Sosis Kentang, Sosis Sehat Kaya Manfaat

Sosis sebenarnya bukan jajanan asli orang Indonesia, tetapi begitu familiar di setiap sajian makanan Nusantara. Sosis awalnya diproduksi dengan maksud untuk mengawetkan tiap makanan yang berbahan dasar ikan. Sosis sendiri awal kali diciptakan oleh orang Sumaria (saat ini Irak) pada tahun 300 SM.

Namun, literatur yang berhubungan dengan sosis baru di kenali lewat sebuah naskah Yunani Kuno yang di bukukan pada tahun 500 SM. Setelah itu sosis semakin dikenal di dunia serta kawasan Eropa, khususnya Jerman.

Pada masa itu Jerman menjadi kiblat dari pembuatan sosis, karena di negeri tersebut sosis termasuk hidangan utama. Selain itu, lebih dari seribu varian sosis telah berhasil diciptakan di Jerman.
Sosis termasuk kudapan yang terbuat dari perpaduan luar biasa antara ikan serta resep-resep pelengkap lainnya sehingga menciptakan taste yang istimewa dan unik. Sedangkan daging yang biasa digunakan dalam pembuatan sosis ialah ikan bandeng, daging sapi, daging ayam, domba, ikan dan babi.

Sehabis di olah, adonan yang berasal dari daging segar tersebut selanjutnya di bungkus oleh selongsong bahan yang berasal dari usus hewan misalnya sapi, kambing, domba, atau babi, atau bisa juga memanfaatkan plastik.

Sosis memang bukan hidangan yang baik bagi tubuh kita. Apalagi saat kesehatan kita kurang baik.

Sosis Kentang dan kebaikan nya

Disamping praktis dan tahan lama, sosis adalah makanan yang memiliki kelezatan dan rasa gurih yang khas. Hal inilah yang menjadi satu diantara alasan kenapa jajanan ini tinggi sekali peminatnya di Tanah air. Dengan berbahan dasar daging, sosis termasuk cemilan yang tinggi akan protein dan mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan kita. Diantaranya ialah:

Protein

berhubung bahan dasar pembuatan sosis dari ikan, otomatis sosis memiliki protein yang sangat baik bagi kesehatan. Selain berfungsi sebagai unsur pembangun, protein pun merupakan zat pengangkut nutrisi yang baik ke seluruh sel-sel tubuh. Protein juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis yang sehat wajib mengandung protein setidaknya 13%, lemak maksimal 25% dan karbohidrat maksimal 8%. Jika standar ini terpenuhi pada setiap sosis, maka dapat dibilang kalau sosis adalah jajanan yang baik.

Hanya saja, karena kadar lemak serta kolesterol sosis yang lumayan tinggi, sebaiknya sosis jangan dijadikan sebagai menu rutin bagi anak-anak guna menghindari masalah obesitas serta penyakit-penyakit yang mengikutinya, di hari-hari kemudian.
Jika anak kita demen makan sosis, hendaknya kita membeli olahan sosis dengan komposisi lemak yang tidak terlalu tinggi (kurang dari 10%). Oleh karena itu, kita mesti jeli membaca kandungan nutrisi pada label.

Vitamin B12

merupakan nutrisi yang terkandung di setiap panganan yang bersumber dari daging. Vit. B12 ini tidak terdapat pada tumbuhan kecuali yang melalui reaksi fermentasi saja, sama halnya dengan tempe atau sayuran yang sudah difermentasi. Vitamin tersebut juga berfungsi dalam mengaktifkan sistem folat dan dibutuhkan dalam pembakaran sel-sel. Kemudian dapat membantu kinerja sistem cerna, sumsum tulang, dan jaringan syaraf.

Berikut beberapa poin-poin khusus saat memilih sosis yang baik.
Belilah sosis yang mempunyai waktu expired yang cukup lama serta letakkanlah dalam kulkas.

Pilihlah sosis yang bebas dari pewarna kimia, sekalipun hal tersebut di sahkan oleh negara kita. Bila terlanjur membeli sosis yang berwarna merah mencolok, baiknya jauhi membeli kembali brand tersebut. Sebab barang kali pembuat sosis menggunakan pewarna dalam ukuran berlebih dan bahkan menambhakan pewarna non pangan.

Amati bentuk kemasan sosis. Jika nampak selaput atau lendir halus seperti susu disekeliling sosis, sebaiknya jangan mem beli sosis tersebut karena keadaan ini mencirikan kalau sosis yang telah tidak sehat.

Belilah sosis yang tercium khas daging, tidak ada bau masam dan bau-bau yang nyeleneh lainnya.

Sekian manfaat dan tips memilih sosis. Dengan mempertimbangkan besarnya nutrisi dari sosis, maka tidak masalah bila anda ingin menyetok sosis untuk keperluan keluarga Anda.

Selain enak dan praktis, sosis juga termasuk kudapan yang bergizi dan baik untuk orang rumah.

Jika Anda bercita-cita untuk menjadikan jajanan yang tinggi akan gizi ini sebagai peluang bisnis di rumah, Anda dapat memanfaatkan mesin peracik makanan di Ramesiamesin.com. Kami menyiapkan bermacam-macam mesin untuk memproduksi makanan yang berkualitas dan lebih cepat, baik dalam jumlah kecil mau pun besar.
Alat-alat yang kami jual adalah mesin dengan kualitas terbaik dan ber lesensi. Tunggu apalagi? Bila Anda berminat, silakan kunjungi Ramesiamesin.com Rajanya mesin.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru