Inilah Manfaat Sosis Daging Burung Bagi Kesehatan

Sosis memang bukan makanan asli masyarakat Indonesia, namun begitu familiar di tiap sajian makanan Indonesia. Sosis awalnya diolah dengan niatan untuk mengawetkan tiap olahan yang berbahan baku ikan. Sosis sendiri awal kali diciptakan oleh masyarakat Sumaria (kini Irak) pada tahun 300 SM.

Namun, catatan-catatan yang berhubungan dengan sosis baru di ketahui lewat sebuah naskah Yunani Kuno yang di tulis pada abad 5 SM. Kemudian sosis makin dikenal di dunia dan daratan Eropa, khususnya Jerman.

Jerman menjadi percontohan dari pengolahan sosis, sebab di negara tersebut sosis dijadikan sebagai santapan utama. Disamping itu, tidak kurang dari 1000 macam sosis telah berhasil diproduksi di Jerman.

Sosis merupakan makanan yang diolah dari perpaduan sempurna antara daging serta bumbu-bumbu pelengkap lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang istimewa dan unik. Disamping itu daging yang biasa diolah dalam pengolahan sosis adalah ikan bandeng, daging sapi, daging bebek, kambing, ikan maupun babi.

Sehabis di adon, olahan yang terbuat dari daging fresh tersebut selanjutnya di kemas oleh selongsong benda yang terbuat dari usus hewan contohnya sapi, kambing, domba, atau babi, atau bisa juga menggunakan plastik.

Sosis memang bukan hidangan yang baik bagi tubuh kita. Apalagi ketika kesehatan kita sedang menurun.

Sosis burung dan kebaikannya

Disamping praktis dan tahan lama, sosis adalah jajanan yang memiliki kelezatan dan rasa gurih yang spesial. Inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa panganan ini tinggi sekali peminatnya di Indonesia. Dengan berbahan utama daging, sosis termasuk jajanan yang kaya akan protein dan mempunyai sejumlah kebaikan bagi kesehatan kita. Zat gizi tersebut diantaranya ialah:

Protein: berhubung komposisi utama pembuatan sosis dari daging, otomatis sosis mempunyai protein yang amat baik bagi kesehatan. Disamping berguna sebagai unsur pembangun, protein juga termasuk zat yang mengandung mineral yang baik ke seluruh organ tubuh. Protein juga dapat meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis yang baik harus mengandung protein setidaknya 13%, lemak setidaknya 25% dan karbohidrat setidaknya 8%. Bila batas minimal ini tersedia pada tiap sosis, barulah dapat kita katakan kalau sosis ialah panganan yang baik.

Hanya saja, karena kadar lemak dan kolesterol sosis yang cukup tinggi, sebaiknya sosis tidak dijadikan sebagai makanan harian bagi keluarga untuk menghindari resiko obesitas serta penyakit-penyakit yang menyertainya, di hari-hari kemudian.

Bila anak anda suka makan sosis, hendaknya kita membeli jajanan sosis dengan komposisi lemak yang tidak terlampau tinggi (kurang dari 10%). Untuk itu, kita harus teliti memahami komposisi gizi pada kemasan.

Vitamin B12: termasuk vitamin yang terkandung di tiap panganan yang berasal dari daging. Vit. B12 ini tidak terdapat pada sayuran kecuali yang melalui mekanisme fermentasi saja, seperti tempe maupun tumbuhan yang telah didiamkan. Vitamin B12 juga bermanfaat untuk menghidupkan sistem folat serta dibutuhkan dalam pembakaran sel-sel. Selain itu juga, dapat mempermudah kerja saluran cerna, sumsum tulang, serta organ-organ syaraf.

 

Berikut beberapa poin-poin khusus dalam memilih sosis burung  yang sehat.

  • Pilihlah sosis yang mempunyai masa expired yang masih panjang dan letakkanlah dalam freezer.
  • Pilihlah sosis yang selamat dari pewarna buatan, meskipun hal tersebut di bolehkan oleh undang-undang kita. Bila terlanjur memilih sosis yang bercorak merah mencolok, segeralah hindari membeli lagi brand tersebut. Sebab barang kali pembuat sosis memanfaatkan pewarna dalam takaran berlebih atau barang kali malah menggunakan pewarna kain.
  • Amati tampilan kemasan sosis. Jika terdapat selaput atau lendir tipis layaknya susu disekeliling sosis, sekiranya jangan belanja sosis tersebut alasanya, kondisi ini mengindikasikan kalau sosis yang telah tidak sehat.
  • Belilah sosis yang tercium khas daging, tidak terdapat bau asem dan bau-bau yang menyimpang lainnya.

Demikianlah manfaat dan trik memilih sosis. Dengan menimbang tingginya nutrisi dari sosis, maka tidak masalah bila anda ingin memborong sosis untuk kebutuhan di rumah Anda.

Selain nikmat dan lezat, sosis juga termasuk makanan yang bergizi serta baik untuk keluarga tercinta.

Jika Anda ingin menjadikan makanan yang tinggi akan gizi ini sebagai peluang usaha di rumah, Anda dapat memanfaatkan mesin pengolah makanan di Ramesiamesin.com. Kami menyediakan bermacam-macam alat untuk memproduksi makanan yang berkualitas dan lebih efesien, baik dalam skala kecil atau pun besar.

Alat-alat yang kami sediakan ialah mesin dengan kualitas terbaik dan ber garansi. Kurang apalagi? Bila Anda tertarik, silakan hubungi kami di Ramesiamesin.com Rajanya mesin.