Mesin proofer roti digunakan pada sebagian proses pengembangan roti. Proofing sendiri adalah tahap pembagian adonan menjadi bulat atau bentuk lain yang diinginkan.

Showing all 8 results

Bila dough mixer dapat digunakan untuk mengaduk adonan hingga menjadi roti atau kue, lalu bagaimana dengan mesin proofer roti? Apa bedanya dengan mesin dough mixer? Mengapa kita membutuhkannya juga? Mesin proofer roti digunakan pada sebagian proses pengembangan roti. Proofing sendiri adalah tahap pembagian adonan menjadi bulat atau bentuk lain yang diinginkan. Selain berat tiap bulatan juga harus sama, kita harus mendiamkannya selama sekitar 15 hingga 20 menit. Manfaat Mesin Proofer Roti Manfaat yang paling utama adalah Anda tidak perlu lagi pusing-pusing mengukur bahan. Meskipun membuat roti secara manual masih bisa dilakukan, tapi sulit untuk memastikan setiap potong berukuran sama. Namun, bila ingin membuat roti berukuran sama yang nyaris tanpa cela, mesin ini adalah solusinya. Fungsi Mesin Proofer Roti Inilah beberapa fungsi mesin untuk mengembangkan roti ini:  
  • Proses Fermentasi Adonan yang Baik
  Tanpa mesin ini, mau tidak mau Anda bergantung dengan cuaca dan temperatur ruangan. Mesin ini dapat membantu proses fermentasi adonan dengan baik, karena ada fitur untuk mengatur kadar suhu dan kelembaban. Dengan kata lain, suhu dan kelembaban dapat dikontrol sesuai keinginan Anda. Ini berbeda dengan bila Anda hanya mengandalkan suhu dan kelembaban alami.  
  • Mempertahankan Ragi pada Adonan
  Ragi adalah elemen yang dapat membantu mengembangkan roti. Jika hanya mengandalkan udara dan suhu ruangan, bisa jadi ragi gagal mengembang karena suhunya tidak sesuai. Karena itulah mesin proofer roti dibutuhkan.  
  • Gas yang Dihasilkan Lebih Maksimal untuk Ragi pada Adonan
  Walaupun menjadi lebih hemat, namun ragi juga terbentuk sempurna. Solusi yang baik, bukan?  
  • Roti yang Dihasilkan Sesuai Keinginan
  Kadang suka ada masalah bila membagi adonan secara manual. Dengan mesin ini, tekstur roti yang rongganya besar-besar bisa lebih kempes. Kemungkinan roti jadi bantat akibat ragi kurang sempurna bisa diatasi. Begitu pula dengan masalah keriput pada sisi roti.  
  • Lebih Efektif dan Efisien
  Anda yang bergelut di bidang penjualan roti dan kue pasti setuju. Mesin ini dapat mencetak roti atau kue dengan ukuran sama, sesuai keinginan, dan dalam jumlah banyak tapi cepat. Cara Merawat Mesin Proofer Roti Ingin mesin ini tetap awet? Ada caranya agar tidak cepat rusak, yaitu:
  • Sebelum membeli, pastikan tegangannya (dalam volt) selaras dengan tegangan listrik di rumah. Anda pasti tidak ingin listrik di rumah mendadak drop gara-gara daya mesin proofer roti lebih terlalu besar.
  • Selalu cabut kabel mesin dari stop kontak bila selesai digunakan.
  • Jangan terlalu lama memakai mesin. Untuk menghindari kebakaran pada lilitan motor, bila mesin mulai terasa panas, segera matikan. Beri jeda minimal 15 menit sebelum digunakan lagi.
  • Rajin membersihkan mesin dengan lap kain lembab dan halus dan air sabun cuci piring untuk menghilangkan bau. Untuk aroma sabun cuci piring, pilihlah jeruk atau lemon.
  • Menjauhkan mesin dari jangkauan anak-anak dan kecoa, serta jangan sampai mesin jatuh atau terbentur apa pun.
  • Banyak yang suka lupa dengan bagian ini. Berhubung semua mesin butuh pelumas, begitu pula dengan proofer roti. Rajin-rajinlah memberi pelumas pada roda gigi atau bantalan mesin. Dijamin, selain awet, pergerakan mesin jadi lebih luwes setiap kali dipakai.
Berburu Mesin Proofer Roti Ternyata, selain dapat digunakan untuk membuat roti atau kue, mesin ini juga punya kegunaan lain, lho. Mesin proofer roti dapat dipakai untuk membuat yoghurt. Hmm, makanya di beberapa toko roti dan kue, mereka juga suka menjual yoghurt. Pasti semua berkat mesin ini. Lalu, berapakah harga mesin proofer roti? Anda bisa mendapatkan mesin ini dalam rentang harga yang cukup bervariasi, yaitu antara 7 hingga 22 setengah juta rupiah. Sebelumnya, pastikan pasokan listrik di rumah sudah sesuai dengan mesin yang ingin Anda beli.