Makanan Khas Surabaya – 18 Rekomendasi Terbaik

Indonesia, adalah negara yang mempunyai beragam suku dan budaya. Tidak hanya budaya dan suku, Indonesia juga mempunyai beragam kuliner yang bermacam-macam jenisnya. Setiap daerah mempunyai kuliner nya masing-masing. Contohnya adalah Surabaya, Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Surabaya sendiri adalah salah satu kota yang dijadikan tujuan para wisatawan lokal dan mancanegara dari seluruh dunia untuk dijadikan tempat liburan.

Karena hal itulah yang membuat wisata kuliner di Surabaya semakin berkembang pesat setiap harinya. Di Surabaya sendiri, mempunyai banyak tempat kuliner yang beragam dan pastinya mempunyai rasa yang mantap.

Lalu, apa saja kuliner khas Surabaya yang kita maksud? Kali ini kami akan memberikan anda beberapa macam makanan khas Surabaya yang sudah kami kumpulkan untuk anda. Berikut adalah daftar makanan khas Surabaya:

Daftar Makanan Khas Surabaya

  1. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Sate klopo adalah sate yang terbuat dari bahan-bahan sama seperti sate biasanya, yaitu menggunakan daging sapi atau sate ayam, dan bukan terbuat dari bahan kelapa yang dijadikan sate. Tapi perbedaan sate klopo dengan sate lainnya, adalah karena sate klopo menggunakan campuran lemak sapid dan jeroan untuk membuat cita rasa gurih pada sate klopo.

Selain itu sebelum dibakar, sate klopo diolesi terlebih dulu dengan parutan kelapa, yang menjadikan sate klopo ini mempunyai rasa berbeda dari yang lain.

Di Surabaya sendiri, sate klopo dijual dibanyak tempat yang dapat kamu temukan, salah satunya adalah di warung Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih, yang merupakan warung sate paling terkenal disana. Kamu bisa menemukan warung ini di sebelah barat Balai Kota Surabaya, lebih tepatnya terletak pada Jalan Walikota Mustajab No.36, Surabaya.

Walau penampilan warung ini terlihat sederhana, tetapi banyak orang yang rela mengantri untuk membeli sate klopo di warung ini. Hal itu tidak lah membuat heran, karena memang warung Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih selalu ramai dan tidak pernah sepi.

  1. Sego Sambel Mak Yeye

Di kalangan pemuda pemudi Surabaya sana, Sego Sambel Mak Yeye adalah makanan khas Surabaya yang fenomenal. Warung ini biasanya buka disaat pukul 22:00 WIB, dan sesaat setelah dibuka, pasti sudah banyak pelanggan yang akan mengantri untuk merasakan kelezatan dari makanan Sego Sambel Mak Yeye ini.

Jika kamu melihat kuliner yang satu ini, kamu akan menemukan keunikan dari penampilan nya. Karena kuliner ini nasinya tertutupi oleh sambal dan lauk pauk yang banyak dan melimpak diatas nasinya. Kamu juga bisa memilih lauk pauk untuk melengkapi makanan ini, diantaranya adalah iwak pea tau ikan pari panggang, tempe goreng dan telur dadar.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Makanan khas Surabaya yang satu ini adalah salah makanan yang menjadi ikon kuliner kota Surabaya. Konon, asal muasal nama lontong balap, berasal dari kebiasaan dari kebiasaan penjual lontong balap ini yang memikul barang dagangannya. Karena barang dagangan yang berat, maka para penjual berjalan dengan cepat seperti orang sedang balapan.

Bahan-bahan untuk membuat makanan khas Surabaya ini, terdiri dari tahu goreng, potongan lontong, lentho atau terbuat dari kacang tholo, kelapa parut yang digoreng atau singkong, taoge dan bawang goreng yang melimpah dan banyak, kemudian semuanya disiram kuah. Makanan ini juga akan dibumbui petis udang yang akan menambah kelezatan dari makanan ini.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut, adalah penjual lontong balap yang sudah berdiri dari tahun 1956. Anda bisa berkunjung ke sini untuk bisa merasakan kelezatan dari lontong balap.

  1. Rujak Cingur

Rujak ini bukanlah sembarang rujak yang bisa anda temukan di daerah mana pun, karena rujak ini terbuat dari bahan yang unik, yaitu terbuat dari bagian cingur atau hidung sapi. Hidung sapi ternyata membuat tektur rujak ini menjadi kenyal dan akan membuat sensasi yang khas di lidah anda.

Di Surabaya sendiri sudah banyak yang menjual rujak cingur, bahkan anda bisa menemukan kuliner ini disudut kota. Harga dari rujak cingur pun murah, ditambah lagi dengan cita rasa yang terbilang unik, akan membuat anda ketagihan dengan makanan khas Surabaya ini.

  1. Warung Kepiting Cak Gundul

Warung kepiting cak gundul sudah berdiri di Surabaya dari tahun 1992 sampai dengan sekarang, yang membuat warung ini terkenal di Surabaya sana. Disana kamu akan menemukan beragam menu, salah satunya adalah menu andalan disana, yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis.

Walau nama warung ini mengambil nama kepiting, tetapi disana anda tidak hanya menemukan kuliner yang terbuat dari kepiting. Disana anda juga bisa menemukan hidangan dari laut lainnya, diantaranya seperti ikan, kerang, cumi-cumi dan udang. Untuk anda yang ingin mengunjungi warung ini, anda bisa pergi ke Jalan Kupang Indah, dan biasanya buka pada jam 11:00 sampai dengan 23:00 WIB.

  1. Tahu Campur Kalasan

Jika anda sedang berada di kota Surabaya, maka kuliner khas Surabaya ini tidak boleh anda lewatkan, karena kuliner yang satu ini adalah kuliner terlezat. Kuliner ini terbuat dari bahan-bahan yang unik, yaitu perpaduan dari perkedel singkong, daging sapi, taoge, tahu goreng dan selada yang membuat kuliner ini terasa enak dan lezat.

Di kuliner ini juga tidak ketinggalan bumbu petis yang akan menemani, karena suedah menjadi ciri khas setiap makanan Surabaya. Pasti kamu akan menyesal, jika tidak melewati masakan ini untuk dicicipi.

Untuk tempat yang menjual kuliner ini, anda bisa ke tempat kuliner Tahu Campur yang sudah terkenal, yaitu tahu campur yang terletak di Jalan Kalasan No.22 Tambak Sari. Kamu akan mendapatkan makanan khas Surabaya ini dengan harga yang murah, jadi tunggu apalagi, segera beli.

  1. Tahu Tek

Salah satu andalan makanan khas Surabaya adalah tahu tek, atau biasa disebut dengan nama tahu telur. Nama dari tahu tek sendiri, diambil dari bunyi suara gunting yang digunakan pedagang untuk memotong tahu.

Jika kamu membeli kuliner yang satu ini, kamu akan mendapatkan satu piring yang berisi lontong, tahu goreng dan kentang yang semua nya dipotong-potong menggunakan gunting. Semua bahan tidak diiris menggunakan pisau atau alat apapun, hanya dengan gunting, itulah kenapa makanan khas Surabaya ini unik.

Setelah dipotong-potong, makanan ini ditambahkan taoge dan sedikit taburan seledri, terakhir disiram dengan bumbu petis diatasnya, pasti kamu ngiler kan?

  1. Nasi Goreng Jancuk

Untuk kamu pecinta kuliner pedas, kamu harus mencoba masakan khas Surabaya yang satu ini. Kata jancuk sendiri, tercipta disaat menciptakan makanan ini.

Karena nasi goreng ini dibuat dari bahan yang dicampur dengan banyak cabe rawit, dan disaat para pelanggan mencicipi makanan ini, mereka akan mengatakan “Jancuk!! Pedes cak” setelah sudah memakannya. Nah, dari situlah kenapa makanan khas Surabaya ini dinamakan Nasi Goreng Jancuk yang popular ini.

Penyajian kuliner yang satu ini terbilang unik, karena disajikan dalam porsi yang besar untuk disantap 4-5 orang. Untuk anda yang ingin mencicipi masakan ini, anda bisa datang ke Hotel Tunjungan Plaza, Surabaya. Untuk mendapatkan makanan ini, anda hanya harus membayar dengan uang sebesar 100ribu saja.

  1. Mie Akhirat

Mie yang satu ini memiliki keunikan varian warna, yaitu mempunyai warna putih berarti surga dan warna hitam berarti neraka. Tema untuk makanan khas Surabaya yang satu ini tidak jauh dengan urusan dunia yaitu setelah kematian atau akhirat.

Untuk menarik pembeli ke tempat, ini mereka menggunakan cara yang cuku menarik, yaitu dengan menggratiskan terlebih dahulu pembeli yang berbuka puasa setiap hari senin dan hari kamis, atau untuk jomblo menahun mereka akan memberikan diskon.

10. Rawon Setan

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar nama setan? Pasti terdengar menyeramkan bukan? Tetapi ini tidaklah berlaku untuk kuliner yang satu ini. Memang kuliner ini dinamakan rawon setan, tapi tidak menakutkan.

Julukan setan sendiri, karena dulu makanan ini dijual pada pukul 22:00 WIB sampai dengan dini hari. Seperti halnya setan yang akan muncul pada malam hari. Untuk anda yang ingin merasakan nikmat nya makanan ini, anda bisa mengunjungi Jalan Embong Malang Bubutan, Surabaya Utara, dari jam 07:30 WIB.

  1. Nasi Cumi Jalan Waspada

Nasi Cumi depan Pasar Atom, atau biasa disebut dengan Nasi Cumi Jalan Waspada, adalah warung nasi cumi yang bisa kamu temukan di sepanjang Jalan Waspada. Jika kamu sedang lapar pada malam hari, kamu bisa mengunjungi tempat ini, karena warung ini selalu buka atau 24 jam.

Memang tampilan dari masakan ini tidak telalu menarik, tetapi cita rasa dari masakan ini sangat lezat dengan harga yang ditawarkan. Disana anda bisa menemukan tiga menu, yakni nasi campur, nasi cumi peyek dan nasi komplit. Semua menu itu harus kamu coba, jika kamu sedang berada di Surabaya.

  1. Semanggi Surabaya

“Semanggi Suroboyo, lontong balap wonokromo, di makan enak sekali, sayur semanggi krupuk puli bung beli” adalah sepotong lirik dari sebuah lagu yang berjudul Semanggi Suroboyo. Lagu ini sendiri, menggambarkan bagaimana lezatnya makanan khas Surabaya, yang dinamakan Semanggi Surabaya ini.

Semanggi sendiri, adalah jenis tanaman yang biasa digunakan daunnya untuk dijadikan sayuran pelengkap makanan yang satu ini. Walaupun makanan ini mempunyai cita rasa yang lezat, tetapi sekarang makanan khas Surabaya yang satu ini, sudah sulit dicari atau sudah langka.

Makanan khas Surabaya ini memang mempunyai tampilan seperti pecel, tetapi perbedaan yang dapat dilihat adalah, Semanggi Surabaya ini menggunakan semanggi sebagai sayuran nya. Selain itu, makanan ini disajikan dengan taoge rebus, ditambah dengan siraman bumbu pecel diatas nya dan terakhit diberi kerupuk puli. Pasti kamu akan merasa ketagihan akan makanan ini, karena rasa lezat yang diberikan nya.

  1. Bebek Tugu Pahlawan

Di kota Surabaya, ada sebuah Tugu Pahlawan yang menjadi salah satu monument bersejarah disana. Di seberang jalan tugu pahlawan sana, terdapat sebuah warung tenda sederhana yang menjual nasi bebek.

Walaupun tampilan warung ini sederhana dengan menggunakan tenda, tetapi warung ini tidak pernah sepi dari pembeli, warung ini buka dari jam 18:00 WIB. Bahkan pembeli disana rela untuk mengantri untuk mendapatkan makanan yang mereka mau.

  1. Spesial Belut Surabaya

Ini adalah salah satu tempat di Surabaya yang mempunyai makanan yang unik, karena menggunakan bahan dari belut. Belut adalah makanan yang mengandung berbagai macam zat gizi, diantaranya adalah vitamin A, zat besi, vitamin B, protein dan fosfor.

Walaupun sebagian besar orang merasa gelid an jijik disaat mendengar makanan yang terbuat dari belut, tetapi kegelian itu akan hilang seketika disaat mereka mencoba makanan di tempat ini.

Pecel belut elek, adalah salah satu menu andalan sebuah warung makanan yang berlokasi di Jalan Banyu Urip No.139 dan Jalan Wiyung No.22.

  1. Sate Lisidu

Makanan khas Surabaya berikutnya yang akan kita bahas adalah sate lisidu. Sate lisidu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti daging ayam kampung yang dibentuk pipih, dan kemudian diberi bumbu kacang. Bentuk pipih pada daging ayam kampung, membuat daging tersebut mudah untuk menyerap bumbu yang ada.

Makanan yang satu ini selalu siap untuk anda santap pada keadaan hangat. Sate ini disajikan dengan menggunakan panggangan sate, yang akan menjaga makanan ini tetap lezat dan bisa kamu gunakan. untuk memanggang sate ini sendiri diatas meja.

  1. Nasi Campur Tambak Bayan

Kuliner yang akan kita bahas selanjutnya adalah Nasi Campur Tambak Bayan. Makanan yang satu ini bisa kamu temukan di Pasar Wetan No.7, Surabaya. Makanan ini disajikan dengan satu porsi nasi campur hangat dengan soun, telur dan daging empal yang akan membuat perut anda kenyang.

Tetapi, selain berlokasi di depot Tambak Bayan di Jalan Besar Wetan, kamu juga bisa menemukan masakan ini di Jalan Raya Darmo Permai 1, Ruko Gateway Waru dan Galaxy Mall II Food Court. Warung ini sendiri buka dari jam 05:00 sampai dengan 15:00 WIB.

  1. Bebek Goreng Sinjay Surabaya

Makanan yang juga terkenal di Surabaya karena rasa daging bebeknya yang gurih ini, sebenarnya berasal dari Bangkalan Madura, dan diberi nama Bebek Sinjay. Kelezatan dari makanan ini ditambah dengan kesegaran, pedas, kecut dan asam dari sambel pencit atau mangga muda. Membuat makanan ini patut untuk anda coba jika anda sedang berada di Surabaya.

Untuk kamu yang ingin merasakan kelezatan dari masakan ini, kamu bisa pergi ke tempat yang berada di Jalan Kapas Krampung No.45, Surabaya, lalu juga di Jalan HR. Muhammad No.151 dan masih banyak cabang lain yang bisa anda temukan di Kota Surabaya.

  1. Soto Lamongan Cak Har

Makanan yang satu ini memang bukanlah masakan asli dari Surabaya, tetapi walau begitu masih menjadi tempat makan soto yang terkenal di sana. Soto lamongan yang satu ini berkuah bening, berbeda dengan soto dari Jawa Tengah sana yang berkuah bening.

Dengan kuah bening itulah yang membuat Soto Lamongan Cak Har terkenal sampai sekarang. Selain terkenal, soto ini juga mempunyai cita rasa yang akan membuat lidah anda menari-nari.

Nah, bagaimana? Apakah kamu ingin mencoba salah satu makanan yang ada diatas? Penulis sendiri ingin sekali mencoba salah satu makanan diatas, jika sedang berada di Surabaya. Karena makanan yang ada diatas mempunyai cita rasa yang lezat dan pastinya tidak akan membuat anda kecewa.

Demikian artikel tentang makanan khas Surabaya. Semoga dengan artikel ini dapat memperluas pengetahuan anda tentang makanan khas yang ada di Surabaya sana. Sekian Terima kasih telah membaca!

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia