Manfaat Susu Kedelai

Manfaat yang Didapat Jika Rajin Minum Susu Kedelai

Manfaat susu kedelai sangat familiar di Indonesia sebagai salah satu minuman yang begitu menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Susu kedelai merupakan satu dari olahan kacang kedelai yang sangat gampang dijumpai di manapun. Tidak hanya memiliki rasa yang khas dan favorit banyak orang, minuman ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk tubuh.

Penelitian menunjukkan jika perempuan yang minum susu kedelai setiap hari punya ancaman pengeroposan tulang 56 persen lebih rendah dibanding dengan wanita yang tidak minum susu kedelai. Selain itu, susu kedelai mampu meminimalkan gejala menopause. Biji kedelai juga diduga bisa membantu fungsi kognitif perempuan yang berusia di bawah 65 tahun.

Manfaat susu kedelai lainnya berasal dari nutrisi yang ada dalam kedelai. Nutrisi susu kedelai terletak pada komponen kedelai meliputi protein, karbohidrat, lisin, vitamin E dan K, fiber, dan asam lemak essensialnya. Lisin adalah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedelai. Berikut ini beberapa kandungan susu kedelai yang baik bagi tubuh.

Kandungan Protein Pada Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki protein yang hampir sama jumlahnya dengan protein susu sapi, namun dengan kalori yang cukup rendah. Minuman ini merupakan sumber protein yang sangat lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Kedelai terkandung 9 asam amino esensial. Tubuh dapat mengubah asam amino jadi protein baru, menjadi antibodi yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein yang berperan dalam jaringan, dan enzim yang baik untuk sel-sel dalam tubuh menghasilkan tenaga. Tiap gelas susu kedelai tanpa gula terdapat 7 gram kandungan protein.

Kandungan Mineral dan Vitamin Pada Susu Kedelai

Susu kedelai kaya kandungan mineral dan vitamin lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin B12 bekerja memproduksi sel darah merah untuk menanggulangi gejala anemia. Sumber vitamin B12 antara lain telur atau produk susu. Namun, bagi para vegetarian dan untuk yang sensitif pada susu sapi, minum susu kedelai adalah solusi melengkapi asupan vitamin B12. Sedang vitamin D membantu untuk kesehatan tulang. Banyak susu kedelai yang dijual telah diberi tambahan vitamin D.

Kandungan Lemak, Magnesium dan Kalsium serta Zat Besi Pada Susu Keledai

Kedelai banyak kandungan asam lemak seperti omega-3 yang mampu meminimalkan kadar kolestrol jahat, sehingga meminimalkan ancaman sakit jantung koroner atau serangan jantung. Magnesium dan kalsium yang ada dalam kedelai disebut-sebut mampu menanggulangi migrain, mengontrol kadar gula dalam darah, dan meminimalkan gejala pra-menstruasi. Minuman ini juga mengandung zinc yang berperan untuk sistem antibodi.

Manfaat susu kedelai cukup efektif untuk beberapa permasalahan kesehatan. Protein, vitamin dan mineral dapat menolong bermacam-macam permasalahan berikut:

  • Mengatasi osteoporosis
  • Mengelola kolestrol dalam darah
  • Kesehatan Jantung (kardiovaskular)
  • Mengendalikan tekanan darah tinggi
  • Meminimalisir ancaman diabetes

Manfaat Susu Kedelai Sebagai Pengganti Susu Sapi

Pencernaan yang kurang baik bisa diatasi dengan konsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi. Untuk balita yang alergi pada susu sapi, sangat disarankan untuk menukarnya dengan protein susu kedelai.

Sedangkan untuk anak yang mengidap penyakit autisme, protein yang ada dalam susu sapi juga olahannya seperti keju mengandung glutein dan kasein yang bisa mengganggu fungsi otak, yang nanti akan bisa memperparah autisme. Makanya penggunaan susu sapi pun harus diganti dengan susu kedelai, agar dapat menjaga kinerja otaknya.

Manfaat Susu Kedelai Lainnya

Manfaat susu kedelai lainnya yakni bagi yang sedang melakukan diet bisa memanfaatkan susu kedelai untuk pemenuhan gizi ketika diet. Susu kedelai merupakan susu yang mempunyai protein tinggi tapi rendah lemak. Sehingga tak usah takut gemuk dalam meminumnya. Penelitian lain menyebutkan bahwa mengkonsumsi sebanyak 10 mg kedelai tiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara sebesar 25 persen. Ini disebabkan kedelai mengandung antioksidan yakni zat genistein yang bisa menghambat tumbuhnya sel kanker jikalau dikonsumsi dalam jumlah yang pas.

Tidak disangka-sangka kedelai berperan baik bagi kesehatan jasmani. Coba untuk konsumsi susu kedelai dan rasakan manfaatnya. Sebenarnya kedelai seperti bahan makanan lainnya, tidak ada masalah asal dikonsumsi sesuai kadarnya.

Mengkonsumsi susu kedelai dalam jumlah yang seimbang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, konsumsi kedelai dalam bentuk apa saja perlu didampingi dengan bahan makanan sehat yang lain, seperti buah-buahan atau sayuran, biji-bijian utuh, juga makanan berprotein lainnya. Karena manusia perlu asupan bermacam jenis makanan. Maka selain meminum susu kedelai untuk memperoleh manfaatnya, tak lupa juga untuk konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang lain agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru