Ingin Membuat Jagung Bakar Spesial Ala Resto? Ini Rahasianya

Jagung Bakar
[vc_row][vc_column][vc_column_text]Saat berwisata ke daerah pegunungan, Anda akan dengan mudah menemukan penjual jagung bakar. Makanan ini memang cocok dinikmati untuk mengusir hawa dingin. Selain itu, jagung bakar juga sering kali hadir di perayaan malam tahun baru atau saat berkemah. Bahkan, sekarang jagung bakar juga bisa dijumpai di mal atau rumah makan.

Asal Usul Tanaman Jagung di Indonesia

Jagung berasal dari kata jawi dan agung, yang dalam bahasa Jawa berarti juwawut dan besar. Juwawut adalah sejenis rumput yang menghasilkan biji seperti padi, biasa digunakan sebagai pakan burung. Indonesia memiliki banyak jenis jagung lokal, seperti jagung unyil dari Madura, jagung putih dari Jawa, jagung pondan di Tana Toraja, dan sebagainya.

Di beberapa daerah, jagung menjadi bahan makanan pokok masyarakat. Tak heran, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki lahan perkebunan jagung yang cukup luas, yaitu 3,5 juta hektar per tahun. Angka ini cukup besar jika dibandingkan dengan luas perkebunan jagung di seluruh dunia, yaitu 100 juta hektar per tahun.

Jagung yang merupakan salah satu jenis tanaman palawija ini bukan tanaman asli Indonesia. Banyak yang meyakini bahwa jagung berasal dari Amerika Latin, tetapi lokasi tepatnya masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan jagung berasal dari Meksiko, tetapi ada juga yang berpendapat Andean adalah tempat asal mula jagung.

Sejarah masuknya jagung ke Indonesia juga memiliki berbagai versi. Ada yang berpendapat, jagung dibawa oleh bangsa Portugis, tetapi pendapat lain membantahnya. Penyebaran jagung ke Afrika dan Asia terjadi jauh sebelum bangsa Eropa menjelajahi kedua benua tersebut. Artinya, Indonesia pun sudah mengenal jagung jauh sebelum Portugis datang.

Jagung untuk Dibakar

Ragam Olahan Jagung

Jagung bisa dinikmati dengan berbagai macam cara, baik dalam bentuk utuh maupun pipilan. Jagung utuh bisa direbus, dibakar, atau dipotong-potong sebagai campuran sayuran. Sedangkan jagung yang sudah dipipil bisa dikukus, dibuat bakwan, perkedel, dijadikan popcorn dan keripik, atau sebagai campuran sayur dalam gado-gado maupun tumisan. Selain itu, masih banyak cara lainnya.

Salah satu cara mengolah jagung yang cukup dikenal adalah dengan dibakar. Jagung bakar bisa dibuat dengan proses tradisional yang sederhana, maupun dikreasikan dengan berbagai rasa baru yang lebih modern.

Jenis Jagung yang Cocok untuk Dibuat Jagung Bakar

Banyak ahli yang meyakini, jagung modern yang kita kenal saat ini adalah hasil dari evolusi akibat proses domestikasi oleh manusia. Jagung liar teosinte atau si gigi kuda yang bijinya terbungkus kelobot (kulit jagung) satu persatu berubah menjadi jagung modern yang berupa sekumpulan biji yang menempel pada tongkol, kemudian barulah terbungkus kelobot.

Sampai saat ini dikenal 50.000 kultivar jagung, termasuk yang dihasilkan dari proses persilangan. Namun, tidak semuanya cocok untuk dijadikan bahan utama jagung bakar atau jagung BBQ. Di Indonesia, ada dua jenis jagung yang cocok dan enak untuk diolah dengan cara dibakar, yaitu jagung mutiara dan jagung manis.

Jagung mutiara bagus untuk dipilih sebagai bahan dasar jagung bakar karena memiliki bulir yang besar. Kadar pati jagung mutiara cukup tinggi sehingga mengenyangkan. Jenis kedua yang juga cukup disukai sebagai bahan jagung bakar adalah jagung manis, karena rasanya yang sudah manis walau belum dicampur apapun, cocok dipadukan dengan bermacam jenis bumbu atau saus.

Tanpa penambahan apa pun, jagung bakar yang dibuat dari kedua jenis jagung tersebut sudah cukup enak dinikmati. Namun, untuk menambah rasanya dan memenuhi berbagai selera yang berbeda, kini jagung bakar juga hadir dalam banyak varian. Modifikasi rasa jagung bakar dapat dilakukan dengan cara menambahkan bumbu dalam bentuk bubuk maupun saus.

Bumbu berbentuk bubuk berbentuk kering dan memiliki banyak rasa, misalnya rasa pedas, keju, BBQ, balado, manis, dan lain-lain. Sedangkan bumbu saus berbentuk pasta yang dioleskan pada jagung ketika dalam proses pembakaran. Bumbu saus bisa berupa saus pedas, saus sambal, saus tomat, saus BBQ, mayonaise, madu, atau lainnya.

Memilih Jagung Bakar

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column]
Rp 1.125.000

Alat Grill & Burner

Gas Roaster FMC ROSGK23 Ramesia

Rp 1.900.000

Alat Grill & Burner

Gas Roaster FMC ROSGK25 Ramesia

Rp 2.475.000
[vc_column_text]

Cara Memilih Jagung Untuk Dibakar

Selain mengetahui jenis jagung yang cocok untuk dibuat jagung bakar, yaitu jagung manis dan jagung mutiara, Anda juga harus tahu cara memilih jagung yang tepat. Hal ini penting supaya jagung bakar yang dihasilkan terasa lezat. Untuk mendapatkan jagung yang tepat, perhatikan beberapa tips berikut saat membeli jagung.

  • Biji: pilih jagung yang biji atau gigi jagungnya rapat dan tidak berongga.
  • Kulit: pilih jagung yang kulitnya masih berwarna hijau muda dan tidak kering.
  • Umur: pilih jagung yang cukup tua. Tapi sebaiknya Anda memilih jagung yang umurnya sedang, tidak terlalu tua maupun terlalu muda.
  • Kesegaran: jika memungkinkan, belilah jagung langsung dari kebunnya, karena itu artinya jagung masih baru dan segar. Namun, jika terpaksa membeli jagung di pasar, belilah jagung masih baru, tidak lebih dari 3 hari setelah dipetik.

Empat Cara Membakar Jagung

Meskipun namanya sama-sama jagung bakar, tetapi cara membakarnya bisa berlainan. Sudah pasti, hasilnya juga akan memberikan aroma dan rasa yang berbeda. Yang penting jangan asal bakar, karena hasilnya bisa malah tidak karuan. Berikut ini adalah empat caranya.

1. Dibakar Langsung

Yang pertama adalah cara membakar jagung yang sudah banyak dikenal. Jagung dikupas kulitnya, kemudian dibakar di atas arang atau bara api. Jagung bisa dibakar begitu saja atau diolesi lebih dahulu dengan mentega, saus, atau bumbu lainnya. Cara ini membuat jagung cepat matang, namun rasanya kurang juicy dan cenderung kering serta berwarna kehitaman.

2. Diasapi

Meski membutuhkan waktu lama, jagung yang diasapi memiliki rasa yang sangat khas. Caranya, kupas kulit jagung, tetapi jangan sampai terlepas sepenuhnya. Olesi jagung dengan minyak dan garam, bungkus kembali dengan kulitnya, tetapi jangan terlalu rapat. Sebelum diasapi, jagung dibakar sebentar. Setelah itu, jagung diasap dengan menggunakan alat khusus.

3. Dibakar Bersama Kulitnya

Membakar jagung bersama kulitnya akan menghasilkan jagung yang matang namun tetap berwarna seperti aslinya, tidak hitam, rasanya lebih juicy, dan memiliki aroma khas kulit jagung yang terbakar. Oleskan bumbu ketika jagung sudah matang. Kelemahannya cara ini adalah, karena terbungkus kulit, sulit memastikan apakah jagung sudah matang atau belum.

4. Dibungkus dengan Alumunium Foil

Cara ini biasanya digunakan untuk membuat jagung bakar yang akan disajikan dalam acara pesta. Setelah dikupas kulitnya, jagung dibungkus dengan alumunium foil, kemudian dibakar sambil dibolak-balik selama kurang lebih 15 menit. Penggunaan alumunium foil bertujuan untuk menjaga jagung tetap hangat dan tidak hitam.

Membuat Jagung Bakar

Aneka Variasi Jagung Bakar

Orang Indonesia pada umumnya menikmati jagung bakar dengan cara dimakan langsung. Namun, di beberapa negara lain, jagung bakar menjadi campuran makanan lain atau disajikan dengan cara berbeda.

Jagung Bakar Kabobs

Kabobs adalah makanan yang biasa disajikan di pesta BBQ, terdiri dari irisan daging sapi panggang, jagung, jamur, paprika, atau lainnya. Seluruh bahan ditusuk secara berselang seling, kemudian dibakar. Sebelum dibakar, kabobs dicelupkan lebih dahulu ke dalam air yang sudah dibumbui dengan bawang putih dan garam. Dengan cara ini, jagung bakar terasa lebih nikmat.

Salad Jagung Bakar

Jagung bakar juga ternyata bisa dinikmati dalam bentuk salad. Caranya, jagung yang sudah dibakar dipipil, kemudian tambahkan air lemon, keju, daun bawang, dan bawang putih. Salad jagung bakar sangat cocok dijadikan alternatif menu diet.

Jagung Bakar Italia

Selain Indonesia, Italia juga memiliki menu makanan khas jagung bakar. Supaya tidak penasaran dengan rasanya, Anda bisa mencoba membuatnya. Caranya cukup mudah. Sebelum dibakar, jagung cukup dilumuri dengan bumbu yang terdiri dari mentega, keju, bawang putih, paprika merah, dan parsley, dibungkus dengan alumunium foil, kemudian dibakar.

Jagung Bakar Resto

Resep Jagung Bakar Spesial yang Nikmat

Jagung bakar biasa mungkin sudah sering Anda nikmati. Nah, jika ingin merasakan cita rasa yang berbeda, Anda bisa mencoba ketiga resep jagung bakar spesial berikut ini. Terutama resep ketiga, jagung bakar ala resto.

1. Jagung Bakar Pedas Manis

Bahan:

  • Jagung manis: 8 buah (kupas kulitnya)
  • Margarin: 60 gram
  • Madu: 1 sendok makan
  • Saus tomat: 100 gram
  • Saus sambal: 2 sendok makan
  • Keju cheddar parut: 75 gram
  • Susu kental manis: 2 sendok makan

Cara Membuat:

  1. Campurkan margarin, madu, saus tomat, dan saus sambal, aduk hingga tercampur rata.
  2. Bakar jagung sambil sesekali diolesi bumbu, bolak-balik agar jagung matang merata.
  3. Angkat dari panggangan, segera tuangi dengan susu kental manis dan taburkan keju cheddar parut di atasnya.

2. Jagung Bakar BBQ

Bahan:

  • Jagung manis kupas: 5 buah
  • Margarin: 25 gram
  • Saus BBQ: 1 sendok teh
  • Garam: secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur margarin, saus BBQ, dan garam, aduk hingga merata.
  2. Olesi jagung dengan bahan olesan menggunakan kuas.
  3. Bakar jagung di sambil dibolak-balik dan sesekali diolesi bumbu.
  4. Jika jagung sudah matang merata, angkat. 

3. Jagung Bakar Ala Resto

Bahan:

  • Jagung manis: 10 buah
  • Bubuk perasa (BBQ, balado, keju dan lain-lain): secukupnya

Bumbu Oles Pedas Asin:

  • Saus sambal: 2 sendok makan
  • Madu: 2 sendok makan
  • Margarin: 5 sendok makan

Bumbu Oles Pedas Asin Manis:

  • Madu: 5 sendok makan
  • Margarin: 3 sendok makan
  • Saus sambal: secukupnya
  • Air dan garam: secukupnya

Bumbu Oles Pedas Manis Spesial:

  • Saus sambal: 5 sendok makan
  • Saus tomat: 100 gram
  • Margarin: 100 gram (lelehkan)
  • Gula pasir: 1 sendok teh
  • Bawang putih: 6 siung (haluskan)

Bumbu Olesan Pedas Manis Keju:

  • Keju cheddar parut: 100 gram
  • Saus tomat: 2 sendok makan
  • Saus sambal: 5 sendok makan
  • Margarin: 5 sendok makan
  • Madu: 3 sdm

Bumbu Olesan Saus Rahasia:

  • Saus tiram: 1 sendok makan
  • Saus sambal : 50 gram
  • Saus tomat: 100 gram
  • Gula pasir: 3 sendok makan
  • Gula halus: 1 sendok teh
  • Margarin: secukupnya
  • Air: 100 ml

Cara Membuat :

  1. Campur masing-masing jenis bumbu oles dalam wadah yang berbeda.
  2. Bakar jagung sambil diolesi dengan masing-masing bumbu oles.

Kelezatan rasa jagung bakar juga ditentukan oleh proses pembakarannya. Supaya tidak mengering, oleskan bumbu pada saat jagung sudah hampir matang atau ketika jagung dibalik terakhir kali. Untuk membakar, gunakan panggangan yang terbuat dari bahan stainless steel agar jagung yang dihasilkan tidak hanya enak, tapi juga sehat dan higienis.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_cta h2=”Masih Bingung Memilih Produk Mesin Gas Roaster?” add_button=”bottom” btn_title=”Konsultasi Disini” btn_color=”green” btn_size=”lg” btn_align=”center” btn_i_icon_fontawesome=”fa fa-whatsapp” btn_button_block=”true” btn_add_icon=”true” btn_link=”url:https%3A%2F%2Fkunjungi.website%2Fchat-disini|||”]Kamu bisa konsultasi dengan expert konsultan Ramesia.com untuk mendapatkan Rekomendasi Mengenai Mesin Gas Roaster terbaik untuk Bisnis Anda.[/vc_cta][/vc_column][/vc_row]

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia