-5%
Rp31.900.000,00 Rp30.305.000,00
-5%
Rp40.600.000,00 Rp38.570.000,00
-5%
Rp75.400.000,00 Rp71.630.000,00
-13%
Rp5.000.000,00 Rp4.375.000,00

Coklat berasal dari biji kakao yang rasanya pahit. Untuk “menyulap” kakao menjadi aneka makanan dan minuman lezat, para pebisnis coklat mengandalkan mesin-mesin modern. Anda ingin tahu berapa kisaran harga mesin coklat yang dijual di pasaran? Berikut ulasannya.

Sekilas tentang Mesin Coklat dan Jenis-Jenisnya

Produk utama biji kakao adalah coklat bubuk dan coklat batangan. Coklat bubuk diolah menjadi minuman atau sebagai bahan tambahan pembuatan kue. Kalau coklat batangan, diolah menjadi permen, isian roti, selai, bahan pembuat kue, dan sebagainya. Untuk menghasilkan coklat bubuk atau batangan, biji kakao diproses dengan bantuan mesin. Setelah produk siap dipasarkan, di tingkat konsumen juga dibutuhkan mesin lain untuk mengolah coklat lebih lanjut, di antaranya adalah mesin pencair coklat dan dispenser coklat.

  • Chocolate Tempering Machine

Mesin pencair coklat atau chocolate tempering machine adalah mesin untuk melunakkan atau mencairkan coklat batangan sehingga mudah digunakan untuk berbagai keperluan. Coklat cair biasanya digunakan sebagai pelapis kue, isian roti, atau dicetak menjadi permen coklat. Mesin ini terdiri dari 3 tipe, yaitu tipe SG-08 dengan kapasitas 8 kg/jam, tipe SG-15 yang berkapasitas 15 kg/jam, dan tipe SG-30 dengan kapasitas 30 kg/jam. Tipe SG-30 dilengkapi meja getar untuk mencegah timbulnya rongga akibat masuknya udara ke dalam coklat. Untuk memulai bisnis coklat memang dibutuhkan investasi cukup besar karena harga mesinnya relatif tinggi. Namun di Ramesia Mesin, Anda bisa mendapatkan harga mesin coklat yang lebih ekonomis, dengan kisaran Rp30 juta hingga sekitar Rp71 juta.

  • Hot Chocolate Dispenser

Mesin hot chocolate dispenser adalah sebuah alat sederhana untuk membuat dan menyajikan minuman coklat panas. Mesin ini terdiri dari boiler berbahan stainless steel, pengukur volume, keran antimampet, dan termostat. Mesin ini bisa menghasilkan minuman 5L coklat hangat dengan suhu 800 Celsius. Untuk menjamin keamanan saat digunakan, mesin ini menggunakan baine-marie heating, sehingga produk tidak akan terbakar dan dilengkapi kaki antislip. Dispenser ini mampu menjaga minuman coklat tetap hangat dan tidak menggumpal. Suhu yang ideal membuat alat ini mampu menjaga cita rasa coklat. Untuk semua kelebihan tersebut, Anda tak perlu membayar mahal karena harga mesin coklat ini sangat terjangkau, yaitu Rp5 juta.

Fungsi Mesin Coklat

Mesin coklat berfungsi untuk mempermudah pemrosesan produk coklat menjadi produk yang siap dikonsumsi:

  • Mesin pencair coklat bekerja dengan memanaskan coklat batangan hingga berubah bentuk menjadi cair dan siap digunakan sebagai bahan pembuatan permen coklat, pelapis kue, atau sebagai filling roti.
  • Mesin dispenser coklat bekerja dengan memanaskan minuman coklat, sehingga Anda bisa menyajikan coklat hangat setiap saat tanpa perlu repot menyiapkannya satu per satu. Mesin ini sangat berguna bagi para pemilik kafe atau restoran.

Manfaat Mesin Coklat

Setiap mesin diciptakan dengan fungsi tertentu dan dirancang dengan spesifikasi dan desain khusus agar mampu memberikan manfaat maksimal. Begitu juga mesin coklat, anda akan tahu bahwa harga mesin coklat yang dibayar tidaklah seberapa dibanding manfaatnya.  Mesin coklat sangat meringankan dan memudahkan pengolahan coklat batangan maupun coklat bubuk hingga menjadi produk siap konsumsi. Hal ini juga berarti penghematan biaya operasional untuk membayar tenaga kerja.  Dalam jangka panjang, penggunaan mesin coklat juga menunjang kelancaran dan kesuksesan bisnis Anda. Dengan bantuan mesin, Anda bisa bisa menghasilkan produk berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Cara Merawat Mesin Coklat

Seperti mesin lain pada umumnya, ada dua cara merawat mesin coklat. Pertama, gunakan mesin sesuai dengan kapasitas dan fungsinya. Kedua, mesin harus sering dibersihkan karena coklat dapat mengandung lemak atau gula yang jika menempel dapat mengganggu kerja mesin.  Manisnya bisnis coklat memang menggiurkan. Dibarengi strategi penjualan yang tepat, Anda bisa memaksimalkan bisnis coklat ini untuk mendatangkan keuntungan yang menarik. Dengan begitu, investasi yang dikeluarkan untuk membayar harga mesin coklat bisa segera kembali.

Pin It on Pinterest