Berbagai Macam Manfaat Ikan patin Bagi Manusia

Manfaat minyak ikan patin (cold liver) yang ada di dalam tubuh ikan patin, mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega.
4. Memfasilitasi Program Diet Sehat
Jika sedang menjalankan program diet, makan ikan patin merupakan pilihan yang bagus untuk tubuh. Ikan patin kaya akan vitamin,nutrisi dan mineral. Orang yang senang mengonsumsinya kebanyakan akan jarang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti yang terdapat pada daging atau keju.
Mengapa ikan patin penting untuk diet?

Hal tersebut dikarenakan pada setiap tubuh ikan patin memiliki kandungan minyak ikan patin yang sangat tinggi.

Manfaat Ikan patin Bagi Kesehatan Manusia

Siapa yang tidak tahu ikan patin?
Ikan patin merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat ikan patin ada banyak yang bisa didapatkan jika mengonsumsi secara rutin. Apapun jenis ikan patinnya, karena lemak yang terkandung didalam ikan patin adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk bisa diserap oleh tubuh dengan baik.

Kandungan Nutrisi Ikan patin

Asam lemak, Omega-3, vitamin : D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor dan Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.
Artikel ini akan memberitahu Anda dahsyatnya manfaat ikan patin bagi kesehatan manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan patin bagi kesehatan:

1. Cegah Terjadinya Penyakit Jantung
Manfaat pertama dari konsumsi ikan patin adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, suku bangsa Eskimo yang berlokasi di Greenland memiliki prevalensi dari penderita penyakit jantung yang amat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang memiliki penyakit jantung koroner. Apakah yang mengakibatkan semua itu terjadi? Rahasianya sangat sederhana, yakni orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan patin.
Mereka biasa mengkonsumsi ikan patin dalam kondisi mentah, atau lebih sering disebut sashimi.
Sashimi adalah makanan yang mempunyai banyak manfaat ikan patin. Orang Jepang seringkali mengonsumsi makanan ini, dengan bahan utama ikan patin segar dalam keadaan mentah. Pada umumnya, orang Jepang dan orang Eskimo suka makan ikan patin dalam jumlah besar, sehingga risiko untuk menderita penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung bisa lebih ditekan, khususnya untuk penderita penyakit jantung koroner. Dalam sehari, orang Eskimo mengonsumsi ikan patin sekitar 300¬-400 gram dan orang Jepang sering mengonsumsi 100-200 gram ikan patin setiap harinya.
2. Makanan Pendamping Nasi Terbaik
Jika sedang bosan harus makan malam dengan lauk yang itu-itu saja, bisa coba untuk mulai menggunakan ikan patin sebagai daftar menu pendamping nasi yang sedap. Ikan patin merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah: kaya akan protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah. Ikan patin amat bagus bagi yang ingin menjaga kesehatan pencernaan selain dari yang kita dapat dari makan sayur-sayuran. Kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan patin juga sangat baik bagi tubuh, seperti asam amino esensiil maupun non esensiil.
Selain itu, Ikan patin juga memiliki daya absorpsi yang cukup tinggi yaitu 90-100 persen.
Lebih dari itu, Ikan patin juga mudah untuk diolah baik itu digoreng, dikukus atau direbus yang lebih sehat.

3. Pencegahan Penyakit Kolesterol
Manusia yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah manusia yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terwujud jika rutin makan ikan patin.

Ikan patin tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sangat tinggi protein dan vitamin serta memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik. Ikan patin tidak akan merusak rencana diet Anda.

5. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler
Manfaat mengonsumsi ikan patin dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit berat, seperti gagal jantung, atau penyakit-penyakit berat lainnya.
Olahan ikan patin yang bagus dapat mencegah terjadinya akumulasi trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang berlebihan, dapat meningkatkan HDL (kolesterol yang baik), dan mencegah adanya pembekuan darah. Hal ini secara keseluruhan akan memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

Demikian pembahasan tentang manfaat ikan patin pada kesempatan ini, semoga bermanfaat

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru