macam macam usaha rumahan

Bosan Jadi Pegawai? Simak Macam-Macam Usaha Rumahan yang Bisa Anda Jalankan!

Memiliki usaha rumahan adalah sebuah hal yang didambakan oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Usaha rumahan membuat hidup Anda lebih fleksibel. Anda tak perlu menghabiskan waktu selama sembilan jam untuk duduk di meja kantor. Apalagi, ada macam-macam usaha rumahan yang dapat dijalankan oleh siapa pun, tanpa memedulikan latar belakang mereka.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang sudah jengah dengan aktivitas sembilan jam di kantor? Muak dengan kemacetan yang Anda hadapi di jalan? Anda dapat mencoba membuka usaha rumahan. Bila dijalankan dengan maksimal dan tahu trik-triknya, Anda akan mendapatkan omzet yang besar.

Untuk itu, mari kita lihat apa saja usaha rumahan yang bisa Anda pelajari dengan mudah. Silakan simak ulasannya berikut ini.

1. Jasa Pencucian Baju

Ini adalah usaha yang tak akan mati. Pasalnya, selalu ada busana yang kotor setiap hari. Namun, sebelum membeli mesin cuci dan membuka usaha ini, Anda harus melihat lingkungan sekitar rumah Anda terlebih dahulu. Hal ini wajib dilakukan agar Anda tidak rugi besar akibat telanjur membeli seperangkat mesin cuci yang mahal.

Pastikan masyarakat di sekitar rumah Anda merupakan orang-orang yang sibuk. Saking sibuknya, mereka tak punya waktu untuk mencuci baju sendiri. Kondisi semacam ini sering ditemukan di perumahan elit.

macam macam usaha rumahan

Anda juga bisa membuka jasa laundry apabila berdomisili di dekat kampus atau perkantoran. Baik pekerja maupun mahasiswa, keduanya hampir tak punya waktu untuk mencuci baju sendiri.

Jangan segan untuk mempromosikan bisnis laundry Anda ke beberapa perumahan dan juga kampus serta perkantoran terdekat. Hal ini akan membuat masyarakat menyadari keberadaan usaha Anda, dan tertarik untuk menggunakan jasa laundry yang Anda miliki.

2. Usaha Es Krim

Siapa yang bisa menolak kelezatan panganan dingin nan manis ini? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua suka es krim. Dalam berbagai acara, es krim pun senantiasa menjadi menu wajib. Seperti acara pernikahan, ulang tahun, ataupun perkumpulan kantor dan sekolah, es krim tidak pernah luput dari daftar hidangan.

Agar usaha es krim Anda menarik hati pelanggan, siapkan berbagai varian rasa. Jangan lupa pula untuk selalu mencari tahu varian rasa apa yang sedang laris dibeli orang. Atau, varian rasa apa yang selalu diminati banyak orang meskipun harganya mahal. Seperti misalnya, varian rasa green tea dan durian.

Untuk memulai bisnis es krim, Anda memang harus menyiapkan modal yang cukup besar, sekitar 15 hingga 20 juta rupiah. Modal ini digunakan untuk membeli barang-barang seperti mesin pembuat es krim, baskom es, dan juga booth es krim. Namun tak perlu khawatir, karena modal yang Anda keluarkan akan cepat kembali.

3. Nasi Bungkus

Nasi bungkus memang memiliki rasa yang sederhana. Namun makanan yang satu ini akan selalu laris manis di mana saja. Bukan hanya karena mudah dibawa dan dimakan, tetapi juga karena harganya yang cenderung ekonomis. Bagi mereka yang sibuk dan tidak sempat memasak, nasi bungkus adalah penolong dalam kondisi perut yang keroncongan.

Nasi bungkus biasanya terdiri dari nasi putih, lauk pauk, dan juga sayuran. Satu nasi bungkus saja bahkan bisa mengenyangkan orang dewasa dari pagi hingga siang. Untuk memulai usaha nasi bungkus ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Cukup membeli bahan-bahan di pasar tradisional, dimasak, dan dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak.

Jangan lupa untuk menambahkan menu-menu lain seperti gorengan, atau telur dan bakso tusuk. Dijamin, omzet yang lezat akan mudah Anda dapatkan lewat usaha nasi bungkus.

macam macam usaha rumahan

4. Warung Bakso

Apa saja makanan kesukaan masyarakat Indonesia? Salah satu jawaban yang tepat pastinya adalah bakso. Bahkan, ada lagu anak yang dibuat dengan tema makanan satu ini. Bukan hanya mengenyangkan, bakso memiliki rasa yang amat menggoyang lidah.

Membuka usaha warung bakso memang mudah. Peminatnya pun jelas banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Namun, Anda harus memberikan sentuhan yang unik pada bakso Anda agar mudah bersaing.

Anda bisa membuat promosi besar-besaran, memberi nama yang unik, dan memberi isian lezat pada bakso yang dijual. Atau malah, Anda bisa membuat bakso dengan bentuk selain bulat. Misalnya, bentuk kotak atau bentuk hati. Unik sekali, bukan?

Pastikan pula bahan-bahan yang Anda gunakan untuk membuat bakso masih segar. Karena kalau tidak, rasa bakso akan terganggu, dan hal itu membuat bakso Anda sepi pembeli.

5. Makanan Khas Daerah

Masih ingat dengan fenomena kue oleh-oleh para selebriti? Usaha ini tersebar di berbagai penjuru Indonesia, mulai dari Medan hingga Makassar. Indonesia memang memiliki berbagai panganan dengan cita rasa yang khas. Jadi, bukan sekadar untuk oleh-oleh, makanan khas daerah juga biasa dikonsumsi oleh mereka yang ingin mencoba rasa baru.

Di era modern ini, usaha makanan khas daerah lebih mudah untuk dilakukan. Anda tak perlu lagi memiliki gerai di pusat oleh-oleh. Gunakanlah lokapasar daring untuk menjual oleh-oleh khas kota Anda. Tinggal foto, unggah, dan orang-orang pun bisa membeli oleh-oleh tanpa perlu berkunjung ke kota Anda.

Namun, pastikan Anda mengemas makanan khas daerah ini dengan baik, agar tidak rusak saat proses pengiriman dengan jasa ekspedisi. Pastikan pula bahwa makanan khas daerah yang Anda jual tidak mudah basi dan belum mencapai tanggal kedaluwarsa.

macam macam usaha rumahan

6. Usaha Jilbab

Tahukah Anda bahwa sejak tahun 2014, pengguna jilbab di Indonesia semakin banyak dan terus meningkat dari tahun ke tahun? Untuk itu, usaha jilbab adalah salah satu dari macam-macam usaha rumahan yang dapat memberikan keuntungan menarik bagi Anda

Tren jilbab biasanya akan berganti setiap tahunnya. Bila ingin serius menekuni bisnis ini, maka pastikan Anda selalu mencari informasi tentang tren jilbab apa yang sedang digemari.

Misalnya, tren jilbab organza pada tahun 2017 dan tren jilbab segi empat motif pada tahun 2018. Jangan lupa untuk memastikan bahwa bahan dari jilbab yang Anda jual nyaman dipakai dan tidak mudah sobek.

Anda bisa menjahit sendiri jilbab-jilbab yang akan dijual, atau membeli dalam jumlah banyak lewat pusat grosir. Asalkan promosi usaha jilbab dilakukan dengan gigih, maka produk Anda pun akan banyak dikenal oleh orang-orang. Jangan lupa untuk menyediakan promo menarik di momen tertentu seperti lebaran.

 

7. Baju dan Peralatan Bayi

Bayi memiliki kebutuhan yang cukup banyak. Mulai dari pakaian (yang akan selalu berganti setiap bulan), peralatan makan, mandi, hingga pompa untuk ASI. Pada tahun 2016, BKKBN mencatat bahwa setiap tahunnya, sebanyak empat juta bayi lahir di Indonesia. Maka bisa dibayangkan betapa besarnya omzet dari usaha yang satu ini.

Usaha ini akan lebih baik bila dijalankan secara daring. Buat situs dan akun Instagram yang menarik, kemudian promosikan peralatan bayi yang Anda jual dengan tagar ataupun fitur promosi berbayar yang tersedia. Jangan lupa untuk menawarkan produk Anda pada ibu-ibu yang memiliki bayi, atau tengah hamil.

Anda juga bisa menjual produk-produk peralatan bayi melalui lokapasar daring. Dijamin, usaha ini adalah usaha yang tak ada matinya, serta begitu mudah untuk dijalankan. Namun, pastikan produk peralatan bayi yang Anda jual aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan bayi.

macam macam usaha rumahan

8. Usaha Akikah

Akikah, atau menyembelih kambing sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak, merupakan hal yang dilakukan oleh hampir semua masyarakat muslim di Indonesia. Itulah mengapa usaha ini sangat laris manis, apalagi bila Anda mempromosikannya dengan baik.

Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari setiap penjualan kambing, lho. Namun bagaimana apabila Anda belum memiliki cukup modal untuk menjadi pemilik kambing-kambing akikah?

Jangan berputus asa terlebih dahulu, karena Anda juga bisa menjadi perantara vendor kambing dan pembeli. Anda bisa menaikkan harga sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dengan pihak vendor.

Pastikan daging kambing telah diolah dengan baik agar rasanya lezat dan aromanya tidak terlalu mengganggu, ya. Kualitas daging kambing yang baik akan sangat berpengaruh pada reputasi Anda, baik sebagai vendor maupun sebagai perantara.

9. Bisnis Kosmetik

Perempuan dan kosmetik adalah dua hal yang tak bisa dilepaskan. Perempuan berdandan karena banyak alasan. Ada yang berdandan agar menarik hati banyak orang, ada pula yang bahkan berdandan untuk pekerjaan mereka. Seperti misalnya, pekerjaan sebagai blogger dan vlogger bertema kecantikan.

Untuk itu, bisnis kosmetik bisa dibilang adalah bisnis yang amat potensial. Apalagi bila Anda mengemasnya dengan baik, kemudian dipotret dengan sudut yang apik. Unggah di Instagram dengan tagar tertentu, pastinya akan ada banyak perempuan yang tertarik.

Namun ada satu hal penting yang tak boleh Anda lupakan yaitu keamanan kosmetik. Pastikan Anda menjual kosmetik yang aman untuk kulit, kalau perlu berasal dari bahan-bahan alami. Jangan sampai keinginan Anda untuk mendapatkan untung besar membuat kulit para pelanggan menjadi rusak dan bermasalah.

macam macam usaha rumahan

10. Bisnis Jus Buah

Semakin lama, masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya hidup sehat. Terutama, para pekerja profesional yang berada di kota-kota besar. Untuk itu, bisnis jus buah akan laris manis dan mendatangkan keuntungan besar bagi Anda. Bukan hanya dapat menjadi pelepas dahaga, jus buah juga sehat dan mampu menjadi zat antioksidan bagi tubuh.

Ada dua cara berjualan jus buah yang bisa Anda praktikkan. Yang pertama, berjualan secara langsung, baik di depan rumah, supermarket, maupun kaki lima. Yang kedua, adalah berjualan secara daring.

Untuk yang kedua, Anda bisa menggunakan kemasan botol yang menarik, serta meminta bantuan kurir. Dewasa ini, semakin banyak lho jasa kurir dengan harga yang terjangkau.

Dalam bisnis jus buah ini, Anda harus memiliki kulkas untuk menyimpan buah-buahan, dan juga membuat es batu. Blender dengan kualitas bagus pun juga wajib Anda beli. Bila pelanggan Anda sudah banyak, Anda bisa membeli lebih dari satu blender supaya pesanan-pesanan mereka cepat dibuat.

Nah, itulah macam-macam usaha rumahan yang bisa dikerjakan dengan mudah, dan berpotensi memberikan omzet besar bagi Anda. Bila sudah merasa jenuh menjadi pegawai, atau termasuk ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan, maka usaha-usaha ini adalah jalan untuk mewujudkan keinginan besar Anda.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru