Makanan Khas Papua – 29 Daftar Menu

makanan khas papua

Makanan khas Papua – Papua, adalah kepulauan yang berada di Indonesia dan menyimpan beragam makanan khas. Mungkin sebagian orang akan menyangka, bahwa makanan khas yang berasal dari Papua tidak terlalu menarik. Tetapi sebenarnya makanan khas Papua ada yang menarik dan patut anda ketahui, maka dari itu kali ini kami akan memberikan anda informasi tentang makanan khas Papua yang menarik.

Memang sebagian masyarakat Indonesia belum mengetahui apa saja makanan khas Papua, dengan adanya informasi ini diharapkan akan memberikan pengetahuan yang berharga, dan pastinya bermanfaat untuk anda semua para pembaca. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah daftar makanan khas Papua yang menarik untuk anda:

Makanan Khas Papua yang Menarik

  1. makanan khas papuaKue Lontar

Ternyata Papua juga menyediakan makanan khas yang lezat dan pas untuk lidah orang-orang di Indonesia. Ya, makanan tersebut bernama kue lontar. Memang bentuk dari makanan yang satu ini sangat mirip dengan kue pie susu atau cheesetar, tetapi sebenarnya makanan-makanan tersebut semuanya berbeda. Tidak kalah dengan kelezatan kue pie susu atau cheesetar, kue lontar juga mempunyai cita rasa yang lezat.

  1. Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar, adalah salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi cita rasa dan aroma yang khas membuat kita langsung ingin untuk mencoba nya. Ikan bakar Manokwari adalah makanan yang berasal dari Papua ini, tidak kalah enaknya dan mempunyai rasa super pedas. Untuk anda yang menyukai rasa pedas, anda harus mencoba makanan khas Papua yang satu ini.

  1. Sate Ulat Sagu

Untuk masyarakat Indonesia, jika melihat makanan khas Papua yang satu ini akan geli dan tidak ingin mencicipi nya. Sebagian besar orang sudah pasti menganggap ulat adalah binatang yang menjijikan dan menakutkan. Tetapi itu tidak berlaku untuk masyarakat Papua, mereka mengolah ulat untuk dijadikan sebuah sajian makanan yang mempunyai bentuk sate. Bahkan, makanan yang satu ini dianggap masyarakat sana paling lezat dan kaya akan protein.

  1. Ikan Bungkus

Jika anda mendengar nama makanan ikan bungkus, pasti anda sudah tahu bagaimana bentuk dan rasa yang diberikan oleh makanan ini. Tetapi, makanan khas Papua yang satu ini berbeda dari ikan bungkus lainnya. Di mana makanan yang satu ini menggunakan bungkusan dari daun talas, sedangkan ikan bungkus biasanya menggunakan daun pisang. Selain itu, ikan bungkus khas Papua ini menggunakan bahan utama ikan laut, bukan menggunakan ikan tawar.

  1. Papeda

Makanan khas Papua yang kali ini kita bahas terbuat dari bahan dasar sagu, yang nantinya akan dijadikan bubur sampai memiliki tekstur lengket dan berwarna putih. Cita rasa yang dihasilkan oleh makanan khas papua ini terasa tawar, sehingga masyarakat Papua sana biasa menyantap makanan ini, ditemani dengan ikan tongkol yang sudah diberi bumbu agar lebih lezat.

  1. Martabak Sagu

Martabak khas Papua ini memang berbeda dari martabak pada biasanya, karena martabak khas Papua ini terbuat dari sagu, sehingga dinamai martabak sagu. Bahan utama untuk membuat martabak ini yang sudah kita ketahui dari namanya, yaitu sagu dan gula merah untuk menambah cita rasa. Cara pembuatan nya pun tidak sulit, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan sagu kemudian digoreng selama beberapa menit, lalu diberikan gula merah.

  1. Udang Selingkuh

Untuk orang yang baru mengetahui makanan ini akan dibuat penasaran oleh nya. Itu bukan hanya dikarenakan makanan nya seperti apa, tetapi juga dikarenakan nama makanan ini terdengar aneh. Makanan khas Papua yang dinamakan udang selingkuh ini dibuat dengan cara yang sederhana dan tidak memerlukan resep khusus.

Untuk namanya sendiri, makanan ini sebenarnya dikarenakan bentuk udang yang terdapat capit menyerupai capit kepiting, sehingga makanan ini diberi nama udang selingkuh. Untuk penyajiannya, udang selingkuh disajikan dengan cara digoreng atau direbus.

  1. Sagu Lempeng

Selain martabak sagu yang terbuat dari bahan utama sagu, ternyata ada lagi makanan khas Papua lain yang menggunakan bahan utama sagu, yaitu sagu lempeng. Makanan khas Papua yang satu ini bukan hanya makanan khas dari Papua, tetapi sebenarnya juga makanan khas Maluku, Kalimantan dan Riau.

Untuk cara membuatnya, sagu lempeng tidak jauh berbeda dengan cara membuat roti basah lainnya, yang berbeda hanya bahan utama nya yang berupa sagu. Makanan yang satu ini memang jarang ditemukan di warung atau took roti, itu dikarenakan sagu lempeng adalah makanan yang dibuat hanya untuk dikonsumsi sendiri. Makanan ini biasanya dikonsumsi dalam keadaan masih hangat.

  1. Kue Bagea

Kue Bagea, adalah kue yang berasal dari Ternate, Papua. Kue ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan lezat, itu dikarenakan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini seperti tepung sagu dan kenari. Jika anda mencicipi makanan ini sekali saja, dijamin anda akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Bentuk dari kue ini mudah untuk dikenali, yaitu berbentuk seperti batang pohon yang dipotong-potong.

  1. Aunu Senebre

Aunu Senebre makanan khas papuaMakanan khas Papua yang satu ini, adalah makanan yang masuk dalam daftar makanan dan minuman khas Papua, yang harus anda coba jika anda berkunjung kesana. Bahan pembuatan makanan ini hanya terbuat dari bahan pokok yang mudah ditemui, seperti ikan teri dan nasi. Untuk menambah cita rasa, aunu senebre hanya membutuhkan bumbu yang sedikit. Untuk anda yang ingin mencoba mencicipi makanan ini, anda bisa menemuinya di warung dekat pantai.

  1. Colo-colo

Selain sagu, Papua juga mengolah makanan yang terbuat dari sambal, yaitu adalah sambal colo-colo. Colo-colo adalah makanan khas Papua yang dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, seperti cabai rawit dan bawang merah, setelah itu diiris kasar. Jika sudah maka tambahkan tomat hijau, jeruk nipis, gula pasir dan air secukupnya. Sambal ini biasanya disantap dengan ikan bakar.

  1. Auneve Habre

Makanan yang satu ini mempunyai kesamaan dengan ikan bungkus, kesamaan yang terlihat adalah bungkus nya yang menggunakan daun talas. Sementara isi nya barulah berbeda, yaitu menggunakan ikan cakalang. Untuk bumbu sendiri, makanan ini menggunakan bahan-bahan seperti garam, asam jawa, dan air secukupnya.

  1. Petatas

Petatas, adalah makanan yang sering digunakan oleh masyarakat Papua untuk makanan sehari-hari. Makanan ini mudah untuk dikenali dan dibuat, karena hanya terbuat dari bahan dasar ubi jalar. Masyarakat Papua sana menggunakan ubi jalar untuk menggantikan nasi, itu disaat Papua sana sedang krisis beras. Bagi masyarakat Papua, petatas adalah makanan mereka sehari-hari.

  1. Ikan Bakar Colo

Ikan bakar colo, adalah makanan yang berasal dari suku Kamoro, atau dikenal masyarakat sebagai masyarakat Timika. Masyarakat Timika adalah masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai, sehingga mereka menggantungkan hidupnya pada kekayaan laut. Salah satu makanan yang dihasilkan oleh masyarakat Timika adalah ikan bakar colo. Ikan bakar yang satu ini adalah makanan favorit oleh masyarakat suku Kamoro. Untuk pembuatan nya, masyarakat suku Kamoro menggunakan ikan dabu-dabu.

  1. Keripiki Keladi

Bahan utama untuk membuat makanan khas Papua yang satu ini adalah jenis ubi keladi, yang disana sudah menjadi khas ubi di Papua. Cita rasa yang dihasilkan dari makanan ini adalah pedas, manis dan gurih. Di kota Sorong, keripik keladi menjadi salah satu oleh-oleh yang paling dicari dan dinikmati oleh masyarakat, hampir setiap took disana menyediakan keripik yang satu ini.

  1. Roti Abon Gulung

Selain keripik keladi, adalagi makanan yang cukup terkenal di Papua sana, yaitu roti abon gulung. Abon gulung adalah makanan khas Papua, yang terkenal oleh masyarakat Indonesia dan masyarakat Papua sendiri. Roti abon gulung ini adalah roti yang tidak sama seperti roti pada umumnya. Anda bisa melihat ukuran roti ini yang cukup besar untuk ukuran roti, di dalamnya terdapat isian abon yang sangat banyak. Untuk anda yang ingin mencoba membeli roti abon gulung, anda harus segera memakan nya atau disimpan di lemari es, karena makanan ini tidak tahan lama.

  1. Kue Sarang Semut

Sarang semut, pasti sebagian dari anda akan bertanya-tanya apa kegunaan dan manfaat yang didapat oleh makanan ini. Di Papua sana, masyarakat menjadikan sarang semut sebagai makanan berbentuk kue, dan mempunyai beragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Khasiat yang diberikan oleh kuesarang semut ini sama seperti obat sarang semut biasanya. Jadi selain dapat menjadi makanan, kue sarang semut juga bisa dijadikan pengganti obat.

  1. Cacing Laut

Cacing sebagai bahan dasar pembuat makanan, memang terdengar aneh dan menjijikan. Tetapi di Papua Barat sana, cacing laut dijadikan sebagai makanan yang lezat. Cacing laut dijadikan makanan di Papua Barat sana, dikarenakan cacing laut mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Bahkan, cacing laut juga dipercaya masyarakat sana sebagai sumber keperkasaan dan kejantanan pria.

  1. Es Kelapa Muda Asam Manis

Jika kamu membayangkan es kelapa muda, pasti kamu mengingat kesegaran yang diberikan oleh minuman itu. Di Papua sana, es kelapa muda asam manis menjadi salah satu minuman khas. Jika anda bosan dengan rasa yang diberikan es kelapa mudah pada biasanya, anda bisa mencoba es kelapa muda asam manis ini. Minuman yang satu ini kaya akan rasa, jadi disaat anda meminum nya dijamin anda akan ketagihan.

  1. Es Buah Matoa

Nah, adalagi minuman khas papua yang akan membuat tenggorokan anda segar. Es buah yang satu ini mempunyai isi yang merupakan campuran kolang kaling merah, cincau hitam, agar-agar hijau, biji selasih, buah matoa dan biji pala. Setelah semua itu sudah selesai dicampurkan, makan selanjutnya minuman ini diberi hiasan jeruk limau dan daun pandan. Cita rasa yang diberikan es buah ini memang enak, asam, manis, segar semuanya menjadi satu.

  1. Minuman Sunset Papua

Minuman khas papua yang satu ini terbuat dari jus jeruk dibagian bawah dan jus wortel dibagian atas. Warna yang dihasilkan oleh kedua campuran jus tersebut, mengahasilkan warna yang menyerupai matahari terbenam. Bagi anda yang sangat menyukai jus jeruk dan jus wortel, anda bisa mencoba minuman yang satu ini tanpa perlu ditambah gula.

Minuman ini memang sudah enak diminum langsung, walau tidak ditambah gula atau pemanis lain. Tetapi jika anda menyukai yang manis, anda bisa menambahkan gula cair atau simel sirup.

  1. Bubur Sagu Papua

Makanan yang satu ini memang menjadi makanan favorit masyarakat Papua sana, itu dikarenakan bahan utama untuk membuat makanan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Papua, yaitu sagu. Masyarakat Papua sana mengolah sagu menjadi bubur, itu dikarenakan beras relatif mahal disana, sehingga makanan ini dijadikan pengganti beras.

  1. Ayam Rica Papua

Makanan yang satu ini adalah makanan yang menjadi menu andalan masyarakat Papua, sebagai menu berbuka puasa. Makanan khas Papua ini berbeda dengan makanan kebanyakan, itu dikarenakan makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan khusus, yang dibuat sendiri oleh masyarakat Papua.

  1. Telur Balado Pedas Sorong Papua

Makanan ini adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar telur ayam. Cita rasa yang dihasilkan makanan ini sangat khas, yaitu pedas. Selain cita rasa pedas, rasa lain dari makanan ini seperti asin, manis dan ditambah rasa jagung bakar.

  1. Bandeng Kuah Kuning

Dari namanya pasti anda semua sudah tahu bahan dasar pembuatan makanan ini, yaitu ikan. Makanan yang satu ini berbeda dari kebanyakan makanan Papua lainnya, karena membutuhkan bumbu yang khas dan dibuat oleh masyarakat Papua sendiri.

  1. Sambal Dabu-dabu

Berbeda dengan sambal kebanyakan yang dihaluskan, sambal yang satu ini dibuat dengan cara tidak dihaluskan atau dihancurkan. Tetapi walau tidak dihaluskan, sambal ini diiris tipis terlebih dahulu. Bahan utama pembuatan nya pun sama seperti sambal kebanyakan, yaitu cabe hijau atau cabai merah.

  1. Papeda Telur Ayam

Papeda yang satu ini, dibuat menyerupai Papeda yang dibuat oleh masyarakat Papua. Walau begitu ada perbedaan yang mudah terlihat, yaitu ditambahkan nya telurayam sebagai pengubah tampilan papeda itu sendiri, sehingga tampilan nya lebih menarik untuk dilihat.

  1. Kapurung (Papeda)

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan, yaitu ikan peda dan ikan kembung, setelah itu pasti ada papeda nya. Makanan ini tidak disantap dengan ditemani nasi, kenapa? Itu dikarenakan di Papua sana, harga nasi relatif mahal. Jadi oleh karena itulah masyarakat Papua sana akhirnya memodifikasi makanan ini, sehingga menjadi lebih menarik perhatian.

  1. Papeda Kuah Soru

Papeda yang satu ini memang sama saja seperti papeda pada umunya, tetapi ada satu perbedaan yang bisa anda lihat. Yaitu adalah kuah-kuahnya, yang membuat cita rasa makanan ini berbeda dengan papeda pada umumnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat papeda kuah soru ini cukup mudah, yaitu hanya menggunakan cabe merah besar, bawang putih dan tomat.

Nah, bagaimana? Apa ada makanan khas Papua diatas yang membuat anda tertarik? Penulis sendiri ingin mencoba mencicipi es buah matoa. Dilihat dari tampilan nya saja sudah membuat ngiler, apalagi setelah mencoba mencicipi minuman tersebut, pasti minuman itu terasa lezat. Ditambah anda mencicipinya disaat sedang santai dan menikmati pemandangan, mantap deh pokonya!

Demikian artikel tentang makanan khas Papua untuk anda. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat bermanfaat untuk anda dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner khas Papua di negeri Indonesia ini. Sekian dan terima kasih telah membaca!

 
Baca juga  Analisa Usaha Repacking Snack
 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares