ordernow-BQL-2018-ramadhan-ramesia
special-promo-ramesia-mesin-es-krim

OVEN / PANGGANGAN ROTI

Berbisnis kuliner memang tidak pernah ada matinya, terutama berjualan roti. Anda tidak perlu takut untuk bersaing dengan pebisnis roti yang lain karena rasa adalah penentu segalanya. Dan untuk menghasilkan roti dengan cita rasa yang istimewa, Anda membutuhkan oven roti yang berkualitas.

Oven roti merupakan salah satu perangkat yang biasa digunakan untuk membakar / memanggang adonan roti sampai matang sempurna. Oven roti / kue biasanya terbuat dari bahan stainless steel.

Ada beberapa jenis mesin pemanggang roti, ada yang 1 deck, 2 deck, tau 3 deck. Selain itu juga ada beberapa tipe, mulai dari oven roti listrik dyngan watt kecil, oven roti gas, oven roti kompor, hinge oven roti tangkring dennen ukuran besar hinca kecil.

Oven Roti Deck Otomatis adalah oven roti yang biasa digunakan untuk memanggang kue atau roti. Oven roti ini di operasikan secara otomatis yang dapat disusun secara per-deck / rak. Jumlah deck bermacam-macam ada yang 1, 2 atau 3. Hal ini dimaksudkan agar dapat mempermudah dalam pemanggangan untuk penjualan, sehingga penjualannya pun bisa per-deck sesuai keperluan.

Oven Deck Otomatis ada 2 jenis :

1. Oven Roti Gas deck otomatis adalah oven roti yang menggunakan gas elpigi sebagai bahan bakar utama dalam proses pembakaran oven, tenaga listrik hanyalah sebagai power control untuk proses otomatisasi oven. Jadi daya listrik yang dibutuhkan hanya 100 watt. Sehingga kita tidak perlu membayar mahal tagihan listik PLN serta menambah daya pada rumah.

2. Oven Roti Listrik deck otomatis adalah oven roti yang menggunakan energi listrik sebagai bahan bakar utama dalam proses pembakaran oven, tenaga listrik sebagai daya utama yang menggerakan heater (pemanas) dan control oven. Daya yang dibutuhkan pada oven listrik ini sangatlah besar kurang lebih 4000 watt. Tingkat safety / kemanannya lebih aman menggunakan oven deck listrik daripada gas.

Tips memilih oven roti yang tepat

Untuk menghasilkan roti yang berkualitas dengan tingkat kematangan sempurna dan bercita rasa khas, Anda tentu membutuhkan oven roti dengan kualitas yang baik pula. Lalu, bagaimana cara memilih oven roti yang baik? Berikut adalah tips memilih oven roti yang berkualitas untuk usaha bakery  Anda.

  • Oven Besar atau Kecil

Ini adalah salah satu hal yang sering dipertanyakan ketika hendak membeli oven roti. Pilihannya ada pada Anda dan usaha seperti apa yang ingin Anda jalankan.

Jika Anda baru memulai usaha toko roti yang berskala kecil, oven roti dengan jumlah rak dua atau tiga mungkin akan menjadi pilihan terbaik karena Anda masih memanggang roti dengan jumlah yang sedikit.

Sedangkan apabila Anda sudah menjalankan bisnis roti berskala besar yang memproduksi roti puluhan hingga ratusan jumlahnya, maka oven roti yang lebih besar dengan jumlah rak lebih dari tiga akan membuat proses produksi menjadi lebih efisien.

  • Harga Oven Roti

Tidak ada salahnya Anda mengecek harga beberapa oven roti yang tersedia di toko online untuk memberi gambaran berapa besar biaya yang harus Anda anggarkan untuk membeli oven tersebut.

Dengan mengecek harga melalui internet terlebih dahulu, Anda juga dapat membandingkan harga oven yang sama dari toko satu dengan toko lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan oven yang Anda inginkan dengan penawaran harga terbaik.

  • Perhatikan Bahan Oven Roti

Anda tentu ingin memiliki oven roti yang awet, bukan? Untuk mendapatkan oven yang awet dengan performa yang baik, sebaiknya Anda membeli oven yang terbuat dari stainless steel karena cenderung dapat menghantarkan panas dengan baik serta kokoh dan tahan lama.

  • Carilah Oven Bergaransi

Jangan sampai Anda merasa kecewa karena telah membeli kucing dalam karung. Carilah oven roti yang memberikan garansi selama satu atau dua tahun agar Anda tidak dirugikan ketika terjadi kerusakan pada oven tersebut.

Oven Roti Gas

Keuntungan memakai oven gas otomatis Ramesia :

1. Hemat pemakaian daya listrik, dikarenakan pemakain listrik secara otomatis oleh thermo kontrol.
2. Hemat pemakaian gas, dikarenakan pemakaian gas secara otomatis oleh valve.
3. Tidak perlu dijaga lama pemanggangan dikarenakan oven roti ini memiliki timer.
4. Tidak takut suhu panas terlampau tinggi atau rendah dikarenakan oven memiliki thermokontrol yang akurat.
5. Oven roti memiliki api atas dan api bawah sehingga dapat memanggang roti secara merata.
6. Ruangan tidak terlampau panas dikarenakan dinding oven dilapisi oleh peredam panas (rockwool / glasswool).
7. Tidak perlu khawatir meledak akibat gas dikarenakan oven ini memilik IC control board yang memiliki alarm kegagalan api di ruang bakar.
8. Pipa burner oven roti terbuat dari pipa stainless steal sehingga tidak mudah keropos.

Langkah Memulai Usaha Bakery dengan Oven Roti

Bisnis roti rumahan sekarang semakin digemari karena mudah dan menguntungkan. Anda hanya perlu sedikit keahlian dan keterampilan yang dapat diasah seiring berjalannya waktu. Selain keterampilan tersebut, Anda juga harus memiliki modal dan peralatan yang memadai.

Peralatan yang Anda perlukan diantaranya adalah mixer yang berfungsi untuk mencampur bahan-bahan pembuat roti, mesin proofer yang berfungsi untuk membantu mempercepat pengembangan roti sebelum dimasukkan ke dalam oven.

Anda juga akan memerlukan dough divider untuk membagi adonan roti sehingga ukurannya menjadi sama rata. Dan tentu saja Anda membutuhkan oven untuk memanggang roti.

Selain bahan dan peralatan untuk membuat roti, memperkenalkan produk kepada masyarakat sangatlah penting. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan dan memasarkan produk roti yang Anda buat.

Peluang Usaha Bakery dengan Oven Roti
usaha-bakery.blogspot.com

Fungsi Bagian Control Oven Roti

Apabila anda telah menggunakan oven deck otomatis yang berbahan bakar gas, tidak ada salahnya anda mengenal lebih dekat tentang fungsi bagian control oven tersebut, apabila anda yang belum menggunakan oven gas otomatis, anda dapat beralih untuk menggunakannya dengan pertimbangan efisiensi dan kinerjanya yang optimal. Untuk mengetahui bagian detail dari control oven gas otomatis, anda dapat membuka bagian depan sebelah kanan dari oven gas anda.

Sistem yang dimiliki oleh oven gas otomatis

Thermocontrol
  • Thermocontrol berfungsi untuk mengendalikan panas pada ruang bakar yang dapat kita stel/atur sesuai keinginan kita. jadi alat ini adalah perintah pengendalian otak pada oven gas otomatis.
Thermocouple
  • Thermocouple (sensor panas) berfungsi untuk menerima suhu panas yang akan di deteksi oleh oleh thermokontrol sehingga thermokontrol dapat bekerja secara otomatis dengan suhu panas yang telah kita atur.
IC control board
  • IC control board alat ini berfungsi untuk mengendalikan kerja solenoid valve, pemantik api dan alarm kegagalan api di ruang bakar. Jadi alat ini adalah otaknya oven gas otomatis.
Blower
  • Centrifugal Fan atau Blower alat yang berbentuk seperti rumah siput ini berfungsi untuk meniup pipa gas di ruang bakar dengan udara yang dihasilkan, udara ini berfungsi untuk mempercepat suhu panas di dalam ruang bakar dan memberikan oksigen untuk pembakaran api.
Selenoid Valve
  • Oven Roti memiliki 2 unit selenoid valve alat ini berfungsi untuk membuka dan menutup aliran gas yang masuk di dalam pipa burner di ruang bakar.
Lighter & Fire Sensor
  • Oven Gas memiliki 2 unit pemantik api dan sensor api alat ini berfungsi untuk menyalakan api di pipa burner di dalam ruang bakar, setelah api menyala secara normal baru sensor api memerintahkan ke IC board untuk menghentikan petir apinya. Bila api tidak menyala secara normal, sensor api ini memerintahkan ke IC board untuk membunyikan alarm dan mematikan sistem. Sehingga tidak membuat gas berlebih pada ruang bakar yang dapat membuat ledakan pada penghidupan api yang berikutnya.
Pipa Tembaga
  • Oven Gas memiliki 2 set pipa tembaga, alat ini sebagai penghubung antara jalur gas dan udara yang masuk ke pipa burner ruang bakar. Untuk jenis oven roti otomatis ini tedapat spuyer, yang berfungsi sebagai penyeimbamg tekanan gas.
Pipa Stainless
  • Oven Roti memiliki 2 set pipa stainless steal berfungsi sebagai burner.

Cara Mengoperasikan Oven Roti Otomatis

Beberapa orang sering mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan oven roti otomatis. Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi seperti; tidak terbiasa menggunakan oven otomatis, perbedaan karakteristik oven, dan perbedaan suhu ketika proses pemanggangan berlangsung.

Berikut adalah tips untuk mengoperasikan oven roti otomatis, sehingga Anda tidak akan merasa bingung lagi.

  1. Ketika oven pertama kali dinyalakan, Anda disarankan untuk membuka pintu depan oven agar sisa gas elpiji yang tidak terbakar di dalam oven bisa keluar.
  2. Nyalakan sakelar power, lalu atur suhu yang diinginkan pada thermocontrol api bagian bawah. Jika thermocontrol bagian bawah sudah mencapai suhu yang diinginkan, Anda dapat mulai mengatur suhu bagian atas. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan gas elpiji menjadi lebih hemat.
  3. Jangan lupa untuk mengecek lampu indikator. Pastikan lampu tersebut menyala. Apabila lampu indikator menyala, berarti sistem pembakaran di dalam oven sudah normal. Jika tidak menyala, berarti ada beberapa masalah yang mungkin terjadi seperti habisnya gas elpiji, spuyer yang tersumbat, atau pengaturan centrifugal fan yang tidak sesuai.
  4. Apabila suhu yang diinginkan sudah sesuai, Anda dapat mulai memasukkan adonan roti ke dalam oven, laku atur waktu memanggangnya. Perlu diperhatikan bahwa ketika membuka pintu oven, sebaiknya Anda tidak membukanya terlalu lama karena akan mempengaruhi suhu api bagian atas.
  5. Setelah alarm pengaturan waktu berbunyi, periksa terlebih dahulu apakah roti sudah benar-benar matang sesuai dengan keinginan Anda dengan cara menyalakan sakelar lampu oven.

Apabila roti sudah matang sempurna, Anda dapat mengeluarkannya dari oven. Akan tetapi, sebelum mengeluarkan roti, kembalikan pengaturan suhu atas dan bawah ke titik 0 lagi, matikan sakelar lampu, kemudian sakelar pengatur waktu.

Perlengkapan Utama Pembuatan Roti

Perlengkapan oven roti dibutuhkan dalam proses pengembangan serta pematangan produk roti. Alat ini bukan sembarang perlengkapan proses pembuatan roti, melainkan oven roti juga merupakan perlengkapan alat dalam pembuatan makanan yang diolah dengan cara dioven. Contoh jenis menu makanan yang diolah dengan menggunakan oven ini antara lain yaitu pisang coklat oven, hidangan hari raya seperti kue kenari, kue pastel, bakpia serta masih banyak lagi jenis camilan atau bahan makanan selain roti yang membutuhkan alat oven roti dalam proses pengolahan bahan makanannya.

Kegunaan mesin oven gas ini memang banyak dimanfaatkan kalangan ibu – ibu untuk bisa mengkreasikan makanan ringan dengan tekstur kering. Bisnis makanan ringan tekstur kering yang dikembangkan oleh pebisnis kuliner di Indonesia tentunya juga dilakukan dengan menggunakan mesin oven roti yang satu ini. Bentuk mesin oven roti yang banyak beredar di pasaran yaitu jenis oven gas listrik. Penggunaan listrik sebagai sumber daya alat ini dilakukan karena dinilai cukup praktis serta cepat untuk mengolah berbagai bahan makanan kering. Perangkat oven yang dihubungkan dengan kipas internat mesin oven roti listrik mampu membuat adonan roti menjadi lebih cepat matang secara merata. Adapun beberapa jenis mesin oven roti dapat anda temukan dalam ulasan sebagai berikut :

Spesifikasi dan Harga Mesin Oven Roti Ramesia

Ramesia Mesin menyediakan berbagai oven roti sesuai dengan keinginan Anda, mulai dari iven roti yang terdiri dari 1 dek, 2 dek, bahkan 3 dek. Berikut beberapa oven roti yang bisa Anda dapatkan di Ramesia Mesin.

Oven Roti ARF-10H

Oven roti ini terdiri dari 1 dek dan hanya memiliki 1 rak, sangat cocok untuk memulai bisnis toko roti berskala kecil. Mesin ini juga terbuat dari stainless steel  yang kokoh dan tahan lama.

Oven ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yaitu 990x650x600mm dengan berat 36kg. Oven ini menggunakan bahan bakar elpiji dengan daya sebesar 32 Watt.

Berikut adalah detail dari Oven Roti ARF-10H.

  • Jenis bahan bakar/Daya: Elpiji/32 Watt
  • Tekanan: 2.8Kpa
  • Rated Heat Load: 20MJ/hour
  • Jangkauan suhu: 200C-3000C
  • Kapasitas produksi: 10Kg/jam
  • Berat: 36Kg
  • Ukuran: 990×650×600mm
  • Harga: Rp9.000.000,00

Oven Roti ARF-60H

Oven roti ini memiliki 3 dek dan 6 rak. Setiap rak memiliki panjang 60cm, lebar 40cm, dan tinggi 2cm. Sedangkan oven ini memiliki ukuran 139×93×174cm dengan berat 320kg dan terbuat dari stainless steel. Dengan ukuran dan jumlah rak yang dimiliki oven ARF-60H ini, Anda bisa membuat roti dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu.

Oven ini menggunakan gas elpiji sebagai bahan bakar dan menggunakan listrik berdaya 300 Watt dalam pengoperasiannya. Oven ini juga dilengkapi empat roda kecil yang memudahkannya untuk dipindahkan.

Berikut adalah detail spesifikasi dan harga Oven Roti ARF-60H.

  • Jenisbahan bakar/daya: Elpiji / 300 Watt
  • Voltase: 220 Volt
  • Tekanan: 2.8Kpa
  • Rated Heat Load: 120MJ/ jam
  • Jangkauan suhu: 20°C-400°C
  • Kapasitas Produksi: 60kg/jam
  • Berat: 320Kg
  • Ukuran: 139×93×174cm
  • Harga: Rp26.300.000,00

Bagaimana? Anda tertarik untuk membeli oven roti Ramesia Mesin? Jika bingung untuk memutuskan oven mana yang sesuai untuk bisnis Anda, Ramesia siap membantu. Anda bahkan bisa menemukan lebih banyak oven roti dengan berbagai tipe dengan mengunjungi cabang Ramesia Mesin terdekat di kota Anda.

Kegunaan mesin oven gas memegang andil yang besar bagi perkembangan bisnis roti di Indonesia. Tanpa kehadiran alat ini maka mustahil rasanya jika proses pembuatan roti yang lebih professional dapat dilakukan secara masksimal dengan hasil yang berkualitas. Beberapa jenis tipe mesin oven roti yang bermutu ini dapat anda temukan daftar produk oven yang kami jual sebagai berikut :

OVEN ROTI TYPE ARFH

Oven Gas
1 Deck 1 PAN

Rp9.000.000,00
ModelARF10H
Gas Type | Pressure | PowerL.P.G | 2.8kPa | 32Watt
Rated Heat Load20MJ/h
Temp.20°C–300°C
Kapasitas10kg / jam
Weight (kg)36
Dimensi (cm)99×65×60

Oven Gas
1 Deck 2 PAN

Rp9.875.000,00
ModelARF20H
Gas Type | Pressure | PowerL.P.G | 2.8kPa | 100Watt
R.H.L.?
40MJ/h
Temp.20°C–400°C
Kapasitas40kg / jam
Weight (kg)115
Dimensi (cm)139x93x66

Oven Gas
1 Deck 3 PAN

Rp13.575.000,00
ModelARF30H
Gas Type | Pressure | PowerL.P.G | 2.8kPa | 200Watt
R.H.L.?
60MJ/h
Temp.20°C–400°C
Kapasitas30kg / jam
Weight (kg)115
Dimensi (cm)181×93×66

Oven Gas
2 Deck 4 PAN

Rp18.675.000,00
ModelARF40H
Gas Type | Pressure | PowerL.P.G | 2.8kPa | 200Watt
R.H.L.?
80MJ/h
Temp.20°C–400°C
Kapasitas40kg / jam
Weight (kg)208
Dimensi (cm)139×93×144

Oven Gas
3 Deck 6 PAN

Rp27.250.000,00
ModelARF60H
Gas Type | Pressure | PowerL.P.G | 2.8kPa | 300Watt
R.H.L.?
120MJ/h
Temp.20°C–400°C
Kapasitas60kg / jam
Weight (kg)320
Dimensi (cm)139×93×174

Oven Gas
3 Deck 9 PAN

Rp37.400.000,00
ModelARF90H
Gas Type | Pressure | PowerL.P.G | 2.8kPa | 300Watt
R.H.L.?
150MJ/h
Temp.20°C–400°C
Kapasitas90kg / jam
Weight (kg)430
Dimensi (cm)181×93×171

OVEN ROTI TYPE RFL

-19%
Rp10.500.000,00 Rp8.500.000,00
ModelRMI-ARF20H
Power | Gas Type100Watt | L.P.G | 22.500 BTU
Uk. Tray (cm)60×40×20
Kapasitas40kg / jam
Weight (kg)130
Dimensi (cm)129×85.5×64
Rp6.875.000,00
ModelRFL-11SS
Power | Gas Type48Watt | L.P.G | 15.000 BTU
Temp.30–400°C
Kapasitas20kg / jam
Weight (kg)70
Dimensi (cm)100×67×55
Rp20.900.000,00
ModelRFL-24SS
Power | Gas Type120Watt | L.P.G | 45.000 BTU
Temp.30–400°C
Kapasitas60kg / jam
Weight (kg)250
Dimensi (cm)134×90×140
Rp29.150.000,00
ModelRFL-36SS
Power | Gas Type180Watt | L.P.G | 67.500 BTU
Temp.30–400°C
Kapasitas90kg / jam
Weight (kg)320
Dimensi (cm)134×90×180
Review Pelanggan
Tanggal
Paket Catering
Oven Roti dari ramesia sangat berkualitas
Author Rating
51star1star1star1star1star