Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sidat yang Baik Untuk Kesehatan

manfaat ikan sidat

Siapa yang tidak mengetahui manfaat ikan sidat?

Ikan merupakan satu dari sekian protein hewani yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat ikan sidat ada banyak yang bisa didapatkan jika mengonsumsi secara rutin. Apapun jenis ikannya, karena lemak yang terkandung dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

Kandungan Nutrisi Ikan

Omega-3, asam lemak, vitamin : D dan B2 (riboflavin), kalsium, fosfor dan Mineral : seng,zat besi, magnesium, yodium, dan kalium.

Artikel kali ini akan memberitahu Anda betapa banyaknya manfaat ikan sidat bagi kesehatan manusia.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan sidat untuk tubuh:

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Kegunaan pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah terjadinya sakit jantung. Berdasarkan sebuah pemeriksaan, suku bangsa Eskimo yang tinggal di Greenland mempunyai prevalensi dari pengidap penyakit jantung yang sangat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, di Jepang langka sekali ditemukan orang yang memiliki sakit jantung koroner. Apakah yang mengakibatkan semua itu terjadi? Ternyata sangat mudah, yakni orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan.

Mereka biasa mengkonsumsi ikan saat kondisi belum dimasak (mentah), atau lebih sering disebut sashimi.

Sashimi adalah makanan yang mengandung banyak protein ikan. Orang Jepang sering mengonsumsi makanan tersebut, dengan komposisi utama ikan segar dengan kondisi mentah. Pada umumnya, orang Eskimo dan orang Jepang suka makan ikan dalam jumlah besar, sehingga risiko untuk menderita penyakit kardiovaskuler ataupun sakit jantung dapat lebih dihindari, terlebih bagi pengidap penyakit jantung koroner. Dalam satu hari, orang Eskimo mengonsumsi ikan sekitar 300¬-400 gram dan juga orang Jepang sudah sering memakan 100-200 gram ikan dalam sehari-harinya.

  1. Makanan Untuk Lauk Nasi Terbaik

Jika sedang malas hanya makan siang menggunakan lauk yang setiap hari sama, dapat mencoba untuk mulai memasukkan ikan sebagai daftar menu pendamping nasi yang sedap. Ikan merupakan sumber protein hewani yang mempunyai banyak keunggulan, di antaranya adalah: mengandung banyak vitamin,protein,mineral dan memiliki sedikit kalori. Ikan amat bagus untuk yang berkeinginan menjaga kesehatan pencernaan selain dari apa yang kita dapatkan dari mengonsumsi daun-daunan. Banyaknya gizi yang terdapat pada ikan juga cukup baik untuk tubuh, seperti asam amino esensiil dan juga non esensiil.

Baca juga  Peluang Bisnis Sayur Siap Saji yang Menjanjikan

Disamping itu, Ikan pun memiliki daya serap yang cukup tinggi berkisar antara 90-100 %.

Lebih dari itu, Ikan juga mudah untuk dimasak baik itu dikukus, direbus, atau digoreng yang lebih menyehatkan.

  1. Pencegahan Penyakit Kolesterol

Orang yang mudah terkena penyakit jantung koroner adalah seseorang yang memiliki jumlah kolesterol di atas 300 mg/dl. Tapi, bahaya dari penyakit kolesterol tidak bisa berlangsung apabila sering mengonsumsi ikan.

Itu dikarenakan pada bagian tubuh ikan mempunyai simpanan minyak ikan yang sangat tinggi.

Kegunaan minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam tubuh ikan, memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung yaitu asam lemak omega.

  1. Memfasilitasi Program Diet Sehat

Jika Anda sedang menjalankan program diet, mengonsumsi ikan merupakan alternatif yang baik bagi Anda. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang kerap memakannya kebanyakan akan sedikit dalam mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya yang terdapat pada keju atau daging.

Kenapa ikan bagus untuk diet?

Ikan tidak memiliki kandungan kolesterol yang banyak, sangat tinggi protein dan vitamin dan juga mempunyai kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Ikan tidak bakal merusak rencana diet Anda.

  1. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Kehebatan dari mengonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit berat, seperti gagal jantung, atau sakit berat yang lain.

Olahan ikan yang bagus dapat mencegah terjadinya akumulasi trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang terlalu banyak, dapat meningkatkan HDL (kolesterol yang bagus), dan menghindari timbulnya pembekuan darah. Hal ini secara keseluruhan bisa mempermudah sistem kerja kardiovaskuler.

Demikian ulasan mengenai manfaat ikan sidat pada kali ini, semoga bermanfaat

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares