Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Anda Coba dan Cicipi

makanan khas jawa barat

Makanan khas Jawa Barat – Jawa Barat, siapa sih yang tidak tahu mengenai provinsi yang satu ini? Selain bisa dibilang sebagai pusat dari segala pusat negara Indonesia, Jawa Barat juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, serta wisata kuliner.

Jika berbicara tentang kuliner, Provinsi yang satu ini juga memiliki banyak makanan khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa lezat dan wajib untuk Anda coba. Karena pilihan makanan yang dimiliki oleh provinsi ini sangat banyak jumlahnya, maka penulis sudah merangkum beberapa kuliner yang wajib Anda cicipi saat sedang berlibur atau berkunjung ke Provinsi ini.

Daftar Makanan Khas Jawa Barat

makanan khas jawa barat

Seperti yang sudah penulis sampaikan di atas, Jawa Barat ini adalah sebuah Provinsi yang menyimpan banyak destinasi wisata yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk mengisi waktu liburan. Tetapi kali ini penulis hanya akan membicarakan makanan khas Jawa Barat saja, agar Anda tidak perlu bingung dan repot mencari lagi informasi mengenai hal ini.

Nasi Lengko

Makanan khas Jawa Barat yang pertama adalah Nasi Lengko, mungkin beberapa dari kita tidak mengetahui banyak hal tentang kuliner yang satu ini. Nasi lengko adalah olahan nasi yang dipadukan dengan berbagai macam isian. Isian yang digunakan untuk menambah kenikmatan nasi lengko ini antara lain adalah sayur-sayuran, dan juga berbagai macam gorengan.

Bagi Anda yang menyukai makanan dengan cita rasa pedas yang mengigit, maka nasi lengko ini juga bisa ditambahkan dengan campuran cabai atau sambel yang tentu saja juga bisa menambah cita rasa kenikmatan kuliner ini. Apalagi jika ditambahkan dengan taburan daun goring di atasnya.

Gorengan yang biasanya digunakan untuk dimakan bersama nasi lengko antara lain adalah tahu goreng, tempe goreng, dan juga dilengkapi dengan daun kucai, mentimun, dan juga tauge. Dengan taburan saus kacang tentu saja membuat nasi lengko dapat menggoyang lidah siapapun yang mencoba kuliner yang satu ini.

Tapai Ketan

Tapai Ketan, atau bisa juga disebut dengan nama Tape Ketan. Kuliner khas dari Jawa Barat ini adalah hasil dari proses fermentasi berbagai macam bahan. Tape ketan sendiri berasal dari daerah Kuningan dan biasanya menggunakan beras ketan sebagai bahan dasar pembuatannya.

Beras ketan yang digunakan pun bisa menggunakan beras ketan putih atau beras ketan hitam. Yang jelas, rasa keduanya sama-sama nikmat dan lezat pastinya. Tapai ketan sendiri memiliki warna hijau yang sangat menarik, dan warna ini berasal dari bahan alami yaitu didapat dari daun katuk.

Pembuat dari tapai ketan biasanya menggunakan bahan alami sebagai pembungkus dari makanan yang satu ini. Biasanya mereka menggunakan daun pisang atau juga bisa menggunakan daun jambu, meskipun kebanyakan penjual lebih memilih daun pisang sebagai bahan yang membungkus tapai ketan ini.

Tahu Kuningan

Sesuai namanya, makanan khas Jawa Barat yang satu ini berasal dari daerah Kuningan, sama dengan Tapai Ketan. Nama kuliner yang satu ini adalah Tahu Kuningan. Cita rasa gurih yang dimiliki oleh tahu ini sangat cocok jika dikonsumsi bersama cabai atau bisa juga menggunakan sambal.

Tahu Kuningan sendiri berbeda dari tahu yang biasanya kita konsumsi sehari-hari. Apa bedanya? Perbedaan yang dimiliki oleh tahu ini ada pada tekstur dan bahan pembuatannya. Tahu Kuningan menggunakan olahan kacang kedelai yang sudah difermentasi.

Tahu Kuningan ini memiliki tekstur isian yang padat sehingga bisa mengenyangkan perut jadi sangat cocok untuk digunakan sebagai snack atau makanan ringan yang bisa menunda rasa lapar, setidaknya sampai waktu jam makan sudah datang.

Mie Kocok

Mungkin beberapa dari kita kurang mengetahu tentang kuliner yang satu ini, meskipun memiliki bahan dasar yang menggunakan mie, makanan yang satu ini masih kalah populer dari mie ayam atau pun kuliner berbahan dasar mie yang lain.

Namun, mie kocok sendiri memiliki cita rasa yang tidak boleh anda ragukan. Berbagai bahan pelengkap yang digunakan dalam proses pembuatan mie kocok, tentu saja dapat memberikan anda cita rasa terbaik. Salah satu contoh bahan pelengkapnya antara lain adalah mie, sawi, telur, dan masih banyak lagi.

Jika berbicara kandungan gizi, mie kocok bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam satu porsi mie nya. Karena di dalam isian mie kocok ini Anda bisa mendapatkan protein dari daging yang juga biasanya tersedia sebagai salah satu bahan isian dari mie kocok, karbohidrat juga bisa Anda dapatkan dari mie tersebut.

Nasi Jambang Daun Jati

Nasi Jambang Daun Jati sebenarnya adalah salah satu jenis kuliner yang bisa dibilang sebagai nasi biasa yang lalu diberikan lauk pauk sesuai selera. Namun, yang membuatnya unik dan menjadi makanan khas Jawa Barat adalah cara penyajiannya yang berbeda dari nasi lainnya.

Selain cara penyajiannya yang unik, yaitu dengan menggunakan daun jati sebagai wadah untuk menampungnya, nasi jambang daun jati ini ternyata memiliki cerita bersejarah dibalik penyajiannya yang unik ini. Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia, warga cirebon sering menyajikan nasi ini kepada para pejuang dengan cara dibungkus dengan menggunakan daun jati.

Dalam satu porsi nasi jambang daun jati, biasanya nasi yang digunakan tidak terlalu banyak dan bisa dibilang cukup sedikit. Namun, lauk pauk yang dipakai malah lebih banyak dari biasanya, dan daun jati yang digunakan sebagai bahan pembungkus ini juga bisa memberikan aroma yang khas dan tidak ada di makanan lainnya.

Lepet Kuningan

Lepet, kuliner yang satu ini bukan hanya terkenal di kalangan masyarakat jawa Barat saja, melainkan sudah terkenal di seluruh wilayah jawa, karena sering disajikan pada hari besar, seperti hari raya idul fitri dan idul adha. Salah satu lepet khas Jawa Barat adalah lepet kuningan yang memiliki warna agak kecoklatan dan berbeda dengan lepet lain yang cenderung berwarna kuning.

Proses pembuatan lepet kuningan ini pun sama seperti proses pembuatan lepet pada umumnya. Bahan dasar pembuatan lepet kuningan ini adalah ketan putih yang selanjutnya dibungkus dengan menggunakan daun kelapa yang diikat agar beras ketan tidak berceceran dan berantakan.

Lepet Kuningan ini juga biasanya memiliki isian berupa kacang. Selain itu juga saat belum dimasak, nasi ketan yang akan digunakan juga diberi campuran parutan kelapa yang bisa meningkatkan rasa enak dan lezat pada lepet Kuningan dan tentunya lepet ini adalah makanan khas Jawa Barat yang wajib anda cicipi.

Makaroni Panggang

Makaroni, makanan yang satu ini sepertinya sudah terkenal di seluruh dunia bahkan di Indonesia sendiri juga banyak penggemarnya. Namun di kota Bogor kita bisa menemukan sebuah olahan makaroni yang cukup unik, yaitu makaroni panggang.

Makaroni panggang yang ada di kota Bogor ini pun memiliki ukuran yang lebih panjang jika dibandingkan dengan makaroni lain yang ada di Indonesia. Selain itu juga makaroni ini dilengkapi dengan taburan keju yang pastinya menambah kelezatan dari kuliner atau makanan khas Jawa Barat yang satu ini.

Jika Anda sedang berkunjung atau berlibur di sekitar daerah Bogor, maka bisa menjadikan makaroni panjang ini sebagai oleh-oleh yang sangat cocok dan bisa Anda berikan kepada orang-orang di rumah atau kepada orang-orang yang anda sayang.

Karedok

Makanan khas Jawa Barat yang selanjutnya adalah karedok. Karedok sendiri adalah sebuah kuliner yang disajikan dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang sangat sehat karena berasal dari sayuran yang masih sangat segar.

Jika Anda tahu mengenai gado-gado atau pecel, maka karedok ini sangat mirip dengan kedua makanan tersebut. Perbedaan yang ada pada karedok dan gado-gado atau pecel ini terdapat pada sayuran yang digunakan. Jika gado-gado atau pecel menggunakan sayuran yang sudah matang, maka karedok menggunakan sayuran yang masih segar.

Penggunaan sayuran segar ini lah yang bisa memberikan kandungan gizi terbaik saat anda mengkonsumsi karedok, dan Anda tidak perlu khawatir bisa mendapatkan rasa pahit dari sayur segar, karena bumbu kacang yang digunakan bisa menghilangkan rasa tersebut bahkan menambah nikmat cita rasa yang dimiliki oleh karedok.

Dorodok

Kuliner selanjutnya yang masih berada dalam daftar makanan khas Jawa Barat adalah dorodok. Dorodok sendiri adalah makanan yang berasal dari kota Garut, mungkin ketika mendengar kata Garut Anda akan langsung berpikir mengenai Dodol Garut. Padahal di Garut masih ada makanan khas lain yang tidak kalah nikmat dan lezat, yaitu Dorodok.

Dorodok sendiri adalah makanan yang menggunakan bahan dasar kulit sapi atau kulit kerbau. Pemberian nama dorokdok pada kuliner ini pun berasal dari suara yang dihasilkan ketika kita sedang mengunyah dorokdok yang bisa dibilang berbunyi seperti “drokk drokk drokk”.

Uniknya lagi, jika dalam proses pembuatan dorodok menggunakan bahan dasar yang berbeda, maka cita rasa yang dihasilkan pun bisa berbeda. Contohnya jika Anda menggunakan kulit sapi, maka tekstur dan rasa yang Anda dapatkan adalah gurih dan renyah, dan jika Anda menggunakan kulit kerbau maka tekstur dan rasanya adalah manis dan juga gurih.

Dodol Garut

makanan khas jawa barat

Dodol garut adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah cukup terkenal seantero negara Indonesia. Dodol Garut sendiri memiliki bentuk yang memanjang dan terkenal karena rasanya yang manis dan juga memiliki tekstur yang lembut.

Beberapa orang berpendapat bahwa dodol asli Garut ini memiliki beberapa persamaan denga kuliner khas Indonesia yang lain, yaitu Jenang Kudus. Tetapi, bedanya dodol Garut dengan jenang Kudus ada di teksturnya. Dodol Garut memiliki tekstur yang lebih kering dari jenang Kudus.

Jika Anda ingin mencoba dodol asli Garut ini, sepertinya Anda tidak perlu merasa bingung dan kesulitan, karena penjual yang menawarkan dodol Garut ini jumlahnya sangat banyak, dan tersebar di mana-mana, khususnya di daerah Garut.

Chocodot

Chocodot adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa Barat dan merupakan hasil dari kreativitas masyarakatnya. Mengapa penulis bilang seperti itu? Karena bahan yang digunaka oleh chocodot adalah perpaduan antara cokelat dan juga dodol. Kreatif bukan? Namun ada hal yang terbilang lucu, karena pada awalnya sang pembuat chocodot ini tidak sengaja menciptakan chocodot.

Sang pembuat chocodot pertama kali pernah secara tidak sengaja menjatuhkan dodol ke dalam cokelat dan ketika dicoba, ternyata memiliki rasa yang enak dan juga unik, akhirnya chocodot pun tercipta. Chocodot memiliki bentuk bulat kecil seperti bakpao dan memiliki banyak varian rasa, mulai dari cokelat pahit dan juga cokelat susu.

Chocodot sendiri sangat terkenal di kalangan anak muda. Bahkan, karena kepopuleran yang dimiliki oleh chocodot di kalangan anak muda ini, sang pembuat sampai menciptakan inovasi cokelat yang diberi nama Cokelat Anti Galau dan masih banyak lagi jenis cokelat lainnya.

Doclang

Donclang adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang berbahan dasar ketupat, tahu, kentang, dan juga dillengkapi dengan bumbu kacang yang tentu saja menambah cita rasa nikmat yang dimiliki oleh makanan yang satu ini. Jika dilihat sekilas, donclang ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan makanan khas Jakarta, yaitu ketoprak.

Tidak banyak perbedaan yang berarti selain penggunaan kentang yang digunakan pada donclang dan juga cara pembungkusannya. Sisanya sepertinya agak-agak mirip. Mungkin karena masih berada di provinsi yang sama.

Rasa yang dimiliki oleh doclang dan ketoprak pun sedikit mirip, tetapi karena namanya ini berbeda, mungkin Anda bisa mencoba sendiri kedua makanan ini dan mencari tahu apa perbedaan dari kedua makanan ini yang merupakan makanan khas dari daerah masing-masing.

Asinan Bogor

Asinan adalah salah satu jenis makanan yang bisa kita temui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Namun, asinan Bogor ini adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang memiliki cita rasa berbeda dibandingkan dengan asinan lainnya. Asinan Bogor memiliki cita rasa pedas yang berasal dari kuah yang dicampurkan dengan cabai dan tentunya akan membuat cita rasa asinan ini semakin lezat.

Asinan Bogor memiliki 3 varian, yaitu asinan buah, asinan sayuran, dan juga campuran dari asinan buah dan sayuran. Asinan sayuran biasanya menggunakan kol dan tauge yang dipotong dengan ukuran yang kecil, sementara asinan buah biasanya menggunakan buah bengkuang, jambu, salak, dan juga buah nanas.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi asinan Bogor ini pun cukup beragam dan terjangkau, jadi semua orang bisa menikmatinya. Harga dari asinan Bogor ini berkisar Rp 10.000 sampai dengan Rp 15.000 saja. Terjangkau bukan?

Tauge Goreng

Jika dilihat dari namanya, mungkin Anda mengira proses pengolahan dari makanan khas Jawa Barat ini adalah dengan cara digoreng. Tetapi ternyata Tauge goreng itu hanya namanya saja, padahal proses pengolahan makanan yang satu ini adalah dengan cara direbus.

Mungkin pemberian nama ini karena proses perebusan tauge ini menggunakan wajan penggorengan. Tapi hal itu hanya perkiraan penulis saja ya. Di dalam makanan ini juga tidak hanya ada tauge, namun ada berbagai bahan makanan lain seperti mie rebus, ketupat, dan dilengkapi dengan kuah oncom yang meresap ke dalam tauge.

Bumbu yang digunakan pun beragam, misalnya saja dalam pembuatan kuah oncom ini dicampurkan dengan tauco dan rempah lainnya. Biasanya penjual sudah menyiapkan kuah ini saat sebelum mulai berjualan, sementara untuk tauge dan mienya baru direbus setelah ada orang yang memesan.

 

Baca juga  Peluang Usaha Warung Kopi Sederhana yang Menguntungkan

Itu dia beberapa makanan khas Jawa Barat yang harus anda coba dan cicipi jika sedang berkunjung atau berlibur ke daerah Provinsi Jawa Barat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah mampir ke website dan blog penulis ya.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares