin Press Tahu

Mesin ini membutuhkan perawatan agar awet. Caranya cukup mudah. Kotoran yang menumpuk akan menumbuhkan jamur atau mengundang bakteri, sehingga kualitas tahu yang dihasilkan pun menurun. Anda dapat membersihkan mesin dengan menyemprotnya menggunakan air bersih. Lalu menyabuni seluruh bagian mesin.  Kemudian gunakan kuas yang telah dicelupkan dalam campuran air cuka untuk mencegah karat dan kotoran kembali. Sapukan kuas ke bagian mesin terutama kotak tempat pengepress tahu. Setelah selesai, basuh kembali dengan air mengalir. Angin-anginkan mesin agar cepat kering. Akhiri proses pembersihan dengan mengelap mesin menggunakan lap kain yang kering dan bersih.

Harga Mesin Press Tahu

Di pasaran, mesin press tahu manual yang terkenal adalahtipe ET-DF01. Mesin berdimensi 60cm x 45cm x 120cm memiliki kapasitas hingga 12 kilogram tahu per jam. Materialnya dari baja anti karat. Mesin press tahuini dibanderol harga mulai dari 3,6 juta rupiah.  Bagaimana, sudah terbayang bukan manfaat dan harga mesin press tahu? Bila Anda tertarik menggeluti bisnis tahu secara serius, sebaiknya carilah toko yang jual mesin press tahu berkualitas seperti Ramesia Mesin.

Pin It on Pinterest