Makanan Khas Bali

Makanan khas Bali

Makanan Khas Bali – Banyaknya wisatawan yang datang mengunjungi Bali, membuat kuliner yang ada di Bali terkena dampaknya. Dampak itu menyebabkan makanan Bali yang disajikan tidak lagi autentik, tetapi lebih kepada gabungan, antara makanan Bali dan makanan barat. Rasanya sendiri sudah disesuaikan dengan lidah barat.

Padahal kenyataannya, semua makanan Bali yang masih autentik memiliki rasa yang tidak kalah lezatnya dibanding dengan makanan gabungan tersebut. Lalu, apa sebenarnya ciri khas dari makanan Bali?

Ciri Khas Makanan Bali

Makanan khas Bali

Franciska Renny, pemilik restoran Taliwang Bali, menjelaskan bahwa masakan Bali tergolong ke masakan yang sehat dan kaya sekali dengan rempah-rempah. Rempah-rempah itu adalah bumbu yang bernama Base Megenep yang jika diartikan berarti disajikan dengan bumbu lengkap.

Selain karena bumbu-bumbu nya, ciri khas masakan khas Bali yang lain, adalah rasanya yang pedas. Walaupun pada dasarnya masakan khas Bali menggunakan bumbu kuning, tetapi tetap saja memberikan rasa yang pedas di lidah. Berbeda dengan daerah Lombok yang mempunyai ciri khas masakan yang berwarna merah, itu disebabkan oleh banyaknya penggunaan tomat.

“Walaupun Bali kuat banget makan pedas, di restoran Taliwang Bali kami mencoba buat lebih mild biar semua bisa masuk. Kalau mau pesan lebih pedas bisa,” katanya.

Contoh dari makanan khas Bali, diantaranya adalah betutu, plecing kangkung, ikan nyat-nyat dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk masakan Lombok, diantaranya adalah ayam sasak.

Nah, setelah tahu apa saja ciri khas makanan Bali. Bagaimana kita melanjutkan artikel ini, dengan membahas beberapa daftar makanan khas Bali yang akan membuat anda ngiler dan ingin mencobanya? Tertarik bukan? Berikut adalah penjelasannya.

Makanan Khas Bali

 

Selain karena keindahan dari pulau dewata ini, pastinya Bali juga mempunyai beragam kuliner lezat yang pasti akan membuat anda ngiler. Bali memang mempunyai makanan dengan ciri khas nya tersendiri. Selain enak, makanan khas Bali ini juga mempunyai rasa yang manis dan juga pedas. Karena itu pula, para wisatawan banyak yang menikmati sedapnya masakan khas pulau dewata ini.

Nah, pasti anda penasaran kan, apa saja masakan khas Bali yang akan kita bahas kali ini? Oke, tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah daftar-daftarnya:

  1. Ayam dan Bebek Betutu

Ayam dan bebek betutu mempunyai rasa yang lezat dan juga pedas, itu dikarenakan makanan ini di masak dengan menggunakan banyak rempah-rempah. Untuk para pecinta pedas pasti tidak boleh melewati makanan yang satu ini, karena pastinya akan membuat anda ketagihan.

Kelebihan lain dari makanan ini adalah, bumbu nya tidak di oleskan, melainkan di masukkan langsung kedalam tubuh ayam nya. Ayam dan bebek betutu juga disajikan dengan utuh, bukan hanya sayap dan badan kaki nya saja, dan disajika langsung kepada pengunjung yang datang untuk memesan.

Cara memasak ayam betutu sendiri, yaitu di panggang diatas bara api dengan di bungkus menggunakan daun pisang. Sehingga nantinya akan memberikan aroma yang khas dan menggugah selera. Untuk anda yang sedang ingin atau sedang berada di pulau dewata, pastikan untuk tidak melewati kuliner yang satu ini. Karena dipastikan, anda akan ketagihan dan puas menyantap makanan ini.

  1. Sate Lilit

Jika ada orang yang sedang membicarakan sate, pasti anda langsung terbayang bentuk dan rasanya, bukan? Biasanya, sate dibuat dengan menusuk daging dengan bamboo dan kemudian dibakar. Tetapi berbeda di Bali, anda akan menemukan sate yang sangat unik, karena sate yang satu ini berbentuk tidak seperti sate pada biasanya.

Sate lilit sendiri, adalah sate yang melilit tusuk satenya, yang terbuat dari bahan daging ikan tengiri atau ayam.

  1. Makanan Nasi Campur Ayam Bali

Nasi campur adalah makanan khas Bali yang terbuat dari nasi, sate lilit, sambal, suwiran ayam dan bahan lainnya. Makanan ini dapat anda temui dengan mudah, karena makanan ini banyak dijual di rumah makan di Bali.

Banyak penduduk Bali yang meminati makanan yang satu ini, karena nasi campur mempunyai rasa yang sangat enak dan di tambah dengan rasa sate lilit dan suwiran ayam, membuat siapa saja yang memakanny pasti ketagihan.

Jika anda berwisata ke Bali, jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini. Karena selain rasanya yang enak, makanan ini dijual dengan harga yang murah.

  1. Lawar Kuwir

Bebek dan entog, adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuat Lawar Kuwir. Daging entok yang sudah di cincang akan dicampur dengan sayuran dan kemudian di masak dengan bumbu rempah khas Bali.

Makanan yang satu ini, memang mantap jika disantap ditemani dengan nasi campur khas Bali. Rasanya yang enak dan lezat, akan membuat siapapun yang menikmati nya akan ketagihan. Apalagi jika disantap sambil melihat pemandangan Bali yang indah dan menawan.

  1. Serombotan

Sayuran, seperti kacang-kacangan dan tauge, itulah beberapa bahan dasar untuk membuat makanan khas Bali bernama Serombotan. Untuk versi jawa nya, bisa disebut dengan nama pecel. Sesuai dengan namanya, serombotan merupakan makanan yang mempunyai bahan sayur yang banyak.

Makanan khas Bali yang satu ini berbeda dengan makanan yang ada di Jawa, karena makanan ini diracik dengan menggunakan bumbu khas Bali yang spesial dan pastinya enak. Nama bumbunya sendiri, dinamai kalas.

Dinamai kalas, karena bumbu ini terbuat dari bahan campuran kunyit, kencur, bawang putih, lengkuas, bawang merah dan ketumbar.

  1. Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

makanan khas bali

Semua orang pasti tahu, jika ditanya apa itu rujak, apalagi untuk anda yang sering memakannya. Rujak yang ada di Bali tidak sama dengan rujak pada umumnya, karena rujak ini adalah rujak yang terbuat dari kuah pindang.

Umumnya, rujak yang satu ini terbuat dari manga muda yang diberi kuah pindang, serta diberi cabai yang sangat pedas. Pastinya anda akan ngiler jika sudah melihat makanan ini deh!

Untuk rasanya jangan ditanya, karena makanan ini sangat menggoda ldah, dengan rasa asam dari manga bercampur dengan rasa pedas dari cabai, yang akan membuat mata anda melek seketika.

  1. Nasi Jinggo

Untuk menikmati makanan dengan nama Nasi jingo ini, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 untuk seporsi makanan ini, murah kan? Selain karena harganya yang murah, nasi jingo juga mempunyai rasa yang nikmat dan sambal yang sangat pedas.

Nasi jingo mempunyai porsi yang tidak sedikit, membuat makanan ini harus di sajikan diatas daun pisang. Selain nasi, makanan ini juga dilengkapi dengan mie goreng , sambal yang pedas dan suwiran ayam yang nikmat. Dengan harga yang murah dan rasa yang lezat, siapa saja pasti mau untuk mencoba menyantap nya.

Bagi anda yang sedang atau ingin berkunjung ke pulau dewata, pastikan untuk menikmati makanan yang satu ini, karena dipastikan akan puas dengan rasa dan banyak porsi nya.

  1. Nasi Topeng

Makanan yang mempunyai tekstur yang sangat lunak, dan diberi nama Nasi Topeng ini, adalah salah satu makanan khas Bali yang berasal dari daerah Gianyar. Walaupun bentuknya hampir sama seperti nasi lamongan, tetapi nasi topeng khas Bali ini memiliki rasa yang berbeda.

Nasi topeng biasanya disajikan dengan ditemani irisan mentimun dan lauk lain, tidak ketinggalan juga, nasi topeng di hidangkan dengan sambal super pedas, yang akan membuat lidah anda kepanasan.

Memang, tidak ada habisnya jika kita membahas kuliner yang ada di Indonesia. Kuliner Bali yang diatas saja sudah banyak, apalagi jika membahas semua kuliner Indonesia satu persatu, pasti tidak akan ada habisnya.

Tetapi setelah membahas kuliner khas Bali diatas, tidak lengkap jika kita tidak juga membahas resep yang digunakan untuk membuat makanan khas Bali. Walaupun kali ini kita hanya membahas sedikit saja, tetapi tetap saja tidak boleh dilewatkan. Karena siapa tau, nanti anda tertarik untuk membuat nya sendiri dirumah. Nah, apa saja resep-resep nya? Berikut adalah beberapa resep makanan khas Bali untuk anda.

Resep Makanan Khas Bali

Makanan khas Bali

  1. Resep Sate Lilit

Seperti yang sudah kita bahas diatas, Sate lilit adalah makanan yang berbahan dasar ikan dan daging yang dililit ke tusuknya, jadi bukan bambu yang ditusuk ke dagingnya. Tapi setelah membicarakan sate lilit diatas, pasti anda ingin mencicipi rasa dari sate lilit kan? Walau sedang tidak berada di pulau dewata, anda masih bisa membuat nya sendiri dirumah. Untuk membuat sate lilit, hanya memerlukan bahan-bahan yang mudah dan alat yang bisa anda temukan dirumah anda. Berikut adalah resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan

  • Daging ikan tenggiri/kakap giling 350 gram
  • Daging ayam giling 150 gram
  • Santan kental 3 sendok makan
  • Kelapa parut 3 sendok makan
  • Daun jeruk purut 3 buah (iris halus)
  • Serai 20 batang (dijadikan tusuk sate)

Bumbu Halus

  • Bawang putih 3 buah
  • Bawang merah 6 buah\
  • Cabe merah keriting 4 buah (dibuang bijinya)
  • Kemiri sangria 3 buah
  • Kunyit sangria 3 cm
  • Serai bagian putih 3 cm
  • Lengkuas 2 cm
  • Kencur 2 cm
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula 1 sendok teh
  • Kaldu jamur ½ sendok teh
  • Lada ¼ sendok teh

Langkah-langkah membuat Sate Lilit

  • Panaskan 3 sendok makan minyak sayur didalam penggorengan, lalu tumis bumbu halus sampai beraroma wangi. Setelah itu dinginkan.
  • Campurkan daging ayam, daging ikan, kelapa parut, bumbu halus, santan kental dan daun jeruk nipis. Lalu aduk sampai rata menjadi satu.
  • Bagi adonan menjadi 20 bagian. Ambil 1 bagian adonan, lalu pipihkan dan setelah itu dikepal padatkan di batang serai. Teruskan sampai adonan terakhir.
  • Olesi teflon menggunakan minyak, lalu panggang dengan cara membolak-Balik adonan sampai matang
  • Setelah matang, angkat dan sate lilit siap dihidangkan.

Mudah bukan? Sate lilit lebih sedap jika disajikan dengan sambal matah dan nasi hangat, dipastikan anda akan mau nambah lagi.

  1. Nasi Tepeng

Setelah mengetahui apa saja resep dan cara membuat sate lilit, sekarang saatnya untuk resep selanjutnya yang tidak kalah lezat nya, yaitu nasi tepeng. Nasi tepeng sendiri, adalah makanan yang berasal dari Gianyar Bali dan mempunyai tekstur yang lembek, bahkan dapat disamakan seperti bubur pada umumnya. Tetapi perbedaan yang paling terlihat, karena adanya bumbu rempah khas Bali yang ada dalam makanan yang satu ini. Berikut adalah resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan

  • Beras 500 gram, cuci bersih
  • Daun salam 4 lembar
  • Serai 2 batang, dimemarkan
  • Garam 2 sendok the
  • Santan dari 1 butir kelapa 1.000ml

Bumbu halus

  • Bawang merah 4 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh

Cara membuat Nasi Tepeng

  • Untuk membuat nasi, rebus santan, kunyit, daun salam, serai dan garam sambil diaduk sampai mendidih
  • Tambahkan beras, lalu aduk sambil benar-benar meresap, lalu kukus selama 45 menit sampai matang
  • Untuk pelengkap, rebus bumbu halus dan bahan gorengan sampai merespa dan kering. Lalu angkat dan goreng sampai matang.
  • Untuk membuat sambal, pertama-tama panaskan minyak goreng, cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, terasi dan cabai rawit merah. Lalu ulek sampai halus, setelah itu baru tambahkan gula pasir dan garam. Aduk sampai rata.
  • Selesai, nasi tepeng siap dihidangkan

Biasanya nasi tepeng dihidangkan dengan pelengkap, seperti sayuran dan siraman sambal yang mantap.

  1. Rujak Bulung

Untuk anda penggila rujak, anda harus membaca resep dan cara membuat rujak gulung ini sampai habis. Karena nantinya, jika anda bisa membuat rujak bulung, anda tidak akan menyesal dengan rasanya yang segar dan membuat mata anda melek. Berikut resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan

  • Bulung bunia tau rumput laut segar 300 gram
  • Kuah pindang 1 sendok sayur
  • Air untuk merebus
  • Air es untuk merendam

Bumbu kelapa

  • Kelapa yang dibakar ¼ butir (diparut)
  • Lengkuas 1 cm (diparut)
  • Campurkan kedua bahan tadi, lalu tambahkan kuah pindang

Bumbu rujak

  • Cabe merah 2 buah
  • Terasi bakar sedikit saja
  • Garam sesuai selera anda
  • Sedikit gula pasir
  • Ulek seluruh bahan tadi sampai halus

Cara membuat Rujak Bulung

  • Pertama-tama didihkan air, lalu masukkan bulung buni sebentar kedalam air mendidih
  • Angkat dan langsung masukkan kedalam air es, lalu tiriskan\
  • Tata rujak bulung diatas sebuah piring
  • Campur bumbu rujak dan bumbu kelapa, tarus diatas bulung buni
  • Beri perasan jeruk limau untuk menyegarkan
  • Rujak Bulung siap untuk disajikan

Nah, bagaimana resep diatas? Mudah bukan? Untuk anda yang ingin mencoba masakan khas Bali, tetapi tidak sedang berada di pulau dewata, anda bisa membuat makanan tersebut dirumah.

Penulis sendiri mempunyai tanggapan, bahwa makanan khas Bali diatas adalah makanan yang harus kita lestarikan, dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat anda teringat kemBali makanan khas Bali yang sekarang makin terlupakan oleh makanan gabungan dari barat sana.

Memang, keunikan dan keragaman kuliner Indonesia banyak sekali yang belum diketahui. Semoga dengan artikel makanan khas Bali ini, dapat memperluas pengetahuan yang membaca. Demikian artikel makanan khas Bali ini. terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia