Makanan Khas Bandung – Wajib Anda Coba dan Cicipi!

makanan khas bandung

Makanan khas Bandung – Bandung, kota yang memiliki julukan sebagai kota kembang ini terletak di Provinsi Jawa Barat dan sepertinya semua masyarakat Indonesia sudah mengetahui keindahan yang dimiliki oleh ibu kota Jawa Barat ini.

Ketenaran kota Bandung ini tentu saja tidak tanpa alasan. Bandung terkenal karena memiliki segudang destinasi wisata. Sebut saja destinasi wisata yang ada di pikiran Anda, pasti hal tersebut ada dan tersedia di kota Bandung. Misalnya spot foto keren dan instagramable, wisata bersejarah, wisata alam, bahkan wisata belanja juga ada di kota kembang ini. Namun, yang paling jelas dan terkenal adalah wisata kuliner dan makanan khas Bandung tentunya.

Karena hal ini lah Bandung menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kuliner yang dimiliki kota ini juga sangat bervariasi dan memiliki cita rasa tinggi yang tidak akan mengecewakan lidah siapapun yang mencicipinya.

Nah, penasaran makanan khas Bandung apa saja yang bisa Anda cicipi dan tempat terbaik untuk mencicipi makanan tersebut? Simak terus artikel ini sampai habis ya!

Makanan Khas Bandung dan Lokasi Terbaik Mencicipinya

Jika berbicara tentang kuliner yang ada di Bandung, kota ini menyediakan berbagai makanan yang tentu saja khas dan bercita rasa tinggi. Namun perlu Anda ketahui, jika ingin mencoba makanan atau kuliner yang ada di dalam daftar di bawah ini, Anda harus menentukan tempat atau restoran terbaik yang bisa menyajikan makanan-makanan ini dengan rasa yang maksimal dan sangat enak tentunya.

Seblak – Makanan Khas Bandung Yang Tidak Boleh Terlewat

makanan khas bandung

 

Banyak orang yang bilang belum sah berlibur ke Bandung kalau belum mencicipi seblak di kota kelahiran kuliner ini secara langsung. Makanan atau kuliner yang satu ini berbahan dasar kerupuk basah yang memiliki cita rasa yang sangat khas karena dilengkapi dengan berbagai bumbu dan rempah serta bisa mengenyangkan perut karena memiliki isian seperti sayur, daging, dan juga telur.

Di kota Bandung sendiri, ada banyak sekali penjual seblak yang tersebar dan menawarkan makanan yang satu ini. Namun, jika Anda ingin menikmati seblak dengan rasa terbaik, penulis menyarankan Anda untuk pergi ke Seblak Jebred yang memiliki berbagai macam isian seperti ceker, tahu krispi, dan juga sosis, serta kikil.

Seblak Jebred berlokasi di Jl. Buah Batu No. 136, Turangga, Lengkong, Kota Bandung. Harga satu porsi dari seblak Jebred ini berkisar antara Rp 12.000 dan untuk topping tambahan dikenai harga Rp 3.000 sampai dengan Rp 4.000 per topping.

Nasi Tutug Oncom

Mungkin jika dilihat dari nama kuliner atau makanan khas Bandung ini Anda sudah bisa menebak seperti apa nasi yang satu ini, minimal mengetahui campuran dari kuliner ini. Jika Anda menjawab oncom maka Anda sangat benar. Nasi yang digunakan untuk kuliner yang satu ini diolah dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan oncom dan dipadukan dengan berbagai lauk pauk yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Kembali lagi ke pertanyaan di awal tadi, di mana tempat menikmati nasi tutug oncom yang paling tepat dan paling enak? Seperti yang kita ketahui, untuk selera rasa makanan setiap orang pasti berbeda-beda dan relatif. Namun, penulis menyarankan untuk pergi ke Nasi Tutug Oncom Bi Kokom untuk bisa menikmati nasi tutug oncom dengan rasa terbaik.

Lokasi dari Nasi Tutug Oncom Bi Kokom ini ada di Jl. Macan, Burangrang, Lengkong, Kota Bandung. Untuk harga 1 porsi nasi tutug oncom ini berkisar antara Rp 8.000 sampai dengan Rp 25.000, dan hal ini tergantung dari lauk pauk yang Anda pilih sebagai teman makan.

Nasi Timbel

Nasi Timbel? Timbel sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti “tersembunyi”. Nah, nasi timbel sendiri berarti nasinya tersembunyi. Mengapa demikian? Karena nasi ini dibuat dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun pisang, dan untuk mengkonsumsi nasi ini kita harus membuka daun pisang tersebut.

Setelah Anda berhasil membuka daun pisang tersebut, maka Anda akan menemukan nasi hangat berwarna putih yang mengeluarkan aroma yang sangat sedap dan tentunya akan membangkitkan selera makan Anda. Lauk yang digunakan untuk menemani makanan yang satu ini biasanya adalah daging atau ikan, tahu, tempe, dan akan sangat lengkap jika ditemani oleh sambal dan juga lalapan.

Jika Anda ingin mencoba rasa paling mantab dari nasi timbel ini, silahkan kunjungi Nasi Timbel Bawean yang berlokasi di Jl. Bawean Pav. 3, Bandung Merdeka, Sumur Bandung. Harga yang dibanderol untuk nasi timbel ini berkisar Rp 4.000 untuk satu porsi nasi, dan lauknya berkisar antara Rp 1.000 sampai dengan Rp 15.000.

Karedok

Bagi Anda yang tidak ingin sembarangan mengkonsumsi makanan dan hanya ingin makan makanan bergizi, maka makanan khas Bandung yang satu ini sangat cocok untuk Anda pilih, yaitu Karedok. Makanan yang satu ini sangat menjamin kesagaran yang dimilikinya, mulai dari pemilihan bahan, cara pengolahan, serta penyajian, dijamin tetap segar dan nikmat.

Tips dari penulis untuk menikmati rasa yang lebih enak dari karedok adalah dengan meminta karedok yang memiliki rasa yang sedikit lebih pedas dari biasanya. Rasa pedas ini bisa menambah kesegaran dari karedok yang akan Anda nikmati.

Salah satu kedai atau penjual karedok yang memiliki banyak penggemar dan cukup populer di Bandung adalah Warung Cihapit Bu Siti. Warung beliau terletak di Jl. Cihapit No.6, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung. Harga dari karedok bu Siti pun cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 10.000 saja.

Mie Kocok

Belum puas menikmati sensasi rasa dari kuliner atau makanan khas Bandung dan ingin mencari lagi yang lebih enak dan lebih nendang? Silahkan datang ke kedai Mie Kocok Mang Dadeng. Rasa nikmat yang dimiliki oleh seporsi mie kocok ini berasal dari berbagai bahan isian yang digunakan oleh Mang Dadeng selaku pembuat dan pemilik warung tersebut.

Kabarnya, rasa nikmat ini juga didapat dari 27 macam bumbu rempah yang akhirnya menjadikan Mie Kocok Mang Dadeng begitu populer dan diminati oleh pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke kota Bandung. Kaldu yang sangat terasa dilidah dan dilengkapi dengan berbagai isian seperti mie kuning gepeng, potongan kikil, sum sum, serta dilengkapi dengan daun seledri dan bawang goreng tentu saja membuat mie kocok ini sangat nikmat dan bercita rasa tinggi.

Penasaran? Silahkan pergi ke Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung. Harga satu porsi dari mi kocok Mang Dadeng ini pun terjangkau, yaitu Rp 23.000 saja.

Surabi

makanan khas bandung

 

Salah satu makan khas Bandung yang cukup populer di kalangan wisatawan atau turis yang sedang berkunjung ke Bandung adalah Surabi. Surabi sendiri adalah makanan kecil atau jajanan yang sebenarnya adalah sebuah jajanan tradisional dan sudah tercemari kekreatifitasan masyarakat Bandung.

Kretifitas itu pun akhirnya membuat surabi jadi memiliki berbagai rasa, topping, dan bahkan berubah bentunya menjadi lebih lucu dan imut. Karena hal ini lah akhirnya surabi banyak diminati oleh orang-orang atau wisatawan yang pergi berkunjung dan berlibur ke kota Bandung.

Salah satu kedai atau warung yang menjadi pioner atau yang memulai merubah surabi adalah Surabi Cihapit. Mereka sudah memulai usahanya ini sejak tahun 1991 dan terkenal karena surabi oncomnya. Selain itu juga ada varian rasa surabi lain yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

Surabi Cihapit ini terletak di Jl. Cihapit, Cihapit, Kota Bandung. Harga yang ditawarkan untuk satu buah surabi berbagai varian rasa serta topping ini pun sangatlah terjangkau, yaitu mulai dari Rp 2.000 saja, dan semakin mahal jika rasanya dan topping yang dipilih semakin beragam.

Ulukutek Leunca

Makanan khas Bandung yang selanjutnya ini pasti akan membuat Anda terkejut karena makanan satu ini memiliki nilai kandungan gizi yang sangat tinggi dan cocok untuk Anda yang ingin berkunjung ke Bandung dan ingin merasakan makanan khasnya namun tetap termasuk ke dalam makanan sehat.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan ini antara lain adalah kalori, vitamin, karbohidrat, serta senyawa lain yang tentunya baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan baik.

Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih, bertekstur renyah, sedikit pahit, dan ada rasa pedas yang tentunya membuat lengkap rasa nikmat yang dimiliki oleh makanan khas Bandung yang satu ini. Jika ingin mencobanya, silahkan kunjungi warung ibu Imas di Jl. Balonggede No. 38, Balonggede, Regol, Kota Bandung. Harga satu porsi ulukutek leunca hanya berkisar Rp 10.000.

Gehu Jeletot

makanan khas bandung

Satu lagi makanan khas Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan saat sedang berkunjung atau berlibur ke kota ini, apalagi jika Anda adalah seseorang yang menyukai sensasi pedas pada makanan, Gehu Jeletot namanya. Makanan ringan yang satu ini terbilang baru muncul, namun rasa gurih dan pedas yang dimilikinya pun mampu membuat gehu jeletot banyak diburu oleh orang Bandung maupun wisatawan yang sedang berkunjung.

Di dalam tahu ini Anda bisa menemukan berbagai macam isian, mulai dari taburan sayuran yang terdiri dari irisan kol dan wortel, Anda juga bisa menemukan daging sapi dan juga cabai tentunya. Jika Anda ingin mencoba mencicipi rasa gehu jeletot yang paling enak, silahkan kunjungi Gehu Hot Jeletot. Memang, harga yang dibanderol bisa dibilang lebih mahal dibanding produk sejenis, namun ada harga ada kualitas, bukan?

Gehu Hot Jeletot bisa Anda temui di Jl. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Margahayu Barat, Sekejati, Buahbatu, Bandung. Harga satu buah gehu jeletot di tempat ini mulai dari Rp 2.000 saja, masih terjangkau ternyata.

Bandros

Sepertinya makanan khas Bandung ini seperti tidak habis-habis, ya? Selalu saja ada kreasi baru soal makanan ringan maupun makanan besar yang tentunya khas dari kota ini. Salah satu makanan ringan yang cukup populer adalah bandros. Bandros sendiri adalah kue yang diolah dari bahan dasar campuran tepung beras dan santan.

Bandros memiliki bentuk yang menyerupai kue pukis, namun memiliki cita rasa gurih dan berbeda dari kue pukis yang memiliki rasa manis. Selain itu juga bandros dilengkapi dengan taburan gula pasir untuk menambah cita rasa nikmat yang dimilikinya.

Bagi Anda yang ingin mencoba varian rasa baru dari bandros, bisa mengunjungi Bandros Cowboy Cisangkuy. Mereka memiliki bandros degan berbagai macam varian rasa seperti keju, cokelat, bahkan greentea. Meskipun demikian, mereka tetap menyediakan bandros dengan rasa original. Lokasi dari Bandros Cowboy Cisangkuy ada di Jl. Cisangkuy No. 56, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung. Harga yang dibanderol mulai dari Rp 8.000 sampai dengan Rp 45.000 untuk satu porsi Bandros.

Colenak

Menurut penulis sendiri, makanan khas Bandung yang satu ini memiliki nama yang sedikit nyeleneh, yaitu colenak. Sebenarnya kuliner yang satu ini terdiri dari singkatan yang artinya dicocol enak, tetapi banyak orang yang mengetahui makanan ini dengan nama Tape Bakar.

Makanan yang satu ini berbahan dasar singkong yang dibakar dan dikonsumsi dengan cara dicocolkan pada gula merah yang sebelumnya sudah dipanaskan agar meleleh dan selanjutnya dicampurkan dengan parutan buah kelapa. Menarik bukan?

Salah satu tempat yang penulis rekomendasikan untuk menikmati makanan yang satu ini adalah Colenak Murdi Putra yang konon kabarnya, sudah berdiri sejak tahun 1930. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani No. 733, Cicaheum, Kiaracondong, Padasuka, Cibeunying kidul, Kota Bandung. Harga yang ditawarkan untuk 1 porsi colenak ini adalah Rp 10.000 saja.

Pisang Bollen Kartika Sari

Makanan khas Bandung yang satu ini tidak jarang dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bandung yang biasanya diberikan kepada orang-orang tersayang di rumah setelah berlibur ke kota Bandung. Biasanya orang-orang yang membeli pisang bollen ini, membelinya di toko oleh-oleh Kartika Sari.

Wajar saja, karena pisang bollen Kartika Sari ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan tentunya lezat dan bahkan banyak orang yang bilang pisang bollen dari toko ini bisa meninggalkan kesan yang sulit untuk dilupakan.

Selain itu juga pisang bollen ini memiliki berbagai varian rasa yang bisa Anda nikmati, mulai dari rasa kacang hijau, bahkan rasa peyeum pun tersedia. Toko oleh-oleh kartika Sari ini terletak di Jalan Haji Akbar No. 4, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung. Harga yang ditawarkan untuk 1 kotak pisang bollen berbagai rasa ini adalah Rp 47.000 saja.

Peyeum

Nah, makanan khas Bandung yang satu ini rasanya sudah menjadi ikon dan sudah sangat identik dengan kota kembang yang berada di Provinsi Jawa Barat ini, yaitu Peyeum. Peyeum sendiri adalah makanan yang berbahan dasar tape singkong, namun bukan sekedar dan sembarang tape, peyeum ini memiliki kadar air yang lebih sedikit dari tape singkong yang biasanya.

Karena kadar air yang tidak terlalu banyak ini lah yang membuat peyeum bisa bertahan dengan waktu yang relatif lama. Dan hebatnya lagi, peyeum bisa Anda konsumsi secara langsung dan bisa juga dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan makanan lain yang tentu saja juga memiliki rasa yang tidak kalah enak.

Jika Anda ingin membeli dan membawa oleh-oleh peyeum dengan rasa dan kualitas terbaik, silahkan menuju langsung ke sentra pembuatannya di Desa Citatah di Jalan Bandung – Cianjur, Kampung Cimerang, Desa Citatah, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Harga dari peyeum ini sekitar Rp 15.000 per kilogramnya.

Itulah beberapa daftar makanan khas Bandung yang harus Anda coba dan cicipi serta bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada orang-orang tercinta di kota asal Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memutuskan dan menginspirasi makanan yang akan Anda konsumsi saat sedang berkunjung atau berlibur di kota Kembang yang ada di Jawa Barat ini. Terima kasih sudah mampir.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia